1 Mil Laut Berapa Km? Samakah dengan Hasil Konversi 1 Mil Darat?

Selain kilometer (Km), mil juga sering digunakan untuk mengukur satuan jarak. Begitupun juga dengan mil laut. Namun tahukah Anda 1 mil laut berapa km?

Mungkin Anda pernah mendengar satuan mil laut untuk menyebutkan jarak antar pulau maupun jarak dari suatu lautan/samudera. Namun pernahkah Anda berpikir 1 mil laut berapa km, jika jarak mil laut tersebut digambarkan dalam satuan jarak yang sering digunakan di daratan?

Bahkan Anda juga mungkin pernah berpikir mengenai 1 mil berapa km/jam, jika satuan jarak tersebut dikonversi ke dalam satuan kecepatan kendaraan. Sebenarnya hal tersebut bisa diketahui dengan mudah, bilamana Anda telah mengetahui rumus/panduannya.

Apa Itu Mil Laut? dan 1 Mil Laut Berapa Km? 

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, istilah mil mungkin saja masih terasa asing di telinga. Hal ini dikarenakan, penggunaan satuan jarak yang satu ini memang jarang digunakan. Alih-alih menggunakan istilah mil, orang Indonesia cenderung menggunakan satuan km untuk pengukuran jarak.

Namun hal ini tidak berlaku bagi orang-orang yang tinggal di Amerika Serikat, Inggris, Liberia, atau bahkan di negara-negara Asia seperti Myanmar. Karena memang, di negara-negara tersebut, penggunaan istilah mil telah banyak digunakan untuk menyebut satuan jarak. 

Hal ini sebenarnya telah berlangsung selama puluhan tahun lamanya. Sehingga orang-orang yang tinggal di negara tersebut memang telah mengetahui mengenai hasil konversi 1 mil laut ke dalam satuan kilometer (Km).

Bahkan dengan hasil konversi tersebut, orang-orang yang tinggal di negara tersebut memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengkonversinya kembali ke dalam satuan kecepatan kendaraan (km/jam). Misalnya untuk mengkonversi 1 mil berapa jam. 

Jika satuan jarak tersebut berkaitan dengan mil darat, namun bagaimana dengan satuan mil laut? Apakah orang-orang tersebut mengetahui 1 mil laut berapa km? Mengingat satuan jarak tersebut memang sangat berbeda dengan satuan mil pada umumnya. 

Perlu diketahui, bahwa ada 2 jenis satuan mil. Antara lain mil darat dan juga mil laut, yang dikenal dengan nautical mile. Istilah mil sendiri berasal dari bahasa latin, yaitu “mile passus, yang memiliki makna “seribu langkah”. 

Pada masa ini, istilah tersebut kini sering banyak digunakan untuk mengukur jarak antara satu tempat/lokasi ke tempat/lokasi lainnya. Perlu diketahui juga bahwa dalam aritemetika terdiri dari 2 jenis satuan. 

Diantaranya satuan metrik yang terdiri dari satuan meter, kilometer, hingga satuan sekon. Sedangkan satuan lainnya dikenal dengan satuan imperial yang meliputi mil, inci, feet, dan juga yard. Sehingga bisa dikatakan, bahwa mil merupakan satuan jarak yang termasuk ke dalam satuan imperial. 

Mengenai satuan mil ini, mungkin Anda berpikir bahwa satuan mil darat dan mil laut memiliki besaran yang sama jika dikonversikan ke dalam km. Sehingga Anda bisa dengan mudah mengkonversi satuan jarak tersebut untuk mengetahui 12 mil laut berapa km, hanya dengan melihat panduan besaran satuan mil darat. 

Namun sebenarnya tidak demikian. Karena faktanya, satuan mil darat dan juga mil laut, memiliki besaran yang berbeda saat dikonversi ke dalam satuan kilometer (Km). Lalu bagaimana cara mengkonversi mil laut ke Km? dan 1 mil laut berapa km? 

Untuk mengkonversi satuan jarak dari mil laut ke km tersebut, tentunya Anda perlu mencari panduan/rumus besaran satuan mil laut tersebut. Dimana Anda bisa menemukan rumus/panduan tersebut? Jangan khawatir, Anda bisa menemukan rumus/panduan tersebut dengan menyimak pembahasan selanjutnya berikut ini. Untuk itu, mari simak bersama-sama!

Tabel Konversi Mil ke KM

Mil Kilometer
1 mil 1,609 km
2 mil 3,218 km
3 mil 4,827 km
4 mil 6,436 km
5 mil 8,045 km
6 mil 9,654 km
7 mil 11, 263 km
8 mil 12, 872 km
9 mil 14, 481 km
10 mil 16, 090 km

Baca juga:

Rumus Besaran Satuan Jarak Mil Darat dan Mil Laut

Mil Darat

Satuan jarak yang pertama, dan yang juga sering digunakan di negara-negara seperti Amerika Serikat, Liberia, serta Myanmar dikenal dengan istilah mil darat. Dimana satuan jarak ini sering digunakan untuk menggantikan satuan km.

Namun bagi Anda yang tinggal di Indonesia yang notabene tidak menggunakan satuan jarak mil, tentunya akan cukup kesulitan untuk mengkonversi satuan mil ke kilometer tersebut. Belum lagi jika Anda berada di negara Amerika Serikat dan melihat papan petunjuk yang menunjukkan lokasi yang Anda tuju ternyata berjarak 200 mil misalnya.

Pastinya Anda akan bertanya-tanya, 200 mil berapa km? Untuk mengetahui hal itu, tentunya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu berapa satuan mil jika dikonversi ke dalam Kilometer. Meskipun mungkin pada pembahasan kali ini, hanya akan dibahas mengenai 1 mil laut berapa km, dan bukan mengenai satuan mil darat.

Namun tidak ada salahnya jika Anda juga bisa memahami satuan jarak mil darat tersebut. Karena selain bisa menambah pengetahuan Anda, dengan mengetahui besaran konversi mil darat ke kilometer ini juga bisa membantu Anda, bilamana di suatu hari, Anda berkesempatan untuk mengunjungi negara-negara yang menggunakan satuan jarak mil darat.

Sekedar informasi, 1 mil darat setara dengan 1,069 km. Hal ini juga berlaku bilamana Anda tengah mencari hasil konversi dari 2 mil berapa km. Dimana Anda hanya tinggal mengalikan angka 2 mil tersebut dengan 1,069 km, menjadi 3,218 km.

Begitu pun jika Anda ingin mengkonversi 3 mil berapa km., maka Anda tinggal mengalikannya dengan angka3, menjadi 4,827 km. Namun pertanyaannya kini adalah, berapa satuan mil tersebut jika dikonversi ke dalam feet maupun yard?

Anda bisa mengkonversi mil darat tersebut terlebih dahulu ke dalam satuan kilometer menjadi 1,069 km. Kemudian mengkonversinya kembali ke satuan feet, sehingga dihasilkan angka 5280 feet (kaki). Lalu bagaimana jika dikonversi ke dalam satuan yard? Perlu diketahui, bahwa 1 mil darat setara dengan 1760 yard.

Jika Anda ingin mengkonversinya ke dalam satuan meter, maka akan dihasilkan angka 1609,344 m. Selain menggunakan panduan di atas, Anda juga bisa mengkonversi 1 mil ke meter, dengan cara mengalikan 1,069 km dengan angka 1000. 

Karena seperti diketahui, untuk mengkonversi satuan kilometer ke meter, Anda perlu mengalikannya dengan angka 1000. Namun bagaimana cara mengkonversi 1 mil laut ke kilometer? Apakah besarannya sama dengan mil darat? dan 1 mil berapa km? Anda bisa mengetahui jawabannya setelah menyimak penjelasan mengenai mil laut berikut ini.

Nautical Mile (Mil Laut)

Sebagaimana diketahui, bahwa selain mil darat, satuan jarak juga seringkali dinyatakan dengan satuan mil darat. Berbeda dengan mil darat, yang digunakan untuk mengukur jarak suatu lokasi yang berada di daratan.

Maka lain halnya dengan mil laut. Dimana satuan mil laut tersebut seringkali digunakan untuk mengukur jarak antar satu pulau dengan pulau lainnya, maupun antar samudera. Satuan mil laut juga seringkali digunakan sebagai panduan bagi para kapal laut, dan sejumlah transportasi laut lainnya.

Berbeda dengan satuan mil darat yang memiliki besaran sekitar 1,069 km. Sehingga jika Anda berencana untuk mengkonversi 5 mil berapa km, maka Anda hanya perlu mengalikannya dengan angka 5, menjadi 8,945 km.

Namun tidak demikian dengan satuan mil laut. Karena mil laut memiliki besaran yang berbeda. Dengan kata lain, jika Anda ingin mengkonversi 10 mil berapa km, maka hasilnya akan berbeda dengan hasil satuan km yang dikonversi dari satuan jarak 5 mil laut. 

Satuan mile nautical atau yang dikenal dengan mil laut sendiri  merupakan satuan jarak busur lingkaran bumi, yang diukur per 1 menit. Lalu berapakah 1 mil jika dikonversi ke kilometer? Dalam arti, 1 mil berapa km? 

1 Mil Laut Berapa KM? Jawabannya

Dari pengukuran satuan jarak busur lingkaran bumi yang diukur per 1 menit tersebut, maka dihasilkan konversi bahwa 1 mil adalah sekitar 1,852 km. Dimana hasil konversi tersebut sudah bisa dipastikan berbeda dengan hasil konversi mil darat ke kilometer (Km) yang hanya sekitar 1,609 km.

Dengan kata lain, jika Anda kini tengah mencari hasil konversi 1 mil laut berapa km, maka dengan merujuk panduan di atas, Anda sudah bisa menemukan jawabannya, bahwa ternyata 1 mil laut yaitu sekitar 1,069 km. Sementara jika dikonversi lagi ke dalam satuan meter, maka akan diperoleh hasil 1 mil laut yaitu sekitar 1.852 m, dengan mengalikannya dengan angka 1000.

Contoh Soal:

200 Mil Sama dengan Berapa Km?

Jawabannya: 200 mil sama dengan 321,87 Km.

Diketahui:

Mil merupakan besaran jarak dalam sistim imperial. Satu mil sama dengan 1,60934 kilometer.

Maka Pembahasannya adalah:

1 mil = 1,60934 km

Satuan mil disini berbeda dengan satuan mil bahari, 1 mil bahari sama dengan 1,852 kilometer.

Penyelesaian Soal

200 mil = 200 x 1,60934 km

             = 321,87 km.

Posting Komentar