Cawan Porselin Laboratorium: Fungsi, Proses Penguapan dan Harganya

Mengenal Cawan Porselin Laboratorium. Sesuai dengan namanya, cawan ini terbuat dari bahan porselin, hal ini membuat cawan ini memiliki sifat tahan

Cawan porselin Laboratorium adalah peralatan yang sangat umum ditemukan di sebuah laboratorium. Bahkan, peralatan ini bisa dikatakan sebagai peralatan wajib yang harus ada di lab. Karena fungsinya yang sangat krusial untuk berbagai reaksi kimiawi dan percobaan.

Tidak hanya sekedar tempat untuk meletakkan bahan percobaan atau bahan kimiawi lainnya. Fungsi dari cawan ini lebih dari sebagai tempat saja. Berikut adalah informasi selengkapnya mengenai peralatan laboratorium satu ini. 

Mengenal Cawan Porselin Laboratorium

Sesuai dengan namanya, cawan ini terbuat dari bahan porselin, hal ini membuat cawan ini memiliki sifat tahan terhadap suhu panas maupun api. Warna cawan ini biasanya adalah putih, fungsinya agar memudahkan para peneliti mengawasi perubahan zat yang ditampung oleh cawan ini. 

Bentuk cawan ini setengah bola sempurna dengan permukaan lengkung yang luas. Karena sifatnya yang tahan panas ini. Cawan ini sering kali digunakan untuk percobaan yang melibatkan api dan panas. Misalnya saja untuk menguapkan zat atau berbagai percobaan lain. 

Fungsi Cawan Porselin 

Karena memiliki permukaan yang luas dan tahan terhadap panas. Peralatan ini digunakan untuk proses penguapan pada pelarut. Apalagi, dengan permukaannya yang lebar semakin mendukung proses penguapan yang dilakukan dengan media cawan ini. 

Proses ini merupakan proses kimia yang memiliki tujuan untuk menghilangkan bagian solusi yang memang mudah untuk menguap. Proses penguapan ini akhirnya akan meninggalkan zat yang bersifat pelarut. Tentu saja, dengan kandungan zat terlarut yang tinggi. 

Hasil akhirnya biasanya merupakan larutan yang lebih pekat. Tidak heran, selain disebut sebagai cawan porselin. Cawan ini juga sering kali disebut sebagai cawan penguap. Karena memang bentuknya sangat ideal untuk melakukan penguapan.

Baca juga:

Proses Penguapan yang Dilakukan dengan Cawan Porselin

Cawan ini memang secara spesifik digunakan untuk proses penguapan. Namun, dalam melakukannya ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Hal ini penting agar proses penguapan berjalan sempurna. Tidak hanya itu, agar proses penguapan juga bisa berjalan dengan aman. 

  • Siapkan peralatan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Mulai dari cawan porselin, kawat kasa, kaki tiga, dan juga pembakar spiritus sebagai penghasil panasnya. 
  • Kemudian, tata semua peralatan sesuai dengan posisinya masing-masing. 
  • Setelah itu, tuangkan larutan yang akan diproses pada cawan porselin. 
  • Baru setelah itu, nyalakan api pada pembakar spiritus. 
  • Tunggu sampai proses ini menghasilkan cairan yang lebih pekat. 

Jangan lupa selama melakukan proses penguapan gunakanlah sarung tangan. Jika bisa sarung tangan yang memiliki sifat tahan panas. Jadi, para peneliti aman dari pengaruh suhu dan panas pembakar spiritus. 

Harga Cawan Porselin

Harga cawan porselin sangat bergantung dengan ukuran dari cawan itu sendiri. Peralatan satu ini memang tersedia dalam berbagai ukuran. Mulai dari yang terkecil biasanya 35 ml sampai yang paling besar biasanya adalah 500 ml. 

Walaupun begitu, harga dari cawan ini tergolong sangat terjangkau. Untuk yang berukuran kecil misalnya harganya hanya Rp9.500 saja atau paling mahal Rp10.000. Sedangkan, untuk ukuran cawan porselin paling besar harganya hanya Rp14.000 saja atau yang paling mahal hanya Rp20.000. 

Informasi mengenai cawan porselin laboratorium di atas sangat penting untuk diketahui oleh para peneliti. Dengan mengetahui lebih detail fungsi dan bahan dari cawan ini, maka para peneliti akan lebih maksimal dalam memanfaatkannya. Selain itu, lebih aman juga dalam menggunakan alat ini nantinya.

Posting Komentar