Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal, Sedang Sakit, dan Masih Hidup

Daftar Isi [Tutup]

    Doa Untuk Kedua Orang : Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa.


    Pada dasarnya dalam sebuah keluarga, orang tua yang terdiri dari ayah dan ibu yang terikat oleh status pernikahan sah mendasari terbentuknya suatu keluarga. Atas dasar ridho allah swt dan ikhtiyar mereka berdualah seorang anak lahir, tumbuh, dan berkembang di muka bumi ini. 

    Tidak hanya sebatas melahirkan seorang anak saja, kedua orang tua memiliki kewajiban yang sangat besar terhadap anak - anaknya telah telah mereka lahirkan. Mereka harus merawat, mendidik, dan bertanggung jawab hingga mereka tumbuh berkembang menjadi seorang anak dewasa yang sholih - sholihah nanti. 

    Tanggung jawab tersebut terus mereka pegang teguh dan mereka selalu pastikan hal yang terbaik untuk anak - anaknya. Bahkan kedua orang tua kita rela mengorbankan seluruh harta benta, rasa lelah, dan apapun hanya untuk memberikan hal terbaik untuk kebaikan anak - anaknya.

    Orang tua melakukan itu semua tidak mengharapkan balasan apapun, tidak lain hanya mengharapkan anak - anaknya menjadi anak yang sholih - sholihan dan bermanfaat untuk semua umat manusia. Karena doa anak - anak yang sholeh lah yang kelak dapat membantu mereka, menerangi mereka, dan menolong mereka kelak dikala mereka sudah tiada.

    Karena dengan memiliki anak  yang sholih dan sholihah merupakan satu amal baik yang yang tidak pernah putus walau kedua orang tua sudah meninggalkan dunia ini. Karena anak yang sholih - sholihah akan terus senantiasa mendoakan kebaikan kedua orang tuanya baik di dunia dan akhirat. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah berikut.

    إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

    “Jika seseorang telah meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh.” (HR. Muslim).

    Dan bagi seorang anak, akhlak yang paling utama harus di miliki adalah akhlah yang baik kepada kedua orang tua. Karena "رِضَا اللَّهِ فِي رِضَا الْوَالِدَيْنِ " ridha allah ada di ridha orang tua. Dan ridha kedua orang tua tersebutlah yang menjadi kunci penting kesuksesan seorang anak di dunia dan diakhirat.

    Mendoakan kebaikan kedua orang tua adalah salah satu akhlah terpuji bagi seorang anak. Dan mendoakan orang tua, jangan menunggu mereka telah tiada atau mereka dalam kondisi sakit saja. Namun, doakanlah mereka juga walau mereka dalam kondisi baik. 

    Doa seorang anak yang sholeh dianggap sebagai amal jariah yang akan terus mengalir pahalanya kepada mereka walalupun mereka telah meninggal dunia. Berikut adalah kumpulan doa yang dapat kamu hafalkan dan kamu amalkan saat orang tua dalam kondisi apapu. Baik sehat, sakit ataupun sudah meninggal.


    Adab Seorang Anak Kepada Kedua Orang Tua


    Dalam islam, kita diajarkan untuk selalu berbakti kepada kedua orang tua kita, ayah dan ibu. Berbakti kepada orang tua tidak melulu hanya membantu beberapa pekerjaan orang tua dan mematuhi perintahnya saja. Melainkan ada beberapa adab seorang anak kepada orang tua yang harus dimiliki seorang anak. Adapun adab atau etika tersebut adalah sebagai berikut.

    1. Tidak memandang dengan tatapan tajam
    2. Tidak mendahulukan bicara
    3. Berbicara dengan nada yang lembut
    4. Tidak duduk di depan orang tua saat mereka berdiri
    5. Selalu mendahulukan orang tua
    6. Senantiasa memohon maaf
    7. Menjaga perasaan orang tua
    8. Selalu berkata baik dan halus
    9. Memberi nafkah orang tua
    10. Selalu mendoakan
    11. Menjaga silaturahmi dengan baik

    Allah SWT telah memerintahkan kita umat manusia untuk senantiasa berbakti kepada kedua orang tuanya. dalam Surah Al Israa Ayat 23 allah menjelaskan:

    وَ قَضٰی رَبُّکَ اَلَّا تَعۡبُدُوۡۤا اِلَّاۤ اِیَّاہُ وَ بِالۡوَالِدَیۡنِ اِحۡسَانًا ؕ اِمَّا یَبۡلُغَنَّ عِنۡدَکَ الۡکِبَرَ اَحَدُہُمَاۤ اَوۡ کِلٰہُمَا فَلَا تَقُلۡ لَّہُمَاۤ اُفٍّ وَّ لَا تَنۡہَرۡہُمَا وَ قُلۡ لَّہُمَا قَوۡلًا کَرِیۡمًا

    “Dan Allah telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Allah dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah satu di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka janganlah sekali-kali kamu mengatakan kepada orang tuamu perkataan “ah” dan janganlah kamu membentaknya, dan ucapkanlah kepada kedua orang tuamu perkataan yang sopan.”

    Dalam ayat tersebut kita di haruskan untuk menghormati kedua orang tua kita yaitu bapak dan ibu. Tidak hanya menghormati dan berbakti kepada orang tua saja, namun juga allah telah melarang kita untuk beretika buruk kepada mereka. 

    Kita dilarang untuk berkata buruk dan membentak kedua orang tua kita. Tidak diperkenankan kepada kita sebagai seorang anak untuk berkata "ah" (misal "ah apa sih mama ini", "ah nanti saja ayah", dsb) saat di perintah. Artinya kita tidak boleh menunda saat diperintah kedua orang tua kita.

    Seorang anak yang mau berbakti kepada orang tua mereka, niscaya surga adalah tempat terbaik mereka. Namun sebaliknya, anak yang durhaka dan tidak mau berbakti kepada orang tua maka negara siap menanti dan siap untuk mereka tempati.

    Selagi kita masih memiliki waktu dan kesempatan untuk terus memperbaiki diri didunia ini, marilah kita tingkatkan keimanan kita dan bakti diri kepada kedua orang tua kita. Berbakti kepada orang tua salah satunya dapat dilakukan dengan cara cara mendoakan mereka berdua..

    Kumpulan Doa Untuk Kedua Orang Tua

    Banyak ragam doa untuk kebaikan kedua orang tua yang dapat kita panjatkan kepada allah swt, dan itu semua tegantung konteks dan maksudnya. Doa untuk kedua orang tua ada yang dikhususkan bagi orang tua yang sudah meninggal, sedang sakit, dan juga ada yang untuk orang tua yang masih hidup.

    Dengan senantiasa mengamalkan doa - doa tersebut, maka itu akan menjadi bukti bakti kita sebagai seorang anak yang sholih  - sholihah.  dan insyaalah kemudahan dan kesuksesan akan mengiringi kita atas ridha allah dan ridha kedua orang tua kita. 


    Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal

    اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

    Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal Latin

    Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Aa’fu ‘anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas. 

    Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A ‘Idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.

    Arti Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal

    “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran. 

    Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

    Bakti kepada orang tua masih akan tetap dapat kita lakukan walaupun kedua orang tua kita sudah tiada (meninggalkan kita). Hal tersebut dapai dilakukan dengan cara senantiasa terus mendoakan kebaikan - kebaikan atas mereka. 

    Dalam doamu, mintalah maaf atas seluruh dosa - dosa kedua orang tuamu, mohon untuk diterima amal ibadah mereka selama di dunia, dan mohonlah untuk tempat terbaik bagi kedua orang tuamu.

    Kamu dapat melakukan ini setiap malam jumat dengan didahului bacaab surat yasis dan tahlil dan juga doa untuk orang tua yang sudah meninggal. Doanya seperti yang sudah dituliskan diatas.

    Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Sakit

    اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

    Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Sakit Latin

    Allahumma Rabbannaasi Adzhibil Ba’sa Wasy Fihu, Wa Antas Syaafi, Laa Syifaa-a Illa Syfaauka, Syifaan Laa Yughaadiru Saqaama.

    Arti Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Sakit

    “Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah penyakit dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

    Saat salah satu dari kedua atau kedua orang tua kita sedang sakit, sudah pasti kita sebagai seorang anak pasti akan merasakan kesedihan dan gelisah atas kesehatan mereka. saat itu rawatlah mereka seperti mereka merawatmu di waktu kecil.

    Berikan mereka perawatan yang terbaik sebagai bentuk balas jasa mereka karena mereka telah memberikan yang terbaik untuk kita. Panjatkan doa kepada allah swt, mohon berikan kesehatan kepada mereka kedua orang tua kita. Adapun doa untuk kedua orang tua kita yang sedang sakit seperti yang telah ditulis diatas. 

    Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Masih Hidup

    اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

    Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Masih Hidup Latin

    Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa

    Arti  Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Masih Hidup

    “Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.”

    Saat kedua orang tua kita masih sehat, itu adalah ladang dan lahan kita untuk terus berbakti kepada mereka. Tingkatkan rasa cinta orang tua, peras seluruh ridha mereka untuk doa kesuksesan kita nanti. Bahagiakan mereka, niscaya allah akan memberikan dikehipunmu.  

    Mendoakan kebaikan bagi kedua orang tua jangan menunggu mereka sakit atau meninggal. Sudah menjadi suatu kewajiban bagi anak untuk senantiasa memanjatkan doa untuk kebaikan orang tuanya yang masih hidup. Doa tersebut dapat kamu panjatkan setelah sholat wajib lima waktu.

    Demikian adalah ulasan tentang doa untuk kedua orang tua yang dapat terus kamu panjatkan, baik saat mereka masih hidup atau sudah meninggal. Berusahalah untuk terus berbakti dan membuat mereka bahagia dengan melakukan berbagai hal positif. Jangan lupa, terus amalkan doa untuk orang tua dengan harapan selalu diberikan kebaikan dunia dan akhirat.

    Anda mungkin menyukai postingan ini