99 Asmaul Husna Tulisan Arab, Latin, Arti Beserta Maknanya Lengkap

Sungguh menjadi sebuah keutamaan apabila seorang muslim memahami arti dan makna dari Asmaul Husna. Berikut pembahasannya.

Sebagai Umat yang beragama islam tentu wajib untuk mengetahui dan memahami arti serta makna dari 99 Asmaul Husna. Pada dasarnya Asmaul Husna ini adalah nama – nama yang baik serta indah yang menggambarkan sifat – sifat Allah SWT.

Kata asmaul ini berasal dari kata al-asma yang artinya nama, dan untuk kata husna ini asalnya dari kata al-husna yang artinya baik. Mengetahui dan menghafal asmaul husna ini mempunyai sebuah keutamaan, yaitu menjadikan seorang hamba lebih mengenal Allah, dan menjadikan terkabulnya sebuah doa.

Kumpulan Asmaul Husna Tulisan Arab, Latin, Arti Beserta Maknanya

Untuk pembahasan mengenai 99 Asmaul Husna dan juga arti serta maknanya: langsung saja simak penjelasan di bawah ini:

1. Ar Rahman= Maha Pengasih

Tulisan Arab: الرَّحْمَنُ

Tulisan Latin: Ar Rahman

Arti: Maha Pengasih

Makna: Allah Subhanahu wa Ta’ala mempunyai kasih sayang yang sangat luas, meliputi seluruh makhluk-Nya. Allah mengasihi seluruh makhluk-Nya dengan memberikan berbagai kenikmatan.

2. Ar Rahim= Maha Penyayang

Tulisan Arab: الرَّحِيمُ

Tulisan Latin: Ar Rahim

Arti: Maha Penyayang

Makna: Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha Penyayang kepada hamba-Nya yang beriman.

3. Al Malik= Maha Merajai

Tulisan Arab: الْمَلِكُ

Tulisan Latin: Al Malik

Arti: Maha Merajai

Makna: Allah berkuasa atas segala sesuatu baik dalam hal memerintah maupun melarang. Makna lain dari Al Malik ialah memiliki sesuatu. Segala sesuatu butuh kepada Allah sedangkan Allah tidak membutuhkan segala sesuatu.

4. Al Quddus= Maha suci

Tulisan Arab: الْقُدُّوسُ

Tulisan Latin: Al Quddus

Makna: Allah Mahasuci dari segala sesuatu yang bersifat kurang dan cacat. Selain itu arti dari  nama ini juga adalah kesempurnaan, terpuji dengan segala kebaikan dan keutamaan.

5. As Salam= Maha Memberi Kesejahteraan

Tulisan Arab: السَّلاَمُ

Tulisan Latin: As Salam

Makna: Allah terbebas dari kekurangan, cacat dan segala sesuatu yang tidak sesuai dengan keagungan dan kesempurnaan-Nya. Allah juga menyelamatkan dan memberikan kesejahteraan kepada hamba-Nya.

6. Al Mukmin= Maha Memberi Keamanan

Tulisan Arab: الْمُؤْمِنُ

Tulisan Latin: Al Mukmin

Makna: Allah adalah zat yang menjadi tempat pelarian dan perlindungan bagi orang yang merasa ketakutan sehingga mendapatkan keamanan.

7. Al Muhaimin= Maha Mengatur

Tulisan Arab: الْمُهَيْمِنُ

Tulisan Latin: Al Muhaimin

Makna: Allah Maha Mengawasi dan Menyaksikan seluruh makhluk-Nya, berkuasa atas mereka dengan penuh perhatian dan kekuasaan, memberi mereka rezeki dan kehidupan.

8. Al Aziz= Maha perkasa

Tulisan Arab: الْعَزِيزُ

Makna: Allah adalah zat yang Mahaperkasa, yang tidak dapat dikalahkan oleh apapun, Mahakuat dan mengalahkan segala sesuatu.

9. Al Jabbar artinya Mahakuasa

Tulisan Arab: الْجَبَّارُ

Makna: Allah berkuasa untuk memaksakan kehendak-Nya kepada hamba-Nya, berkuasa memerintah dan melarang sehingga makhluk hanya dapat sami’na wa atha’na.

10. Al Mutakabbir= Maha Besar

Tulisan Arab: الْمُتَكَبِّرُ

Makna: Allah adalah Dzat yang memiliki kebesaran. 

Baca juga:

11. Al Khaliq= Maha Pencipta

Tulisan Arab: الْخَالِقُ

Makna: Allah Maha Pencipta. Dialah yang menciptakan alam semesta dan seluruh makhluk-Nya. Baik malaikat, iblis, jin, manusia, hewan maupun tumbuhan, seluruhnya adalah ciptaan Allah.

12. Al Baari’= Maha Pembuat

Tulisan Arab= الْبَارِئُ

Makna: Allah adalah Dzat yang menciptakan sesuatu dari ketiadaan. Dia menciptakan dan membentuk sesuai bentuk dan ukuran yang Dia kehendaki.

13. Al Mushawwir= Maha Membentuk Rupa

Tulisan Arab الْمُصَوِّرُ

Makna: Allah menciptakan segala sesuatu dan membeda-bedakan mereka dengan bentuknya masing-masing sesuai kehendak-Nya.

14. Al Ghaffar= Maha Pengampun

Tulisan Arab الْغَفَّارُ

Makna: Al Ghaffar berasal dari kata al ghafru yang artinya menutupi. Allah senang menutupi dosa hamba-Nya dan mengabaikan kesalahan-kesalahan mereka.

15. Al Qahhar= Maha Memaksa

Tulisan Arab الْقَهَّارُ

Makna: Allah memiliki kekuasaan penuh dalam mengungguli dan memaksa orang yang kuat dan berkuasa. Semua yang Allah inginkan pada hamba-Nya pasti terjadi.

16. Al Wahhab= Maha Pemberi Karunia

Tulisan Arab الْوَهَّابُ

Makna: Allah maha pemberi karunia kepada hamba-Nya. Tanpa diminta oleh makhluk dan tanpa meminta imbalan kepada makhluk.

17. Ar Razzaq: Maha Pemberi Rezeki

Tulisan Arab: الرَّزَّاقُ

Makna: Allah Maha Pemberi rezeki dan menyampaikannya kepada hamba-hambaNya.

18. Al Fattah: Maha Pembuka Rahmat

Tulisan Arab الْفَتَّاحُ

Makna: Allah membuka rezeki dan rahmat untuk para hamba Nya. Dia memudahkan jalan-jalan yang sulit baik dalam urusan dunia maupun akhirat.

19. Al ‘Alim: Maha Mengetahui

Tulisan Arab: الْعَلِيمُ

Makna: Allah maha mengetahui segala sesuatu, baik sebelum atau sesudah sesuatu itu ada. Tiada sesuatu pun di langit dan di bumi yang tidak Allah ketahui.

20. Al Qaabidh: Maha Menyempitkan

Tulisan Arab الْقَابِضُ

Makna: Al Qabidh artinya menahan dan tidak memberi rezeki atau sejenisnya kepada hamba-Nya.

21. Al Baasith: Maha Melapangkan

Tulisan Arab: الْبَاسِطُ

Makna: meluaskan dan melapangkan rezeki kepada hamba-Nya. Juga mempunyai arti membentangkan nyawa kepada hamba sehingga mendapatkan kehidupan.

22. Al Khaafidh: Maha Merendahkan

Tulisan Arab: الْخَافِضُ

Makna: Al Khafidh bermakna menurunkan kesombongan penguasa sehingga mereka menjadi rendah dan hina. Juga bermakna merendahkan orang-orang kafir dengan memasukkan mereka ke dalam neraka.

23. Ar Raafi’: Maha Meninggikan

Tulisan Arab الرَّافِعُ

Makna Allah meninggikan wali-Nya dan menolong mereka menghadapi musuh. Juga bermakna meninggikan derajat orang-orang yang dikehendaki-Nya sebelum mereka ditinggikan di surga-Nya.

24. Al Mu’iz: Maha Memuliakan

Tulisan Arab الْمُعِزُّ

Makna: Allah Maha Memuliakan sehingga hamba tersebut menjadi benar-benar mulia. Tentu mereka adalah orang-orang yang beriman kepada-Nya.

25. Al Mudzil artinya Maha Menghinakan

Tulisan Arab الْمُذِلُّ

Makna: Allah Maha Menghinakan sehingga orang yang dihinakan tersebut menjadi benar-benar hina. Tentu mereka adalah orang-orang kafir dan orang-orang yang memusuhi-Nya.

26. As Sami: Maha Mendengar

Tulisan Arab السَّمِيعُ

Makna: Allah Maha Mendengar segala sesuatu, baik yang keras maupun yang pelan, baik yang terang-terangan maupun yang rahasia. 

27. Al Bashir: Maha Melihat

Tulisan Arab الْبَصِيرُ

Makna: Allah Maha Melihat dan Menyaksikan segala sesuatu, baik yang tampak maupun yang tersembunyi. Tiada sesuatu pun baik dalam batu di perut bumi maupun di luar angkasa melainkan Allah melihatnya. Demikian pula seluruh amal perbuatan hamba dan isi hatinya.

28. Al Hakam: Maha Menetapkan

Tulisan Arab الْحَكَمُ

Makna: Al Hakam artinya Allah menjadikan sesuatu rapi dan kuat. Nama Al Hakam juga bisa berarti hakim yakni Allah memutuskan sesuatu di antara para hambaNya baik di dunia maupun di akhirat. Al Hakam juga berarti Allah yang menetapkan hukum dan tidak ada sesuatu pun yang bisa menyanggahnya.

29. Al ‘Adl: Mahaadil

Tulisan Arab: الْعَدْلُ

Makna: Allah Maha Adil, hanya melakukan sesuatu yang pantas dan sudah seharusnya. Allah menghukumi dengan kebenaran dan tidak pernah berlaku zalim pada hamba-Nya.

30. Al Lathiif : Maha Lembut

Tulisan Arab: اللَّطِيفُ

Makna: Allah sangat baik dan lembut perbuatan-Nya. Dia sangat lembut kepada hamba-Nya tanpa mereka ketahui serta menyediakan segala kebutuhan hamba meskipun mereka tidak menyadarinya.

31. Al Khabir: Maha Mengetahui Rahasia

Tulisan Arab: الْخَبِيرُ

Makna: Allah maha mengetahui hal yang terjadi pada masa lalu dan masa yang akan datang. Mengetahui hakikat sesuatu sebelum terjadinya dan hakikat yang tersimpan dalam segala hal.

32. Al Halim: Maha Penyantun

Tulisan Arab: الْحَلِيمُ

Makna: Al Halim artinya tidak terburu-buru membalas meskipun berkuasa melakukannya. Nama Al Halim juga berarti Allah tidak menahan rezeki atau buru-buru mengazab karena kemaksiatan dan kezaliman makhluk-Nya.

33. Al ‘Adhiim: Maha Agung

Tulisan Arab: الْعَظِيمُ

Makna: Allah Maha Agung, Tiada yang melebihi keagungan Allah baik dalam Dzat, wujud, ilmu, kekuasaan, pengaruh, kebijaksanaan maupun perintah-Nya.

34. Al Ghafur: Maha Pengampun

Tulisan Arab: الْغَفُورُ

Makna: Al Ghafur berasal dari kata Al Ghafru yang artinya menutupi. Yang berarti Allah akan selalu mengampuni dan menutupi dosa hambaNya.

35. Asy Syakur: Maha Menghargai

Tulisan Arab: الشَّكُورُ

Makna: Allah Maha menghargai dan membalas kebaikan. Allah memuji hamba-hamba pilihan-Nya dan membalas setiap amal sekecil apapun amal itu.

36. Al ‘Ali: Maha tinggi

Tulisan Arab: الْعَلِىُّ

Makna: Al Ali menunjukkan bahwa Allah mempunyai derajat tertinggi. Ketinggian Dzat-Nya tidak terjangkau oleh kemampuan manusia.  

37. Al Kabir: Maha besar

Tulisan Arab: الْكَبِيرُ

Makna: Al Kabir menunjukkan kalau Allah Mahatinggi dan Mahabesar dalam Dzat, sifat dan perbuatan-Nya. Sehingga sama sekali tidak menyerupai makhluk-Nya.

38. Al Hafidz: Maha Menjaga

Tulisan Arab: الْحَفِيظُ

Makna: Allah sangat kuat menjaga yang ingin Dia jaga. Allah menjaga, melindungi dan memelihara sesuatu yang Dia kehendaki.

39. Al Muqit: Maha Pemberi Kecukupan

Tulisan Arab: الْمُقِيتُ

Makna: Allah maha memberi kecukupan dan menjamin rezeki hamba-Nya

40. Al Hasib: Maha Membuat Perhitungan

Tulisan Arab: الْحَسِيبُ

Makna: Allah maha mencukupi segala kebutuhan hamba-Nya. Juga menunjukkan Allah akan menghitung amal perbuatan manusia.

41. Al Jalil: Maha mulia

Tulisan Arab: الْجَلِيلُ

Makna: Allah Maha mulia dalam Dzat dan sifat-Nya. Sempurna dalam Dzat dan sifat-Nya.

42. Al Karim: Maha Pemurah

Tulisan Arab: الْكَرِيمُ

Makna: Al Karim artinya banyak memberi dan berbuat kebajikan tanpa diminta. Nama Al Karim juga bermakna memberi tanpa perhitungan, baik yang berhak maupun tidak berhak.

43. Ar Raqib: Maha Mengawasi

Tulisan Arab: الرَّقِيبُ

Makna: Allah Maha Mengawasi, tidak pernah lalai. Selalu ada dan tak pernah hilang. Selalu mengetahui tentang ciptaan-Nya.

44. Al Mujib: Maha Mengabulkan

Tulisan Arab: الْمُجِيبُ

Makna: Allah Maha Mengabulkan doa serta permohonan hambaNya. tidak ada doa yang Diabaikan.

45. Al Wasi: Mahaluas

Tulisan Arab: الْوَاسِعُ

Makna: Al Wasi’ makna maha luas yang kekuasaan-Nya tidak berbatas. Demikian juga kekuatan, kemampuan, dan kerajaan-Nya tak terbatas.

46. Al Hakim: Maha bijaksana

Tulisan Arab: الْحَكِيمُ

Makna: Allah Maha bijaksana, sangat tepat dalam mengukur dan sangat baik dalam mengatur. Allah bersih dari segala perbuatan yang tidak sesuai dengan keagungan dan kesempurnaan-Nya.

47. Al Wadud: Maha Pencinta

Tulisan Arab: الْوَدُودُ

Makna: Allah mencintai hamba-Nya yang taat dengan cara memberi mereka nikmat dan kasih sayang.

48. Al Majid: Maha mulia

Tulisan Arab: الْمَجِيدُ

Makna: Allah sangat luas kemuliaan, ketinggian dan kedudukan-Nya.

49. Al Ba’its: Maha Membangkitkan

Tulisan Arab: الْبَاعِثُ

Makna: Allah membangkitkan manusia setelah mereka mati untuk dihisab dan diberi balasan di akhirat

50. Asy Syahid: Maha Menyaksikan

Tulisan Arab: الشَّهِيدُ

Makna: Allah mengawasi hamba-Nya, melihat perbuatan mereka, danmendengar apapun yang terucapkan. Tidak ada yang tersembunyi dari-Nya.

51. Al Haq: Maha benar

Tulisan Arab: الْحَقُّ

Makna: Allah maha benar, keberadaan-Nya tidak dapat diingkari, itu juga berarti Allah ada tanpa permulaan hingga selamanya.

52. Al Wakil: Maha Memelihara

Tulisan Arab الْوَكِيلُ

Makna: Allah maha memelihara dan juga berkuasa sekehendakNya karena kesempurnaan ilmu dan kekuasaan-Nya.

53. Al Qawiy: Maha kuat

Tulisan Arab الْقَوِىُّ

Makna: Allah maha kuat. Kekuatan dan kekuasaan-Nya sempurna karena itu tidak dapat sesuatupun yang tidak bisa didapatkan Nya.

54. Al Matin: Maha kokoh

Tulisan Arab: الْمَتِينُ

Makna: Allah memiliki kekuatan yang besar, yang tidak akan melemah karena apa pun.

55. Al Waliy: Maha Melindungi

Tulisan Arab: الْوَلِىُّ

Makna: Allah melakukan seluruh urusan makhluk dan selalu menyelesaikan semuanya. Al Wali juga bermakna Allah melindungi seluruh hamba Nya yang taat.

56. Al Hamid: Maha Terpuji

Tulisan Arab: الْحَمِيدُ

Makna: Allah berhak mendapatkan pujian dan pujaan karena memiliki Dzat yang sangat agung, sifat yang sempurna dan kekuasaan tiada tara.

57. Al Muhshi: Maha Menghitung

Tulisan Arab: الْمُحْصِى

Makna: Allah mengetahui segala sesuatu dengan segala gerak dan diamnya. Itu juga bermakna Allah menghitung dan menulis segala perbuatan serta perkataan hamba-Nya.

58. Al Mubdi: Maha Memulai

Tulisan Arab: الْمُبْدِئُ

Makna: Allah Maha Memulai. yaitu memulai menciptakan makhluk dari yang sebelumnya tiada menjadi ada.

59. Al Mu’id: Maha Mengembalikan Kehidupan

Tulisan Arab:الْمُعِيدُ

Makna: Allah Maha Mengembalikan kehidupan. yaitu menghidupkan kembali makhluk yang sudah mati atau binasa.

60. Al Muhyi: Maha Menghidupkan

Tulisan Arab: الْمُحْيِى

Makna: Allah Maha Menghidupkan dan memberikan kehidupan kepada makhluk-Nya dengan meniupkan ruh.

61. Al Mumit: Maha Mematikan

Tulisan Arab: الْمُمِيتُ

Makna: Allah Maha Mematikan dan membuat makhluk mati setelah hidup dengan mengambil ruhnya.

62. Al Hayyu: Maha hidup

Tulisan Arab: الْحَىُّ

Makna: Allah Maha hidup dan Ia memiliki kehidupan abadi, tidak berpermulaan dan senantiasa abadi

63. Al Qayyum: Maha mandiri

Tulisan Arab: الْقَيُّومُ

Makna: Allah Maha mandiri, dan selalu mengurus makhluk-Nya. Yakni sangat besar kepengurusan-Nya kepada makhluk-Nya.

64. Al Wajid: Maha Penemu

Tulisan Arab: الْوَاجِدُ

Makna: Allah maha mengetahui dan menemukan. Allah menemukan siapa saja yang Dia cari. Tidak ada apapun dapat menghalangi Nya.

65. Al Maajid: Maha mulia

Tulisan Arab: الْمَاجِدُ

Makna: Allah memiliki kemuliaan dan keluasan yang sempurna. 

66. Al Waahid; Mahatunggal

Tulisan Arab: الْوَاحِدُ

Makna: Allah maha tunggal. Hanya satu, tidak ada duanya dan tidak ada yang menyerupai-Nya.

67. Al Ahad: Maha Esa

Tulisan Arab: الْأَحَدُ

Makna: Allah Maha Esa, dan tidak ada sekutu bagi-Nya

68. Ash Shamad: Maha Dibutuhkan

Tulisan Arab: الصَّمَدُ

Makna: Dia dituju ketika makhluk membutuhkan sesuatu. Segala sesuatu butuh kepada-Nya sedangkan Dia tidak butuh sesuatu apa pun.

69. Al Qadir: Maha Berkuasa

Tulisan Arab: الْقَادِرُ

Makna: Allah Maha berkuasa. Dia memiliki kekuasaan penuh, dan tidak ada yang dapat menandingi dan mengalahkan-Nya.

70. Al Muqtadir: Maha Berkuasa

Tulisan Arab: الْمُقْتَدِرُ

Makna: Al Muqtadir merupakan bentuk lain dari Al Qadir. Kekuasaan Allah tidak berpermulaan dan tidak akan berakhir.

71. Al Muqaddim: Maha Mendahulukan

Tulisan Arab: الْمُقَدِّمُ

Makna: Allah mendahulukan siapa pun yang Dia kehendaki. Sehingga segala sesuatu tepat di urutannya. Termasuk mendahulukan satu kejadian atau perbuatan dari yang lainnya.

72. Al Muakhir: Maha Mengakhirkan

Tulisan Arab الْمُؤَخِّرُ

Makna: Allah mengakhirkan siapa pun yang Dia kehendaki. Sehingga segala sesuatu tepat di urutannya. Termasuk mengakhirkan satu kejadian atau perbuatan dari yang lainnya.

73. Al Awwal: Maha awal

Tulisan Arab: الأَوَّلُ

Makna: Dia ada tanpa didahului oleh sesuatu, tidak ada satupun yang lebih dulu ada dari-Nya.

74. Al Akhir: Maha akhir

Tulisan Arab: الآخِرُ

Makna: Allah Maha akhir. Dia kekal abadi selamanya, tidak ada akhirnya.

75. Adh Dhahir: Maha nyata

Tulisan Arab: الظَّاهِرُ

Makna: Tanda kekuasaan dan kebesaran-Nya demikian nyata terpampang di alam semesta.

76. Al Bathin: Maha ghaib

Tulisan Arab: الْبَاطِنُ

Makna: Allah Maha ghaib. Dia tersembunyi dari penglihatan makhluk, tidak ada penglihatan yang bisa mencapai-Nya.

77. Al Waaliy: Maha Memerintah

Tulisan Arab: الْوَالِى

Makna: Allah memiliki segala sesuatu dan berkuasa atas mereka termasuk memerintahkan apa saja. Apa yang diperintahkan Nya harus dilakukan dan hukum Nya harus ditegakkan.

78. Al Muta’ali: Maha tinggi

Tulisan Arab: الْمُتَعَالِى

Makna: Allah Maha tinggi. Dia paling sempurna dalam ketinggian dan terbebas dari kekurangan.

79. Al Barr: Maha Penderma

Tulisan Arab: الْبَرُّ

Makna: Allah selalu sayang dan melimpahkan kebaikan kepada hamba-Nya. tiada satu makhluk pun yang luput dari kebaikan Nya.

80. At Tawwab: Maha Pemberi Taubat

Tulisan Arab: التَّوَّابُ

Makna: Allah maha pemberi taubat. Allah selalu menerima taubat hamba-Nya dan memaafkan kesalahan mereka.

81. Al Muntaqim:Maha Penyiksa

Tulisan Arab: الْمُنْتَقِمُ

Makna: Allah akan menyiksa orang-orang yang durhaka kepada-Nya. Al Muntaqim juga menunjukkan bahwa Allah menyiksa orang-orang kafir yang memusuhi Rasul-Nya.

82. Al Afuw: Maha Pemaaf

Tulisan Arab: الْعَفُوُّ

Makna: Allah Maha Pemaaf. Dengan cara Dia menghapus catatan keburukan seorang hamba dengan begitu ia tidak dibalas dan disiksa.

83. Ar Rauf: Maha Pengasih

Tulisan Arab: الرَّءُوفُ

Makna: Allah sangat mengasihi hamba-Nya. Di dunia, ar Rauf mengasihi dengan memberi nikmat kepada seluruh ciptaan-Nya.

84. Malikal Mulki: Penguasa Alam Semesta

Tulisan Arab مَالِكُ الْمُلْكِ

Makna: Allah menguasai segalanya meliputi langit dan bumi, karena itulah seluruh kehendak-Nya akan terlaksana di alam semesta.

85. Dzul Jalali wal Ikram: Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan

Tulisan Arab: ذُو الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ

Makna: Allah Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan. Dia sempurna dalam Dzat, sifat, dan perbuatan-Nya dan selalu memberikan nikmat kepada hamba-Nya.

86. Al Muqsith: Maha adil

Tulisan Arab: الْمُقْسِطُ

Makna: Allah Maha Adil dalam menghakimi. Allah menolong hamba yang terzalimi hingga mendapatkan haknya kembali.

87. Al Jami: Maha Mengumpulkan

Tulisan Arab; الْجَامِعُ

Makna: Allah Maha mengumpulkan. yaitu mengumpulkan seluruh hamba-Nya di akhirat nanti. Mulai Nabi Adam hingga manusia terakhir.

88. Al Ghani: Maha Berkecukupan

Tulisan Arab: الْغَنِىُّ

Makna: Allah Maha Berkecukupan. Dia cukup dengan Dzat-Nya sehingga tidak membutuhkan yang lain.

89. Al Mughni: Maha Memberi Kekayaan

Tulisan Arab: الْمُغْنِى

Makna: Allah Maha memberi kekayaan. Dia memberi kekayaan kepada siapapun yang Dia kehendaki dengan besaran tertentu sebagaimana kehendak-Nya.

90. Al Maani: Maha Mencegah

Tulisan Arab: الْمَانِعُ

Makna: Allah Maha mencegah. Dia menahan dan mencegah bahaya dan musibah bagi orang-orang yang Dia kehendaki.

91. Adh Dharr: Maha Memberi Derita

Tulisan Arab: الضَّارُّ

Makna: Allah maha pemberi derita bagi orang-orang yang durhaka kepada-Nya. Siapa pun tidak bisa mencegah penderitaan dan bahaya dari Allah.

92. An Nafi: Maha Memberi Manfaat

Tulisan Arab; النَّافِعُ

Makna: Allah Maha Memberi manfaat bagi orang-orang yang Dia kehendaki. Siapapun yang Allah beri manfaat, tidak ada satu makhluk pun yang bisa menghalanginya.

93. An Nur: Maha Bercahaya

Tulisan Arab: النُّورُ

Makna; Allah Maha Bercahaya. Dia terang dengan sendiri-Nya dan menerangi makhlukNya. An Nur juga berarti Dia yang menampakkan sesuatu yang Dia kehendaki.

94. Al Hadi: Maha Memberi Petunjuk

Tulisan Arab: الْهَادِى

Makna: Allah memberi petunjuk ke dalam hati orang-orang yang beriman. Sehingga mereka yang Dia kehendaki, mengetahui dan mengikuti kebenaran.

95. Al Badi: Maha Pencipta

Tulisan Arab: الْبَدِيعُ

Makna: Allah Maha Pencipta. Tiada satupun yang bisa menyamai dan menandingi-Nya baik dalam Dzat, sifat ataupun perbuatan.

96. Al Baqi: Mahakekal

Tulisan Arab: الْبَاقِى

Makna: Allah Maha kekal. Dia tidak akan mati dan tidak akan binasa. 

97. Al Warits: Maha Pewaris

Tulisan Arab: الْوَارِثُ

Makna: Allah Maha Pewaris. Yaitu segala sesuatu adalah ciptaan-Nya dan akan kembali ke sisi-Nya.

98. Ar Rasyid= Maha Menunjukkan

Tulisan Arab: الرَّشِيدُ

Makna: Allah menunjukkan kepada para hambanya yang Dia kehendaki sehingga mereka beriman dan mengikuti petunjuk.

99. Ash Shabur: Maha sabar

Tulisan Arab: الصَّبُورُ

Makna: Allah tidak terpengaruh dengan terjadinya banyak kemaksiatan sehingga buru-buru menghukumnya. Allah justru menyimpan atau menahan hukuman-Nya untuk memberi kesempatan hamba-Nya bertaubat.

Itulah pembahasan mengenai 99 Asmaul Husnah, yang menjadi nama baik serta indah dari Allah SWT. 

Posting Komentar