Doa Setelah Sholat Hajat, Niat, Tata Cara, dan Waktunya yang Sesuai Ajaran Islam

Doa Sholat Hajat Arab Latin Arti Terjemah, Niat Sholat Hajat, Tata Cara Sholat Hajat, Waktu Sholat Hajat, Manfaat dan Keutamaan Sholat Hajat
Doa Sholat Hajat adalah Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin. Untuk arti dan penjelasannya silahkan baca lengkap artikel ini.

Sudah semestinya kita sebagai umat manusia yang diciptakan oleh Allah SWT untuk selalu berdoa kepadanya. Dalam hal dan dalam kondisi apapun. Karena semua yang ada di alam semesta ini baik berupa rizky, kesehatan, kenikmatan, semua itu adalah hak milik Allah yang sudah semestinya kita memohon kepadanya untuk dilancarkan dan dimudahkan.

Sebagai manausia tentunya banyak kebutuhan serta keinginan yang ingin terpenuhi sekecil apapun betuknya. Meskipun allah telah menjamin kebutuhan kita tentu tidak serta merta allah memberikan tanppa ada ikhtiar dari manusia.

Ikhtiar yang dilakukan manusia bisa berbentuk iktiar dohir misalnya kita mmebutuhkan uang untuk mencukupi kebutuhan sandang, pangan, dan juga papan maka kita memprolehnya dengan bekerja sedangkan ikhtiar secara bathin atau secara rohani kita lakkukan dengan berdoa.

Berdoa demi kecukupan kebutuhan itu perlu dilakukan meskipun kebutuhan dan keinginan sekecil apapun kita tetap dianjurkan untuk berdoa kepada allah SWT.  Saah satu doa yang doanjurkan ketika kebutuhan dan keinginan kita diridloi oleh alllah adalah dengan sholat hajat.

sholat hajat adalah sholat sunnah yang tujuannya adalah memohon kepada allah atas segala kebutuhan kita. sehingga bukian hanya tercukupi saja kebutuhannya teta juga diridloi oleh Allah SWT. Rasulullah SAW juga pernah mengungkit mengenai sholat hajat, berikut sabda Rasulullah SAW :

لِيَسْأَلْأَحَدُكُمْرَبَّهُحَاجَتَهُحَتَّىيَسْأَلَهُالْمِلْحَوَحَتَّىيَسْأَلَهُشِسْعَنَعْلِهِإِذَاانْقَطَعَ

"Hendaklah salah sau dari kalian senantiasa meminta ebutuhannya lepada tuhan, sampai pun ketika garam, sampaipun meminta tali ssandalnya ketika putus". (HR.Timidzi).

Hadist tersebut menggambarkan betapa pentingnya berdoa kepada Allah hingga digambarkan meskipun cuma membutuhkan garam kita tetap dianjurkan untuk berdoa. Tidak hanya berdoa bahkan kita juga dianjurkan untuk melaksanakan shlat hajat sejumlah 2 rokaat atau lebih agar disertai dengan memohon kepada allah SWT.

Pengertian dan Hukum Sholat Hajat



sholat hajat adalah sholat sunnat yang diajarkan oleh allah swt kepada muslim melalui nabi muhammad yang dilakukan  pada saat seorang muslim memiliki hajat tertentu dan ingin dikabulkan Allah. Selain itu, sholat hajat juga merupakan media kita beroda kepada allah untuk memohon sesuatu agar diakulkan oleh allah dan di ridloi. Oleh karena itu hukum mengerjakan sholat hajat adalag sunnah, apabila dikerjakan maka mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak berdosa. Namun sholat ini sangat dianjurkan mengingat kebutuhan dan keinginan kita yang banyak baik dalam hal kecil maupun hal besar, kita tetap harus memohon pertolongan dan bantuan Allah.

Rasulullah besabda :
مَنْ كَانَتْ لَهُ إِلَى اللَّهِ حَاجَةٌ، أَوْ إِلَى أَحَدٍ مِنْ بَنِي آدَمَ فَلْيَتَوَضَّأْ وَلْيُحْسِنِ الْوُضُوءَ، ثُمَّ لِيُصَلِّ رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ لِيُثْنِ عَلَى اللَّهِ، وَلْيُصَلِّ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ثُمَّ لِيَقُلْ
Barangsiapa yang memiliki keperluan kepada Allah atau kepada seseorang dari anak Adam maka hendaknya dia berwudhu dan memperbaiki wudhunya, kemudian hendaknya dia sholat 2 rakaat kemudian memuji Allah, dan bershalawat kepada nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, kemudian membaca (terjemahnya): "

Kemudian, Asy-Syuqairirahimahullah berkata :
وأنت قد علمت ما في هذا الحديث من المقال ، فالأفضل لك والأخلص والأسلم أن تدعو الله تعالى في جوف الليل وبين الأذان والإقامة وفي أدبار الصلوات قبل التسليم ، وفي أيام الجمعات ، فإن فيها ساعة إجابة ، وعند الفطر من الصوم ، وقد قال ربكم ( أدعوني أستجب لكم ) وقال : ( وإذا سألك عبادي عني فإني قريب أجيب دعوة الداع إذا دعان ) وقال : ( ولله الأسماء الحسنى فادعوه بها )
Dan anda sudah tahu bahwa hadist ini (tentang sholat hajat) ada pembicaraan (tentang kelemahannya), maka yang afdhal, lebih ikhlash, dan lebih selamat engkau berdoa kepada Allah di tengah malam, dan antara adzan dan iqamat, di akhir sholat sebelum salam, pada hari jumat karena di dalamnya ada waktu ijabah (dikabulkan doa), dan ketika berbuka puasa

Allah juga berfirman :
ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ 
Berdoalah makan aku akan kabulkan

Pada ayat ini allah telah menjamin bahwa doa kita akan terkabul. Dengan sifat rohman rahimnya Allah, Allah mengabulkan apa yang dibutuhkan manusia. Allah selalu mengabulkan apa yang diminta oleh manusia, Allah telah menjaminnya.

sholat hajat memiliki tatacara yang kurang lebih sama dengan sholat snnah lainnya. Namun yang membedakan yaitu waktu dan juga doanya. Berikut akan kita ulas seputar tatacara shlat hajat lengkap dengan waktu pelaksanaa, niatnya, doa setelah sholat arab dan juga latinnya agar memperbudah membaca bagi pemula.

Niat Sholat Hajat Arab


أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Niat Sholat Hajat Latin

Usholli Sunnattal Haajati Rok’ataini Lillahi Ta’aalaa.

Arti Niat Sholat Hajat

Aku niat melaksanakan Sholat Sunnah Hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Tata Cara Sholat Hajat Sesuai Ajaran Islam



Sebelum melaksanakan sholata tentunya harus suci badan, pakaian, dan tempat sholat. langsung saja kita bahas berikut :
  1. Membaca Niat sholat HAJAT
  2. Takbirotul Ihram (اللَّهُ أَكْبَرُ  dengan mengangkat kedua tangan lalu bersendakap)
  3. Sunah Membaca Doa Iftitah (كَبِيرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا . . . sampai akhir) 
  4. Wajib Membaca Surah Al-Fatihah (الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ . . . . sampai akhir)
  5. Membaca Surah Ad-Dhuha (وَالضُّحَىٰ وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ ..... samapi akhir)
  6. Ruku’ dengan tuma’ninah dan membaca doa سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيمِ   sebanyak 3x
  7. I’tidal dengan tuma’ninah dengan membaca doa i'tidal  رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَىْءٍ بَعْدُ
  8. Sujud dengan tuma’ninah dengan membaca doa سُبْحَانَ رَبِّىَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ
  9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah dengan membaca doa duduk di antara 2 sujud رَبِّ اغْفِرْ لِى وَارْحَمْنِى وَاجْبُرْنِى وَارْزُقْنِى وَارْفَعْنِى
  10. Sujud kedua dengan tuma’ninah dan membaca doa sujud seperti pada poin 8.
  11. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  12. Membaca Surah Al-Fatihah  (الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ . . . . sampai akhir)
  13. Membaca Surah As-Syams (وَالشَّمْسِ وَضُحَاهَا  sampai akhir)
  14. Ruku’ dengan tuma’ninah  membaca doa سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيمِ   sebanyak 3x
  15. I’tidal dengan tuma’ninah dan  membaca doa i'tidal seperti poin 7.
  16. Sujud dengan tuma’ninah dengan membaca doa سُبْحَانَ رَبِّىَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ sebanyak 3 x
  17. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah  dengan membaca doa seperti pada poin 9.
  18. Sujud kedua dengan tuma’ninah membaca doa سُبْحَانَ رَبِّىَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ sebanyak 3 x
  19. Tasyahud Akhir dengan tuma’ninah التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ sampai akhir
  20. Salam ( السلام عليكم ورحمة الله  dengan menoleh kanan dan kekiri)
  21. Membaca doa setelah sholat tahajud
  22. Setelah salam, sujud lagi dengan maksud merendahkan diri kepada Allah dengan membaca tasbih 10x, shalawat 10x, dan doa robbana atina 10x.
  23. Membaca doa sholat hajat.

Doa Setelah Sholat Hajat Arab


: لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ الحَلِيمُ الكَرِيمُ، سُبْحَانَ اللَّهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيمِ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِينَ، أَسْأَلُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ، وَالغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Doa Setelah Sholat Hajat Latin

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Arti Doa Setelah Sholat Hajat

"Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa.

Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang."

Waktu Sholat Hajat Menurut Ulama Fiqih



Dalam melaksanakan sholat hajat tidak ada waktu khusus untuk mengerjaknnya. Artinya sholat ini dpat dikerjakan siang atupun malam hari. Namun, sholat hajat memiliki keutamaan waktu malam hari disepertiga malam. Karena pada waktu-waktu ini seorang muslim lebih mudah dalam konsentrasi memohon kepada allah karena suasana yang sepi.

Apabila dikerjakan malam hari, sholat hajat dapat dikerjakan seperti shlat tahajud yaitu setelah tidur. sehingga pada waktu yang bersamaan kita dapat melaksanakan shlat tahajud sekaligus sholat hajat dalam satu waktu. tentunya pada malam hari akkan lebih mudah konsentrasi kepada Allah SWT.

Mengapa lebih utama dikerjakan pada malam hari khususnya sepertiga malam? karena pada waktu-waktu inilah malaikat turun menyaksikan hamba-hamba allah yang bersujud memohon kepada alllah, baik memohon ampunan ataupuan memohon pertolongan.

Sama seperti sholat lainnya, sholat hajat juga tdak boleh dikerjakan pada waktu yang dilarang sholat serti setelah sholat subuh sampai terbit matahari dan sesudah sholat ashar.

Manfaat dan Keutamaan Sholat Hajat



1. Kebuthan dan keinginan akan lebih mudah dikabulkan

Seperti yang kita ulas di awal tadi bahwa setiap kebutuhan dan keinginan manusia haruslah ada ikhtiar. ikhtiar secara dohir idlkaukan dengan berkerja sedangkan ikhtiar secra bathin atau ruh dilakukan dengan berdoa salah satu medianya adalah dengan sholata hajat.

Allah telah menganjurkan kepada kita untuk berdoa dan meomohon kepada Nya baik dalam perkara becar maupun perkara kecil. dengan mengerjakan sholata hajat berarti kita telah mengikuti apa yang Allah perintahkan kepada kita. apabila kita sudah menjalankan perintahnya, Allah menjamin doa kita terkabul.

2. Pasrah dengan Apa yang Allah Anugrahkan

Meskipun kita sudah menjalankan aapa yang allah perintahkan termasuk sholat hajat, tidak semua yang kita inginkan akan beruwjud seperti apa yang dipikiran kita. Disini, Allah lebih tau apa yang biak buat kita.. Terkadang keinginan kita yang kita ikhtiarkan dan doakan adalah belum tentu baik untuk kita. maka dari itu, allah akan menggantinya dengan yang lebih baik. namun tidak jarang manusia salah mengartikan sehingga selalu sudzon kepada Allah (Naudzubillah).

Dengan shlat hajat, kita telah diajarkan bagaimana memohhon dan meminta bantuan serta pertolngan kepada allah dengan cara pasrah apa yang allah berikan. karena tidak mungkin allah memberikan yang buruk, allah selalu memberikan yang terbaik. Dengan menerima apa yang allah berikan maka allah juga akan ridlo kepada kita dan ridlo dengan apa yang kita miliki.

3. Ikhlas dengan yang di karuniakan

Apapun yang dikaruniakan allah kepada kita adalah yang terbaik. kita diberi rizki adalah perkara baik, kita diberi sakit juag perkara baik.  semua yang dikaruniakan kepada kita adalah sebuah ujian termasuk terkabulnya doa adalah ujian agar kita tidak sombong. Ketika doa belum terkabul juga tidak boleh putus asa. kita harus ikhlas. dengan ikhlas maka apa yang diberikan kepada kita akan berkah.

Begitu juga ketika kita diui dalam kesulitan, kita dilatih sabar dan besikap tenang, serta tetap khusnudzon kepada Allah SWT. Kareena stiap ujian yang kita lali pasti ada hikmah yang tersembunyi. Hikmah itu tergantung bagaimana kita mengambil dan menyikapinya.

4. Dapat Mengendalikan Semua Kebutuhan

Kemajuan teknologi di abad 21 ini mempengaruhi kebutuhan manusia. Kemajuan teknologi memberikan beberapa dpak yyait meningkatkan variasi dari kebutuhan manusia yang mulanya cukup komunikasi mengunakan handphone dengan sms atau telefon sekarang ahruslah android yang tersambung dengan jaringan internet, yang dulunya ayam cukup dimasak dirumah dinikmati bersama sekarang harus keluar dengan ditemani barang-barang barnded dan makan di restoran mewah.

Contoh diatas adalsah perkembangan kehidupan zaman sekarang. Kita harus mampu memilih mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang hanya sevbatas keinginan atau nafsa kita. Keinginan dan nafsu kebanyakan mendorong pada perkara yang kurang bak apabila kita tidak bisa mengendalikannya.

Keinginan dan kebutuhan haruslah dipertimbangkan mana yang memberikan mafaat. terkadang kita juga kesulitan dalam membedakannya. Dengan apa yag ada pada diri kita sekarang ini adalah rahmat dan anugrahh Allah yang diberikan kepada kita, patutnya sebagai hamba yang tidak mampu apa-apa harus banyak bersyukur dengan nikmat Allah.

5. Mendekatkan diri kepada Allah

sholat hajat menjadi media untuk mendekatkan diri kepada Allah. Mengapa? jelasnya tidap waktu kita butuh apapun, kebutuhan tersebut adalah apa yang Allah berikan kepada kita. secara tidak langsung dengan menyadari hal itu kita tiap hari akan melaksanakan sholat hajat karena kita yang membutuhkan.

Sementara Allah, sangat mencintai hambanya yang mendekatkan diri kepadanya. Jika hambanya mendekat dengan cara merangkak, maka Allah akan mendekati kita dengan cara berjalan, Apabila seorang hama mendekati Allah dengan berjalan, maka Allah akan mendekati hambanya dengan berlari. Itulah kecintaan Allah kepada hamba Nya.

6. Menjadi Motivasi untuk Ikhtiat lebih giat

Semua kebutuhan dan keinginan haruslah diikhtiarkan, dengan sholat hajat maka kita sudah ikhtiar secara doa untuk memohon atas kebutuhan kita. dengan demikian menjadi motivasi agar lebih giat lagibdalam bekerja. Kalau sudah ikhtiar dilakukan termasuk doa dan usaha serta Allah ridlo, apa yang tidak diberikan oleh Allah? Allah akan memberikan seperrti apa yang kita butuhkan.

Misalnya saja, seorang pekerja yang ingin menambah pengasilannya karena anaknya banyak, secara otomatis dia akan lebih giat bekerja karena anaka adalah anugrah dan titipan yang diberikan dan diamanhkan kepadanya. Selain itu,dia juga berusaha untuk mencari nafkah yang halal untuk anaknya.

7. Menghindari Godaan Setan

Dalam kondisi apapaun setan akan tetap menggoda kita, karena itu adalah tugasnya. Termasuk menuruti hawa nafsu karena hawa nafsu cenderung membawa kita ke perkara yang dilarang, dengan menuruti hawa nafsu setan pun akan membantu menggoda kita untuk cenderung memenuhi apa yang kita inginkan. Dengan sholat hajat setidaknya kita bisa membedakan perkaraperkarta yang diharamkan oleh Allah.

Sebagaimana yang terjadi pada era sekarang ini, dengan mendapatkan apa yang diinginkan tidak jarang saling suao uang negara yang semata-mata untuk memenuhi kebutuhan pribadi. ikhtiar yang dilakukan tidaklah sesuai dengan yag diajarkan oleh Rasulullah. Untuk meraih apa yang kita inginkan kita harus mengambil jalan yang halal, karena itulah yang diridloi Allah.

Nah itulah beberapa ulasan tentang tata cara sholat hajat, doanya, hukumnya, waktu pelaksanaan, hingga manfaatnya. semoga kita bisa istiqomah dalam menjalankannya. Satu-satunya yang harus kita kejar adalah ridlo Allah dan Allah ridlo jika kita mejalankan yang wajib dan yang sunnah. Semoga artikel saya membantu mohon maaf bila ada salah kata, smoga bermanfaat dan terima kasih.

Seorang Ayah, Blogger, Guru, dan Juga Temen yang asyik untuk diajakin ngopi

Posting Komentar