Doa Naik Kendaraan (Darat, Laut, & Udara) Arab, Latin, dan Artinya

Daftar Isi [Tutup]

    Doa Naik Kendaraan Adalah Subhaanal ladzii sakhhoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa robbinaa lamungqolibuuna. Untuk lebih jelas silahkan baca lengkap artikel ini.


    Manusia dapat memanfaatkan hewan dan tumbuhan tidak hanya sebagai pemenuhan kebutuhan sandang, papan, dan pangan saja. Namun juga, manusia dapat memanfaatkan itu semua sebagai tunggangan atau kendaran yang dapat mengantarkannya ketempat tujuan.

    Dengan akal fikirian dan kreatifitas, manusia dapat memanfaatkan segala macam materi yang ada dibumi untuk diolah menjadi suatu benda atau barang yang lebih bermanfaat sesuai deangan kebutuhan dan keinginan mereka. 

    Salah satu produk hasil kerja kreatifitas umat manusia yang paling popular hingga saat ini adalah kendaraan. Lebih dari pada kendaran yang digunakan umat manusia pada zaman dahulu yang hanya memanfaatkan binatang sebagai alat transportasi (kuda, keledai, unta, dan sebagainy), namun sekarang manusia dapat menciptakan alat transportasi lebih modern seperti mobil, motor, kapal laut, pesawat, dan bahkan roket luar angkasa. 

    Kendaraan - kendaraan tersebut memberikan efektifitas dan efisiensi dalam perjalanan yang lebih baik dibanding kendaraan dizaman dahulu. Kendaraan sekarang lebih cepat, lebih canggih, lebih bagus , dan lebih menarik. 

    Namun, apapun kendaraannya, bagaimanapun konsepnya, semua pasti tidak akan pernah lepas dari yang namanya resiko, baik itu kecelakaan, bencana dan lains sebagainya. Oleh karena itu, kita tetap harus waspada, berhati - hati, dan terus berdoa kepada allah swt. 

    Etika Naik Kendaraan

    Hal yang pertama harus kita pahami dan amalkan, bahwa dalam melakukan segala macam perbuatan, kita harus memahami adab, etika, dan aturan - aturanya, dan senantiasa mengamalkannya dimanapun itu dan kapanpun itu. Begitu juga pada saat kita sedang naik kendaran.

    Walaupun dalam islam tidak secara detail ada aturan tentang menaiki kendaran, namun terdapat firman allah yang mengajarkan kita untuk senantiasa berdoa kepadanya saat menaiki kendaraan. seperti yang dijelaskan dalam Al Quran surah Az Zukhruf ayat 13-14:

    لِتَسۡتَوٗا عَلٰی ظُہُوۡرِہٖ ثُمَّ تَذۡکُرُوۡا نِعۡمَۃَ رَبِّکُمۡ اِذَا اسۡتَوَیۡتُمۡ عَلَیۡہِ وَ تَقُوۡلُوۡا سُبۡحٰنَ الَّذِیۡ سَخَّرَ لَنَا ہٰذَا وَ مَا کُنَّا لَہٗ مُقۡرِنِیۡنَ. وَ اِنَّاۤ اِلٰی رَبِّنَا لَمُنۡقَلِبُوۡنَ

    “Supaya kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya dan upaya kamu mengucapkan, “Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tukan kami.” (QS. Az-Zukhruf ayat 13-14).

    Selain firman allah, ada juga sebuah hadis yang menunjukkan sikap baik rosullullah saw saat mengendarai kendaraannya (unta). Dalam hadist tersebut dijelaskan bahwa (Diriwayatkan dari sahabat Ali Ra), bahwasannya saat Rasulullah naik unta maka akan membaca urutan doa berikut:

    1. Membaca “Bismillah“

    Rasulullah membaca “bismillah” (بِسْمِ اللهِ), pada saat meletakkan kakinya di atas tunggangannya.

    2. Membaca “Alhamdulillah”

    Rasulullah membaca “alhamdulillah” (الْحَمْدُ لِلَّهِ), pada saat beliau telah tegak di atas punggungnya unta.

    3. Membaca Doa Naik Kendaraan

    Rasulullah membaca doa naik kendaraan (Pada saat itu naik tunggangan unta), 

    4. Berdzikir Selama Perjalanan

    Kemudian senantiasa bedzikir kepada allah hingga tiba ditempat tujuan. 


    Doa Naik Kendaraan Darat, Udara, dan Laut


    سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

    Doa Naik Kendaraan Latin

    Subhaanal ladzii sakhhoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa robbinaa lamungqolibuuna.

    Arti Doa Naik Kendaraan

    “Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”


    Keutamaanya Membaca Doa Naik Kendaraan

    Dibalik sebuah perintah atau anjuran untuk berbuat baik (beribadah misalnya) pasti di dalamnya terdapat hikmah manfaat yang tidak terduga atau bahkan itu tidak kita sadari sama sekali. Beberapa hikmah dan manfaat yang sering diperoleh saat mengamalkan doa naik kendaran darat, udara, maupun laut adalah seperti di bawah ini:

    1. Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

    Mengharapkan pertolongan dan perlindungan allah dalam melakukan perjalanan, secara tidak langsung akan meningkatkan keimanan pribadi masing - masing. Hal tersebut dikarenakan, kita secara tidak sengaja telah yakin dan percaya atas kagungan allah swt dan segala macam bentuk pertolongannya. 

    Semakin kita sering mengamalkan doa - doa harian, seperti doa naik kendaraan ini, makan keimanan dan ketaqwaan kita terhadap allah akan semakin kuat. 

    2. Memperoleh Pahala Sunnah

    Adab atau etika yang telah di ajarkan oleh rasullullah saw dalam hadist diatas, insyallah saat mengamalkannya, kita akan mendapat pahala sunnah nabi muhammad saw. 

    .Lebih dari itu, tidak hanya pahala sunnah yang akan kita dapatkan, bahkan kita akan memperoleh satu pahala tambahan yaitu pahala dari membaca ayat allah, ayat al-qur'an. Karena doa naik kendaran diatas termasuk dalam salah satu ayat alquran, tepatnya Al Quran surah Az Zukhruf ayat 13-14. 

    3. Lebih Siap Saat Melakukan Perjalanan

    Saat kita memiliki keimanan dan ketaqwaan yang kuat, dan percaya atas qada qadar allah, kita tidak akan pernah khawatir dan takun tentang apa yang akan terjadi pada kita. 

    Karena hati kita akan tetap terus bertawakal kepada allah dan pasrah atas apa yang akan terjadi. Kita percaya bahwa apa yang akan terjadi memiliki hikmah baik tersendiri. 

    4. Memperoleh Pertolongan Saat Ada Hambatan

    Allah adalah dzat yang maha kuasa, maha agung, dan maha penolong. Allah akan menolong siapa yang dikehendakiNya. Jangan pernah meragukan sedikitpun atas pertolongan - pertolongan allah. Allah memiliki banyak cara untuk menolong kita semua sebagai umatnya.

    Termasuk pada saat dalam perjalanan. Selamat dari kecelakaan, bebas dari kemacetan panjang, kendaraan dapat diperbaiki saat mogok, dan lain sebagainya itu adalah semata - mata pertolongan allah yang telah diberikan kepada kita. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa bersyukur atas pertolongan yang telah allah berikan. 

    5. Perjalanan Akan Terasa Lebih Singkat

    Rosulullah telah mengajar kita untuk berdoa saat naik kendaraan dan berdizikir terus menerus salama proses perjalanan hingga tiba pada tempat tujuan. Saat kita mengalam sunnah rosul tersebut, perjalanan kita akan terasa lebih singkat.

    Kita tidak akan merasakan lamanya perjalanan karena hati dan fikiran kita digunakan untuk terus berfikir hingga kita tidak sadar telah memakan banyak waktu di perjalanan. 

    Demikian ulasan artikel saya terkait dengan doa naik kendaraan. Semoga dapat anda fahami, dihafalkan, dan diamalkan secara istiqomah. Semoga kita dijadikan sebagai hamba yang sholih-sholihan dan senantiasa memperoleh pertolongan allah swat. Amin Amin Amin Allahumma Amin.

    Anda mungkin menyukai postingan ini