Doa Nabi Sulaiman Innahu Min Sulaimana, Arab, Latin, Arti dan Rahasianya

Doa nabi sulaiman innahu min sulaimana dipercaya memberikan banyak khasiatnya. Simak info lengkapnya.

Doa merupakan salah satu senjata utama bagi kaum muslimin. Ada banyak doa yang Nabi contohkan kepada umatnya. Salah satunya adalah doa nabi sulaiman innahu min sulaimana. Doa ini banyak khasiatnya bagi yang mengamalkan. Berikut ini informasi selengkapnya.

Pengertian Doa

Doa adalah salah satu jenis ibadah sekaligus merupakan senjata yang luar biasa. Nabi SAW pernah bersabda yang diriwayatkan oleh Tuurmudzi bahwasanya doa itu adalah otak ibadah. Dikatakan sebagai bentuk ibadah dikarenakan dua hal.

Pertama, seorang hamba yang berdoa kepada Allah SWT termasuk melaksanakan perintah Allah SWT sekalipun hanya mengucapkan basmallah, yaitu bacaan bismillahirrohmanirrohim. Kedua, bila semua hal berjalan sesuai yang diharapkan dan diiringi doa kepada Allah SWT hal ini dapat memutus pengharapan dari selain Allah SWT.

Doa yang baik adalah doa yang bersumber dari kitab Al-quran maupun dari hadits yang shahih. Salah satunya adalah doa Nabi Sulaiman yang terdapat di dalam surat An-Naml ayat 30.

Penjelasan Singkat Surat An-Naml

Surat yang termasuk dari surat makkiyah ini pada umumnya menjelaskan mengenai Nabi Sulaiman yang memiliki banyak mukjizat. Beberapa diantaranya adalah dapat memahami percakapan binatang maupun memiliki kerajaan yang besar yang tidak dimiliki oleh siapapun. Dikarenakan banyak mukjizat inilah banyak yang mengamalkan doa nabi sulaiman.

Bacaan Doa Nabi Sulaiman Innahu Min Sulaimana

إِنَّهُۥ مِن سُلَيْمَٰنَ وَإِنَّهُۥ بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ أَلَّا تَعْلُوا۟ عَلَىَّ وَأْتُونِى مُسْلِمِينَ

Tulisan Latin: Innahụ min sulaimana wa innahụ bismillahiraḥmaniraḥim alla ta’lu ‘alaiya wa’tuniy muslimin.

Artinya: "Surat ini dari seorang bernama Sulaiman, ia dimulai dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang; isinya janganlah kalian sombong kepadaku, tapi datanglah kepadaku sebagai orang yang berserah diri.” (QS. An Naml: 30-31).

Makna Doa Nabi Sulaiman Innahu Min Sulaimana

Bacaan innahu min sulaimana wa innahu bismillahirrahmanirrahim adalah firman Allah SWT yang terdapat pada surat An-Naml ayat 30. Al-quran telah menerangkan bahwasanya kalimat tersebut merupakan penggalan isi surat yang ditulis Nabi Sulaiman untuk Ratu Bilqis pada masa zamannya.

Pada masa itu Nabi Sulaiman mengirimkan surat kepada Bilqis, ratu dengan kerajaan besarnya, yang belum beriman kepada Allah SWT. Nabi Sulaiman diutus oleh Allah untuk menyebarkan agama Islam kepada umatnya termasuk kepada ratu Bilqis dan kaum-kaumnya.

Ketika Nabi Sulaiman mengirimkan surat kepada ratu Bilqis, turunlah surat An-Naml ayat 30 ini yang artinya "Sesungguhnya (surat) itu dari Sulaiman yang isinya, "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang." Seketika itu ratu Bilqis langsung merundingkan isi pesan surat tersebut beserta pemuka agamanya. 

Semenjak itulah ratu Bilqis akhirnya sadar dan mengakui kekurangannya lalu bertaubat kepada Allah SWT. Adanya kisah ini menandakan bahwasanya ayat 30 tersebut seringkali digunakan untuk ilmu-ilmu tertentu. Innahu min sulaimana wa innahu bismillahirrohmanirrohim khasiatnya memang bisa digunakan sebagai ilmu pengasihan misalnya. Namun, tidak lantas berhasil seketika itu, harus ada beberapa syarat dan kondisi tertentu seperti membaca setelah sholat 3x dan dalam keadaan suci.

Kegunaan Ayat Innahu Min Sulaimana

Berdasarkan sejarah turunya ayat tersebut, banyak kalangan yang menjadikan ayat ini sebagai wiridan atau dzikir dengan tujuan tertentu. Hal ini tentu diperbolehkan saja dikarenakan ayat Al-quran merupakan salah satu penyembuh atau syifa untuk dijadikan sarana lebih memperingat Allah SWT.

Namun, jangan sampai ayat ini disalahgunakan dengan niat yang tidak berlandaskan kepada Allah. Apabila Anda ingin terkabul semua hajatnya juga bisa mengamalkan asal dengan adab-adab yang baik.

1. Jodoh

Misalkan Anda ingin mempunyai hajat dan berniat mengamalkan ayat innahu min sulaimana untuk jodoh, ini sah-sah saja. Pasalnya, ayat ini juga bisa dimaknai untuk meluluhkan hati seseorang layaknya ratu Bilqis yang sempat bebal diberi peringatan oleh Nabi Sulaiman. Apalagi di dalam ayat ini jelas terdapat bacaan basmallah.

2. Kekayaan dan Kesejahteraan

Apabila Anda bertanya bagaimana cara mengamalkan innahu min sulaiman untuk kekayaan? Mudah saja untuk menerapkan ini. Apabila Anda ingin hajat berupa kekayaan dan kesejahteraan, amalkan saja innahu min sulaimana 7x. Adapun cara mengamalkannya adalah dibaca pada waktu pagi hari. Terutama setelah selesai sholat dan dalam keadaan suci.

3. Terbebas dari Hutang

Bagi Anda yang sedang dililit hutang, Anda bisa mengamalkan doa ini agar bisa segera melunasi hutang-hutang. Namun, ada beberapa syarat dan kondisi agar Anda bisa segera melunasi. Syarat utamanya adalah niatkan beribadah untuk membersihkan diri sendiri. Bertaubat kepada Allah dan minta diberi jalan keluar.

Setelah itu, Anda bisa ambil air wudhu lalu sholat taubat terlebih dahulu 2 rakaat kemudian diikuti sholat hajat 2 rakaat. Anda bisa melakukan sholat ini di waktu kapan saja. Namun, ada baiknya Anda lakukan pada waktu sepertiga malam terakhir. Dikarenakan pada waktu inilah, semua doa-doa mustajab. Kemudian, baca doa ini sembari berharap kepada Allah minta jalan keluar.

Baca juga:

Rahasia Ayat Innahu Min Sulaimana

Ayat ini pada umumnya di kalangan khalayak umum sering dijadikan sebagai peluluh hati manusia. Jangankan manusia, Nabi Sulaiman saja juga pernah bisa meluluhkan atau mengusir jin sekaligus menggunakan kalimat ini. Pada umumnya, doa ini selalu diamalkan dengan waktu-waktu tertentu dan jumlah tertentu.

Istilah lainnya bisa dikatakan sebagai hizb yang dilakukan dengan piranti-piranti tertentu sehingga dapat mendatangkan khodam innahu min sulaimana atau khodam hasil amalan hizb ini. Namun, Anda harus berhati-hati menggunakan doa ini dan ada baiknya Anda bertanya kepada ahlinya.

Cara Mengamalkan Doa 

Adapun cara mengamalkan innahu min sulaimana wainnahu bismillahirrohmanirrohim ini harus dengan beberapa syarat dan kondisi seperti berikut. Pertama, Anda harus dalam keadaan suci lalu menunaikan ibadah sholat hajat di sepertiga malam terakhir sebanyak 2 rakaat.

Kedua, Anda harus mengamalkan doa ini setiap hari terutama setelah selesai melaksanakan sholat wajib maupun shalat sunnah. Anda harus melakukan secara konsisten atau continue. Ketiga, Anda bisa membaca doa innahu min sulaimana 41 kali setiap harinya.

Keempat, jangan lupa agar selalu mendahulukan surat Al-Fatihah sebanyak 3 kali. Kelima, setelah membaca surat Al-Fatihah, tambahkan sholawat atas Nabi Muhammad SAW. Keenam, tambahkan juga surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq, dan surat An-Nas masing-masing surat dibaca 1 kali saja. Ketujuh, bacalah juga tasbih sebanyak 100 kali per harinya. Terakhir, baca doa Nabi Sulaiman.

Nah, itulah beberapa informasi terkait doa nabi sulaiman innahu min sulaimana yang bisa Anda ketahui. Apabila Anda ingin mengamalkannya, ada baiknya selalu utamakan untuk meluruskan niat karena Allah. Jangan lupa juga selalu menjaga tata perilaku atau adab saat berdoa dengan mengawali surat Al-Fatihah, sholawat kepada Nabi dan ditutup dengan memuji Allah SWT.

Posting Komentar