Doa Sebelum dan Sesudah Belajar (Latin, dan Artinya) Agar Diberi Kemudahan

Daftar Isi [Tutup]

    Do'a Sebelum Belajar adalah "Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan". Sedangkan Do'a Sesudah Belajar adalah "Allahumma arìnal haqqa haqqan warzuqnat tìbaa’ahu wa arìnal baathìla baathìlan warzuqnaj tìnaabahu”. Untuk arti dan penjelasan lengkap, silahkan baca artikel ini.


    Jalan yang harus ditempuh pada saat kita menginginkan adanya perubahan terhadap prilaku kita, khususnya prilaku baik (termasuk pengetahuan) adalah dengan cara belajar, belajar, dan terus belajar. Karena dengan belajar, kita akan memperoleh banyak latihan, percobaan, pengetahuan baru, nasihat, dan lain sebagainya yang itu sangat mendukung untuk merubah prilaku buruk kita menjadi lebih baik.

    Sudah tentu belajar adalah suatu aktifitas positif yang sangat dianjurkan, tidak hanya dalam agama islam saja, namun juga non muslim pun akan tetap mengajarkan kita untuk berusaha berjuang untuk dapat terus belajar dan belajar.

    Dalam islam sendiri, menuntuk ilmu (belajar) itu sendiri hukumnya adalah wajib tanpa terkecuali. Karena ilmu adalah bekal kehidupan kita di dunia dan diakhirat kelak. Sesuai dengan sebuah hadist yang diriwayatkan oleh imam tumudzi, hadist tersebut berbunyi:

    مَنْ اَرَا دَالدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ . وَمَنْ اَرَادَالْااَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِلْعِلْمِ . وَمَنْ اَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ

    Barang siapa menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan akhirat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki keduanya, maka wajib baginya memiliki ilmu.

    Anjuran Membaca Doa Belajar

    Ilmu pengetahuan adalah sesuai perkara yang baik dan akan berdampak positif terhadap diri kita. Oleh karena itu, memperolehnya pun harus dilakukan dengan cara yang baik juga. Salah satu hal yang penting kita ingat saat belajar (mencari ilmu) adalah etika atau adab kita saat belajar.

    Para ulama salafus shalih telah menjelaskan dalam kita - kitabnya yang telah di akui oleh berbagai macam kalangan ulama saat ini, bahwa adab yang baik sangat penting untuk di amalkan dalam mencari ilmu. Bahkan Imam Malik rahimahullah pernah berkata pada orang Quraisy,

    تعلم الأدب قبل أن تتعلم العلم

    “Pelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu.”

    Oleh karena itu, marilah kita senantiasa memahami adab - adab baik yang telah diajarkan oleh rosullullah dan para sahabat pada saat kita belajar. 

    Dalam beberapa refrensi terdapat beberapa adab belajar yang penting untuk kita lakukan saat belajar seperti niat, tidak boleh sombong, bersuci, dan lain sebagainya. Namun, adab yang paling penting untuk dilakukan adalah membaca doa belajar.

    Doa Sebelum Belajar

     رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

    Doa Sebelum Belajar Latin

    “Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.”

    Arti Doa Sebelum Belajar

    “Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

    Doa Sesudah Belajar


    اِللَّهُمَّ اَرِنَا الْحَقًّا حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ وَاَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلًا وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

    Doa Sesudah Belajar Latin

    “Allahumma arìnal haqqa haqqan warzuqnat tìbaa’ahu wa arìnal baathìla baathìlan warzuqnaj tìnaabahu.”

    Arti Doa Sesudah Belajar

    “Ya allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat selalu mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat selalu menjauhinya.”

    Manfaat Membaca Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

    Para ulama salafus shalih mengajarkan kita untuk seantiasa berdoa pada saat sebelum dan sesudah belajar. Bukan suatu hal yang mubah, tentu dibalik itu semua terdapat hikman dan manfaat yang besar dan tanpa kita sadari.

    Ulama terdahulu juga telah banyak menjelaskan akan hikmah dan manfaat bagi para pelajar yang mengamalkan doa sebelum dan sesudah belajar ini. Namun secara ringkas, manfaat doa tersebut adalah sebagai berikut:

    1. Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

    Permohonan kepada allah swt untuk diberikan kemudahan saat kita belajar adalah salah satu bentuk ikhtiyar kita untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada allah. Semakin kita memohon kepada allah, kita telah yakin dan beriman kepadanya.

    2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

    Saat prasaan negatif minder, takun dan lainnya muncul sesaat kamu akan belajar, maka berdoalah dengan sungguh - sunggu, yakinkan dirimu akan keagungan allah yang dapat memberimu kemudahan dalam belajar dan memahami pelajar. 

    Dengan adanya keyakinan, insyallah rasa percaya dirimu akan berlipat ganda dan lebih siap untuk menerima indahnya nikmat ilmu pengetahuan.

    3. Terhindar dari Hal yang Mengganggu

    Allah adalah dzat yang maha mendengar doa seorang hambanya yang mau berdoa kepadanya dan allah juga maha penolong saat sedang dalam kesusahanhambanya. 

    Saat kita membutuhkan perlindungan dan pertolongan, seperti lindungan dari hal - hal yang mengganggu pada saat kita belajar, maka berdoalah adar selalu dihindarkan dari berbagai masalah yang mengganggumu saat kamu belajar. Dengan berdoa, insyallah kamu akan terhindar dari berbagai masalah tersebut.

    4. Memperoleh Kemudahan Memahami Ilmu

    Dengan tidak adanya halangan atau hal yang mengganggu dan juga dengan rasa penuh percaya dini saat kita belajar, insyallah kenikmatan yang hakiki saat kita belajar adalah salah satu manfaat yang akan kita peroleh saat mengamalkan adab belajar dan doa belajar ini.

    Akan banyak ilmu pengetahuan baru yang kita peroleh atas kenikmatan dan kelancara yang diberikan oleh allah.  

    5. Lebih Disiplin dalam Belajar

    Dengan mengamalkan ada - adab belajar yang telah diajarkan oleh rosulullah dan para ulama terdahulu secara istiqomah, secara tidak sadar kita sudah berusaha untuk terus disiplin dalam waktu dan disiplin pada saat belajar. 

    Dan kedisiplinan dalam belajar tersebut akan memiliki pengaruh positif terhadap seluruh kegiatan harianmu. Percaya atau tidak, dengan disiplin belajar kamu makan akan lebih disiplin dalam segala hal juga.

    6. Meningkatkan Rasa Syukur

    Doa setelah belajar merupakan ungkapan syukur kita telah diberikan kenikmatan pada saat belajar. Sudah semestinya kita selalu membaca doa setelah kita belajar. 

    Karena atas limpahan ramhat, taufiq, serta hidayahnyalah, kita dapat menyelesaikan belaljar kita tanpa adanya gangguan apapu. 

    7. Memperoleh Pahala Sunnah

    Mengamalkan adab dan doa belajar (sebelum dan sesudah belajar juga berarti kita melaksanakan perintah rosulullah untuk berbuat baik. Melaksanakan perintah rosul berarti juga kita akan mendapat pahala sunnah. Dan itu adalah nikmat tuhan yang enggak boleh di dustakan. (فَبِأَيِّ آَلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ)

    Marilah kita semakin meningkatkan kualitas dan kuantitas ibada kita dengan senantiasa mengamalkan sunah - sunnah nabi muhammad saw, dan semoga kita termasuk dalam golongan nabi yang mendapat syafaatnya di hari kiamat, amin amin amin allahumma amin. 

    Demikian ulasan artikel saya terkait dengan Doa Sebelum dan Sesudah Belajar yang kami rangkum dari berbagai macam sumber bacaan pribadi. mohon maaf bila ada kesalahan. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas dukungannya.

    Anda mungkin menyukai postingan ini