Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur (Arab, Latin, dan Artinya) Mudah di Hafal

Daftar Isi [Tutup]

    Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur - Setelah seharian penuh beraktifitas, baik itu sekolah maupun bekerja, tubuh kita akan terasa lelah dan letih sehingga sulit untuk menerima ilmu baru dan susah untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Oleh karena itu, kita perlu istahat dan tidur. 

    Dengan beristirahat dan tidur, tubuh akan kembali segar dan fikiran akan lebih siap menerima suatu hal yang baru dan menarik lainnya. Selain itu, pekerjaan pun akan lebih cepat dan tepat untuk diselesaikan.

    Penting untuk kamu fahami, bahwa tidur yang kurang baik akan tidak berpengaruh apa apa saat kamu bangun, malah rasa lelah akan semakin bertambah. Sebaliknya, jika kondisi tidurmu nyenyak maka saat bangun kondisi tubuh dan fikiran akan menjadi lebih baik. 

    Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan kondisi tidur sebaik mungkin untuk memperoleh kebugaran dan kenyamanan saat bangun dari tidurmu. Salah satu hal yang perlu kamu lakukan adalah berdoa sebelum tidur. 

    Anjuran Berdoa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur

    Tidak hanya masalah ibadah, rasulallah juga mengajarkan kepada kita perbuatan - perbuatan yang baik seperti adab sebelum dan bangun tidur. Seperti yang diajarkan oleh beliau, sebelum tidur hendak tidur kita diawali dengan membaca doa sebelum tidur. Hal tersebut seperti yang dinyatakan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh sahabat rasulallah yang berbunyi: 

    عَنْ حُذَيفَةَ ، وَأَبِي ذَرٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا ، قَالاَ : كَانَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – إِذَا أوَى إِلَى فِرَاشِهِ ، قَالَ : ( بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَأموتُ ) وَإذَا اسْتَيقَظَ قَالَ :( الحَمْدُ للهِ الَّذِي أَحْيَانَا بعْدَ مَا أماتَنَا وإِلَيْهِ النُّشُورُ ) . رَوَاهُ البُخَارِي

    Dari hudzaifah dan abu dzarr radhiyallahu ‘anhuma, mereka berdua berkata, “apabila rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika hendak tidur, beliau mengucapkan, ‘bismika alloohumma ahyaa wa amuut’ (dengan menyebut nama-mu ya allah, aku hidup dan aku mati) dan apabila beliau bangun, beliau mengucapkan, ‘alhamdu lillahilladzi ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur’ (segala puji bagi allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan hanya kepada-nya kami kembali).” (hr. Bukhari)

    Dengan membaca doa sebelum tidur tersebut, kita telah diajarkan sifat tawakal dan pasrah kepada allah atas hidup dan mati kita seutuhnya. Karena dengan nama allah lah kita hidup dan dengan nama allah lah kita akan mati. 

    Selain membaca doa, rasulallah juga menganjurkan kita untuk membersihkan tubuh dan bersuci terlebih dahulu sebelum kita tidur. Dengan begitu, kita akan selalu berada dalam kondisi suci walaupun dalam keadaan tidur. Hal tersebut seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadist, Rasulullah bersabda:

    مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

    “Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.’” (HR. Ibn Hibban)

    Adab Sebelum Tidur dan Bangun Tidur

    Para ulama salafus shalih telah mengajari kita adab atau etika yang baik ketika sebelum tidur dan bangun dari tidur. Adapun adab atau etika yang harus kita lakukan sebelum, sedang, bahkan sesudah tidur adalah sebagai berikut:
    1. Jangan tidur larut malam
    2. Membersihkan diri dan bersuci dengan cara berwudhu
    3. Membersihkan tempat tidur
    4. Matikan lampu dan menutup wadah makanan dan minuman
    5. Berbaring menghadap ke kanan
    6. Membaca Ayat Kursi
    7. Membaca al-ikhlas 3x
    8. Membaca tasbih 3x
    9. Membaca sholawat nabi 3x
    10. Membaca istighfar 3x
    11. Menutup dengan doa sebelum tidur
    12. Saat terbangur dari tidur jangan lupa membaca doa bangun tidur
    13. Merapikan tempat tidur

    Doa Sebelum Tidur



    بِسْمِكَ اللّٰهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ

    Doa Sebelum Tidur Latin

    "Bismika Allaahumma ahya wa bismika amuut."

    Arti Doa Sebelum Tidur

    "Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku hidup dan aku mati."

    Doa Bangun Tidur



    اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

    Doa Bangun Tidur Latin

    "Alhamdullillahilladzi ahyaanaa ba'da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur."

    Arti Doa Bangun Tidur

    “Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada-Nya aku dibangkitkan.”

    Demikian ulasan artikel saya terkait dengan doa sebelum dan bangun tidur. Semoga apa yang saya tulis kali ini akan bermanfaat bagi kamu yang sedang berusaha berbuat baik dengan cara berdoa sebelum dan bangun tidur. 

    Mohon maaf bila ada kesalahan, semoga amal ibadahmu senantiasa dicatat sebagai amal baik disisi allah, dan terima kasih telah berkunjung.

    Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur

    Anda mungkin menyukai postingan ini