Idgham Mimi: Pengertian, Hukum Bacaan, Contoh dan Cara Membacanya

Artikel kali ini akan banyak mengulas mengenai ilmu tajwid dan salah satu hukum tajwid yaitu idgham mimi. Pahami pengertian, ciri-ciri, hukum, contoh

Dalam hukum tajwid terdapat hukum bacaan yang disebut idgham mimi. Hukum tajwid ini perlu Anda pahami dan praktekkan untuk menyempurnakan pelafalan Al Qur'an Anda.

Artikel kali ini akan banyak mengulas mengenai ilmu tajwid dan salah satu hukum tajwid yaitu idgham mimi. Pahami pengertian, ciri-ciri, hukum, cara baca, juga contoh dari hukum bacaan tersebut hanya di halaman ini.

Pentingnya Memahami Ilmu Tajwid

Idgham mimi merupakan salah satu hukum bacaan Al Quran yang dipelajari dalam ilmu tajwid. Ada beberapa hal yang menjadikan ilmu tajwid penting dipahami umat muslim. Diantaranya:

1. Meminimalisir Kesalahan Bacaan Quran 

Memahami tajwid sangat penting ketika seorang muslim ingin membaca Al Qur'an dengan benar.

Salah dalam pengucapan atau pelafalan akan beresiko membuat kesalahan arti dari surat yang dibaca.Olehnya itu, ilmu tajwid perlu Anda pelajari dan pahami demi penyempurnaan bacaan Al Quran. 

Bacaan tiap huruf dan tajwid yang benar tentunya akan membenarkan arti dari ayat-ayat yang Anda baca. Tidak hanya membaca Al Qur'an yang akan diganjar pahala yang melimpah. Mempelajari ilmu tajwid juga punya pahala tersendiri.

2. Melatih Pelafalan yang Baik

Ilmu tajwid juga penting dalam melatih lidah dan organ-organ yang merupakan tempat keluarnya huruf atau makhraj. Dengan rajin mengulang-ulang tajwid, Anda akan terbiasa mengucapkan tajwid yang awalnya sulit dilakukan.

3. Syarat Utama dalam Menghafal Al Qur'an dengan Benar

Memahami tajwid jadi persyaratan utama ketika Anda ingin menghafal Al Qur'an dengan benar. Selain pelafalan tiap hurufnya harus jelas dan tepat. Semua hukum-hukum tajwid harus dilafalkan dengan benar untuk penyempurnaan hafalan.

Baca juga: Hukum Tajwid Mim Mati: Pembagian, Pengertian, Contoh dan Artinya

Pengertian Idgham Mimi

Arti idgham sendiri menurut bahasa yaitu memasukkan, memadukan atau meleburkan.  Kalau ditinjau dari ilmu tajwid, idgham mimi berarti memasukkan huruf mati ke dalam huruf hidup berikutnya seolah-olah ada tanda tasydid. 

Idgham mimi disebut juga dengan idgham mitslain atau juga idgham mutamasilain merupakan peleburan dua huruf yang mirip atau kembar. 

Peleburan dua huruf yang dimaksud yaitu dua huruf Hijaiyah dengan makhraj dan sifat yang identik.

Hukum bacaan ini diberlakukan pada huruf hijaiyah mim sukun dan huruf mim yang memiliki harakat. Selain huruf mim, idgham mitslain juga diberlakukan pada hukum mad tamkin. 

Ciri-ciri dan Hukum Bacaan 

Idgham mimi memiliki ciri khas dimana pada huruf Hijaiyah mim akan ada tanda tasydid. Saat melihat huruf mim disertai tanda khusus tersebut maka hukum bacaan ini langsung berlaku.

Hukum bacaan ini berlaku saat huruf mim sukun atau mati ( مْ ) ketemu dengan huruf hijaiyah mim yang memiliki harakat [ مَ , مِ , مُ ].

Baca juga: Idzhar: Pengertian, Pembagian, Contoh dan Artinya

Cara Membaca Idgham Mimi

Saat menemukan hukum bacaan satu ini, Anda perlu membacanya dengan mendengungkan suara atau ghunnah. Huruf Hijaiyah min akan jelas dan mengalun 2 sampai 3 harakat.

Seperti Anda ketahui bahwa makhraj huruf mim terletak saat merapatkan bibir disertai ghunnah atau dengung yang berasal dari rongga hidung. Saat menyebutkan idgham mutamasilain atau mimi maka dengung tadi perlu sedikit dipanjangkan.

Contoh Idgham Mimi Dalam Al-Qur’an Juz 1 - 30

Idgham mimi sangat banyak ditemukan muncul pada banyak surat dalam Al Qur'an. Contoh-contoh berikut bisa memberi Anda pemahaman tentang cara membaca hukum bacaan satu ini:

1. Surat Al Baqarah ayat 10

  Fii qulubihimmarodhoo   = فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌۙ

2. Surat Al Baqarah ayat 18

فِيْٓ اٰذَانِهِمْ مِّنَ الصَّوَاعِقِ حَذَرَ الْمَوْتِۗ = Fii aadzaanihimminash showaa'iqi khadzarol mauut

3. Surat Al Baqarah ayat 20 

 كُلَّمَآ اَضَاۤءَ لَهُمْ مَّشَوْا فِيْهِ = kullamaaa adhooo-a lahummasyau fiihi

4. Surat Al Baqarah ayat 23

   wad’ụ syuhadā`akum min dụnillāh  = وَادْعُوْا شُهَدَاۤءَكُمْ مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ

5. Surat Al Baqarah ayat 29

 خَلَقَ لَكُمْ مَّا فِى الْاَرْض = khalaqa lakum mā fil-arḍi

6. Surat Al Baqarah ayat 46

 annahum mulāqu = اَنَّهُمْ مُّلٰقُوْا

7. Surat Ali Imran 10

اَوْلَادُهُمْ مِّنَ اللّٰهِ شَيْئًاۗ = Aulaaduhumminallahi syaiaa 

8. Surat Ali Imran ayat 22

وَمَا لَهُمْ مِّنْ نّٰصِرِيْنَ = Wamaa lahumminnaashiriin

9. Surat Ali Imran Ayat 23 

وَهُمْ مُّعْرِضُوْنَ = Wahummu'ridhuun

10. Surat Ali Imran ayat 24

 اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۙ = Ayyaamamma'duudaat

11. Surat Al Mulk ayat 16

ءَاَمِنْتُمْ مَّنْ فِى السَّمَاۤءِ اَنْ يَّخْسِفَ بِكُمُ الْاَرْضَ فَاِذَا هِيَ تَمُوْرُۙ = Aamintumm mannfissamaa i an yakhsifa bikumul ardho faidzaa hiya tamuur.

12. Surat Al Mulk ayat 17

اَمْ اَمِنْتُمْ مَّنْ فِى السَّمَاۤءِ اَنْ يُّرْسِلَ عَلَيْكُمْ حَاصِبًاۗ = Am Amintumm man fissamaaa i an yursila 'alaikum haashibaa

13. Surat Al Waqi'ah ayat 18

بِاَكْوَابٍ وَّاَبَارِيْقَۙ وَكَأْسٍ مِّنْ مَّعِيْنٍۙ = Bi ak waabiw wa abaariqo waka sin mim ma'iin

Baca juga: Ikhfa Syafawi: Pengertian, Cara Membaca, Contoh dan Artinya

Tips Mudah Belajar Tajwid

Masih ada banyak lagi jenis idgham selain idgham Mimi, dan semuanya diperdalam dengan ilmu tajwid. Tips berikut bisa jadi cara jitu agar Anda lebih gampang belajar tajwid:

1. Belajar Menggunakan Buku Pedoman Tajwid

Buku yang khusus merupakan pedoman tajwid bisa sangat membantu Anda dalam mengenali tajwid dalam Al Qur'an. Buku pedoman tajwid umumnya mengenalkan dan memahamkan jenis-jenis hukum tajwid dengan strategi dan metode berbeda-beda.

Dalam buku pedoman tajwid, akan berisi materi mengenai hukum-hukum tajwid, cara pelafalannya dan makhrajnya, serta contohnya dalam Al Qur'an. Agar lebih mudah, pilihlah buku pedoman yang mudah Anda mengerti dan gampang dalam membimbing pengucapan tiap hukum tajwid dalam Al Qur'an.

2. Belajar Di Lembaga Pendidikan Al Qur'an 

Jika Anda masih mengalami kendala dalam pelafalan setiap hukum tajwid hanya dengan membaca buku pedoman. Maka, Anda bisa belajar di Lembaga Pendidikan Al Qur'an yang akan mempertemukan Anda dengan guru-guru yang ahli dalam pembacaan Al Qur'an yang benar.

Anda akan lebih mudah dan cepat lancar dalam mengaplikasikan ilmu tajwid karena Anda bisa langsung praktek dan membenarkan pelafalan jika masih salah dalam pengucapan.

3. Menonton Video Tutorial Tajwid Di YouTube

Tips jitu lainnya agar cepat menguasai tajwid yaitu dengan menyaksikan video tutorialnya di platform YouTube. Ada banyak pilihan video yang bisa Anda tonton dan bisa langsung belajar praktek di mana saja.

Melalui video dari YouTube Anda bisa dikenalkan mulai dari pelafalan huruf Hijaiyah, hukum-hukum tajwid, cara pelafalan tajwid, dan ilmu Al Qur'an lainnya. Anda bisa langsung nonton streaming maupun mengunduh video terlebih dahulu untuk ditonton saat Anda punya waktu luang.

4. Mengulang-ulang Pelafalan Tajwid 

Mempraktekkan bacaan tajwid secara berulang-ulang akan membantu pelafalan Anda agar lebih tepat dan benar. Selain itu, dengan pengulangan Anda akan mudah mengingat tiap hukum-hukum tajwid.

Sehingga saat membaca Al Qur'an Anda sudah langsung mengenal ketika bertemu huruf-huruf yang dikenai hukum tajwid. Dengan begitu, bacaan Quran Anda akan jauh lebih sempurna.

Sekarang Anda sudah tahu pentingnya menerapkan tajwid saat membaca Al Qur'an. Tips dan panduan dalam memahami dan membaca idgham mimi bisa jadi pedoman untuk menyempurnakan bacaan Quran Anda.

Posting Komentar