Arti Singkatan WYATB, GBU dengan Penjelasannya Lengkap

Singkatan kekinian paling sering ditemui salah satunya WYATB. Meski populer tapi masih ada yang tidak tahu apa kepanjangannya, untuk itu simak dibawah

Bagi anak muda menggunakan singkatan kekinian ketika memberi ucapan merupakan hal yang keren. Singkatan akan semakin dianggap keren jika menggunakan istilah bahasa Inggris seperti wyatb. Meski banyak yang menggunakan singkatan tersebut ternyata banyak juga yang tidak tahu apa kepanjangan dan artinya. Untuk mendapat penjelasan lengkap mari bahasa bersama di sini.

Kepanjangan WYATB dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Ucapan Ulang Tahun Wyatb

Ketika ada yang sedang ulang tahun kemudian singkatan tersebut dituliskan lewat pesan teks maka artinya menjadi doa. W kepanjangan dari kata wish, Y dari kata you, A dari kata all, T dari kata the dan B dari kata best. Jadi jika digabungkan antara huruf di atas artinya menjadi wish you all the best yang artinya semoga kebaikan menyertaimu.

Singkatan di atas jelas cocok untuk ucapan ulang tahun tapi ketika berhadapan langsung sangat jarang yang menggunakan singkatan. Sebaliknya singkatan ini kerap digunakan ketika ingin mengucap ulang tahun lewat pesan teks atau media lain yang berbentuk tulisan agar tidak terlalu panjang.

Ucapan ini biasa lebih panjang karena digabung dengan singkatan lain seperti hbd wyatb gbu. Singkatan hbd sendiri sepertinya sudah sangat familiar yakni happy birthday yakni sebagai ucapan selamat ulang tahun lalu gbu artinya god bless u (you) yang artinya semoga Tuhan menyertaimu.

Pengucapan gbu ini sempat menjadi pertanyaan yang dikaitkan dengan agama yakni Islam. Arti gbu dalam agama Islam tetap sama yakni semoga Tuhan memberkati dan permasalahannya ada pada kata God yang diartikan sebagai Tuhan (bukan milik orang Islam) sehingga ada beberapa pendapat yang melarang orang Islam menyebutkan gbu.

Namun jika ditelaah lebih lanjut dan dipahami secara kontekstual kalimat God yang seakan menjadi milik umat non Islam ternyata tidak. Dalam kamus Oxford menuliskan makna God yang artinya kurang lebih adalah sang pencipta dan penguasa alam, Tuhan yang maha tinggi. Jika dimaknai secara kontekstual tentu Tuhan yang dimaksud  Tuhan sesuai kepercayaan masing-masing.

Bahkan buktinya di maskapai salah satu penerbangan milik negara Islam juga menuliskan God bless u sebagai doa di pesawat mereka. Jika makna God diartikan secara tekstual memang lebih mengarah pada Tuhan selain dari Tuhan orang Islam karena umat muslim biasa menyebut Allah SWT bukan Tuhan atau God.

Wyatb atau Wuatb Mana yang Benar?

Terdapat perdebatan juga mengenai singkatan yang benar sesuai judul di atas. Sebenarnya untuk kata wuatb sendiri maknanya sama hanya saja U yang dimaksud sebagai pengganti Y adalah singkatan biasa orang menulis kata you ketika menulis pesan teks dengan kata u. Artinya sama yakni kamu jadi kedua singkatan seluruhnya benar tidak ada yang salah.

Sifat manusia yang suka dengan modifikasi membuat ingin menuliskan singkatan baru selain wyatb maka dijadikanlah singkatan wuatb ini. Padahal keduanya memiliki arti yang sama yakni arti sebuah doa supaya diberkati di setiap langkah atau diberkati saat umur bertambah.

Jawaban Wyatb yang Paling Cocok

Bingung bagaimana cara menjawab ucapan jika ada yang mengirim singkatan seperti di atas?. Tenang saja supaya tak kalah keren Anda bisa membalas dengan jawaban “amin” karena artinya doa. Jika ingin balasan lebih keren bisa juga dengan menjawab thank you yang disingkat dengan berbagai tulisan seperti thanks atau thx. 

Jika jawaban tersebut dirasa terlalu singkat coba jawab juga dengan menambahkan kata lain seperti doa gbu karena masih cocok. Menjawab ucapan berupa doa sebenarnya cukup dengan mengucap amin dan terima kasih lalu mendoakan kembali.

Singkatan Happy Birthday Selain Hbd

Setelah terjawab beberapa singkatan dalam bahasa Inggris di atas bukan tak mungkin Anda ingin mengetahui singkatan lain dari kata happy birthday bukan selain hbd?. Tenang saja karena singkatan di atas bukan satu-satunya pilihan bahkan kata happy birthday juga bisa diganti dengan kata lain.

Contoh ucapan pengganti hbd adalah many happy returns of the day, have a great birthday, a million magic wishes to you dan lainnya. Jadi jika bosan dengan ucapan hbd ketika ada yang ulang tahun kata-kata ini bisa dijadikan sebagai pilihan.

Mengenai singkatan happy birthday sangat jarang ada orang menyingkatnya lagi selain menggunakan hbd. Selain singkatan ucapan untuk orang yang sedang berulang tahun biasanya lebih sering ucapan doa atau bahkan menggunakan bahasa Indonesia seperti biasa. Dalam bahasa Indonesia selamat ulang tahun juga biasa disingkat dengan selamat ultah.

Baca juga:

Manfaat Menggunakan Singkatan Sebagai Ucapan

Tidak hanya sebagai trend anak muda namun singkatan yang dipakai sebagai ucapan juga memberikan banyak keuntungan. WYATB yang sering diucapkan sebagai kalimat ketika sedang ulang tahun atau sedang dalam masa ingin mencapai suatu impian contoh ujian masuk universitas atau bahkan ujian sekolah nyatanya membuat orang mendapat keuntungan seperti:

  • Memberi ucapan dengan singkat mudah diingat oleh orang lain. Meski ucapan bersifat umum dan sudah pasaran tapi jika diucapkan dengan tulus maka orang lain yang mendengar akan merasakan ketulusannya dan berakhir diingat lebih lama.
  • Meningkatkan daya ingat dan rasa ingin tahu. Sebelum mengetahui apa kepanjangan dari beberapa singkatan ucapan mungkin Anda cuek saja ketika mendengarnya. Tapi setelah tahu apa kepanjangan dari suatu singkatan apalagi jika memiliki makna sebuah doa pasti kesan yang Anda berikan akan berubah.
  • Bisa membuat suasana lebih nyambung satu sama lain. Bayangkan jika lingkungan sekitar Anda sengaja menggunakan singkatan lalu hanya Anda sendiri yang tidak mengetahuinya, pasti Anda merasa tersingkirkan bukan?.
  • Melatih kreativitas dalam membuat singkatan. Jika diingat kembali singkatan-singkatan yang ada memiliki gabungan yang cukup unik dan tak menutup kemungkinan bisa memunculkan banyak singkatan lain di masa depan.
  • Mempersingkat waktu karena dengan menuliskan singkatan meski di tengah jalan sekalipun Anda tetap bisa menuliskan ucapan kepada orang tersayang.
  • Lebih mudah untuk diketik. Apalagi orang tua yang biasanya memakan waktu lama untuk mengetik ucapan di smartphone, adanya ucapan dengan singkatan bisa mempermudah mereka ketika mengetiknya.
  • Jadi solusi ketika kehilangan ide untuk menuliskan apa ketika teman ulang tahun atau baru saja lulus ujian. Daripada salah singkatan seperti di atas menjadi solusinya, apalagi untuk yang tidak terlalu bisa berbahasa Inggris.

Itu dia penjelasan singkatan WYATB yang sering ditemui namun ada juga ternyata yang tidak tahu apa artinya. Dengan mengetahui singkatan di atas diharapkan Anda bisa menggunakan singkatan tepat pada waktunya. Adanya jawaban dari singkatan di atas juga menjadi solusi supaya tidak bingung harus menjawab apa ketika tiba-tiba mendapat pesan berupa ucapan singkatan.

Posting Komentar