10 Rekomendasi Menu Berbuka Puasa Rumahan yang Sehat, Non Gorengan!

Para ibu pasti sudah mulai memikirkan menu berbuka puasa rumahan agar selama puasa hidangan semakin menarik. Karena momen berbuka puasa menjadi momen

Bulan Ramadhan sudah tiba, para ibu pasti sudah mulai memikirkan menu berbuka puasa rumahan agar selama puasa hidangan semakin menarik. Karena momen berbuka puasa menjadi momen yang berharga bagi keluarga. 

Tidak hanya menyediakan menu makanan yang istimewa, Anda pasti ingin menyediakan makanan yang sehat untuk berbuka puasa bersama keluarga. Banyak sekali pilihan menu berbuka yang memang enak namun sebenarnya tidak terlalu sehat. 

Misalnya, minuman yang terlalu manis, gorengan, makanan yang berminyak, dan berbagai jenis makanan lainnya. Memang tidak ada salahnya untuk memakan makanan yang disukai ketika berbuka, namun ada baiknya diselingi makanan yang sehat pula. 

Rekomendasi Menu Berbuka Puasa Rumahan Sehat 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tidak hanya menyediakan sajian yang istimewa. Anda juga perlu menyediakan sajian yang sehat. Bukan hal yang mudah untuk menentukan makanan berbuka yang sehat. 

Karena itu, berikut adalah beberapa rekomendasi menu yang bisa menjadi pilihan untuk Anda. Menu-menu di bawah ini bisa menjadi inspirasi untuk menyediakan menu berbuka puasa yang lebih sehat di rumah. 

1. Takjil dengan Buah Kurma

Tidak perlu diragukan lagi, buah kurma memang merupakan buah khas Bulan Ramadhan. Bahkan, buah satu ini bisa dibilang menjadi ikon dan trademark dari momen di Bulan Ramadhan. Dalam agama islam, buah kurma memang dianjurkan sebagai menu berbuka. 

Karena buah kurma memiliki rasa manis dari kandungan gulanya yang ideal untuk mengembalikan energi selama berpuasa. Rasa buah kurma memang sangat khas dan manis. Anda bisa memakannya langsung sebagai takjil. 

Selain itu, Anda juga bisa mengolahnya menjadi hidangan lain. Misalnya, menggunakannya untuk puding atau roti agar lebih menarik. 

2. Sup Ayam Makaroni yang Hangat

Menu berbuka puasa rumahan yang sehat berikutnya adalah sup ayam makaroni. Selain nikmat, sup ayam sangat baik untuk pencernaan yang masih lemah karena berpuasa. Efek hangat dan kandungan proteinnya bisa membuat perut lebih nyaman. 

Selain itu, makaroni merupakan karbohidrat yang memiliki indeks glikemik cukup rendah. Hal ini membuat sup ini bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Energi pun bisa kembali dengan lebih cepat. 

Selain menggunakan ayam, Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan seafood. Jangan lupa dengan berbagai sayuran agar hidangan semakin sehat. 

3. Gado-Gado Kaya Nutrisi

Gado-gado merupakan makanan tradisional Indonesia yang tidak hanya enak. Namun juga, memiliki kadar nutrisi yang sangat tinggi. Gado-gado terdiri atas banyak sayuran dengan saus kacang yang nikmat. 

Hidangan yang sangat ideal bagi Anda yang ingin mengonsumsi lebih banyak sayuran. Namun, menginginkan hidangan dengan rasa yang lebih familiar. Variasi sayuran di dalamnya akan memenuhi kebutuhan vitamin dan serat Anda. 

Tidak hanya itu, hidangan berbuka puasa ini juga bisa memberikan Anda asupan protein yang tinggi. Karena adanya bumbu kacang yang lezat dan tinggi protein. 

4. Ikan Bakar yang Rendah Lemak

Daripada digoreng ada baiknya mengolah ikan dengan cara dibakar atau dipanggang. Dengan begitu, Anda tidak akan terkena efek buruk dari konsumsi minyak yang berlebihan. Namun, tidak disarankan juga mengkonsumsi ikan bakar secara berlebihan. 

Ikan merupakan pilihan protein yang baik dan cukup ideal untuk berbuka puasa. Ikan memiliki protein yang tinggi. Namun, bersamaan dengan kandungan proteinnya, kandungan lemaknya tergolong rendah. 

Mengolah ikan dengan cara digoreng bisa mengurangi kandungan baik di dalamnya. Karena itu, tidak ada salahnya untuk membakar ikan sesekali. 

Baca juga:

5. Daging Panggang yang Berat dan Nikmat

Daging merupakan protein yang berat dengan cara pengolahan yang bervariasi. Tidak ada salahnya Anda menghidangkan daging sebagai menu berbuka puasa rumahan yang sehat. Apalagi, jika Anda mengelolanya dengan cara dipanggang. 

Pengolahan daging dengan dipanggang akan menjaga rasa dari daging. Namun, tidak terlalu menghilangkan nutrisi di dalamnya. Namun, ada baiknya untuk tidak terlalu sering mengonsumsi daging panggang ketika berpuasa, imbangi juga dengan konsumsi sayur. 

6. Tumis Sayuran yang Sehat

Konsumsi makanan tinggi serat ketika berpuasa adalah hal yang sangat penting. Karena itu, tumis sayuran merupakan pilihan yang sangat tepat. Bahkan, jika bisa pada menu berbuka puasa, usahakan ada satu saja jenis tumisan sayuran. 

Ada banyak sayuran yang bisa menjadi pilihan. Mulai dari tumis kangkung, sawi, bayam, atau mungkin kombinasi dengan sayuran yang lainnya. Dengan adanya menu sayuran setiap berbuka puasa bisa membuat menu berbuka menjadi lebih sehat. 

Selain itu, karena sudah ditumis dan teksturnya sudah lembut. Membuat sayuran tidak hanya enak saja untuk dikonsumsi. Namun, mudah untuk diserap nutrisinya oleh tubuh. 

7. Olahan Oatmeal Dengan Buah

Oatmeal terbilang kurang menarik sebagai makanan berbuka puasa. Namun, tidak ada salahnya untuk sesekali mengkonsumsi oatmeal sebagai karbohidrat utama ketika berbuka puasa. Oatmeal merupakan sumber karbohidrat kompleks yang rendah lemak. 

Hal ini membuat oatmeal sangat ideal untuk mengembalikan energi yang hilang dalam tubuh selama berpuasa. Walaupun merupakan karbohidrat kompleks, oatmeal bukanlah makanan yang terlalu berat. 

Jadi, Anda tidak akan merasakan efek terlalu kenyang. Namun, sudah cukup untuk mengganjal perut Anda sampai selesai shalat tarawih. Anda bisa memakan menu makanan lain yang lebih berat.

8. Puding Buah yang Segar

Mengonsumsi makanan manis saat berpuasa merupakan hal yang sangat dianjurkan. Namun, jika tidak tepat memilih maka efek dari makanan manis ini bisa kurang bagus bagi kesehatan. Puding buah yang segar bisa menjadi pilihan yang bagus. 

Kareena puding buah memiliki rasa manis namun sekaligus memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Apalagi, jika menggunakan buah asli, maka Anda juga merasakan manfaat vitamin dan rasa manis yang alami. 

Apalagi, puding buah merupakan makanan yang mudah untuk dikreasikan. Jadi, kamu tidak akan mudah bosan dengan berbagai kombinasi rasanya. 

9. Sapo Tahu yang Lezat

Sapo tahu memang tidak populer sebagai makanan untuk berbuka puasa. Namun, tidak diragukan lagi bahwa hidangan ini termasuk hidangan yang sehat. Untuk mengelolanya, Anda tidak memerlukan minyak sama sekali. 

Selain itu, kandungan protein yang tinggi pada sapo tahu dipadukan dengan berbagai sayuran di dalamnya. Hal ini memberikan nutrisi yang lengkap pada tubuh yang sudah seharian berpuasa. 

Tidak hanya itu, karena bukan makanan yang terlalu berat. Anda tidak akan merasa lemas setelah mengkonsumsinya. 

10. Sup Kacang Merah Tinggi Protein

Kacang merah merupakan sumber protein kompleks yang sehat dan rendah lemak. Sangat ideal untuk diolah sebagai sup, jadi kacang merah tidak hanya bergizi namun juga menghangatkan pencernaan yang sudah berpuasa seharian. 

Selain itu, bahan-bahan untuk membuat sup ini juga murah. Sangat ideal untuk disantap bersama dengan keluarga. 

Itulah berbagai rekomendasi menu berbuka puasa rumahan yang tidak hanya memiliki rasa yang enak. Namun juga sehat, berpuasa memang ibadah yang penting. Namun, perlu juga memperhatikan kesehatan selama menjalankannya.

Posting Komentar