1 Ft Berapa Cm? Ini Penjelasan Konversi Satuan Kaki ke Sentimeter

1 Ft Berapa Cm? Untuk mengkonversi satuan feet ke meter atau centimeter, cukup ingat rumus persamaan paling dasar di bawah ini.

Dalam pengukuran panjang suatu benda, terdapat beberapa satuan ukuran yang biasa digunakan, yaitu meter dan feet atau ft. Ada juga turunan satuan meter yang biasa digunakan, yaitu sentimeter (cm). Lantas, nilai 1 ft berapa cm? Berikut penjelasan selengkapnya.

Perbedaan Satuan Feet, Meter, dan Sentimeter

Sebelum membahas 1 ft berapa cm, ketahui terlebih dahulu apa pengertian satuan feet, meter, dan sentimeter. Pada umumnya, tiga jenis satuan ukuran tersebut sama-sama ditujukan untuk menyatakan panjang. Namun, terdapat beberapa perbedaan yang harus Anda tahu.

1. Feet

Satuan feet atau dalam bahasa Indonesia disebut satuan "kaki" memiliki simbol internasional berupa huruf "f" dan "t" kecil (ft). Satuan feet tidak termasuk satuan panjang dalam Sistem Internasional yang umumnya dipakai di negara Amerika Serikat dan Britania Raya.

Ukuran 1 feet atau 1 kaki setara dengan 0,3048 meter atau sekitar sepertiga meter. Sementara jika dikonversi ke satuan centimeter, ukuran 1 kaki sama dengan 30,48 sentimeter.

Di Indonesia dan kebanyakan negara lainnya, satuan feet dipakai untuk mengukur ketinggian terbang suatu pesawat terbang. Khususnya untuk pesawat terbang buatan negara Amerika Serikat.

2. Meter

Meter atau dalam bahasa Inggris disebut metre memiliki simbol internasional berupa huruf "m" kecil (m). Satuan meter termasuk satuan pokok dalam sistem internasional untuk mengukur besaran panjang. Misalnya, mengukur panjang lahan, bangunan, tinggi gedung, dan sebagainya.

3. Sentimeter

Sentimeter atau dalam bahasa Inggris disebut centimetre memiliki simbol internasional huruf "c" dan "m" kecil (cm). Satuan centimeter termasuk satuan panjang dalam sistem metrik dan merupakan salah satu turunan dari satuan meter.

Nilai 1 sentimeter ini sendiri sama dengan seperseratus meter. Artinya, nilai 1 cm = 0,01 meter. Ukuran sentimeter sering digunakan untuk menyatakan ukuran panjang suatu benda yang lebih kecil dari yang biasa ditunjukkan dengan ukuran meter.

Jika ukuran meter lebih sering digunakan untuk menyatakan panjang suatu bangunan besar, satuan sentimeter berfungsi untuk menyatakan panjang benda-benda kecil. Misalnya, panjang buku tulis, kertas karton, atau pola pakaian. Karena itulah, satuan sentimeter dipakai untuk penggaris.

Jawaban untuk 1 Ft Berapa Cm


Setelah mengetahui pengertian masing-masing satuan panjang di atas, sekarang lanjut ke pembahasan 1 ft berapa cm. Untuk mengkonversi satuan feet ke meter atau centimeter, cukup ingat rumus persamaan paling dasar di bawah ini.

  • 1 feet sama dengan 0.3048 meter atau 1 ft = 0.3048 m.
  • 1 feet sama dengan 30.48 sentimeter atau 1 ft = 30,48 cm.

Dari rumus sederhana di atas, maka Anda bisa melakukan konversi dari feet ke centimeter hanya dengan mengalikannya 30,48. Sebaliknya, jika ingin mengubah satuan sentimeter ke feet, maka Anda dapat membaginya dengan 30,48. Supaya lebih jelas, perhatikan rumus di bawah ini.

1. Konversi Satuan Feet ke Sentimeter

Untuk mengonversi panjang dalam satuan feet ke sentimeter, cukup kalikan dengan 30,48 atau dapat digambarkan dengan rumus berikut.

Panjang (cm) =  panjang (ft) x 30,48

Contohnya, ubah panjang 6 feet ke dalam satuan sentimeter. Maka tinggal memasukkan rumusnya seperti ini.

Panjang (cm) =

  • Panjang (ft) x 30,48
  • =  6 x 30,48
  • = 188,82 cm

Jadi, ukuran panjang 6 feet atau 6 kaki sama dengan 188,82 sentimeter. Atau penulisannya bisa dipersingkat menjadi 6 ft = 188,82 cm.

2. Konversi Satuan Sentimeter ke Feet

Kebalikan dari konversi sebelumnya, untuk mengubah ukuran panjang dari satuan sentimeter ke feet, maka Anda dapat membaginya dengan 30,48. Supaya lebih ringkas, berikut penulisan rumusnya.

Panjang (ft)    = panjang (cm) /30,48

Sekarang masuk ke contoh penerapannya. Misalnya, ada yang bertanya 1 cm berapa feet, maka perhitungannya seperti di bawah ini.

Panjang (ft) =
  • Panjang (cm) / 30,48
  • = 1 / 30,48
  • = 0,0328084 feet
  • = dibulatkan menjadi 0,03 feet.

 Jadi, ukuran panjang 1 sentimeter sama dengan 0,03 feet atau 1 cm = 0,03 ft.

Baca juga:

Contoh Soal

Untuk lebih memahami materi konversi satuan feet ke meter, sentimeter, atau sebaliknya, perhatikan beberapa contoh soal berikut. Di samping memperdalam pengetahuan soal Matematika, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari jika diperlukan.

1. Contoh Soal Konversi Feet ke Sentimeter

Rina ingin membeli sebuah mesin elektronik secara online. Di gambar promosi mesin tersebut tertera informasi panjang mesin yaitu 5 feet atau 5 kaki. Karena lebih familiar dengan ukuran sentimeter, akhirnya Rina bertanya-tanya, berapa cm 5 ft? Bantu Rina menjawabnya.

Untuk menjawab pertanyaan di atas sangatlah mudah. Cukup masukkan rumus konversi ukuran feet ke sentimeter yang telah dijelaskan di atas. Berikut penerapannya:

Panjang (cm) = panjang (ft) x 30,48

                    = 5 x 30,48

                    = 152,4 cm

Jadi, panjang mesin yang Rina lihat sebesar 5 kaki itu setara dengan 152,4 cm.

2. Contoh Soal Konversi Feet ke Meter

Pak Subagio ditawari sebuah lukisan raksasa oleh temannya. Saat bertanya berapa ukuran lukisan tersebut, temannya menjawab panjang lukisan itu adalah 8 kaki. Pak Subagio masih belum punya pandangan, seberapa panjang lukisan tersebut. Lalu ia bertanya, 8 kaki berapa meter?

Untuk menjawab pertanyaan Pak Subagio di atas, Anda bisa langsung mengubah satuan ukuran kaki ke meter. Atau konversi dari satuan feet ke sentimeter terlebih dahulu. Kemudian, konversi ke satuan meter. Caranya, terapkan rumus konversi feet ke sentimeter di atas.

Panjang (cm) = panjang (ft) x 30,48

                    = 8 x 30,48

                    = 246,72 cm

Jadi, diketahui panjang lukisan yang ditawarkan kepada Pak Subagio adalah 246,72 cm. Sekarang tinggal mengkonversinya ke satuan meter. Ingat persamaan 1 meter = 100 cm. Jika ingin mengubah satuan sentimeter ke meter, maka bagi dengan 100 cm. Berikut penerapannya:

Panjang (m)  = panjang (cm) / 100

                    = 246,72 / 100

                    = 2,46 m

Artinya, lukisan dengan panjang 8 kaki yang ditawarkan kepada Pak Subagio setara dengan  246,72 sentimeter atau sama dengan 2,46 meter.

3. Contoh Soal Konversi Sentimeter ke Feet

Alina menemukan sebuah deskripsi panjang kain sekitar 80 cm. Ia pun penasaran, jika dikonversi ke dalam satuan kaki, berapakah panjang kain tersebut? Untuk menjawab soal tersebut, masukkan rumus konversi sentimeter ke feet seperti berikut ini.  

Panjang (ft)    = panjang (cm) /30,48

                    = 80 / 30,48

                    = 2,6 ft

Jadi, kain yang Alina lihat memiliki panjang 80 cm setara dengan 2,6 kaki atau 2,6 ft.

Salah satu satuan ukuran untuk menyatakan panjang yaitu feet (ft) dan sentimeter (cm). Di Indonesia, satuan feet sering digunakan untuk mengukur ketinggian terbang suatu pesawat terbang. Sedangkan satuan sentimeter sering ditemukan pada penggaris untuk mengukur panjang kertas, dan lainnya.

Jika ada yang bertanya 1 ft berapa cm, jawabannya sangatlah mudah, yaitu 30,48 cm. Jika ingin mengubah satuan feet ke sentimeter, cukup kalikan dengan 30,48 cm. Sebaliknya, jika ingin mengubah satuan sentimeter ke feet, maka bagi dengan 30,48 cm.

Posting Komentar