Bacaan Doa Sapu Jagat (Arab, Latin, dan Artinya) + Manfaatnya yang Banyak

Daftar Isi [Tutup]

    Doa Sapu Jagat Berbunyi : Rabbanā, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār . dan untuk mengetahui arti makna, khasiat, dan manfaat doa sapu jagat baca artikel ini.


    Agar terhidar dari segala macam bahaya dan musibah, para ulama salafus shalih telah mengajarkan kepada kita semua untuk senantiasa memohon kepada allah swt agar diberikan perlindungan. tidak hanya permohonan untuk perlindungan saja, kita diajarkan untuk memohon keberkahan hidup didunia dan keberkahan hidup diakhirat kelak.

    Doa sapu jagan adalah doa yang diajarkan oleh allah kepada umat manusia melalui al-qur'an surat Al-Baqarah ayat 201 yang berbunyi :

    وَمِنْهُم مَّن يَقُولُ رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

    Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka".

    Dalam suatu riwayat juga dijelaskan bahwa doa sapu jagat ini adalah salah satu doa yang paling di sukai oleh nabi muhammad dan paling sering beliau amalkan.

    Doa sapu jagat sendiri adalah doa untuk memohon keberbakahan atau kebaikan saat kita hidup didunia dan keberkahan saat kita hidup diakhirat kelak. dan dengan mengamalkan doa tersebut, kita di didik untuk terus berima kepada hari akhir dan percaya setelah kehidupan ini masih ada kehidupan lain yaitu akhirat.

    Sebutan lain dari doa sapu jagat ini adalah doa selamat dunia akhirat. banyak para ulama yang menafsiri doa ini, dan mereka menjelaskan bahwa doa sapu jagat tidak hanya terbatas pada keselamatan kita semata, namun juga keberkahan dan kelancaran atas hajat kita hidup didunia dan diakhirat kelat. 

    Kapan Doa Sapu Jagat dapat di Amalkan?



    Kapanpun kita berdoa dan apapun doa itu, kita dapat menyisipkan doa sapu jagat ini diakhir kalimat doa sebelum penutup doa.

    Kita dapat mengamalkan doa ini sehabi menunaikan sholat fardhu dan kita dapat menggabungkannya dengan doa - doa lainnya seperti doa dafil bala', doa kelancaran rizky, kelancara dalam mencari ilmu, dan lain sebagainya. 

    Namun, ada beberapa yang memang benar - benar menganjurkan untuk memperbanyak doa sapu jagat ini. Tepatnya pada saat hari Tasyrik (hari dilarang untuk berpuasa) yakni pada 11,12 dan 13 Dzulhijjah. . Pada hari itu para jamaah haji sedang berada di mina dan sedang menunaikan ibadah jumrah. 

    Doa Sapu Jagat Arab


    رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

    Doa Sapu Jagat Latin

    “Rabbanā, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār”

    Arti Doa Sapu Jagat

    "Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka.”

     

    Keutamaan, Khasiat, dan Manfaat Doa Sapu Jagat

    Sebagai salah satu doa yang sangat digemari oleh nabi muhammad saw untuk terus diamalkan, tentunya doa sapu jagat ini memiliki keutaman, khasiat, dan manfaat sendiri. Secara sederhana dan ringkas, berikat adalah manfaat dari doa sapu jagat yang perlu kamu fahami:

    1. Memperoleh Keberkahan dan Kebaikan di Dunia

    Dengan mengamalakan doa sapu jagat secara istiqomah, insyallah kita akan senantiasa memperoleh nikmat sehat jasmani rohani, nikmat keluarga sakinah mawaddah warahman, nikmat dikarunia putra - putri yang sholeh - sholihah, nikmat kecukupan sandang papan dan panga, nikmat ilmu yang bermanfaat dan kebaikan yang lainnya.

    Namun, lain dari pada itu, nikmat - nikmat diatas tidak akan pernah di rasakan didunia apabila kita selalu meiliki sifat dan kepribadian yang buruk. oleh karena itu, sembari berdoa kita juga harus memperbaiki diri dan meningkatkan ketaqwaan kepada allah swt. 

    2. Memperoleh Keberkahan dan Kebaikan di Akhirat

    Yang kedua adalah memperoleh keberkahan dan kebaikan diakhirat kelak. Dengan selalu memanjatkan doa sapu jagat secara istiqomah, dan memiliki kepribadian yang baik didunia baik dari sisi amal perbuatan maupun ibadah ilahiyah, insyallah allah akan mempersiapkan kehidupan yang baik kelak untuk kita diakhirat. 

    kebaikan di akhirat  yaitu kita termasuk dalam kaum yang memiliki kesempatan bertempat tinggal di surga allah, di jauhkan dari rasa takut dan kwatir, dan masih banyak lagi kebaikan - kabaikan kehidupan akhirat yang lainnya.

    Dengan selalu mengamalkan doa ini, iman kita terhadap hari akhir dan hari pembalasan akan semakin meningkat, dan bahkan lebih dari itu, iman kepada allah akan semakin besar dan semakin yakin akan keagungan allah.

    3. Terlindungi  dari Hal Buruk Dunia dan Siksa Neraka

    Sejatinya, doa sapu jagat ini adalah doa keselamatan dunia dan akhirat. dan doa sapu jagat adalah istilah lain dari doa keslematan duni akhirat. 

    Dengan terus menerus secara istiqomah berdoa kepada allah untuk perlindungan dunia akhirat dengan membaca doa sapu jagat ini, dan atas ridho allah lah kita akan semua hal buruk dan siksa api negara dijauhkan dari diri kita. dan kita hanya perlu untuk terus memohon kepadanya.

    Teruslah memohon kepada allah untuk perlindungannya dari siksa neraka dan dijauhkan dari segala macam buruk yang menjerumuskan ke dalam siksa api neraka. seperti terlindung dari  berbagai perbuatan yang haram dan dosa, serta terlindung dari barang dan hal-hal syubhat (yang masih samar/abu-abu) dan juga barang yang haram.

    Demikian ulasan artikel singkat kami terkait dengan bacaan doa sapu jagat yang kami rangkum untuk mempermudah anda dalam menghafal, memahami, dan mengamalkan doa sapu jagat ini. Dan semoga kita semua termasuk dalam golong hamba yang memperoleh lindungan allah di dunia dan akhirat.

    Anda mungkin menyukai postingan ini