Pengertian Kimwipes Laboratorium, Bukan Tisu Pembersih Biasa

Anda mungkin jarang mendengar tentang kimwipes laboratorium di sebuah lab. Bahkan, sebagian peneliti yang mungkin belum lama beraktivitas di lab

Anda mungkin jarang mendengar tentang kimwipes laboratorium di sebuah lab. Bahkan, sebagian peneliti yang mungkin belum lama beraktivitas di lab, menganggap bahwa kimwipes sama saja dengan wipe atau tisu biasa yang digunakan di kegiatan sehari-hari. 

Padahal, walaupun memiliki bentuk yang kurang lebih sama yaitu selembar tisu. Namun, kimwipes tidak bisa disamakan dengan tisu biasa yang digunakan sehari-hari. Kimwipes sangat spesifik digunakan untuk membersihkan dan mengelap peralatan dan berbagai cairan serta kotoran di lab. 

Mengenal Kimwipes Laboratorium

Ketika melakukan suatu percobaan di laboratorium, Anda pasti pernah mengalami kejadian seperti zat tidak sengaja tumpah. Serbuk berceceran karena tangan kurang terkoordinasi atau berbagai jenis kekacauan lain yang membuat lab kotor. 

Tentu saja, Anda berkewajiban untuk membersihkan kekacauan semacam itu. Namun, Anda tidak bisa sekedar mengelap kotoran di lab dengan tisu biasa. Karena tisu biasa bisa meninggalkan residu di permukaan yang di lap. 

Selain itu, permukaannya yang tidak memiliki fungsi spesifik mungkin saja membuat proses membersihkan tidak sempurna dan masih menyisakan zat di permukaan. Karena itu, Anda membutuhkan kimwipes. 

Tisu khusus laboratorium ini memang didesain dan diproduksi secara khusus untuk penggunaan di dalam lab. Karena berbeda dengan tisu pada umumnya, tisu ini memiliki sifat non residual. Tidak hanya untuk membersihkan kekacauan pada lab saja. 

Tisu khusus ini juga bisa digunakan untuk membersihkan berbagai peralatan lab. Seperti, membersihkan kuvet sampai dengan elektrode pH meter. 

Keuntungan Menggunakan Kimwipes di Laboratorium 

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kimwipes berbeda dengan tisu biasa. Alasan utamanya adalah karena bahannya yang non residual. Lantas mengapa harus menggunakan kimwipes untuk membersihkan peralatan lab dan mengapa tisu biasa tidak bisa?.

Bukannya tidak bisa, jika memaksa menggunakan tisu biasa mungkin bisa dilakukan tapi nantinya jadinya tidak ideal. Karena itu, berikut akan dijelaskan keuntungan kimwipes jika digunakan di laboratorium.

Baca juga:

1. Kemungkinan Kontaminasi Zat Lebih Kecil 

Keuntungan pertama menggunakan kimwipes di lab adalah kemungkinan kontaminasi akan lebih kecil. Karena, seperti yang disebutkan sebelumnya mungkin saja zat tertinggal di permukaan walaupun sudah dibersihkan dengan tisu biasa. 

Sifat non residual pada kimwipes memastikan tidak ada lagi residu yang tertinggal. Baik dari tisunya sendiri maupun dari zat yang dibersihkan di permukaan. 

2. Pemukaan Tisu Jauh Lebih Halus 

Jika dibandingkan dengan jenis tisu yang biasa, permukaan dari kimwipes ini lebih halus dengan tekstur yang lebih samar. Hal ini memungkinkan kimwipes untuk membersihkan peralatan-peralatan kimia tanpa meninggalkan jejak bentuk di permukaannya. 

Selain itu, karena lebih halus tisu tidak akan menggoreng atau membuat jejak pola pada peralatan kimia. Lebih aman walaupun digunakan berulang kali pada peralatan lab yang sama. 

3. Daya Serap Tinggi Dalam Membersihkan 

Walaupun lebih tipis dan lebih halus dibandingkan tisu biasa. Namun, jangan meragukan daya serap dari tisu ini. Karena tisu ini memiliki daya serap tinggi terhadap cairan, tidak hanya itu daya serap ini berlaku pada berbagai jenis cairan. Mulai dari etanol, sampai dengan cairan biasa. 

Namun walaupun begitu, tisu ini tetap memiliki ketahanan yang terbatas. Dalam menggunakannya, terutama untuk membersihkan bahan yang berbahaya. Anda harus tetap berhati-hati dan menggunakan pengaman. 

Kimwipes laboratorium bukanlah tisu biasa dan memang desain serta penggunaannya dikhususkan untuk di dalam laboratorium. Mulai sekarang Anda jangan memandang sebelah mata tisu khusus satu ini. 

Posting Komentar