Doa Sebelum Makan dan Sesudah Makan (Arab, Latin, dan Artinya) Mudah di Hafal

Daftar Isi [Tutup]

    Doa Sebelum Makan dan Sesudah Makan - Untuk menunjang kebutuhan energi harian tubuh, kita perlu mengkonsumsi makan - makanan yang sehat dan menyehatkan. Dengan begitu kita dapat melakukan berbagai macam aktifitas baik itu dirumah, sekolah, atau tempat bermain. 

    Makanan yang sehat akan berpengaruh baik terhadap kesehatan fisik dan mental kita. Sebaliknya, jika makanan yang dikonsumsi tidak sehat, maka kesehatan fisik dan mental kita akan terganggu dan akibatnya akan mudah untuk sakit, depresi, frustasi, mudah lelah, dan lain sebagainya. 

    Tidak hanya itu, dalam islam selalu diajarkan bahwa makanan yang halal dan haram itu juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan jasmani dan rohani kita. Para ulama kerap menjelaskan bahwa saat kita mengkonsumsi makanan - makanan halal insyallah kita akan selalu terlindungi dari perbuatan buruk dan hal - hal negatif lainnya.

    Sebaliknya, saat kita mengkonsumsi - makan makanan haram kita akan cenderung untuk melakukan perbuatan - perbuatan yang tercela dan juga kondisi jiwa akan terus merasa tidak tenang. Oleh karena itu, ketenangan jiwa juga sangat ditentukan oleh makanan yang kita konsumsi. Allah berfirman dalam Al Quran surah Abasa ayat 24:

    فَلۡیَنۡظُرِ الۡاِنۡسَانُ اِلٰی طَعَامِہٖۤ

    “Maka, seharusnya manusia memerhatikan makanannya.” (QS. Abasa ayat 24).


    Anjuran Berdoa Sebelum Makan

    Makan - makanan yang sehat dan halal sudah tentu akan memberikan berkah dan kesehatan terhadap diri kita, baik jasmani maupun rohani. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan apakah makanan yang kita konsumsi diperoleh dengan cara yang benar atau tidak.

    Kemudian jangan lupa untuk berdoa baik itu sebelum atau sesudah makan, karena itu adalah etika yang diajarkan oleh nabi muhammad saw. dalam sebuah riwayat dijelaskan :

    إِنَّ الشَّيْطَانَ لَيَسْتَحِلُّ الطَّعَامَ الَّذِى لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللَّهِ عَلَيْهِ وَإِنَّهُ جَاءَ بِهَذَا الأَعْرَابِىِّ يَسْتَحِلُّ بِهِ فَأَخَذْتُ بِيَدِهِ وَجَاءَ بِهَذِهِ الْجَارِيَةِ يَسْتَحِلُّ بِهَا فَأَخَذْتُ بِيَدِهَا فَوَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ إِنَّ يَدَهُ لَفِى يَدِى مَعَ أَيْدِيهِمَا

    “Sungguh, setan menghalalkan makanan yang tidak disebutkan nama Allah padanya. Setan datang bersama orang badui ini, dengannya setan ingin menghalalkan makanan tersebut, maka aku pegang tangannya. Dan setan tersebut juga datang bersama budak wanita ini, dengannya ia ingin menghalalkan makanan tersebut, maka aku pegang tangannya. Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, sesungguhnya tangan setan tersebut ada di tanganku bersama tangan mereka berdua.” (HR. Abu Daud no. 3766. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits tersebut shahih)

    Hadist tersebut mengajarkan kepada kita semua untuk selalu berdoa (mengucap nama allah) dalam melakukan segala aktifitas, begitu pun juga saat kita makan. karena dengan berdoa, makanan yang kita konsumsi tidak hanya menyehatkan namun juga menjadi berkah dan menenangkan jiwa kita. Hal tersebut seperti yang dijelaskan oleh Nabi Muhammad Saw:

    “Sesungguhnya, hati itu akan merasa tenang terhadap yang halal dan tidak akan tenang terhadap yang haram.”(HR.Thabrani).

    Hadits diatas menunjukkan bahwa saat kita mengkonsumsi makan - makanan yang sehat dan hala, maka ketenangan hati dan batin akan dapat dengan mudah kita peroleh. Namun, saat kita mengkonsumsi makan - makanan yang haram, jangan harap memperoleh ketenangan hati, malah kegelisahan, kecemasan dan keresahaan hati yang akan diperoleh.


    Adab Ketika Makan dan Minum

    Para ulama salafus shalih telah mengajari kita adab atau etika yang baik ketika makan. Adapun adab atau etika yang harus kita lakukan sebelum, sedang, bahkan sesudah makan adalah sebagai berikut:

    1. Mencuci kedua tangan terlebih dahulu.
    2. Berkumur secukupnya. 
    3. Membaca basmalah.
    4. Membaca doa sebelum makan.
    5. Makan dan minum harus dengan posisi duduk rapi dan baik.
    6. Tidak berbicara saat sedang makan .
    7. Gunakan tangan kanan untuk mengambil dan memakan makanan.
    8. Tidak tergesa - gesa saat makan.
    9. Tidak berserakan saat makan dan selalu menjaga kebersihan. 
    10. Tidak makan sambil berjalan.
    11. Tidak berlebihan dan makan secukupnya.
    12. Membaca hamdalah (alhamdulillah).
    13. Membaca doa setelah makan.
    14. Membersihkan dan merapikan tempat dan peralatan makan.


    Doa Sebelum Makan


    اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

    Doa Sebelum Makan Latin

    "Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa 'adzaa bannaar."

    Terjemah Doa Sebelum Makan

    Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka."


    Doa Sesudah Makan


    اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

    Doa Sesudah Makan Latin

    "Alhamdulillahilladzi ath-amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa minal muslimiin."

    Terjemah Doa Sesudah Makan

    "Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk dari kaum muslimin."


    Demikian ulasan artikel saya terkait dengan doa sebelum dan sesudah makan. Semoga apa yang saya tulis kali ini akan bermanfaat bagi kamu yang sedang berusaha berbuat baik dengan cara berdoa sebelum dan sesudah makan.

    Mohon maaf bila ada kesalahan, semoga amal ibadahmu senantiasa dicatat sebagai amal baik disisi allah, dan terima kasih telah berkunjung. 

    Doa Sebelum Makan dan Sesudah Makan

    Anda mungkin menyukai postingan ini