1 Liter Berapa Kg? Rumus Konversi Liter ke Kilogram

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghitung 1 liter berapa Kg (kilogram). Anda harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan satuan liter

Di beberapa daerah di Indonesia, kadang ada yang menggunakan ukuran liter, ada juga yang menggunakan ukuran kilogram (kg). Jadi, banyak yang bertanya-tanya sebenarnya 1 liter beras berapa kg beras, jika dihitung melalui ketetapannya, 1 liter sama dengan 0,753 kg beras.

Sebaliknya, 1 Kg beras bisa disamakan dengan ukuran 1,328 liter. Namun, tidak banyak orang mengetahui hitungan ini. Bahkan, tidak mengetahui dari mana asal angka dan padanan ukuran ini. Padahal, hal ini sangatlah penting untuk diketahui di kehidupan sehari-hari.

Mengenal Satuan Liter dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghitung 1 liter ke dalam kilogram (kg). Anda harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan satuan liter dan satuan kilogram itu sendiri.

Walaupun sering ditemukan di kehidupan sehari-hari dan banyak digunakan, tapi kadang orang-orang tidak tahu bagaimana cara membedakan satuan dan menerapkannya. Karena itu, pembahasan ini akan dimulai dengan pembahasan mengenai satuan liter terlebih dahulu.

Satuan liter merupakan salah satu satuan yang digunakan secara luas di dunia. Satuan ini dimanfaatkan untuk mengukur suatu volume luar. Satuan liter digunakan secara konvensi di seluruh dunia. Liter mulai ditetapkan sebagai satuan sejak tahun 1785 di Negara Prancis.

Kata liter sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu kata “litron” yang memiliki arti sebuah satuan dan massa. Dari arti kata ini, bisa Anda pahami bahwa liter juga digunakan untuk mengukur satuan massa dari zat padat maupun zat cair.

Satuan liter dapat disetarakan dalam tangga massa, di mana posisi liter setara dengan desimeter kubik yang dilambangkan dengan huruf dm3. Karena bisa digunakan untuk mengukur massa zat padat, tidak heran jika liter juga digunakan untuk mengukur berat. Misalnya, untuk ukuran beras.

Baca juga: Rumus Persegi Panjang: Luas, Keliling dan Contoh Soal (Lengkap)

Konversi Liter pada Satuan Meter Kubik

Walaupun banyak digunakan dan dapat dimanfaatkan untuk menghitung satuan volume, tapi liter sendiri bukan termasuk dalam SI atau sistem internasional. Jadi, memang diakui namun penggunaannya bisa dibilang tidak utuh atau terbatas.

Satuan volume yang diakui oleh SI atau satuan internasional sendiri adalah meter kubik yang memiliki lambang m3. Karena itu, dalam penghitungannya liter harus dikonversikan terlebih dahulu pada satuan ini.

Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, 1 liter sama dengan desimeter kubik atau dm3 dalam satuan meter kubik. Jika dilihat dari urutannya, maka konversi liter pada satuan meter kubik menjadi sebagai berikut.

  • 1 liter = 1 dm3.
  • 1 liter = 0,001 m3.
  • 1 dm3 = 1 liter.
  • 1 m3 = 1000 liter.

Mengenal Satuan Kilogram dalam Kehidupan Sehari-Hari

Satuan kilogram atau seringkali disingkat menjadi kg yaitu merupakan satuan yang sangat umum digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Satuan ini digunakan untuk mengetahui berat massa benda. Satuan dasar dari kilogram adalah gram dengan kilogram sebagai satuan puncaknya.

Pertanyaan seperti 1 liter berapa kilogram akan terjawab jika Anda memahami penerapan kilogram pada massa benda.

Walaupun umum digunakan, sama seperti liter, kg bukanlah satuan utama dalam sistem SI atau satuan internasional. Karena, satuan gram sebagai satuan dasar lebih banyak digunakan daripada satuan kg.

Namun walaupun begitu, satuan ini lebih fungsional di kehidupan sehari-hari daripada gram. Nilai 1 kg sendiri setara dengan 1000 gram.

Hal inilah yang membuat penggunaan kg lebih praktis di kehidupan sehari-hari. Karena nilai gram yang cenderung kecil membuat berat suatu benda memiliki terlalu banyak 0. Sedangkan, dengan kg penulisan dan penyebutannya bisa diringkas sehingga membuatnya lebih mudah untuk diaplikasikan.

Baca juga: 21+ Contoh CV Bahasa Inggris Yang Benar, Simpel dan Menarik (Lengkap)

Mengetahui Perbedaan Massa Jenis Dalam Konvensi

Sebelum menjawab pertanyaan 1 liter berapa kilogram, ada beberapa hal yang harus Anda pahami. Salah satunya adalah mengetahui apa yang dimaksud dengan massa jenis dalam konvensi ukuran terlebih dahulu.

Hal ini perlu dipahami karena sebenarnya walaupun sama-sama bisa digunakan untuk mengukur satuan zat padat, liter dan kilogram merupakan satuan yang berbeda.

Liter merupakan satuan untuk mengukur volume. Sedangkan, posisi dari kilogram adalah satuan untuk mengukur satuan berat benda atau massa.

Sedangkan, massa jenis sendiri merupakan kombinasi dari keduanya. Jadi, pengukuran ini mengukur massa dari setiap satuan volume dari suatu benda.

Massa jenis diwakili dengan lambang p sedangkan untuk massa benda lambangnya adalah m dan volume lambangnya adalah v. Jadi, bagaimana cara menghitung massa jenis benda dan rumusnya. Berikut adalah keterangan yang selengkapnya.

  • P = m/v
  • p = massa jenis dari benda dengan satuan kilogram/m3
  • m = massa benda dengan satuan kg atau gram.
  • v = volume dari benda dengan satuan m3 atau cm3

Rumus Konversi 1 Liter Berapa Kg?

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan satuan liter, kilogram, dan massa jenis yang mempengaruhi kedua satuan ini, berikutnya yaitu akan dibahas rumus konversi liter ke kilogram, konversi ini melibatkan rumus massa jenis yang sudah dibahas sebelumnya.

Berdasarkan rumus tersebut, dapat Anda ketahui bahwa massa jenis merupakan pembagian dari massa benda dan volume dari benda itu sendiri. Jadi, jika ingin mengetahui massa benda dan volume benda bisa memanfaatkan perkalian dari massa jenis. Berikut adalah penerapannya:

Rumus Massa Jenis Standar:

  • P = m/v

Mencari tahu massa benda setelah diketahui massa jenis dan juga volume bendanya:

  • m = p x v

Mencari tahu volume benda setelah diketahui massa jenis dan juga massa bendanya:

  • v = p x m.

Dalam penerapannya bisa dikatakan, misalnya saja jika ada sebuah air dengan volume 1 liter dan massa jenisnya 1 kg/liter, maka massa jenis dari air tersebut adalah tetap 1 kg karena perhitungannya adalah sebagai berikut:

  • m = p x v
  • m = 1 kg/liter x 1 liter
  • m = 1 kg

Contoh Soal Konversi Liter ke Kilogram dalam Massa Jenis

Penjelasan di atas mungkin terlalu rumit untuk bisa Anda pahami dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, berikut ini akan diberikan contoh soal untuk menjawab pertanyaan 1 liter berapa kilogram dan bagaimana penerapannya dalam rumus massa jenis.

Contoh Soal:

Jika beras memiliki massa jenis 0,753 kg/liternya, maka berapa berat sesungguhnya dari 10 liter beras?

Diketahui:

  • m = p x v
  • p = 0,753 kg/liter
  • v = 10 liter

Ditanya:

Berat sesungguhnya dari 10 liter beras?

Jawab:

  • m = p x v
  • m = 0,753 kg/liter x 10 liter
  • m = 7,5 kg.

Walaupun terlihat rumit, tapi sebenarnya hitungan di atas sudah diterapkan banyak orang dalam kehidupan sehari-hari tanpa Anda sadari. Misalnya saja, dalam dunia usaha seperti toko kelontong dan penjualan beras.

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara menghitung 1 liter berapa kg dan juga sebaliknya. Dengan mengetahui cara menghitungnya, Anda jadi tidak mudah ditipu oleh timbangan di kehidupan dan transaksi sehari-hari.

Posting Komentar