Doa Memakai Dan Melepas Pakaian Serta Adab Berpakaian dalam Islam

Sebelum akan mengenakan atau memakai pakaian jangan lupa untuk membaca doa memakai dan melepas pakaian yang akan dibahas di bawah ini.

Islam sudah mengatur berbagai aspek kehidupan manusia hingga urusan terkecil, misalnya dalam mengenakan pakaian. Karena itulah terdapat bacaan doa memakai dan melepas pakaian dan juga adab dalam mengenakan pakaian yang harus Anda ketahui

Tentu dengan membaca doa ketika akan mengenakan dan memakai pakaian ini kita akan bisa selalu dilindungi dari segala sesuatu yang buruk oleh Allas SWT. Karena itulah penting untuk Anda mengamalkan dan melaksanakan doa memakai dan melepas pakaian ini.

Doa Memakai Dan Melepas Pakaian dan Adabnya

Bacaan Doa Memakai dan Melepas Pakaian dengan Artinya

Berikut adalah doa memakai pakaian yang bisa Anda baca setiap akan mengenakan pakaian:

اللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَ خَيْرِ مَا هُوَ لَهُ، وَ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَ شَرِّ مَا هُوَ لَهُ

Allahumma innii as'aluka khairii wa khairi ma huwa lahu, wa a'udzu bika min syarrihi wa khairi ma huwa lahu.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan baju ini dan kebaikan apapun untuknya. Dan aku berlindung dari keburukan baju ini serta keburukan apapun untuknya.

Doa berdasarkan dari sebuah Riwayat yang datang dari Sa’ad bin Malik bin Sinan (Abu al-Khudri) yang berbunyi:

"Sesungguhnya Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam ketika mengenakan pakaian, semacam gamis, selendang dan imamah, beliau berdoa: Allahumma innii as’aluka khairii wa khairi ma huwa lahu, wa a’udzu bika min syarrihi wa khairi ma huwa lahu."

Selain doa diatas, terdapat juga riwayat lain yang mengatakan kalau Rasulullah SAW juga mengajarkan doa berpakaian seperti di bawah ini:

الحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِي كَسَانِي هٰذَا الثَوْبَ وَ رَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَ لَا قُوَّةَ

alhamdulillahilladzi kasaanii hadzatsaubi wa razaqanii min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah Engkau berikan pakaian ini kepadaku, dan memberikan rizki tanpa upaya dan kekuatan dariku.

Selain doa mengenakan pakaian, ada juga doa yang bisa dibaca ketika akan melepaskan pakaian. Bukan tanpa alasan mengapa kita dianjurkan untuk membaca doa melepas pakaian karena dengan membaca doa melepas pakaian ini maka Anda dapat menutup aurat dari pandangan jin, dan agar Anda selalu terhindar dari kejahatannya, karena itulah Rasulullah memberi ajaran doa saat akan melepas pakaian.

Diriwayatkan dari Anas Ra kalau Rasulullah bersabda:

“Penutup antara pandangan jin dan aurat anak Adam ketika seorang melepas pakaiannya adalah dengan mengucapkan “Bismillah” (Dengan menyebut nama Allah aku melepas pakaian).” (HR.Tirmidzi).

Pada sebuah riwayat yang lain juga dikatakan:

“Penutup antara pandangan jin dan aurat anak cucu Adam ketika salah seorang melepas pakaiannya adalah dengan mengucapkan ‘bismillah.” (HR.Thabrani).

Doa Melepas Pakaian

Berikut adalah bacaan doa melepas pakaian untuk Anda baca:

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa

Artinya: "Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya"

Doa Mengenakan Pakaian Baru 

Berbeda halnya, ketika saat akan menggunakan pakaian baru, Rasulullah SAW memberikan doa lain seperti di bawah ini:

اللّٰهُمَّ لَكَ الحَمْدُ اَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ، أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَ خَيْرَ مَا صُنِعَ لَهُ، وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَ شَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

Allahumma lakal hamdu anta kasautiniihi asaluka khairahu wa khaira maa shuni'a lahu, wa a'udzubika min syarrihi wa syarri ma shuni'a lahu.

Artinya: Ya Allah, untuk-Mu segala pujian yang Engkau berikan kepadaku pakaian ini. Aku memohon kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan apapun yang dibuat untuknya, serta aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan pakaian ini dan kejelekan apapun yang dibuat untuknya.

Doa di atas didasarkan dari hadith dari Abi Sa'id al-Khudri:

كان رسول الله صل الله عليه و سلم اذا استجدّ ثوبا سمّاه عمامة، قميصا او رداء، ثم يقول : اللّٰهُمَّ لَكَ الحَمْدُ اَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ، أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَ خَيْرَ مَا صُنِعَ لَهُ، وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَ شَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

Artinya: Bahwa Rasulullah ketika memakai pakaian baru, imamah, gamis atau sorban, berdoa: Allahumma lakal hamdu anta kasautiniihi asaluka khairahu wa khaira maa shuni'a lahu, wa a'udzubika min syarrihi wa syarri ma shuni'a lahu.

Dari riwayat lainnya doa di bawah ini juga dapat dibaca saat akan memakai mengenakan pakaian baru:

Doa memakai pakaian baru

الحَمْدُ لِلّٰهِ كَسَانِي مَا اُوَارِي بِهِ عَوْرَتِي وَ أَتَجَمَّلُ بِهِ فِي حَيَاتِي

alhamdulillahilladzi kasaani ma uwarii bihii 'auratii wa atajammalu bihi fi hayatii

Artinya: Segala puji bagi Allah yang memberikan pakaian kepadaku, dengannya aku tutup auratku, dengannya menjadikan nampak indah di dalam keseharianku.

Seperti pada hadits riwayat Umar Radiyallaahu 'Anhu.

سمعت رسول الله صل الله عليه و سلم يقول: من لبس ثوبا جديدا فقال: الحَمْدُ لِلّٰهِ كَسَانِي مَا اُوَارِي بِهِ عَوْرَتِي وَ أَتَجَمَّلُ بِهِ فِي حَيَاتِي ، ثم عمد الى الثوب الذي أخلق فتصدق به، كان في حفظ الله، و في كنف الله، و في ستر الله حيّا ميّتا

Artinya: Aku mendengar Rasulullah Sallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda: Barangsiapa memakai pakaian yang baru, maka ucapkan: alhamdulillahilladzi kasaani ma uwarii bihii 'auratii wa atajammalu bihi fi hayatii. Kemudian meniatkan baju yang masih pantas (usang), dan menyedekahkannya, maka dia akan berada di dalam lindungan dan naungan Allah, dan dia akan berada di jalan Allah sepanjang hidup dan mati.

Baca juga:

Adab Mengenakan Pakaian Menurut Islam

Ada beberapa adab memakai pakaian dan adab melepas pakaian yang sudah diatur dalam islam, berikut pembahasannya

1. Memakai Pakaian Halal

Adab yang pertama adalah harus memakai pakaian halal. Maksud halal yang dimaksud adalah mengacu dari bahan pakaian serta cara memperolehnya.

2. Tidak Menyerupai Lawan Jenis

Adab yang selanjutnya saat mengenakan pakaian adalah dengan tidak menyerupai lawan jenis.

3. Dimulai dari Sebelah Kanan

Ketika seseorang akan mengenakan baju, baiknya dimulai dengan sebelah kanan. Aisyah RA berkata,

"Nabi SAW membiasakan diri mendahulukan yang kanan dalam memakai sandar, menyisir, bersuci dan dalam setiap urusannya," (HR Bukhari).

4.  Membaca Doa seperti yang sudah dibahas di poin sebelumnya

5.  Menghindari Tabarruj

Yang dimaksud dengan Tabarruj adalah sebuah perilaku wanita yang memperlihatkan mahkota, perhiasan serta kecantikannya dan juga segala sesuatu yang ada pada tubuhnya yang seharusnya ditutup dengan hijab. Hal tersebut bisa menggoda kaum pria.

Itulah pembahasan mengenai doa memakai dan melepas pakaian serta adab dalam mengenakan dan memakai pakaian. Semoga dengan membaca doa diatas kita selalu dilindungi oleh Allah SWT.

Posting Komentar