Rumus Segitiga Sama Kaki Lengkap Beserta Contohnya

Pembahasan utama kali ini adalah mengenai luas dan keliling rumus segitiga sama kaki. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk mencari tahu

Saat duduk di bangku sekolah, Anda telah mendapatkan pelajaran matematika yang membahas mengenai bangun datar, termasuk segitiga. Rumus segitiga sama kaki, sama sisi, dan segitiga lainnya bisa berupa keliling atau luas tergantung apa yang sedang Anda cari jawabannya.

Baik luas atau keliling segitiga sama-sama bertujuan mengukur bangun datar tersebut. Segitiga mempunyai bentuk yang beragam sehingga perlu dipelajari satu per satu. Untuk me-refresh kembali ingatan tentang materi ini, Anda bisa mengecek pembahasannya lebih lanjut di bawah.

Mengenal Salah Satu Bangun Datar Segitiga

Anda tentunya sudah tahu apa itu bangun datar. Bangun datar adalah bangun yang terdiri dari dua dimensi saja, umumnya panjang dan lebar. Berbeda dari bangun ruang yang memiliki volume dan berbentuk tiga dimensi.

Contoh dari bangun datar adalah lingkaran, persegi, persegi panjang, belah ketupat, layang-layang, hingga segitiga. Sedangkan bangun ruang bisa Anda lihat contohnya pada bangun balok, kubus, tabung, bola, prisma, dan lain sejenisnya.

Banyak barang-barang di sekitar Anda yang berbentuk segitiga. Misalnya seperti sandwich, rambu lalu lintas, atau atap rumah. Selain itu, bila Anda mencoba membayangkan persegi atau persegi panjang bila dibelah silang menjadi dua maka bentuknya akan menjadi segitiga.

Segitiga termasuk bangun datar yang terdiri dari tiga sisi. Nah, sisi dalam segitiga ini tidak selalu sama. Ada segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, hingga segitiga sembarang. Ketiga segitiga tersebut akan dibahas terutama segitiga sama kaki.

Tidak hanya itu, karena segitiga mempunyai tiga sisi maka titik sudutnya juga berjumlah tiga. Total besaran sudut pada bangun datar ini yaitu berjumlah 180 derajat. Rumus keliling segitiga bisa Anda ketahui setelah tahu besaran tiap sisi segitiga yang ada.

Untuk mencari luas dari segitiga sama kaki, Anda membutuhkan tinggi segitiga dan alasnya. Tinggi segitiga merupakan garis yang bentuknya tegak lurus dengan alas segitiga lalu alas merupakan sisi bagian bawah pada segitiga.

Jenis-Jenis Segitiga Berdasarkan Panjang Sisi dan Besar Sudut

Segitiga dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis berdasarkan panjang sisinya yaitu segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, dan segitiga sembarang. Atau berdasarkan besaran sudutnya yaitu segitiga lancip, segitiga siku-siku, dan segitiga tumpul.

Agar Anda bisa lebih memahami dan mendapatkan gambaran soal segitiga, berikut ini beberapa ciri dari segitiga pada umumnya yang perlu Anda ketahui.

  • Segitiga mempunyai tiga sisi
  • Segitiga mempunyai tiga titik sudut
  • Jumlah sudut dalam segitiga sebesar 180 derajat
  • Tinggi segitiga tegak lurus dengan alasnya

Selain ciri-ciri di atas, masih terdapat ciri yang lebih spesifik dari segitiga-segitiga yang telah dikelompokkan jenisnya. Bagi Anda yang merasa penasaran, Anda bisa menyimak pembahasannya di bawah ini.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, segitiga dikelompokkan menjadi dua jenis. Penting bagi Anda untuk mengetahui pengelompokkan segitiga ini yang nantinya berguna ketika Anda dihadapkan soal untuk menjawab rumus segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga siku-siku, dan lain-lain.

Baca juga:

1. Segitiga Sama Sisi

Pertama ada segitiga sama sisi. Dari namanya, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran mengenai bentuk dan ciri dari segitiga tersebut? Sesuai dengan namanya, segitiga ini mempunyai panjang sisi yang sama ketiga-tiganya.

Jadi, misal terdapat segitiga sama sisi KLM, maka KL = LM = KM. Ketika ditanya soal keliling segitiga sama sisi maka Anda bisa menghitungnya dengan mudah selama salah satu sisi ketahuan berapa panjangnya. Anda tinggal menjumlahkan sisi tersebut sebanyak tiga kali.

2. Segitiga Sama Kaki

Berikutnya yang menjadi pembahasan utama kali ini yaitu adalah segitiga sama kaki. Segitiga mempunyai tiga sisi, pada segitiga sama kaki dua dari tiga sisi segitiga mempunyai panjang yang sama. Bangun ini mempunyai dua sisi kaki dengan besar yang sama.

Ciri-ciri dari segitiga sama kaki antara lain seperti mempunyai satu buah sumbu simetri, mempunyai dua sudut alas sama besar, mempunyai dua sisi yang sama atau kaki segitiga, dan lain sebagainya. Rumus segitiga sama kaki bisa berupa keliling hingga luas tergantung soal pertanyaan.

3. Segitiga Sembarangan

Dari namanya saja, segitiga ini mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan dua segitiga lain yang telah disebutkan. Pasalnya, pada segitiga sembarangan seluruh alias ketiga sisinya mempunyai panjang yang berbeda-beda.

Ciri dari segitiga sembarangan yakni tidak memiliki simetri lipat, terdiri dari sisi-sisi yang panjangnya tidak sama, setiap sudutnya mempunyai besar yang berbeda, hanya mempunyai satu simetri putar, dan lain-lain.

4. Segitiga Lancip

Pada segitiga lancip ini, segitiga mempunyai besar sudut yang jumlahnya kurang dari 90 derajat. Jadi besar sudutnya tidak terlalu besar alias lancip.

5. Segitiga Siku-Siku

Berikutnya, terdapat segitiga siku. Supaya suatu segitiga dapat disebut sebagai sebuah segitiga siku-siku, maka segitiga tersebut harus memiliki satu sudut yang besarnya 90 derajat.

6. Segitiga Tumpul

Lalu yang terakhir ada segitiga tumpul. Pada segitiga ini besar sudutnya salah satunya lebih besar dari 90 derajat.

Itulah beberapa jenis segitiga mulai dari panjang sisinya hingga besar sudutnya. Dengan mengetahui karakteristik-karakteristik tiap segitiga akan membantu Anda dalam mengerjakan soal nantinya.

Luas dan Keliling, Rumus Segitiga Sama Kaki

Pembahasan utama kali ini adalah mengenai luas dan keliling rumus segitiga sama kaki. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk mencari tahu keliling dan luas suatu segitiga dibutuhkan beberapa komponen. Misalnya seperti panjang alas hingga tinggi segitiga.

1. Keliling Segitiga Sama Kaki

Rumus keliling segitiga sama kaki yaitu s + s + s. Di mana s merupakan singkatan dari sisi. Jadi, untuk mendapatkan besar keliling suatu segitiga sama kaki, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu besar ketiga sisinya. Terutama sisi kaki dan alasnya.

2. Luas Segitiga Sama Kaki

Selain rumus keliling segitiga sama kaki, ada pula soal yang menyuruh Anda mencari luasnya. Jika menemukan soal tersebut bisa Anda selesaikan dengan rumus ½ x a x t. Di mana a merupakan alas dan t adalah singkatan dari tinggi.

Contoh Soal Keliling dan Luas

Supaya Anda bisa lebih cepat paham, maka lebih baik langsung praktik mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan rumus-rumus tersebut. Misal terdapat pertanyaan diketahui segitiga sama kaki kedua sisinya mempunyai panjang 30 cm, panjang alasnya 10 cm, dan tingginya 5 cm.

Ditanya berapakah keliling dan luas dari segitiga sama kaki tersebut?

Anda bisa menyelesaikan soal di atas menggunakan rumus yang sebelumnya telah disebutkan. Untuk mencari luas dari segitiga yaitu tinggal memasukkan :

  • L = ½ x a x t
  • L = ½ x 10 cm x 5 cm
  • L = 25 cm2

Jadi, luas segitiga sama kaki tersebut adalah 25 cm2.

Sedangkan untuk kelilingnya adalah sebagai berikut.

  • K = s + s + s
  • K = 30 cm + 30 cm + 10 cm
  • K = 70 cm.

Jadi, keliling segitiga sama kaki dalam soal tersebut sebesar 70 cm.

Demikian pembahasan mengenai rumus segitiga sama kaki yang dapat Anda pelajari. Untuk dapat terbiasa dengan matematika, Anda perlu banyak berlatih soal sampai rumusnya hafal di luar kepala.

Posting Komentar