21+ Contoh CV Bahasa Inggris Yang Benar, Simpel dan Menarik (Lengkap)

Berikut dibawah ini adalah beberapa contoh CV dalam bahasa Inggris yang benar, simpel dan menarik yang dapat Anda jadikan referensi:

CV atau kepanjangan dari curriculum vitae dapat dibuat dalam bentuk bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Jika Anda adalah seorang warga negara Indonesia sejak lahir mungkin memerlukan contoh CV bahasa Inggris yang berguna untuk membantu Anda dalam mencari pekerjaan.

Kini, sebagian perusahaan mensyaratkan curriculum vitae atau cv sebagai dokumen yang perlu Anda sertakan ketika ingin melamar pekerjaan. Apalagi, bila Anda seorang fresh graduate yang baru lulus lalu membutuhkan pekerjaan tentunya perlu mempelajari bagaimana cara membuat CV yang baik.

Pengertian CV

Sebelum masuk ke bahasan contoh cv bahasa Inggris yang simple, Anda perlu mengetahui dulu apa itu curriculum vitae. Curriculum vitae berisi riwayat hidup Anda selama ini, misalnya riwayat pendidikan, pengalaman kerja atau organisasi, daftar skill yang dikuasai, dan lain-lain.

Seluruh rangkuman riwayat hidup tersebut berguna bagi rekruiter atau para HRD yang bertugas menyeleksi calon pekerja untuk menilai apakah pelamar memenuhi kualifikasi atau tidak untuk diterima di perusahaan tersebut. Maka dari itu, penting untuk memaksimalkan penulisan CV Anda.

Apalagi, bahasa Inggris termasuk bahasa internasional. Banyak perusahaan yang kini mensyaratkan bagi para pelamar kerja untuk melampirkan cv dalam bahasa Inggris. Karena pekerjaan-pekerjaan di era yang semakin maju ini beberapa melibatkan bahasa asing seperti bahasa Inggris.

Selain itu, menulis curriculum vitae menggunakan bahasa Inggris bisa jadi nilai plus bagi Anda karena pihak rekruiter bisa saja menganggap Anda mempunyai kemampuan berbahasa asing. CV mempunyai peranan yang penting dalam melamar pekerjaan.

Berikut manfaat curriculum vitae yang perlu Anda ketahui :

  • Dengan menyertakan curriculum vitae, maka pihak rekruiter bisa mengetahui kemampuan dan keterampilan yang Anda miliki untuk menentukan lolos atau tidaknya ke perusahaan yang dilamar.
  • Sebagai bentuk cara untuk memperkenalkan diri kepada perusahaan.
  • Membantu rekruiter mengkategorikan para pelamar berdasarkan kriteria tertentu. Misalnya dari segi pendidikan atau pengalaman.

Struktur Penulisan CV Bahasa Inggris

Nah, setelah mengetahui pengertian curriculum vitae seperti yang dijabarkan di atas, berikutnya Anda perlu mempelajari mengenai struktur penulisan CV. CV atau daftar riwayat hidup tidak bisa ditulis secara asal-asalan karena CV yang baik akan membuat kesan Anda bagus di mata rekruiter.

Untuk menciptakan CV yang baik membutuhkan struktur penulisan yang benar pula. Berikut struktur penulisan dalam CV yang perlu Anda perhatikan :

1. Personal Details

Personal details atau identitas diri merupakan aspek paling penting dalam pembuatan curriculum vitae. Bayangkan Anda mencantumkan CV tanpa menuliskan identitas diri tentu saja pihak rekruiter atau HRD akan kebingungan memberikan penilaian tanpa diketahui siapa pemilik CV tersebut.

Apa saja isi dari personal details? Seperti artinya, identitas diri berisi informasi umum mengenai Anda. misalnya seperti nama lengkap, alamat domisili, tempat tanggal lahir, nomor atau kontak aktif yang bisa dihubungi.

Usahakan untuk mencantumkan informasi tersebut supaya pihak perusahaan dapat mengenal Anda lebih dekat. Selain itu, pastikan jangan lupa menaruh kontak yang bisa dihubungi bila sewaktu-waktu pihak perusahaan memberitahukan hasil seleksi pekerjaan.

2. Educations Details

Berikutnya, struktur penulisan CV dalam bahasa Inggris yang perlu diperhatikan yaitu bagian education details. Pada bagian ini sesuai dengan namanya, Anda perlu mencantumkan informasi terkait riwayat pendidikan yang ditempuh.

Untuk bagian riwayat pendidikan Anda bisa hanya menyertakan pendidikan terakhir dan tidak perlu menuliskannya mulai dari Sekolah Dasar. Penulisan riwayat pendidikan dapat mencantumkan beberapa informasi seperti jurusan, tahun lulus, nilai akhir, dan lain sebagainya.

Bagian education details cukup penting bagi rekruiter untuk mengetahui apakah Anda sudah memenuhi kualifikasi persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan saat mengumumkan info lowongan. Misalnya apakah jurusan Anda sudah sesuai dengan pekerjaan yang dibutuhkan.

3. Job Experiences atau Achievement

CV bahasa Inggris untuk fresh graduate perlu menuliskan pengalaman kerja yang pernah dilakukan. Jika semasa sekolah atau kuliah, Anda pernah memiliki pengalaman magang atau part time di suatu tempat maka dapat menuliskan pengalaman tersebut di dalam curriculum vitae.

Apalagi jika jenis pekerjaan yang pernah Anda lakukan relevan dengan posisi pekerjaan yang saat ini dilamar itu bisa menjadi nilai plus tersendiri. Berikan detail singkat mengenai job deskripsi supaya pihak rekruiter mendapatkan gambaran mengenai pekerjaan yang pernah digeluti.

Selain itu, Anda juga dapat menuliskan penghargaan atau prestasi yang pernah diraih. Pencapaian tersebut dapat memberikan kesan bahwa Anda adalah seseorang yang bertalenta.

4. Skills

Bila terdapat lowongan pekerjaan di bidang IT misalnya, akan menguntungkan jika Anda memiliki bakat atau skills yang berhubungan dengan posisi pekerjaan tersebut. Misalnya seperti programming untuk mengisi pekerjaan di bidang IT.

Biasanya dengan skills yang relevan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar, pihak rekruiter bisa jadi berpikir bahwa nantinya Anda akan lebih mudah beradaptasi dengan pekerjaan tersebut. Mengingat Anda telah memiliki pengalaman atau skills yang dibutuhkan dalam pekerjaan itu.

5. Personality

Pada bagian personality, Anda akan menuliskan tentang diri sendiri. Hal ini bertujuan agar perusahaan bisa lebih dekat mengenal Anda melalui penjabaran deskripsi yang Anda tulis.

Inti dari penulisan CV yang baik yaitu memasukkan elemen-elemen yang penting supaya dapat dijadikan pertimbangan oleh pihak rekruiter.

Baca juga: 12+ Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Sederhana

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat CV Berbahasa Inggris

Karena Anda sedang membuat CV dalam bahasa Inggris tentunya ada beberapa hal yang mesti diberi perhatian lebih. Apa sajakah itu? Yuk, simak pembahasannya berikut ini.

1. Menggunakan Tata Bahasa dan Ejaan sesuai Kaidah

Kesalahan umum yang sering ditemui dalam curriculum vitae ialah penulisan ejaan dan tata bahasa yang kurang tepat. Anda perlu menuliskan isi CV sesuai dengan kaidah kebahasaan yang tepat. Misalnya, untuk bahasa Inggris Anda perlu memastikan penulisan sudah sesuai grammar atau belum.

Lakukan pemeriksaan ejaan sebelum memutuskan mengirim CV tersebut ke pihak perusahaan. Selain itu, gunakan tanda baca yang benar supaya nyaman dibaca.

2. Menulis sesuai Struktur CV yang benar

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa bagian dari struktur penulisan CV. Mulai dari identitas diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja atau organisasi, penghargaan yang pernah diraih, skills, dan lain sebagainya.

Masukkan data-data tersebut ke dalam CV Anda supaya pihak rekruiter dapat melakukan penilaian berdasarkan kemampuan yang Anda miliki. Tuliskan informasi tersebut secara jelas dan jangan bertele-tele, usahakan untuk to the point.

3. Menggunakan Layout yang Mudah Dibaca

Salah satu cara menarik perhatian pihak rekruiter atau HRD yaitu dengan menggunakan layout yang terstruktur dan tentunya mudah dibaca. Perhatikan desain, font, dan format lainnya dalam CV apakah sudah jelas atau belum.

Baca juga: 25+ Contoh Surat Penawaran Barang, Jasa dan Kerjasama

Contoh CV dalam Bahasa Inggris

Setelah mengetahui struktur penulisan serta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun CV bahasa Inggris, Anda pasti akan tetap membutuhkan contoh sebagai gambaran. Berikut ini adalah beberapa contoh CV dalam bahasa Inggris yang dapat Anda jadikan referensi:

Untuk aplikasinya sendiri anda bisa menggunakan aplikasi canva karena disana terdapat banyak sekali template CV dalam bahasa inggris yang siap untuk digunakan gratis untuk anda.

1. Minimalist Modern Curiculum Vitae Template

2. Simpel Red & Black Modern CV Resume

3. Gray & Black Minimalist CV

4. Professional Chef CV

5. Modern Chef CV

6. Black White Elegant Curiculum Vitae

7. Elegant Curiculum Vitae

8. Professional  Curiculum Vitae Job Vacancy

9. Aesthetic Curiculum Vitae Free

10. CV Bahasa Inggris Simpel dan Menarik

11. Aesthetic Beige Curiculum Vitae

12. Modern Curiculum Vitae

13. Cream and Black Simple Minimalist Digital Marketer CV

14. Beige Cute Curiculum Vitae

15. Blue Modern UIUX Designer Resume Curriculum Vitae

16. Simple Modern Curiculum Vitae

17. Yellow Modern Event Organizer Resume Curriculum

18. Blue Aesthetic Curiculum Vitae

19. Tosca Elegant Curiculum Vitae

20. Beige Aesthetic A4 Curiculum Vitae

21. Pastel Pop Art Aesthetic Modern Professional CV

Itulah pembahasan mengenai contoh cv bahasa Inggris yang dapat Anda ambil pelajarannya dan jadikan referensi untuk menuliskan curriculum vitae. Memang perjuangan mendapat pekerjaan impian tidak selalu mudah, dibutuhkan persiapan dan usaha yang tekun serta bersabar.


Posting Komentar