Arti Kamsahamnida dan Ucapan Terima Kasih Lainnya Dalam Bahasa Korea

apa arti kamsahamnida? Yuk cek penjelasannya! Ada juga uraian berbagai ungkapan terima kasih lainnya yang akan membuat Bahasa Korea Anda semakin mahir

Bagi Anda pecinta drama Korea atau seorang K-popers pastinya istilah annyeonghaseyo, kamsahamnida sudah tidak asing lagi. Arti dari kata annyeonghaseyo yaitu ‘halo’, sedangkan arti kamsahamnida yaitu ‘terima kasih’.

Dua istilah tersebut sangat populer dan banyak digunakan karena merupakan bentuk sapaan yang sederhana. Selain kamsahamnida ada beberapa ungkapan lain untuk mengucapkan terima kasih dalam Bahasa Korea. 

Pada artikel ini akan dibahas berbagai ungkapan terima kasih dalam Bahasa Korea tersebut dari mulai arti kamsahamnida, gomawo artinya dan balasannya serta penjelasan ucapan terima kasih lainnya. Jadi, Anda perlu menyimaknya dengan baik.  

Ucapan terima kasih dalam Bahasa Korea termasuk arti kamsahamnida

Saat ini industri musik dan perfilman Korea Selatan sedang merebak di tanah air. Banyak dari kalangan anak muda yang menggandrungi musik-musik, dan drama dari negeri ginseng tersebut. 

Mereka juga tidak hanya menyukai idol, aktris, aktor, dan alur dramanya saja tetapi juga mulai mengikuti berbagai budayanya dari cara berpenampilan, makanan hingga bahasa.

Beberapa kosa kata yang sering muncul di drama Korea mulai populer, salah satunya ucapan terima kasih. Namun apakah Anda tahu bahwa ada berbagai ungkapan terima kasih dalam Bahasa Korea?

Berikut merupakan beberapa ucapan terima kasih dalam Bahasa Korea beserta penjelasannya.

Arti kamsahamnida

Arti kamsahamnida adalah terima kasih. Frasa ini biasanya ditujukan kepada orang yang lebih tua atau lebih dewasa karena merupakan bentuk formal dan sopan.  

Ucapan kamsahamnida juga biasanya digunakan untuk mengucapkan terima kasih kepada orang yang baru dikenal atau orang asing.

Meskipun merupakan bentuk formal, ungkapan inilah yang paling populer digunakan baik dalam drama maupun dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang menggunakannya dalam berbagai keadaan.

Misalnya beberapa orang mengucapkan kamsahamnida chagiya artinya yaitu terima kasih sayang, sebagai tanda untuk menghormati pasangannya jika berada dalam situasi formal.

Contoh lainnya ketika hendak mengucapkan terima kasih kepada seseorang yang dianggap lebih tua dan hendak mengakrabkan diri, seperti kamsahamnida hyung, kamsahamnida eonni.

Arti dari kamsahamnida hyung yaitu terima kasih kakak laki-laki, sedangkan arti kamsahamnida eonni adalah terima kasih kakak perempuan. 

Biasanya digunakan kepada rekan kerja yang berbeda usia dan hendak mengakrabkan diri tetapi masih merasa canggung.

Ada juga kamsahamnida yeorobun artinya terima kasih semuanya, digunakan untuk mengucapkan terima kasih kepada banyak orang. Biasanya banyak digunakan oleh aktor, aktris, maupun influencer Korea kepada para penggemarnya.

Gomapseumnida

Sama seperti arti kamsahamnida, gomapseumnida bermakna ucapan terima kasih dalam bentuk formal pada Bahasa Korea.

Namun, meskipun sama-sama digunakan kepada orang yang lebih tua, penggunaan gomapseumnida tidak sepopuler kamsahamnida yang dinilai lebih sopan. 

Gomawo

Selanjutnya ada gomawo artinya sama yaitu terima kasih, ungkapan ini termasuk ke dalam bahasa informal.

Oleh sebab itu kata gomawo biasanya digunakan untuk teman sebaya atau ketika berada dalam suasana kasual. 

Ungkapan ini juga sama populernya seperti kamsahamnida karena lebih sering digunakan dalam drama-drama ketika situasi santai.

Gomawoyo

Gomawoyo merupakan ucapan terima kasih yang termasuk ke dalam bentuk informal. Ungkapan ini dinilai lebih sopan daripada ungkapan gomawo.

Biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan orang yang lebih muda serta teman sebaya yang tidak terlalu akrab.

Kamsa-kamsa

Kamsa-kamsa adalah ungkapan terima kasih yang populer di antara kaum muda Korea. Namun, ungkapan ini lebih banyak digunakan dalam komunikasi via teks seperti chatting dan saat berkirim pesan.

Ucapan ini pun hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan teman saja.  

Kamsahaeyo

Selanjutnya ada kamsahaeyo, ungkapan ini juga masuk ke dalam bentuk informal. Tingkat kesopanan kamsahaeyo sama dengan gomawoyo.

Penggunaan kamsahaeyo ditujukan kepada teman dalam situasi yang santai. Namun, sebenarnya ungkapan ini jarang digunakan.

Gomawoyong

Ungkapan gomawoyong adalah bentuk slang dari ungkapan gomawo. Masih sama dengan arti kamsahamnida yaitu terima kasih.

Biasanya digunakan oleh anak muda kepada teman akrabnya saja karena termasuk ke dalam bahasa gaul yang informal.

Aniyo, gwaenchanseummida

Berbeda dengan ungkapan lainnya, aniyo gwaenchanseumnida bukan digunakan untuk mengucapkan terima kasih, tetapi untuk menolak dengan sopan. Misalnya menolak pemberian atau penawaran dari orang lain.

Arti dari ungkapan ini yaitu “Tidak, terima kasih” dan dapat digunakan dalam berbagai situasi.

Baca juga:

Jawaban ucapan terima kasih dalam Bahasa Korea

Setelah Anda mengetahui arti kamsahamnida dan berbagai ungkapan terima kasih dalam Bahasa Korea, tidak afdol rasanya jika tidak disertai dengan penjelasan mengenai jawabannya.

Agar pengetahuan Anda lebih lengkap Anda juga perlu mengetahui jawaban dari ucapan terima kasih dalam Bahasa Korea tersebut, karena ungkapan sama-sama Bahasa Korea memiliki berbagai versi. Oleh sebab itu Anda perlu menyimak dengan baik uraian berikut.

Byeolmalseumeulyo

Byeolmalseumeulyo memiliki arti “Tidak masalah”. Ungkapan ini termasuk ke dalam bentuk formal, biasanya digunakan ketika hendak membalas ucapan “Terima kasih” dari orang asing.

Namun, meskipun termasuk ke dalam bentuk formal byeolmalseumeulyo tidak boleh digunakan kepada orang yang lebih tua atau orang-orang berwenang karena akan memberikan kesan yang kurang sopan.

Gwaenchana

Gwaenchana merupakan jawaban yang paling umum dari ungkapan terima kasih. Artinya “Tidak apa-apa”, ungkapan ini termasuk ke dalam bentuk informal.

Oleh sebab itu ungkapan ini biasanya digunakan di antara teman akrab, atau orang yang lebih muda usianya.

Namun, ungkapan gwaenchana juga memiliki versi formalnya yaitu gwaenchansemnida yang ditujukan kepada orang asing atau orang yang lebih dihormati. 

Ne/ye

Ungkapan ne/ye merupakan jawaban yang paling singkat dari ucapan terima kasih. Artinya yaitu “Ya”, memiliki makna bahwa ucapan terima kasih telah diterima.

Balasan ne/ye terbilang ungkapan yang cukup halus, sehingga lebih umum digunakan dalam percakapan sehari-hari. 

Cheonmanneyo

Selanjutnya ada cheonmanneyo yang memiliki arti “Sama-sama”, ungkapan ini bisa menjadi jawaban untuk kamsahamnida karena sama-sama termasuk ke dalam bentuk formal.

Balasan ini biasanya digunakan ketika berbicara dengan orang yang lebih tua atau atasan di tempat kerja sebagai ungkapan rasa hormat.

Cheonmanneyo ini sebenarnya tidak umum digunakan dalam perbincangan sehari-hari meskipun sering terlihat dalam buku-buku belajar Bahasa Korea.

Anieyo atau animmida

Ucapan selanjutnya yang dapat digunakan untuk menjawab ucapan terima kasih yaitu anieyo. Sebenarnya jika diterjemahkan secara harfiah ungkapan ini memiliki arti “Tidak”.

Namun, jika digunakan untuk membalas ungkapan terima kasih maknanya bisa menjadi “Tidak masalah” atau “Tidak apa-apa”.

Ungkapan ini bisa digunakan dalam bermacam situasi, tetapi jika Anda hendak menggunakannya untuk membalas ucapan terima kasih dari orang yang lebih tua atau orang yang berwenang Anda dapat menggunakan kata animmida.

Nah itulah pembahasan mengenai arti kamsahamnida dan ungkapan terima kasih lainnya dalam Bahasa Korea beserta balasannya. Anda dapat menggunakan informasi tersebut sebagai referensi dan bahan pembelajaran agar Bahasa Korea Anda semakin mahir. 

Posting Komentar