1 Hektar Berapa Meter Persegi? Konversi Ha ke M dan Contoh Soal

Sebelum membahas 1 hektar berapa meter persegi, ketahui terlebih dahulu pengertian satuan hektar, meter, dan are.

Saat bertanya tentang luas tanah, biasanya kita akan mendapat jawaban sebuah ukuran dengan satuan hektar. Memangnya 1 hektar berapa meter persegi? Pertanyaan ini pun sering keluar di pelajaran matematika Sekolah Dasar. Temukan jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Pengertian Meter, Hektar, dan Are

Sebelum membahas 1 hektar berapa meter persegi, ketahui terlebih dahulu pengertian satuan hektar, meter, dan are. Istilah hektar dan meter pasti sering kita dengar, tapi satuan are mungkin masih asing bagi sebagian orang. Apa hubungannya dengan hektar dan meter? Berikut jawabannya.

1. Meter

Meter (m) merupakan satuan dasar untuk menyebutkan ukuran panjang dalam sistem Satuan Internasional (SI). Dalam bahasa Inggris, penulisan meter adalah metre atau meter dalam ejaan Amerika. Simbol meter yaitu huruf “m” kecil. Jadi, untuk menyebut 1000 meter, cukup tulis 1000 m.

2. Hektar

Hektar (ha) adalah satuan yang menyebutkan ukuran luas untuk menunjukkan luas suatu area, wilayah, atau bidang tanah. Hektar ini sendiri sebenarnya adalah singkatan dari satuan hekto are. Artinya, satuan dasar dari hektar adalah are. Karena itulah, satuan hektar punya simbol “ha”.

3. Are

Untuk memahami satuan hektar, maka pelajari satuan are terlebih dahulu. Are adalah satuan luas yang nilainya sama dengan 100 meter persegi (m2). Nilai 1 are itu sama dengan 100 m2. Satuan are punya simbol berupa huruf “a” kecil. Jadi, untuk menyebutkan 100 are, cukup tuliskan 100 a.

Baca juga: 35+ Contoh Cover Makalah Individu dan Kelompok Yang Benar (Lengkap)

Jawaban untuk 1 Hektar Berapa Meter?

p>Setelah mengetahui penjelasan dari masing-masing satuan di atas, sekarang kita cari tahu jawaban untuk 1 hektar berapa meter persegi. Untuk menjawabnya, sebaiknya konversikan satuan hektar ke satuan are terlebih dahulu, baru ke satuan meter persegi. Seperti penjabaran berikut ini:

  • 1 hektar = 1 hekto are = 1 ha.
  • 1 ha = 100 are.
  • 1 are = 100 meter persegi = 100 m2.
  • 1 ha = 100 are = 100 x (100 m2) = 10.000 m2.
  • 1 ha = 10.000 m2.

Itu artinya, 1 hektar = 10.000 meter persegi (sepuluh ribu meter persegi). Jadi, jawaban dari luas tanah 1 hektar berapa? Kalau dalam satuan meter persegi, jawabannya adalah sama dengan 10.000 meter persegi. Luas lahan 2 ha = 20.000 m2, 3 ha = 30.000 m2, 4 ha = 40.000 m2, dan seterusnya.

Baca juga: Apresiasi Adalah: Pengertian, Arti, Tujuan, Tahapan dan Contohnya

Sebesar Apa Tanah 1 Hektar?

Setelah mengetahui konversi satuan hektar dalam satuan meter persegi, cari tahu juga gambaran luas itu dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa mengambil meter ukur atau sejenisnya, kira-kira berapa 1 hektar bumi berapa? Pelajari arti luas terlebih dahulu.

Luas adalah besaran yang menyatakan ukuran dua dimensi. Biasanya untuk menyatakan luas suatu area atau bidang tertentu dengan bentuk yang berbeda-beda. Ada yang berbentuk persegi, persegi panjang, segitiga, hingga lingkaran. Masing-masing bentuk memiliki komponen berbeda-beda.

Persegi memiliki empat sisi dengan panjang yang sama. Untuk menghitung luas area yang berbentuk persegi, rumusnya adalah panjang sisi kali panjang sisi. Jika masing-masing memiliki satuan meter, maka hasil perhitungan luasnya nanti punya satuan meter persegi.

Persegi panjang memiliki panjang dan lebar dengan ukuran yang berbeda-beda. Untuk menghitung luas area yang berbentuk persegi panjang, rumusnya adalah ukuran panjang kali tinggi. Jika masing-masing punya satuan meter, maka luasnya punya satuan meter persegi.

Sekarang kembali ke luas tanah. Misalnya, ada sebuah lahan berukuran 1 ha, maka kira-kira seberapa luaskah lahan tersebut? Konversikan dulu ke ukuran meter persegi yang lebih familiar. Jika luasnya 1 ha, maka luasnya sama dengan 10.000 m2. Apakah ukurannya termasuk luas atau sempit?

Anggap saja lahan tersebut memiliki bentuk persegi. Maka tinggal menghitung berapa akar dari 10.000 m2 untuk mengetahui ukuran dari masing-masing sisi persegi. Akar dari 10.000 m2 = 100 meter. Itu artinya, tiap sisi dari lahan berbentuk persegi itu berukuran 100 meter.

Untuk mengetahui seberapa luas ukuran tersebut, coba ambil alat ukur meter atau gunakan penggaris dalam ukuran centimeter (cm). Ketahui 1 meter = 100 cm. Sekarang coba ukur lantai di rumah dengan penggaris hingga panjangnya 100 meter. Apakah cukup panjang?

Dari panjang 1 meter itu, sekarang bayangkan ukurannya menjadi 100 kali lipat lebih panjang untuk menunjukkan ukuran 100 meter tadi. Tentu amat sangat panjang sekali, bukan? Tentunya, ukuran lahan 1 ha sangatlah luas dan terlampau luas untuk ukuran sebuah rumah.

Baca juga: Cara Membaca Jangka Sorong: Bagian, Rumus dan Contoh Soal (Lengkap)

Contoh Soal

Untuk semakin memperdalam pembahasan tentang konversi satuan hektar ke meter persegi, pelajari beberapa contoh soal mata pelajaran matematika berikut ini.

1. Contoh Soal Cerita Tentang Konversi Satuan Are ke Meter

Toni suka bermain futsal bersama teman-temannya di sebuah lapangan futsal yang ada di dekat tempat tinggalnya. Lapangan futsal itu sendiri berukuran cukup luas, yaitu 9,5 are. Berapa luas lapangan futsal tersebut dalam satuan meter persegi? Simak jawabannya berikut ini:

Pertama, ketahui luas lapangan futsal = 9,5 are.

Lalu, ingat rumus konversi satuan are ke meter persegi: 1 are = 100 m2.

Jawaban:

Jadi, luas lapangan futsal = 9,5 are x 100 m2 = 950 m2.

Dari perhitungan tersebut, maka luas lapangan futsal yang berukuran 9,5 are sama dengan 950 dalam satuan meter persegi.

2. Contoh Soal Cerita Luas Lahan dengan Konversi Satuan Meter ke Are

Lina dan keluarganya berlibur ke sebuah taman tak jauh dari rumah neneknya di desa. Taman itu berbentuk persegi panjang dan memiliki bermacam-macam tanaman bunga, seperti mawar dan melati. Panjang taman itu 400 m dan lebarnya 100 m. Berapakah luas taman tersebut dalam satuan hektar?

Untuk menjawab contoh soal di atas, kita harus menghitung luas taman terlebih dahulu dalam satuan meter persegi. Kemudian konversi ke dalam satuan are dan konversi lagi ke satuan hektar. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Karena tamannya berbentuk persegi panjang, maka ingat rumus luas persegi panjang seperti pembahasan sebelumnya. Luas persegi panjang sama dengan panjang kali lebar. Jadi, panjang taman 400 m x lebar taman 100 m = 40.0000 meter persegi = 40.000 m2.

Untuk mengubah luas taman dari satuan meter persegi ke satuan are, ingat rumus konversi 1 are = 100 m2. Jadi, luas dalam satuan meter perseginya bagi dengan angka 100 agar menjadi satuan are, yaitu 40.000 m2 / 100 = 400 are. Luas taman 40.000 m2 = 400 are.

Untuk mengubah satuan are menjadi hektar, ingat rumus konversi satuan hektar ke are, yaitu 1 ha = 100 are. Jadi, luas dalam satuan are bagi dengan angka 100 lagi agar menjadi satuan hektar, yaitu 400 are / 100 = 4 hektar. Luas taman 400 are = 4 ha.

Sekarang tidak perlu bingung jika mencari tahu luas tanah yang biasanya menggunakan satuan hektar. Ketahui persamaan paling dasar, yaitu 1 hektar berapa meter. Jawabannya adalah 10.000 meter persegi. Jadi, luas tanah 5 hektar sama dengan 50.000 meter persegi.


Posting Komentar