Tulisan Arab Hasbunallah Wanikmal Wakil Arti, Makna dan Keutamaannya

Simak penjelasannya di bawah ini terkait Tulisan Arab Hasbunallah Wanikmal Wakil agar dapat mengamalkannya.

Bacaan dzikir merupakan bacaan-bacaan yang digunakan untuk senantiasa mengingat Allah Swt. Salah satu di antara banyaknya lafal dzikir di antaranya ada Hasbunallah Wanikmal Wakil.  Oleh sebab itulah sebagai umat muslim tidak hanya harus bisa melafalkannya saja, tapi juga belajar tulisan arab (hijaiyah) dan maknanya. Simak penjelasannya di bawah ini terkait Tulisan Arab Hasbunallah Wanikmal Wakil.

Sebab, kalimah dzikir satu ini memiliki makna yang sangat dahsyat.

Tulisan Arab Hasbunallah Wanikmal Wakil

Nah jika Anda masih familiar atau belum mengenal jelas tulisan kalimat Hasbunallah ini maka kami akan sedikit membeberkan tulisan arabnya di bawah ini: 

Tulisan Arab Hasbunallah Singkat 

Sependek-pendeknya kalimat Hasbunallah ialah Hasbunallah yang dituliskan dalam bahasa arab ialah:

حسبنا الله ونعم الوكيل

Tulisan Arab Tanpa Harakat

حسبنا الله ونعم الوكيل

Tulisan dengan Harkat

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Tulisan Latin

Hasbunallah Wanikmal Wakil

Artinya:  “Cukuplah bagi kami Allah sebagai penolong dan Dia adalah sebaik-baik pelindung“

Tulisan Arab Kalimat Lengkap Hasbunallah 

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

Hasbunallah wa Ni’mal Wakil Ni’mal Maula Wani’mannasir

Artinya : Cukuplah bagi kami Allah, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami.

Dari dua kalimah dzikir tersebut, Anda dapat memilih salah satu di antaranya untuk diamalkan sebagai bacaan dzikir yang senantiasa diucapkan lisan di setiap harinya.

Keduanya tulisan arab Hasbunallah wa Ni’mal Wakil  memiliki kandungan makna yang luar biasa sebagaimana ungkapan rasa syukur atas lindungan dan pertolongan yang diberikan oleh Allah SWT.

Asal Muasal Dzikir Hasbunallah

Pada dasarnya kalimah Hasbunallah ini merupakan bagian ayat suci al quran.

Hasbunallah Wanimal Wakil ini adalah gabungan dari kedua ayat dalam Alquran. Di mana kedua potongan ayat tersebut yakni:

Pertama : Al-Imran ayat 173

Pertama kalimah Hasbunallah Wanikmal Wakil yang dapat Anda temukan pada penggalan ayat 173 dalam surah Al-Imran yang berbunyi:

ٱلَّذِينَ قَالَ لَهُمُ ٱلنَّاسُ إِنَّ ٱلنَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَٱخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَٰنًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ ٱلْوَكِيلُ 

Alladziina qoola lahumun-naasu innan-naasa qad jama’ụ lakum fakhsyauhum fa zaadahum iimaanaw wa qaalụ ḥasbunallaahu wa ni’mal wakil.

Terjemahan: “(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, “Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.”

Baca juga:

Kedua : Surat Al Anfal 

Sedangkan kalimah Nikmal Maula Wa Nikma Nashir dapat Anda temukan pada Surat Al Anfal ayat 40 yang mana berbunyi:

وَاِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَوْلٰىكُمْ ۗنِعْمَ الْمَوْلٰى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ ۔

Latinnya: Wa in tawallau fa’lamuu annallaaha maulaakum, ni’mal-maulaa wa ni’man-nasir

Artinya: “Dan jika mereka berpaling, maka ketahuilah bahwasanya Allah Pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong”.

Mulanya kalimah Hasbunallah ini merupakan doa yang senantiasa dipanjakan Nabi Ibrahim saat akan dilempar pada api yang membara. 

Hal ini pun dijelaskan dalam hadist yang mana berbunyi: 

Sahabat Abdullah bin ‘Abbas pernah berkata, bahwa “hasbunallah wa ni’mal wakil” adalah doa yang dipanjatkan oleh Nabi ‘Ibrahim ‘alaihis salaam ketika beliau akan dilempar dalam api yang membara.

Sementara Nabi Muhammad mengucap kalimah Hasubanallah saat pasukan Quraisy akan menyerangnya. Hal ini tertuang dalam hadits:

“Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”. (HR. Bukhari no. 4563)

Keutamaan Dzikir Hasbunallah

Bacaan Dzikir Hasbunallah ini Mengandung Arti dan hikmah yang besar di dalamnya. Setidaknya keutamaan-keutamaan bacaan dzikir ini ialah;

1. Sebagai Bentuk Tawakal kepada Allah SWT

Hasbunallah merupakan kalimah yang mengandung makna bentuk ketawakalan dan ketaqwaan yang dalam. 

Seseorang yang bertaqwa tentunya bertawakal dan berserah diri kepada Allah tentang bagaimana hasilnya tersebut..

Dengan kalimat ini seseorang telah menyerahkan segenap jiwa dan raga, segala urusan, beban dan segala masalah dalam hidupnya kepada Allah SWT.

Sebagai sebaik-baiknya manusia kepada tuhannya.

2. Doa atas Segala Masalah Hidup

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwasannya kalimah Hasbubanallah memiliki arti untuk mempercayakan perlindungan dan pertolongan hanya pada Allah SWT. 

Dengan senantiasa melafalkan zikir ini, artinya seseorang menggantungkan dirinya atas segala yang menimpa dalam hidupnya hanya kepada Allah SWT, sang pemilik solusi terbaik masalah kehidupan manusia.

Dengan terus melafalkan doa-doa tersebut dengan tulus dan penuh keyakinan untuk permintaan pertolongan dan perlindungan Allah SWT, insyallah Allah akan turun tangan membantu Anda dari kesulitan yang dialami.

Yakinlah Allah SWT tidak akan pernah membiarkan umatnya untuk tertimpa cobaan di batas luar kemampuan umatnya.

3. Menerima dan Yakin atas Keesaan dan Kuasa Allah SWT

Dengan terus tegas melafalkan dzikir Hasbunallah, yang memiliki makna bahwa Allah adalah satu-satunya tempat memohon pertolongan dan perlindungan.

Menghayati dan terus memanjatkan kalimah Hasbunallah Wanikmal Wakil, insyallah, Allah akan terus melindungi.

Kalimah Hasbunallah Wanikmal Wakil pun menjadi lafal yang tersirat pernyataan ke-esaan Allah sebagai satu-satunya dzat yang patut menjadi sandaran, menyerahkan segala urusan, meminta pertolongan maupun perlindungan.

Orang-orang yang beriman tidak akan menyerahkan masalah, meminta pertolongan ataupun perlindungan selain Allah. Sebab, ia meyakini hanya Allah -lah sebaik-baiknya tempat pertolongan dan patut disembah.

Tidak hanya ketiga keutamaan tersebut. Tentunya pelafalan dzikir hasbunallah ini memiliki hikmah dan keutamaan yang beragam bagi umat muslim. Sebab, pelafalan dzikir ini bermakna dalam untuk seseorang yang beriman.

Adapun ringkasan dari manfaat dan hikmah dalam melafalkan bacaan Hasbunallah Wanikmal Wakil ini di antaranya:

  1. Sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat dalam menjalani kehidupan.
  2. Penentram hati di saat merasa gelisah, duka ataupun sedih
  3. Mencipatkan rohani atau jiwa yang lebih sabar dalam menghadapi cobaan, masalah kehidupan.
  4. Melafalkan kalimah Hasbunallah menjadi penegasan semangat tauhid pada diri orang mukmin karena membuat umat muslim untuk senantiasa mengingat bahwa Allah SWT ialah sebaik-baik tempat untuk berserah diri.
  5. Lafal Dzikir untuk penguat dalam menghadapi kesulitan, tantangan maupun ancaman.
  6. Menjadikan diri untuk memiliki perasaan yang sangat peka terhadap keadaan sekitar, demikian agar terhindar dari berbagai kemungkinan buruk dan kejahatan yang mungkin terjadi.

Kalimat lafadz hasbunallah wanikmal wakil merupakan dua potongan ayat yang dapat ditemukan dalam surah Al-Imran, 173 dan dalam surah Al-Anfal, 40.

Sebagaimana makna arti yang dimilikinya sangatlah dalam, menegaskan bahwa Tuhan adalah satunya-satunya tempat pertolongan dan perlindungan. Dengan demikian sudah menjadi keharusan untuk mempelajari tulisan arab hasbunallah.

Dengan menyimak penjelasan di atas terkait sebagaimana manfaat dan hikmah yang terkandung dalam bacaan  tulisan arab Hasbunallah Wanikmal Wakil ini, diharapkan Anda untuk terbiasa dalam mengamalkannya di kehidupan sehari-sehari sebagai bacaan dzikir dan doa.

Posting Komentar