Doa Berpakaian (Memakai dan Melepas Pakaian) Latin, Arti, dan Manfaatnya

Daftar Isi [Tutup]

    Doa Berpakaian Berbunyi : Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa'a'uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu. Untuk lebih memahami kandungan maknanya, baca selengkapnya artikel ini.


    Pakaian merupakah salah satu kebutuhan pokok yang mendasar dan sangat dibutuhkan oleh umat manusia dari seluruh penjuru dunia. Dengan dengan mengenakan pakaianlah, tubuh manusia dapat terlindungi dari sengatan matahari dan dinginnya udara luar. Selain itu, pakaian juga berfungsi sebagai penutup aurat, baik untuk aurat kaum pria maupun aurat kaum wanita.

    Gagasan awal penggunaan pakain sebagai penutup aurat mengacu pada sejarah nabi adam, ibu hawa, dan setan. Ketika setan membisikkan pikiran jahat kepada Adam dan Hawa untuk melanggar larangan allah mendekati pohon dengan alasan agar mereka berdua tidak hidup kekal abadi disurga. dan kemudian dijelaskan dalamAl Quran surah Al A’raaf ayat 22 :

    فَلَمَّا ذَاقَا الشَّجَرَۃَ بَدَتۡ لَہُمَا سَوۡاٰتُہُمَا وَ طَفِقَا یَخۡصِفٰنِ عَلَیۡہِمَا مِنۡ وَّرَقِ الۡجَنَّۃِ

    “Setelah mereka merasakan (buah) pohon (terlarang) itu, tampaklah bagi keduanya aurat-auratnya, dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun surga…”

    Tampak jelas dalam ayat tersebut menunjukkan bahwa gagasan awalnya berpakaian adalah tertutupnya aurot satu sama lain. Namun, karena godaan setanlah aurat manusia terbuka, maka membuka aurat adalah haram karena itu merupakan ide setan. Oleh karena itu, tanda - tanda kehadiran setan adalah terbukanya aurat satu sama lain. 

    Etika dalam Berpakaian


    Agama islam tidak pernah menentukan secara pasti model pakaian yang harus dikenakan oleh umatanya. Semua itu tergantung kreatifitas individu dalam berpakaian, namu sesuai dengan aturan - aturan islam. 

    Walaupun islam tidak menentukan model pakaian, namun ada aturan atau etika yang harus dipenuhi oleh setiap unmat islam. Pada hakikatnya fungsi utama pakaian adalah menutup aurat sebagaimana tercantum dalam surah al-A’raf [7]: 26

    يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا

    “Hai anak Adam, Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan.

    Para ulama salafus shalih telah sepakat terhadap aturan dan etika yang harus di fahami dan di amalkan oleh seluruh umat muslim dalam berpakaian. Adapun secara ringkas aturan dan etika berpakaian adalah sebagai berikut:

    1. Memilih Pakaian yang dapat Menutup Seluruh Aurat
    2. Memilih Pakaian yang Tidak Transparan
    3. Memilih Pakaian yang Tidak Ketat
    4. Memilih Pakaian yang Tidak Menyerupai Lawan Jenis
    5. Mengenakan Pakaian yang Bersih dan Suci
    6. Mendahulukan Aanggota Tubuh yang Kanan
    7. Berdoa Saat Memakai Pakaian
    8. Berdoa Saat Melepas Pakaian
    9. Tidak Sombong dan Pamer


    Doa Berpakaian

    Para ulama terdahulu telah mengajarkan kita untuk senantiasa berdoa sebelum melakukan suatu kegiatan, termasuk berdoa terlebih dahulu saat berpakain. 

    Doa berpakaian terdiri dari doa saat memakai pakaian dan doa saat melepas pakaian. Kedua doa tersebut tegolong mudah untuk dihafalkan. Adapaun doa berpaiakan adalah sebagai berikut:

    Doa Memakai Pakaian

    Dalam sebuah hadis riwayat Ibnu As Sunni menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW, pada saat nabi mengenakan selendang, pakaian gamis,  atau sorban, maka beliau akan berdoa :

    بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

    Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa'a'uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu

    "Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya".


    Doa Melepas Pakaian


    بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

    Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa

    "Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya"


    Doa Memakai Pakaian Baru


     اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

    Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii hadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin

    Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rezeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku.


    Manfaat Doa Berpakaian

    Saat kita sebagai umat muslim, senantiasa mengamalkan doa ini dalam kehidupan sehari - hari, insyallah akan banyak hikmah dan manfaat yang akan menghampiri kita. Adapun hikmah dan manfaat membaca doa berpakaian adalah sebagai berikut:

    1. Sebagai Wujud Rasa Syukur

    Nikmat yang diberikan allah adalah kesempatan untuk dapat menuti aurat dengan berpakaian yang baik dan pantas hingga saat ini. Sudah sepatutnya kita selalu mengucap kalimat syukur kita kepada allah swt atas limpahan nikmat yang telah diberikan. 

    Semakin banyak kita membaca doa berpakaian, semakin banyak kita bersyukur atas nikmat allah. Semakin banyak kita bersyukur atas nikmat allah maka akan semakin mudah kita mendapat tambahan nikmat yang berlipat ganda sebagaimana allah jelaskan dalam firman-NYA:

    “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim [14]: 7)

    2. Terlindung dari Kejahatan

    Sudah semestinya saat menggunakan pakaian yang sopan, rapi, dan menutup aurat, insyallah kita akan senantiasa terlindungi dan terhindar dari kejahatan - kejahatan yang bersumber dari terbukanya aurat.

    Dengan berdoa kita sepenuhnya bertawakal kepada allah, memohon lindungan kepadanya, dan insyallah kita selalu dalam lindungannya.

    3. Terampuninya Dosa - Dosa di Masa Lalu

    Dijelaskan didalam  sebuah kitab bernama al-Adzkar, dari Mu’adz bin Anas, Rasulullah SAW bersabda:

    “Barang siapa yang mengenakan pakaian baru lalu membaca, ‘Alhamdulillahilladzi kasaanii haadzaa wa razaqaniihi min ghoiri haulin minnii wa laa quwwatin. Segala puji bagi Allah Ta’ala yang telah memberi pakaian ini kepadaku dan memberi rezeki kepadaku tanpa daya dan upaya dariku), (maka) Allah Ta’ala mengampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Ibnu as-Sani).

    Subhanallah, sungguh bahagia seorang hamba yang telah diampuni dosa - dosanya di masa lalu hanya karna membaca doa berpakaian ini. 

    Oleh karena itu, marilah kita bersama menghafal dan mengamalkan doa berpakaian ini dalam kehidupan sehari - hari. dan semongga itu semua dijadikan wasilah kita dalam mendekatkan diri dan mendapatkan ridha allah.

    Demikian ulasan artikel saya terkait dengan doa berpakaian yang kami rangkum dari berbabgai macam sumber yang belum dapat kami tuliskan satu persatu. mohon maaf bila ada salah dan kekurangan. berikan kritik dan saran melelui kolom komentar dibawah. terima kasih atas dukungan dan masukanny.

    Anda mungkin menyukai postingan ini