1 Kodi Berapa Buah? Jawaban Lengkap dengan Contoh Soal

Pertanyaan matematika 1 kodi berapa buah kerap ditanyakan bukan hanya dalam pelajaran sekolah namun kehidupan sehari-hari. Simak disini jawabannya

 Pelajaran matematika di sekolah sejatinya akan berfungsi juga dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dalam penghitungan menggunakan istilah kodi, rim, dan lainnya. Pertanyaan mengenai 1 kodi berapa buah sangat sering muncul di pelajaran matematika sekolah dengan beragam contoh kasus sebagai soal.

Untuk mengingat jumlah kodi sebenarnya tidak sulit. Hanya saja dalam soal cerita bahkan dalam kehidupan nyata penghitungannya tidak semudah itu. Untuk memahami lebih lanjut mengenai penjelasan satu kodi, penjelasan lengkap serta contohnya akan dijelaskan di bawah ini.

1 Kodi Berapa Buah? Jawabannya Adalah

Penghitungan menggunakan kodi biasanya dipakai untuk membeli pakaian. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri satuan kodi sendiri memiliki jumlah 20 buah. Jadi jika ada pertanyaan mengenai 1 kodi berapa buah baju maka jawabannya adalah 20 baju, biasanya baju ini dijual jika pembeli ingin harga grosiran.

Jenis Satuan Matematika Lain

Selain mengetahui satuan kodi ada baiknya untuk mengetahui satuan jenis lainnya. 1 rim sama dengan 500 lembar yang biasa digunakan untuk menghitung kertas. Lalu untuk 1 lusin berisi 12 buah yang sering ditemukan pada penjual piring atau gelas. Sedangkan 1 gross berisi 144 buah, untuk satuan gross ini terbilang sebagai satuan yang sering terlupakan.

Cara Penghitungan Satuan Kodi

Penghitungan akun kodi tidak hanya utuh 1 kodi, biasanya soal yang diberikan adalah menghitung jumlah ½ kodi berapa buah. Untuk gambaran contoh soal pada pelajaran matematika di sekolah akan kasus ini contohnya adalah:

Contoh Soal 1

1. Rani ke pasar membeli ½ kodi baju untuk dijual kembali di toko milik ibunya. Di tengah perjalanan ternyata baju yang dibeli Rani ada yang ingin membelinya sebanyak dua buah. Berapa sisa baju Rani yang bisa ia bawa pulang ke toko?.

Jawaban : ½ x 20 buah = 10 buah jadi ½ kodi adalah 10 buah baju. Karena di tengah perjalanan ada dua baju yang dibeli maka 10-2 = 8 buah baju. Jadi, Rani membawa pulang 8 baju ke toko ibunya di rumah.

Contoh Soal 2

Mari menjawab soal lain supaya lebih paham dengan satuan kodi. Kali ini tugasnya adalah menghitung ¼ kodi berapa buah. Cara penghitungannya kurang lebih sama dengan cara di atas, berikut ini contoh soal dan jawaban mengenai jumlah ¼ kodi:

Ika melihat Nia akan ke pasar, Ika akhirnya menitip pada Nia untuk membelikannya mainan ¼ kodi. Setelah Nia pergi ke pasar di tengah jalan ternyata Ika menghubungi Nia untuk menambah pesanan mainan ½ kodi lagi. Jadi, berapa jumlah mainan yang Ika pesan kepada Nia untuk dibelikan?.

Jawaban : ¼ x 20 buah = 5 buah mainan. ½ x 20 buah = 10 buah mainan. 5 mainan + 10 mainan = 15 mainan. Jadi total mainan pesanan Ika yang awalnya berjumlah ¼ kodi lalu ditambah ½ kodi totalnya adalah 15 buah.

Tentunya mudah bukan menjawab pertanyaan 1 kodi berapa buah?. Mungkin tingkat kesulitan soal yang disajikan di sekolah akan berbeda dengan soal di atas. Namun perlu diketahui jika Anda menghafal di luar kepala 1 kodi 20 buah sebagai titik acuan maka menyelesaikan soal apa saja mengenai kodi akan jauh lebih mudah.

Pertanyaan lain jelas akan muncul misalnya 100 kodi berapa buah maka Anda menjawabnya hanya tinggal mengkalikannya saja. 20 x 100 = 200 buah. Mudah sekali bukan? untuk menjawab soal cerita sendiri hanya butuh penalaran dan ketelitian ketika membaca supaya tidak terjebak saat menjawab soal tersebut.

Dalam pengerjaan soal cerita membutuhkan waktu yang lebih lama dari pengerjaan soal biasa. Usahakan belajar membaca cepat serta nalar cepat, jangan lupa juga untuk mengingat jumlah semua satuan dalam nilai matematika.

Baca juga:

1 Kodi Berapa Buah Apakah Bisa Berubah Jumlahnya?

Satuan yang ditetapkan dalam ilmu matematika memiliki angka yang pasti. Untuk itu maka satuan kodi dalam bentuk buah sudah pasti tidak akan bisa berubah termasuk satuan lainnya seperti 1 rim, 1 gross dan lainnya. Jadi, jika ada yang menyangkal bahwa satuan kodi sudah berubah jumlahnya pernyataan tersebut bisa dikatakan tidak valid.

Beda dengan ilmu pengetahuan sosial yang secara keilmuan bisa berkembang seiring berkembangnya zaman. Begitu juga dengan ilmu pengetahuan alam dimana alam terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu dan juga ilmuwan selalu memiliki ilmu baru sesuai dengan temuan mereka selama penelitian.

Ilmu pelajaran di sekolah pada dasarnya semua mengajarkan mengenai ilmu yang bermanfaat dalam kehidupan nyata. Untuk itulah siswa harus diarahkan untuk menyukai semua pelajaran khususnya matematika karena dalam kehidupan hampir semua sisi kehidupan penuh dengan perhitungan. Contoh pekerjaan yang erat kaitannya dengan matematika adalah akuntan, arsitek, kasir dan penjual.

Tips Agar Bisa Menjawab Soal Kodi dengan Benar

Meski pelajaran matematika memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sayangnya pelajaran tersebut cukup dimusuhi oleh siswa di sekolah. Soal yang muncul juga bisa dibalik contohnya 100 buah berapa kodi?. Tentu saja Anda harus mengingat poin awal acuannya adalah 1 kodi = 20 buah jadi untuk menghitungnya cukup dibagikan.

100 buah : 20 buah = 5 kodi. Jadi jawaban atas pertanyaan 100 buah berapa kodi nilainya adalah 5 kodi. Angka ini juga akan tetap sama jika kembali dibalik menjadi 5 kodi berapa buah? jawabannya adalah 100 karena didapatkan dari 5 kodi x 20 buah = 100 buah.

Mudah sekali bukan?. Tips untuk mengerjakan semua soal matematika adalah fokus pada satuan yang nilainya sudah tidak bisa dirubah seperti halnya rumus pengerjaan. Pertanyaan mengenai kodi ini contohnya bisa beraneka ragam bahkan mungkin 11 kodi berapa buah, 12 kodi berapa buah dan lainnya.

Kehadiran satuan kodi dalam dunia matematika memiliki fungsi cukup krusial. Hal ini memudahkan pembeli untuk mengingat dan mengklasifikasikan benda sesuai dengan jumlahnya dalam satu kelompok tertentu. Contohnya penjual baju memilih baju putih dengan jenis sama dalam bentuk kodi supaya pembeli yang ingin jadi reseller bisa mengambil paketan dengan harga lebih murah.

Dengan fakta tersebut tentunya sudah bisa menjawab bahwa matematika merupakan ilmu yang penting dalam kehidupan. Meski banyak orang mengatakan bahwa matematika itu sulit tapi ketika dikerjakan dengan seksama dan teliti maka semuanya bisa diselesaikan dengan benar.

Ingat bahwa mengerjakan matematika tidak bisa asal. Matematika merupakan ilmu pasti sehingga tidak ada dua jawaban yang benar dalam matematika, hanya ada satu jawaban saja. 1 kodi berapa buah maka jawabannya 20 buah meski soalnya diubah sedemikian rupa bentuk dan ragamnya acuan dasarnya tetap sama.

Posting Komentar