Doa Selamat Dunia Akhirat (Arab, Latin, & Artinya) Mudah di Hafal

Daftar Isi [Tutup]

    Doa Selamat Duani Akhirat Berbunyi : Ròbbanaa Aatinaa Fid Dunyaa Hasanah, Wa Fil Aakhiròti Hasanah, Wa Qinaa ‘Adzaaban Naar (Q.S Al-Baqarah, 201)


    Sudah sewajarnya kita sebagai umat muslim, dalam melakukan segala macam aktifitas, dalam kondisi apapun, sudah tentu mengharap suatu kelancaran, kebaikan, dan keselamatan. Dengan keselamatan semua akan berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan.

    Selamat diartikan sebagai terhindar atau terbebas dari segala macam bahaya, bencana, gangguan, kerusakan, segala macam penyakit, segala macam petaka, dan segala macam hal - hal buruk yang tidak diharapkan. 

    Para ulama salafus shalih telah mengajarkan kita untuk senantiasa memohon kepada allah, memohon ampunan atas segala dosa yang telah kita lakukan dan mohon perlindungan dari segala macam bahaya serta keselamatan dunia dan akhirat. 

    Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita mengikuti dan mengamalkan nasihat serta tuntunan syariat yang telah mereka ajarkan agar hidup kita diberi berkah selamat oleh allah swt. 

    Selamat dunia artinya kita memohon agar dijauhkan dari hal-hal buruk selama hidup di dunia dan selamat di akhirat artinya dijauhkan dari siksa api neraka dan diampuni segala macam dosa-dosa. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa memanjatkan doa kepada allah untuk keselamatan dunia dan akhirat.

    Pada dasarnya, Allah swt dan para rasullnya telah mengajarkan berbagai macam doa selamat kepada kita semua melalui al-quran dan al-hadist yang telah diamalkan oleh para ulama dan pendahulu kita. Doa tersebut ada yang berupa doa yang panjang dan ada juga yang pendek. Berikut adalah kumpulan doa - doa selamat dunia akhirat. 

    Doa Selamat Dunia Akhirat

    Doa selamat dunia akhirat ini juga sering dikenal sebagai doa sapu jagat yang kerab diamalkan oleh para umat muslim setelah melaksanakan sholat fardhu lima waktu. 

    Harapannya adalah agar senantiasa memperoleh berkah selamat dan kebaikan hidup didunia serta berkah selamat dan kebaikan di akhirat.

    Doa ini adalah doa yang diajarkan oleh allah swt dalam al-quran surat Al-Baqarah ayat 201. Doa tersbut berbunyi:

    رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

    “Ròbbanaa Aatinaa Fid Dunyaa Hasanah, Wa Fil Aakhiròti Hasanah, Wa Qinaa ‘Adzaaban Naar”.

    “Ya Rabb kami, limpahkanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa neraka”.


    Doa Selamat Dunia Akhirat Lengkap

    Doa selamat yang satu ini lebih komprehensif dengan lebih menspesifikasikan hajat yang diminta kepada allah seperti keselamatan dalam beragama, memperoleh tambah rizky dan ilmu, dan lain sebagainya. 

    Dan doa selamat dunia akhirat yang satu ini kerab dikumandangkan secara bersama - sama (berjamaah) seperti misalnya saat tahlilan, yasinan, berdoa bersama, dan dalam kegiatan - kegiatan islam lainnya. Adapun doa lengkapnya adalah sebagai berikut:

    اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

    “Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi, Wa Taubatan Qòblal Maut, Waròhmatan Indal Maut, Wa Maghfiròtan Ba’dal Maut. Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaròòtil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisaab”

    “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab”


    Doa Selamat Dunia Akhirat Pendek

    Selain doa - doa yang diajarkan oleh allah secara langsung melalaui kitab al-quranya, nabi muhammad saw dalam sebuah hadis juga mengajarkan kita untuk berdoa demi kesalamatan kita. Adapun doa selamat dunia akhirat pendek yang diriwayatkan oleh imam Muslim dalam hadits shahih, berbunyi:

    اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَ

    “Allaahumma Antas Salaam, Wa Minkas Salaam, Tabaaròkta Dzal Jalaali Wal Ikròòm”.

    “Ya Allah, Engkaulah Tuhan yang memberi keselamatan. Dari keselamatan. Maha Suci Allah, Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan”.


    Doa Selamat Nabi Luth


    Nabi Luth merupakan anak keponakan dari Nabi Ibrahim. Nabi Luth diperintahkan oleh Allah untuk menetap di sebuah daerah bernama Sadum yang mayoritas kaumnya gemar untuk melakukan hubungan sesama jenis. 

    Dan singkat cerita beliau memohon kepada allah untuk dihindarkan dari perbuatan - perbuatan tercela seperti hubungan diluar nikah, sex bebas, dan homosexual.

    Dalam Al-Quran surat Asy-Syu’ara ayat 169 , dijelaskan bahwa nabi luth berdoa memohon kesalamatan dan perlindungan kepada allah. Doa tersebut yaitu :

    رَبِّ نَجِّنِي وَأَهْلِي مِمَّا يَعْمَلُونَ

    “Ròbbi Najjinii Wa Ahlii Mimmaa Ya’maluun”.

    “Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan”.


    Doa Selamat dari Tipu Daya Orang Kafir

    Orang kafir dan musrik senantiasa berusaha untuk menggoda umat muslim untuk tidak beriman kepada allah dan kepada para utusannya (muhammad saw). Banyak upaya yang mereka lakukan, menipu, menghasut untuk mengajak para umat muslim menuju jalan yang sesat.

    Oleh karena itu, marilah kita senantiasa berdoa memohon kepada allah agar terlindungi dari tipu daya orang - orang kafir yang hendak menjerumuskan kita kejurang api neraka. Kita mengalamkan doa yang terdapat pada Q.S Yunus ayat 85 dan 86 agar terhindar dari tipu daya orang kafir. adapun ayat tersebut berbunyi:

    رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

    “Ròbbanaa Laa Taj’alnaa Fitnatal Lil Qòumidh Dhòòlimiin Wa Najjinaa Biròhmatika Minal Qòumil Kaafiriin.”

    “Ya Tuhan kami, Jangan jadikan kami sasaran fitnah dan jauhkanlah kami dari sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari tipu daya orang-orang yang kafir”.


    Doa Selamat dari Orang Zalim

    Orang yang zalim adalah salah satu jenis orang yang dilaknat oleh allah dan sangat berbahaya untuk kita semua umat muslim. Zalim bukan sebutan bagi orang yang tidak adil baru - baru ini saja, namun pada zaman nabi musa, kaumnya mayoritas adalah orang yang zalim.

    Dalam Al-Quran surat At-Tahrim ayat 11, menjelaskan bahwa nabi musa pernah berdoa doa agar terhindar dan selamat dari orang-orang yang zalim. adapaun doa tersebut berbunyi :

    رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

    “Ròbbi Najjinii Minal Qòumidh Dhòlimiin”.

    “Ya Tuhanku, selamatkanlah dan lindungilah aku dari orang-orang yang zalim itu”.

    Demikian ulasan artikel saya terkait dengan doa selamat dunia akhirat yang dapat anda baca dan diamalkan setiap harinya. Semoga anda selalu diberkahi keselamatan dan kesukesan di dunia dan diakhirat. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.

    Anda mungkin menyukai postingan ini