√ Bacaan Surat Al-Ikhlas : Arab, Latin, Artinya, dan Keutamaanya

Daftar Isi [Tutup]

    Bacaan surat al - ikhlas berbunyi : Qul huwallāhu aḥad, Allāhuṣ-ṣamad, Lam yalid wa lam yụlad, Wa lam yakul lahụ kufuwan aḥad. yang artinya  "Katakanlah: “Dialah Allah, Yang Maha Esa, Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu, Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia. Untuk penjelasan lengkap silahkan baca artikel ini.

    Surat Al-Ikhlas merupakan surat ke 112 dalam kitab Al-Quran. Surat tersebut tergolong dalam jenis surat Makkiya yang berarti surat tersebut turun di kota makkah. Terdiri dari hanya empat ayat dan sering dibaca oleh umat islam dalam sholat fardhu dan juga sholat sunnah lainnya seperti sholat tarawih dibulan ramadhan.

    Surat Al-Ikhlas, secara ringkas menceritakan tentang ketauhidan dengan menunjukkan sifat Allah Yang Maha Esa seperti yang dijelaskan dalam ayat pertama dalam surat tersebut.


    Bacaan Surat Al-Ikhlas

    Ayat 1 

    قُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ 

    Qul huwallāhu aḥad 

    Katakanlah: “Dialah Allah, Yang Maha Esa. 

    Ayat 2

    ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ 

    Allāhuṣ-ṣamad 

    Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. 

    Ayat 3

    لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ 

    Lam yalid wa lam yụlad 

    Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, 

    Ayat 4

    وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢ 

    Wa lam yakul lahụ kufuwan aḥad 

    dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”.


    Asbabun Nuzul Surat Al-Ikhlas

    Dalam sebuah riwayat yang diceritakan oleh Abdullah bin Mas'ud dijelaskan bahwa ada kelompok Bani Quraisy pernah meminta rosulullah Nabi Muhammad menjelaskan silsilah Allah SWT, dan kemudian turunlah surah ini (surat al-ikhlas) yang menegaskan keesaan Allah SWT.

    Dijelaskan oleh ibnu katsir yang mengutip riwayat Imam Ahmad dari Ubay bin Ka'ab tentang asbabun nuzul Surat Al-Ikhlas ini. Dalam penjelasannya dijelaskan bahwa terdapat beberapa orang musyrik berkata kepada rosulullah saw, "Hai Muhammad, gambarkanlah kepada kami tentang Tuhanmu." Kemudian Allah menurunkan surat Al-Ikhlas.

    Ibnu Abbas dan Sa'id bin Jubair juga menjelaskan bahwa pernah dari golongan kaum Yahudi termasuk di antaranya Kab bin Ashraf dan Huyayy bin Akhtab menghampiri Nabi muhammad SAW dan menanyakan hal serupa, kemudian turun surah ini (surat al-ikhlas).

    Dilain riwayat juga dijelaskan bahwa pernah ada orang Badui menemui Rasulullah SAW. dan lalu dia berkata kepada rosulullah, "Gambarkanlah kepada kami tentang Tuhanmu." Maka turunlah surat al-ikhlas ini.


    Fadhilah, Keutamaan, dan Manfaat Surat Al-Ikhlas

    Sebagai salah satu surat yang ada dalam kitab suci al-qur'an, telah diceritakan dalam banyat riwayat bahwa surat al-ikhlas memiliki banyak fadhilah dan keutamaan yang terkandung didalamnya. Secara ringkas, berikut adalag beberapa keutamaan dari surat al-ikhlas tersebut:

    1. Setara dengan Membaca Sepertiga dari Al Quran

    Walaupun surat al-ikhlas tergolong surat yang pendek karena hanya memiliki 4 ayat didalamnya, surat al-iklas memiliki kandungan makna yang sangat besar. Bahkan saat membaca surat ini setara dengan membaca satu pertiga dari isi al-qur'an. 

    Dalam sebuah riwayat imam bukhari dari Abu Sa’id Al Khudri, rosulullah nabi muhammad pernah bersabda. 

    “Demi (Allah) yang jiwaku di tangan-Nya, sesungguhnya surah al-Ikhlas sebanding (dengan) sepertiga Al Quran (HR. Bukhori”.

    2. Mendapat Cinta Allah

    Seorang muslim yang beriman, pada saat membaca surat al-ikhlas dengan penuh penghayatan, maka ia akan dapat meresapi nikmat cinta allah kepadanya. Dengan membaca surat tersebut dengan penuh penghayatan seorang muslim akan menyadari bahwa allah adalah tempat untuk bergantung dan tidak ada sekutu atau yang dapat menyamai, melebihi, atau bahkan menandinginya. 

    Keyakinan demikianlah yang apabila tertanam dalam hati seorang muslim, akan menjadi perasaan nikmat bagianya yang tiada tara dan itulah yang menjadi sababiyah turunnya rohmat dan kasih sayang allah kepada hambanya. 

    Telah dijelaskan dalam hadiskeutamaan surat Al Ikhlas menyatakan bahwa pernah ada seorang sahabat yang sangat suka dan gemar membaca surat Al Ikhlas, kemanapun dia berada. Kegemarannya tersebut dkarenakan dalam surat tersebut terdapat kandungan makna yang meggambarkan sifat Allah. Kemudian rasulullah nabi muhammad saw yang mengetahui hal tersebut dan lalu berliau bersabda bahwa Allah mencintainya.

    3. Diberikan Kemudahan Memperoleh Rezeki

    Allah maha pengasih lagi maha penyayang kepada seluruh umatnya, baik itu dalam kondisi susah ataupun sedih. Dan pada saat seorang muslim sedang mengalami kesusahan dalam mengais rezeki, maka sangat dianjurkan baginya untuk membaca surat ikhlas ini, dan insyallah allah melancarkannya. 

    Dan itulah salah satu keutamaan membaca surat al-ikhlas sesuai dengan sabda nabi muhammad dalam riwayat Imam Thabrani dari Jarir bin Abdillah. yang berbunyi 

    “Barangsiapa membaca qul huwallahu ahad (surah Al-Ikhlas) ketika memasuki rumahnya, maka kefakiran akan hilang dari penghuni rumah tersebut dan dari tetangganya.” (HR. Imam Tabrani)

    4. Menjadi Sababiyah Seseorang Masuk Surga

    Kemudia keutamaan dari membaca surat al-iklas dengan penuh penghayatan dan sungguh - sungguh akan menjadi sababiyah seorang muslim untuk masuk surga allah swt. Seperti yang telah dijelaskan oleh abu hurairah dalam hadist riwayat tirmidzi

    Suatu hari ia sedang bersama Rasulullah, lalu beliau mendengar seseorang membaca surat Al Ikhlas. Maka Rasulullah bersabda: “Telah wajib”. Abu Hurairah bertanya, “Apa yang wajib?” Rasulullah bersabda, “(Telah wajib baginya) surga.” (HR.Tirmidzi).

    5. Memperoleh Perlindungan Allah

    Dalam mengamalkan bacaann surat al-ikhlas, alangkah lebih baiknya ditambahkan dengan membaca surat An Nas dan Al Falaq. Karena dengan membaca ketiga surat tersebut insyallah allah akan melindungi kita dari berbagai macam hal keburukan dunia dan akhirat. 

    Keutamaan membaca surat al-ikhlas ini diajarkan oleh Rasulullah. Seperti yang telah dituturkan oleh Uqbah bin ‘Amir al Juhani Ra dalam hadist riwayat an nasa'i. Rasulullah bersabda, 

    “Tidak ada seorang pun yang berlindung (dari segala keburukan) seperti orang orang yang berlindung dengannya (tiga surat) tersebut” (HR.An Nasa’i).

    6. Menjadi Sebab Dikabulkan Doa

    Sudah sepatutnya seorang hamba untuk senantiasa berdoa dan memohon kepada allah swt atas segala macam hajat atau keinginan yang kita pinta. Lantunkanlah bacaan surat al-ikhlas di awal doamu kepada allah, insyallah allah akan memberikan kemudahan dan mengabulkan doa doamu. 

    Sebuah hadistr dari Buraidah bin al Hushaib al Aslami ra yang diriwayatkan oleh abu dawud, menjelaskan bahwa rosulullah bersabda

    Sungguh dirimu telah meminta kepada Allah dengan namaNya, yang jika Ia dimintai dengannya (pasti akan) memberi, dan jika Ia diseru dengannya, (pasti akan) mengabulkannya” (HR.Abu Dawud).

    Demikian ulasan artikel saya terkait dengan bacaan surat al-ikhlas. Semoga menjadi amal baik bagi kita semua saat kita mengamalkan bacaan surat al-ikhlas ini. Mohon maaf bila ada salah dan terima kasih atas dukungannya.

    Refrensi