Limas Segi Empat: Rumus, Sifat, Volume dan Contoh Soalnya Lengkap

Banyak yang masih bingung Ketika dihadapkan dengan soal limas segi empat. Mari simak pembahasan lengkap limas segi empat di bawah ini.

Limas segi empat merupakan salah satu jenis bangun ruang yang sering kita jumpai di daerah sekitar kta. Limas segi empat mempunyai 4 bidang datar yang sama ukurannya dengan alas yang berbentuk persegi.

Limas segi empat menyerupai bangunan piramida dalam bangunan yang nyata. Bangunan piramida mempunyai empat daerah segitiga dengan satu titik temu atau persekutuan. 

Rumus Lengkap Limas Segi Empat dan Sifatnya

Limas Segi Empat adalah bangun ruang yang memiliki alas berbentuk segi, adapun pembahasa selengkapnya tentang bangunan ini bisa anda lihat melalui artikel berikut.

Volume Limas Segi Empat 

Belajar mengenai rumus volume sebuah limas sangatlah penting. Bukan hanya untuk memenuhi nilai matematika di sekolah, namun juga bermanfaat untuk aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Bangun ruang limas segi empat mempunyai isi atau volume yang bisa dihitung menggunakan rumus. Berikut cara untuk menghitung volume limas segi empat.  

V = ⅓ x LA x T

Keterangan: 

  • V = volume Limas
  • LA = luas alas bidang limas
  • T = tinggi limas

Mungkin Anda masih bingung bagaimana angka ⅓ dapat muncul dalam rumus volume limas segi empat tersebut. Jadi, menurut penjelasan dari Australian Mathematics Sciences Institute, limas segi empat awalnya merupakan bangun ruang kubus. Dalam satu kubus terdapat tiga buah limas yang kongruen. Jadi, limas ini merupakan sebuah kubus yang dibagi menjadi tiga bagian sama besar.

Contoh Soal Latihan

Berikut contoh soal limas segi empat untuk mencari besaran volume limas. 

Didapatkan sebuah limas dengan alas persegi yang mempunyai panjang sisi 12 cm. sedangkan tinggi limas tersebut adalah 10 cm. Hitunglah besaran volume limas segi empat.  

Pembahasan : 

  • V : ⅓ x LA x T
  • V : ⅓ x (12x12) x 10
  • V : ⅓ x 144 x 10
  • V : 480 cm³

Jadi, volume dari limas dalam contoh soal di atas adalah 480 cm³. 

Mudah bukan? Dengan mengetahui rumus yang pasti, maka Anda dengan mudah mengetahui besaran volume limas. 

Sifat-Sifat Limas Segi Empat 

Apa itu jaring-jaring limas segi empat? Jaring-jaring merupakan susunan sisi dalam bentuk bidang datar yang apabila digabungkan membentuk bangun ruang limas segi empat. Sebelum membahas rumus limas segi empat, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu sifat-sifat limas tersebut. 

  1. Memiliki 5 sisi
  2. Memiliki 5 titik sudut
  3. Memiliki 8 rusuk
  4. Keempat sisi tegak atau sisi selimutnya memiliki besar dan bentuk yang sama
  5. Sisi alas berbentuk persegi
  6. Sisi tegak atau selimut berbentuk segitiga
  7. Tidak memiliki diagonal sisi
  8. Tidak memiliki diagonal ruang 

Jaring-jaring pada limas segi empat mempunyai empat sisi berbentuk segitiga dan satu sisi berbentuk persegi atau segi empat. 

Rusuk Limas Segi Empat

Rusuk limas segi empat merupakan bidang pembatas antar sisi pada limas. Limas segi empat mempunyai 8 rusuk. Secara singkatnya, rusuk merupakan garis-garis yang Anda gambar saat membuat sebuah gambar bangun ruang. 

Sudut pada Limas Segi Empat

Seperti diketahui berdasarkan sifat-sifat limas segi empat, bangun ruang ini mempunyai lima titik sudut. Empat titik sudut yang terletak pada alas limas dan satu titik sudut pada titik pertemuan antara sisi limas. Sudut-sudut pada limas segi empat ini mempunyai ukuran atau besaran yang tidak sama. Lalu bagaimana cara menghitung sudut limas segi empat? Berikut rumusnya. 

Untuk mengetahui besaran sudut pada lima segi empat, maka Anda harus terlebih dahulu mengetahui panjang sisi rusuk limas tersebut. Dengan begitu Anda bisa menentukan besaran sudut dengan menerapkan rumus pencarian besar sudut limas.

Baca juga:

Sisi Limas Segi Empat

Soal-soal bangun ruang limas segi empat bukanlah soal yang sangat susah. Sama seperti bangun ruang lainnya, limas segi empat merupakan bangun ruang sederhana yang mudah diselesaikan. Hanya saja siswa sering kali sudah panik saat dihadapkan dengan soal-soal yang harus dikerjakan. 

Hal pertama yang harus diketahui adalah sifat-sifat limas segi empat. Dengan menghafalkan sifat-sifatnya maka Anda bisa mengerjakan soal yang diberikan walaupun tidak hafal dengan rumus-rumus detailnya. 

Menurut sifatnya, limas segi empat mempunyai jumlah sisi sebanyak lima. Empat sisi berbentuk segitiga yang menyelimuti bangun ruang dan satu sisi berbentuk segi empat sebagai alasnya. 

Sisi alas limas segi empat dapat diketahui besar luasnya dengan menggunakan rumus sebagai berikut. 

L = S x S

Keterangan:

  • L adalah luas
  • S adalah panjang sisi

Contoh Soal Limas Segi Empat

Limas segi empat ABCDE mempunyai panjang sisi alasnya 10 cm. Berapa luas alas limas segi empat tersebut? 

Pembahasan:

  • L : S x S
  • L : 10 x 10
  • L : 100 cm²

Jadi, luas alas limas segi empat tersebut adalah 100 cm². 

Yang perlu diingat adalah luas alas limas berbeda dengan luas permukaan limas segi empat. Luas permukaan meliputi seluruh permukaan yang ada pada limas. Dari alas sampai dengan sisi yang menyelimutinya. Berikut rumus untuk menghitung luas permukaan pada bangun ruang limas segi empat. 

L : Luas alas + luas sisi yang menyelimuti

Seperti diketahui, sisi yang menyelimuti limas segi empat merupakan bangun datar segitiga. Maka untuk mencari luas permukaan langkah yang harus dilakukan adalah menghitung luas alas kemudian dijumlahkan dengan jumlah bangun datar segitiga yang jumlahnya ada 4 bangun datar. 

Berikut contoh soal untuk menghitung luas permukaan limas segi empat. 

Sebuah limas segi empat mempunyai panjang sisi alas 4 cm dan tinggi 3 cm. hitunglah besar luas permukaan pada limas segi empat tersebut! 

Pembahasan :

  • L : luas alas + jumlah luas sisi yang menyelimuti
  • L : 4 x 4 + (4 x ½ x 4 x 3) 
  • L : 16 + 24
  • L : 40 cm²

Jadi, luas permukaan limas segi empat pada contoh soal di atas adalah 40 cm².

Contoh Bangunan yang Menggunakan Konstruksi Limas Segi Empat

Bukan hanya menjadi ulasan dalam soal matematika, limas segi empat juga digunakan dalam berbagai konstruksi bangunan yang ada. Contoh bangunan yang menggunakan konstruksi limas segi empat salah satunya yang paling terkenal adalah piramida. Sudah tidak asing bukan dengan bangunan piramida? Konstruksi yang digunakan merupakan contoh nyata bentuk bangun ruang limas segi empat. 

Atap rumah juga ada yang jenis bangunannya dibuat limas. Kadang limas segi empat sama sisi maupun limas persegi panjang. Penggunaan limas segi empat dalam bangunan rumah mempunyai kelebihan seperti terlihat unik dan menarik. 

Rata-rata bangunan yang menggunakan atap model konstruksi limas segi empat terasa sejuk dan nyaman, hal ini karena bangunan tersebut mempunyai ruang yang luas dan terbuka. Penggunaan konstruksi limas segi empat membuat atap lebih tinggi sehingga sirkulasi udaranya baik. 

Bukan hanya untuk bangunan rumah minimalis, model limas segi empat juga sering digunakan untuk desain rumah modern dan kantor-kantor besar. Dengan mengenal dan mempelajari mengenai sifat, rumus dan bagian-bagian pada bangun ruang limas segi empat akan berguna untuk Anda dalam penerapan di kehidupan sehari-hari. 

Mudah bukan belajar mengenai limas segi empat? Belajar bangun ruang sangat menarik dan asik. Selamat belajar!

Posting Komentar