Doa Belajar (Arab, Latin, dan Artinya) Agar di Beri Kemudahan

Daftar Isi [Tutup]

    Doa Belajar yaitu Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan. yang Artinya “Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik". Untuk ulasan lebih lengkap, silahkan baca artikel ini.


    Belajar merupakan proses yang akan membuatu perubahan prilaku seseorang menjadi lebih baik sebagai hasil pengalaman atau latihan yang diperkuat. Seseorang dianggap telah belajar atas suatu ilmu jika seseorang tersebut dapat menunjukkan perubahan perilakunya menjadi lebih baik.

    Dalam islam, seluruh umat islam sangat dianjurkan untuk terus belajar hingga akhir masa hidupnya didunia. dan hukum belajar bagi umat muslim adalah wajib dan tidak dapat diwakilkan. ilmu yang dapat dipelajar didunia ini pun sangat beragam, namun dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu ilmu dunia dan ilmu akhirat. 

    Allah Swt dalam al-quran berjanji akan meningkatkan drajat seseorang bagi mereka yang yang mau belajar menuntut ilmu. Seperti yang dijelaskan dalam surat Al Mujaadilah ayat 11, yang berbunyi:

    یَرۡفَعِ اللّٰہُ الَّذِیۡنَ اٰمَنُوۡا مِنۡکُمۡ ۙ وَ الَّذِیۡنَ اُوۡتُوا الۡعِلۡمَ دَرَجٰتٍ ؕ وَ اللّٰہُ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ خَبِیۡرٌ

    “Niscaya Allah akan mengangkat atau meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti tentang apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Mujaadilah ayat 11).

    Rosulullah juga mewajibkan seluruh kaum muslimin tanpa terkecuali untuk terus belajar untuk menuntut ilmu baik itu ilmu agama ataupun ilmu dunia. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah nabi muhammad menetapkan bahwa :

    طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

    “Menuntut ilmu merupakan kewajiban atas setiap muslim.” (HR. Ibnu Majah, no. 224).

    Memang dalam belajar suatu ilmu, kita akan mendapati berbagai macam cobaan yang mungkin itu sulit bagi kita, entah itu cobaan keluarga, cobaan susah memahami materi pelajarn, dan lain sebagainya. 

    Dan pada saat itulah, kita dilarang untuk menyerah dan kita untuk dianjurkan memohon bantuan kepada allah agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam belajar. Selain itu juga ada beberapa adab atau etika yang pelu kita fahami dan diamalkan pada saat belajar.

    Adab Saat Belajar

    Adab belajar merupakan etika atau prilaku baik yang sangat dianjurkan pada saat kita belajar. Baik itu belajar dalam kelas ataupun belajar sendiri dirumah seperti pada saat pandemi seperti ini. 

    Para ulama terdahulu berpendapat bahwa adab dalam menuntut ilmau sangat diperlukan. Bahkan Imam Malik rahimahullah pernah berkata pada orang Quraisy,

    تعلم الأدب قبل أن تتعلم العلم

    “Pelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu.”

    Oleh karena itu, marilah kita senantiasa memahami adab - adab baik yang telah diajarkan oleh rosullullah dan para sahabat pada saat kita belajar. adapun adab - adab belajar adalah :

    1. Niat karena Allah
    2. Selalu berdoa
    3. Selalu bersungguh-sungguh
    4. Menjauhi maksiat
    5. Selalu rendah hati
    6. Memperhatikan penjelasan
    7. Diam menyimak
    8. Menghafal
    9. Mengamalkan
    10. Mendakwahkan


    Doa Belajar


    رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

    Doa Belajar Latin

    “Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.”

    Arti Doa Belajar

    “Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”


    Manfaat Membaca Doa Belajar

    Etika baik yang diajarkan oleh rosulullaj pada saat kita belajar merupakan perkata yang baik dan dianjurkan untuk kita amalkan dalam kehidupan sehari - hari. Dianjurkan kepada kita semua untuk mengikuti adab tersebut, tentunya tekandung hikmah dan manfaat didalamnya

    Berikut adalah ulasang ringkas terkait dengan beberapa manfaat dan keutamaan yang dapat kita peroleh saat mengamalkan doa belajar:

    1. Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

    Permohonan kepada allah swt agar diberikan tambahan ilmu yang bermanfaat merupakan salah satu bentuk ikhtiar manusia untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada allah swt. dan itu adalah hal yang sering tidak kita sadari walaupun itu tersirat didalam setiap doa yang dipanjatkan

    Dengan mempercayai bahwa sebaik - baiknya dzat tempat kita untuk memohon adalah allah, kita telah meningkatkan rasa yakin dan percaya atas kagungan allah swt dan segala macam bentuk nikmat yang diberikannya yang diberikan kepada kita, seperti nikmat belajar. 

    Semakin kita sering mengamalkan doa harian, seperti belajar ini, maka keimanan dan ketaqwaan kita terhadap allah akan semakin kuat.

    2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

    Memulai suatu pekerjaan baik memanglah tidak mudah, salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah kepercayaan diri. Saat akan memulai, sering secara tiba - tiba muncul dalam benak kita rasa minder, merasa tidak mampu, dan lain sebagainya. 

    Saat prasaan - prasaan tersebut muncul sesaat kamu akan belajar, maka berdoalah dengan sungguh - sunggu, yakinkan dirimu akan keagungan allah yang dapat memberimu kemudahan dalam belajar dan memahami pelajar. Dengan yakin akan hal itu, insyallah rasa percaya dirimu akan berlipat ganda dan lebih siap untuk menerima indahnya nikmat ilmu pengetahuan.

    3. Terlindungi dari Berbagai Masalah

    Banyak hal yang mungkin dapat mengganggu atau bahkan bemasalah yang berdampak ada terganggunya proses belajar kita. Baik itu hujan lebat, teman yang usil, alat atau buku hilang, dan lain sebagainya.

    Allah adalah dzat yang maha mendengar doa seorang hambanya yang mau berdoa kepadanya dan allah juga maha penolong hambanya. Oleh karena itu, berdoalah untuk selalu dihindarkan dari berbagai masalah yang mengganggumu saat kamu belajar. Dengan berdoa, insyallah kamu akan terhindar dari berbagai masalah tersebut.

    4. Memperoleh Berkah Kemudahan

    Belajar dengan penuh rasa percaya diri dengan semangat yang membara dan juga tidak ada satupun halangan atau masalah yang mengganggu pada saat belajar, maka sudah tentu kemudahan, keasyikan dalam belajar adalah keindahan nikmat yang allah karunikan kepada kita.

    Banyak materi atau ilmu pengetahuan yang akan dapat kita fahami saat allah sudah melindungi dan memberi kelancaran pada kita. So, marilah gemar membaca doa belajar untuk nikmat belajar yang lebih dan lebih. 

    5. Lebih Disiplin

    Dengan mengamalkan ada - adab belajar yang telah diajarkan oleh rosulullah dan para ulama terdahulu secara istiqomah, secara tidak sadar kita sudah berusaha untuk terus disiplin dalam waktu dan disiplin pada saat belajar. 

    Dan kedisiplinan dalam belajar tersebut akan memiliki pengaruh positif terhadap seluruh kegiatan harianmu. Percaya atau tidak, dengan disiplin belajar kamu makan akan lebih disiplin dalam segala hal juga.

    6. Memperoleh Pahala Sunnah

    Melaksanakan adab dan doa belajar juga berarti kita melaksanakan perintah rosulullah untuk berbuat baik. Melaksanakan perintah rosul berarti juga kita akan mendapat pahala sunnah. Dan itu adalah nikmat tuhan yang enggak boleh di dustakan.

    Semakin banyak amalan sunnah yang kita lakukan, insyallah kelak kita termasuk dalam golongan nabi muhammad yang mendapat syafaatnya di hari kiamat, amin amin amin allahumma amin. 

    Demikian ulasan artikel saya terkait dengan Doa Belajar yang dapat kita amalkan sebelum belajar. Marilah kita terus berusaha utuk memperoleh syafaat nabi muhammad saw di hari kiamat dengan mengamalkan sunnah - sunnah nabi. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas dukungannya.

    Anda mungkin menyukai postingan ini