Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid (Arab, Latin, & Artinya) Sesuai Sunnah

Daftar Isi [Tutup]

    Doa Masuk Masjid berbunyi A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika yang artinya adalah “Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”. Untuk lebih lengkap memahami keutamaan doa masuk masjid baca selengkapnya artikel ini.


    Masjid merupakan tempat beribadah yang dapat dimanfaatkan oleh para kuam muslimin untuk mendekatkan diri kepada allah swt dengan cara berdizikir, sholat, mengaji, atau bahkan hanya beritikaf di dalam masjid saja.

    Masjid memiliki makna tempat bersujud dan menyembah, karena didalamnya lah para kaum muslimin mununaikan ibadah. Kaum muslimin juga mengenal masjid sebagai Baitullah yang berarti adalah "Rumah Allah" yang harus dihormati, dilindungi, dan dirawat. Oleh karena itu, terdapat adab atau etika bagi orang muslim saat masuk atau keluar masjid. 

    Adab Masuk dan Keluar Masjid

    Para ulama salafus shalih terdahulu telah merumuskan adab atau etika yang harus diamalkan oleh kaum muslimin saat masuk, berada atau keluar dari masjid. 

    Adab, etika, atau aturan tersebut tentunya didasarkan pada beberapa hadis shahih rosullullah saw. Adapun secara ringkas adab atau etika tersebut adalah sebagai berikut.

    1. Masuk dengan mendahulukan kaki kanan
    2. Membaca doa masuk masjid
    3. Shalat sunnah dua rakaat (Sholat tahiyatul masjid)
    4. I'tikaf (berdiam diri di dalam masjid)
    5. Tidak berbicara tentang hal duniawi (misal bisnis)
    6. Menjaga kebersihan dan kerapian masjid
    7. Membaca doa keluar masjid
    8. Keluar dengan mendahulukan kaki kiri
    Membaca doa saat memamsuki masjid dan pada saat keluar dari masjid menjadi suatu adab yang paling di anjurkan oleh nabi muhammad saw. Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadist yang berbunyi:

    إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

    “Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, maka ucapkanlah, ‘Allahummaf-tahlii abwaaba rahmatik’ (Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu). Jika keluar dari masjid, ucapkanlah: ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’ (Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu)” (HR. Muslim 713).

    Doa Masuk Masjid


    اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

    Doa Masuk Masjid Latin

    “A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika”.

    Arti Doa Masuk Masjid

    “Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”.


    Doa Keluar Masjid



    اَللهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

    Doa Keluar Masjid Latin

    “Allahumma innii as-aluka min fadhlika”.

    Arti Doa Keluar Masjid

    “Ya Allah, aku memohon kepadamu, karunia dari-Mu”.


    Keutamaannya Doa Masuk dan Keluar Masjid

    Dibalik ada perintah atau anjuran untuk berbuat baik (beribadah misalnya) pasti di dalamnya terdapat hikmah manfaat yang tidak terduga atau bahkan itu tidak kita sadari sama sekali. Beberapa hikmah dan manfaat yang sering diperoleh saat mengamalkan doa masuk dan keluar masjid adalah seperti di bawah ini:

    1. Terbiasa Beretika Baik di Masjid

    Karena sering mengamalkan adab etika baik saat masuk, berada, dan keluar masjid (termasuk membaca doa) kita akan merasa lebih disiplin dan lebih terbiasa untuk menjaga rumah allah swt. 

    Namun, memanglah mengawali perbuatan baik juga sulit untuk dilakukan dan dibiasakan. Namun tetap kita harus terus berlatih, berusaha agar bisa untuk terus istiqomah melakukan hal itu semua. 

    2. Malaikat Senantiasa Mendoakanmu

    Dalam sebuah hadis, menunjukkan bahwa Rasulullah Saw bersabda:

    فَإِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ كَانَ فيِ الصَّلاَةِ مَاكَانَتِ الصَّلاَةُ تَحْبِسُهُ واْلمَلاَئِكَةُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ أَحَدِكُمْ مَادَامَ فِي مَجْلِسِهِ الَّذِي صَلىَّ فِيْهِ يَقُوْلُوْنَ: اَللّهُمَّ ارْحَمْهُ الّلهُمَّ اغْفِرْ لَهُ مَا لَمْ يُؤْذِ فِيْهِ مَا لَمْ يُحْدِثْ

    “Apabila seseorang memasuki masjid, maka dia dihitung berada dalam shalat selama shalat tersebut yang menahannya (di dalam masjid), dan para malaikat berdoa kepada salah seorang di antara kalian selama dia berada pada tempat shalatnya, Mereka mengatakan, “Ya Allah, curahkanlah rahmat kepadanya, ya Allah ampunilah dirinya selama dia tidak menyakiti orang lain dan tidak berhadats” (HR Bukhari no 176 Muslim no 649).

    Dalam hadist diatas dijelaskan bahwa seseorang yang memasuki masjid dalam kondisi baik dan dengan perbuatan - perbuatan baik, maka doa yang seseorang tersebut panjatkan juga di amini oleh para malaikat - malaikat allah.

    Sungguh bahagianya seorang hamba allah yang penuh dosa saat dia memanjatkan doa dan di amini oleh puluhan ribu malaikat, karena hanya beretika baik di dalam masjid. Subhanallah.

    3. Dinaungi oleh Allah SWT Langsung

    Sebuah hadis menjelaskan tentang keutamaan orang yang memiliki adab baik saat di masjid, dia bahkan termasuk dalam kategori orang yang suka merawat dan menjaga kebersihan masjid. Hadis tersebut berbunyi:

    “Tujuh jenis orang yang Allah Ta’ala akan menaungi mereka pada hari tiada naungan kecuali naungan-Nya… dan laki-laki yang hatinya selalu terkait dengan masjid (HR Bukhari dan Muslim).

    Demikian ulasan artikel saya terkait dengan doa masuk masjid dan doa keluar masjid yang kami rangkum dari berbagai macam sumber. Marilah kita bersama meningkatkan etida dan adab kita pada saat memasuki masjid dan keluar masjid.

    Marilah kita menjaga, melindungi, dan merawat masjid (rumah allah) lebih baik dari para kita merawat rumah kita. Karena itu ibadah yang allah sendiri yang menilai. 

    Anda mungkin menyukai postingan ini