Doa Bangun Tidur (Arab, Latin, dan Artinya) Sesuai Sunnah dan Mudah di Hafal

Daftar Isi [Tutup]

    Doa Bangun Tidur adalah Alhamdullillahilladzi ahyaanaa ba'da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur, yang artinya "Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada-Nya aku dibangkitkan". Untuk ulasan lenkap tentang doa ini, silahkan baca selengkapnya.


    Terbangun dari tidur merupakan salah satu nikmat yang diberikan oleh allah kepada seluruh makhluk hidup khususnya manusia. Nikmat tersebut berupa hilangnya rasa lelah setelah melakukan banyak aktifitas dan meningkatnya semangat untuk kembali beraktifitas. 

    Betapa sedihnya apabila kita terbangun dari tidur namun masih memiliki rasa lelah dan tidak memiliki semangat untuk kembali beraktifitas. Namun, perlu ditanamankan dalam diri bahwa saat bangun dari tidur kita harus tetap ceria dan berfikir positif, agar semangat pun tumbuh kembali. 

    Bagi anda saat ini yang sudah menjadi parents untuk putra - putri tercinta, berikanlah pendidikan yang baik untuk mereka tentang etika atau adab saat terbangun dari tidurnya, dengan harapan mereka dapat mengamalkannya dan sehingga mereka bisa menjadi anak yang sholih-sholihah kebanggaan ayah dan bundanya. Salah satu adab yang penting untuk diajarkan adalah membaca doa saat terbangun dari tidur.

    Adab Saat Bangun Tidur

    Rosulullah nabi muhammad saw, telah mengajarkan etika baik kepada kita semua untuk menjadi seseorang yang sholih - sholihah yang beretika bagus. Rosulullah juga mengajarkan banyak etika bagus khusunya saat kita umat muslim terbangun dari tidur.

    Aa Gym me dalam sebuah akun youtube resmi milikinya menjelaskan bahwa ada tujuh adab bangun tidur yang dilakukan Rasulullah SAW, yang bisa kita ikuti untuk memperoleh manfaat yang baik dan kembali lebih bugar. adapun 7 adab seorang muslim saat terbangun dari tidur secara ringkas adalah sebagai berikut.

    1. Duduk lalu mengusap wajah
    2. Membaca doa bangun tidur
    3. Membaca 10 ayat terakhir Surat Ali Imran
    4. Mencuci kedua tangan
    5. istinsyaq (Masukkan air ke hidung) 3 kali
    6. Bersiwak atau menggosok gigi
    7. Berwudhu secara sempurna.

    Doa Bangun Tidur

    اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

    Doa Bangun Tidur Latin

    "Alhamdullillahilladzi ahyaanaa ba'da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur."

    Arti Doa Bangun Tidur

    “Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada-Nya aku dibangkitkan.”


    Manfaat Doa Bangun Tidur

    Adab dan bacaan doa yang diajarkan oleh rosulullah adalah perkara yang baik dan dianjurkan untuk kita amalkan dalam kehidupan sehari - hari. Bukan suatu perkara yang mubah, namun adab dan bacaan doa tersebut tentunya terdapat hikmah dan manfaat yang terkandung didalamnya. 

    Seperti halnya adab dan doa bangun tidur yang satu ini. Berikut adalah ulasang ringkas terkait dengan beberapa manfaat dan keutamaan yang dapat kita peroleh saat mengamalkan doa bangun tidur:

    1. Wujud Rasa Syukur Kita Kepada Allah

    Kandungan doa bangun tidur berisikan ungkapa rasa syukur kita kepada allah atas nikmat yang telah allah karunikan kepada kita, yakni berupa dapat terbangun dari tidur pulas kita. Tidak hanya itu, rasa syukur juga kita haturkan atas nikmat hilangnya rasa lelah yang membuat tubuh kita terasa berat.

    Oleh karena itu, diawal doa bangun tidur ini, diawali dengan kata ‘Alhamdulillah’ yang artinya segala puji bagi allah. Dengan senantiasa mengamalkan doa sunnah ini, insyallah kita termasuk sebagai hamba allah yang gemar untuk mensyukuri nikmat - nikmat allah.

    2. Mengingatkan Akan Kematian

    Kematian memang tidak ada yang mengetahuinya kapan ia akan datang menjemput. Entah pada saat itu kita sudah siap ataukah tida, dan kematian pun dapat menjemput kapan saja dan dimana saja. Termasuk pada saat kita tidur.

    Oleh karena itu, penting untuk senantiasa membca doa sebelum tidur agar pada saat kita dicabut nyawanya oleh malaikat pencabut nyawa (malaikat izrail), dalam mati dalam keadaan yang khusnul khatimah. 

    Dan dengan membaca doa bangun tidur inilah, kita menyadari akan suatu kematian yang dapat menghampiri kapan saja. Sudah seharusnya kita bersyukur (membaca doa ini) masih diberikan kesempatan untuk bangun untuk beribadah kembali kepada allah swt dan memperbaiki dosa - dosa yang pernah kita lakukan di masa hidup kita.

    3. Meningkatkan Tawakal Kepada Allah SWT

    Tawakal memiliki arti pasrah atau berserah diri kepada allah swt. Dengan mengamalkan adab dan doa bangun tidur, baik itu disadari atau tidak kita sadari, kida sudah meningkatkan tawakal kita kepada allah swt. Kita sudah menyerahkan sepenuhnya apa yang akan terjadi kepada allah swt.

    Dengan bertawakal allah akan lebih menyempurnakan nikmat - nikman yang akan allah berikan kepada kita. Seperti yang tertulis dalam firman allah , QS. An-Nahl ayat 81:

    كَذَٰلِكَ يُتِمُّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تُسْلِمُونَ ....

    Demikianlah Allah SWT menyempurnakan nikmat-NYA atasmu agar kamu berserah diri kepada-NYA” QS. An-Nahl ayat 81

    Demikian penjelasan artikel saya terkait dengan Doa Bangun Tidur yang saya rangkum dari berbagai macam sumber. Semoga doa - doa kita senantiasa dikabulkan oleh allah dan dijadikan sebagai hambanya yang sholih - sholihah. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas dukungannya.

    Anda mungkin menyukai postingan ini