Doa Sesudah Makan (Arab, Latin, dan Artinya) Sesuai Sunnah

Daftar Isi [Tutup]

    Doa Sesudah Makan adalah Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin, yang artinya "Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim". Untuk ulasan lebih lengkap, silahkan baca artikel ini.


    Kenikmatan atas sebuaha makanan yang telah kita konsumsi itu semua tergantung oleh banyak hal, mulai dari kondisi hati, fikiran, mood, selera makan, hidangan, dan perasaan lapar atau tidak tentunya. Jika semua faktor tersebut sangat mendukung, makan sudah tentu kita akan merasakan nikmatnya menyantab hadangan apapun yang ada didepan kita.

    Jangan pernah berfikiran negatif terhadap makanan yan ada didepan tanpa merasakan sensasinya dan rasanya. Kita tidak pernah tahu apakah makanan itu memiliki rasa yang enak ataukah tidak sebelum kita memakannya. Namun, jika kita terlebih dahulu berfikir negatif terhadap suatu makanan, sudah tentu makanan tersebut tidak akan memiliki rasa yang nikmat saat dimakan.

    Pentinganya Mengajari Anak untuk Berdoa

    Berfikir positif atas segala sesuatu perlu di tumbuh kembangkan mulai dari usia dini. Bagi kalian yang saat ini adalah sudah menjadi orang tua (mom and dady), sudah sepatutnya untuk mengajarkan hal ini kepada putra - putri tercinta kalian, termasuk pada saat makan. Karena dengan selalu berpikir positif akan membuat mereka dan kita menjadi lebih berani untuk mencoba. 

    Selain mengajarkannya untuk berfikir positif saat makan, penting juga untuk kalian yang sudha menjadi parents untuk mengajarkan mereka berdoa sebelum makan dan doa sesudah makan yang satu ini. Karena berdoa sesudah makan merupakah salah satu threatment untuk mengajarkan anak selalu positife thingking dan bersyukur atas rizky yang allah berikan.

    Doa Sesudah Makan


    Membaca doa sesudah makan bertujuan untuk meningkatkan rasa syukur kita atas semua rizky yang telah allah berikan kepada kita semua, khususnya adalah rizky makanan. 

    Dalam sebuah hadis riwayat HR.Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi terdapat sebuah amalan doa yang sering rosullulah baca saat sesudah makan. Adapun doa tersebut adalah sebagai berikut:

    اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

    Doa Sesudah Makan Latin

    Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin”

    Arti Doa Sesudah Makan

    Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.

    Keutamaan dan Manfaat Membaca Doa Setelah Makan

    Penting bagi kita seluruh umat muslim untuk senantiasa mengikuti jejak dan nasihat rosulullah saw. Tentu dibalik jejak dan nasihat rosulullah yang kita amalkan terdapat hikmah, keutamaan, dan manfaat yang akan kita peroleh yang jarang kita sadari itu. 

    Termasuk pada saat mengamalkan doa sesudah makan yang satu ini, akan banyak maanfaat yang dapat kita rasakan. Adapun beberapa manfaat tersebut secara ringkas adalah sebagai berikut:

    1.  Memperoleh Pahala Sunnah

    Adab atau etika baik yang telah rosulallah saw ajarkan kepada dalam sebuah hadist diatas, insyallah pada saat kita senantiasa mengamalkannya, kita akan senantiasa memperoleh pahala sunnah nabi muhammad saw dan syafaat beliau kelak di hari kiamat, amin amin allahumma amin.

    Lebih dari dari, saat anda adalah seorang parents yang berkenan untuk mendidik sikecil untuk dapat meniru adab baik rosullah, shingga anak kita menjadi anak yang sholih-sholihah, insyallah kita akan mendapat tambahan pahala yang tak pernah putus yaitu doa dari anak yang sholih.

    2.  Menjaga Kesehatan Tubuh

    Dalam sebuah laporan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Masaru Emoto menjelaskan bahwa sebaik - baiknya makanan dan minum adalah makanan dan minuman yang telah di bacakan doa oleh pemiliknya. Selain itu, penelitian tersebut juga menjelaskan bahwa makanan dan minuman yang telah dibacakan doa akan memiliki pengaruh positif untuk menjadikan prilaku seseorang menjadi lebih baik.

    Selain penelitian diatas, penelitian yang berasal dari negeri jepang (sakura), melaporkan bahwa makanan dan minuman yang telah di bacakan doa akan meningkatkan kesehatan tubuh manusia. Hal tersebut dikarenakan makanan tersebut telah mengalami perubahan molekul yang signifikan dan sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

    3.  Meningkatkan Keimanan dan Keberkahan

    Bersyukur atas segala rizky yang telah allah berika kita berikan kepada kita semua termasuk nikmat rizky makanan, dengan cara membaca doa setalah makan, secara tidak langsung akan meningkatkan keimanan pribadi masing - masing. 

    Dengan mengucap rasa sukur tersebut dengan berodoa tanpa disadari kita telah menambah rasa yakin dan percaya atas kagungan allah swt dan segala macam bentuk rizky yang diberikan. 

    Semakin kita sering mengamalkan doa harian, seperti doa sesudah ini, maka keimanan dan ketaqwaan kita terhadap allah akan semakin kuat.

    Demikian ulasan artikel tentang Dosa Sesudah Makan yang sudah kami rangkum untuk kalian hafal dan di amalkan. Semoga amal ibadah kita semua diterima oleh allah swt. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas dukungannya.

    Anda mungkin menyukai postingan ini