Pengertian Idiom Adalah: Definisi, Jenis dan Tips Mempelajari Idiom (Lengkap)

Merasa bingung ketika mendengar kata idiom atau membaca kata yang tidak bermakna? Cek pengertian idiom adalah!

Dalam pemakaian bahasa Indonesia dalam bentuk baku atau tulisan dan lain sebagainya, ada banyak hal yang digunakan. Orang tidak hanya menggunakan bahasa yang sering didengar setiap hari saja. Tidak hanya dalam bahasa Indonesia saja, bahasa lainnya juga menggunakan kata yang tidak mempunyai makna yang jelas jika dibicarakan. Idiom adalah kata untuk pernyataan sebelumnya. 

Ada beberapa orang yang merasa kesulitan dalam mengartikan berbagai macam kata idiom. Walaupun terlihat kurang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, Anda tetap harus tahu penggunaan idiom dengan baik. Apalagi jika berbicara menggunakan bahasa Inggris. Nyaris semuanya menggunakan idiom. Jika di bahasa Indonesia, lebih banyak ditemukan dalam buku. 

Pengertian Idiom Adalah

Untuk Anda yang masih merasa bingung berkaitan dengan idiom, Anda harus mengerti dari pengertiannya jauh lebih dulu. Idiom adalah bahasa yang digunakan untuk mengekspresikan suatu hal. Namun, menggunakan bahasa yang tidak umum atau tidak ada kaitannya dengan makna dari kata yang diucapkan. Idiom sendiri juga digunakan untuk meringkas suatu pernyataan. 

Pengertian idiom sendiri dapat dikatakan cukup banyak dan beragam. Bahkan, ada banyak ahli yang memberikan pernyataannya untuk pengertian dari idiom sendiri. Ada beberapa pengertian sehingga cukup berbeda satu dengan lainnya. Namun, semua pernyataan tersebut mempunyai satu inti yang sama. Dimana idiom merupakan istilah untuk mengekspresikan sesuatu secara imajinatif. 

Jika Anda penasaran dengan arti kata Idiom, kata ini diambil dari bahasa Yunani dimana idios berarti pribadi. Kemudian, jika mencari pengertian dengan menggunakan KBBI, idiom dikenal sebagai konstruksi yang mempunyai makna berbeda dari gabungan makna unsurnya. Akan sulit dipahami jika Anda tidak melihat contohnya secara langsung juga. Sederhananya adalah ungkapan kiasan. 

Macam-macam Jenis Idiom 

Tentunya, Anda tidak hanya perlu mengetahui pengertian saja. Untuk mengerti mengenai idiom dengan baik dan dapat menjelaskan pengertiannya. Maka, Anda dapat menggunakan langkah sederhana dengan mencari informasi berkaitan dengan berbagai jenis idiom yang ada. Tersedia beberapa jenis untuk idiom yang dibagi jadi kategori juga. Berikut ini jenis yang tersedia: 

Berdasarkan pembentuknya 

Jika dilihat dengan berdasarkan pada unsur pembentuknya, idiom juga mempunyai pembagian jenis lagi di sini. Jenis idiom ini merupakan yang paling banyak digunakan karena ada idiom penuh dan juga idiom sebagian. Sesuai dengan namanya, idiom penuh adalah jenis idiom yang semua unsurnya sudah tidak mempunyai makna seperti katanya juga. 

Contohnya adalah meja hijau. Tentunya, maksud dari kata ini bukan meja yang berwarna hijau. Karena sudah berbeda dengan makna aslinya, kata meja hijau ini merupakan idiom dari pengadilan. Kemudian, jenis satu lagi yang banyak dimanfaatkan adalah idiom sebagian. Sama dengan sebelumnya, jenis sebagian berarti hanya sebagian kata yang bermakna seperti aslinya juga. 

Ada beberapa contoh untuk idiom sebagian juga. Misalnya, daftar hitam yang berarti daftar orang-orang yang melakukan banyak pelanggaran atau kejahatan. Jadi, pengertian dari daftarnya tetap, yang berbeda hanyalah pengertian hitam. Begitu juga halnya dengan koran kuning yang berarti koran yang mempunyai banyak berita sensasi. 

Baca juga:

Berdasarkan unsur 

Idiom adalah hal yang cukup repot untuk dipelajari. Ada berbagai macam materi yang harus Anda pahami dengan baik untuk menguasainya.  Idiom juga dibagi dengan dasar unsur yang membentuknya. Ada beberapa jenis lagi di dalamnya. Idiom ini terbagi menjadi idiom yang menggunakan unsur tubuh manusia seperti tinggi hati. Kemudian, yang menggunakan warna. 

Untuk idiom yang menggunakan warna, contohnya adalah jago merah kemudian menggunakan kata indra. Sebagai contoh penggunaan indra, berdarah dingin yang mempunyai arti kejam. Bahkan, menggunakan benda alam juga menjadi bagian dari idiom. Misalnya, adalah bulan terang. Ada juga idiom yang menggunakan nama binatang seperti kambing hitam. 

Selain jenis tersebut dalam idiom dengan unsur pembentuknya, orang juga menggunakan jenis idiom lainnya dengan memanfaatkan tumbuh-tumbuhan. Biasanya ada beberapa idiom yang menggunakan daun kemudian cabang atau buah hingga ke batang.  Seperti halnya buah tangan yang berarti oleh-oleh atau lidah bercabang. Jenis ini juga dimanfaatkan banyak orang dalam idiom. 

Tips Mempelajari Idiom 

Idiom adalah hal yang cukup penting untuk dipelajari. Namun, akan sulit jika Anda tidak tahu tips yang tepat untuk digunakan dalam belajar. Ada beberapa langkah mudah yang dapat digunakan dalam memahami idiom sepenuhnya juga. Cukup gunakan tips yang ada ini untuk melakukan pembelajaran yang jauh lebih mudah. 

Hindari menghafal sekaligus 

Dalam kepentingan belajar bahasa idiom, ada banyak hal yang harus dan tidak boleh Anda lakukan. Salah satu langkah yang merupakan kesalahan yang tidak disadari adalah menghapal materi atau idiom yang ada. Penting halnya untuk memahami konteks dalam mempelajari idiom. Jika memahami konteksnya, pembelajaran juga akan menjadi jauh lebih mudah untuk dilakukan. 

Idiom sendiri jumlahnya sangat banyak. Ada ratusan hingga jutaan idiom jika dikumpulkan dari berbagai macam bahasa. Anda pastinya sudah merasa pusing sebelum mulai belajar jika menghafal sebanyak itu dalam waktu sehari. Tidak semua idiom digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Anda tidak usah menghafal seluruh idiom yang ada karena dapat menyulitkan diri sendiri. 

Cukup pelajari beberapa idiom yang banyak digunakan lebih dulu. Dengan mempunyai dasar idiom yang mudah dimengerti dan digunakan secara umum. Maka, akan lebih mudah halnya untuk menambah berbagai macam kosa kata lainnya. Anda juga tidak akan stress karena menambah idiom secara perlahan. Proses penambahan idiom akan bertambah dengan sendirinya. 

Rajin mencatat 

Kunci dalam belajar idiom adalah rajin dalam mencatat. Penting halnya untuk membuat catatan secara jelas dari berbagai macam kosakata yang Anda temukan. Jika Anda sudah mendapatkan idiom yang menarik dan merupakan kosakata baru. Maka, Anda dapat langsung menuliskannya di dalam buku note dan lainnya. Cara ini memudahkan dalam pembelajaran idiom juga. 

Akan lebih mudah halnya untuk menyerap pembelajaran jika Anda membuat catatan sendiri. Nantinya, Anda juga dapat membuka kembali catatan yang ada ketika melupakan beberapa idiom yang penting. Karena itu, buat catatan dengan jelas untuk kemudahan pembelajaran. 

Cari banyak referensi 

Langkah lainnya yang harus Anda lakukan adalah mencari banyak referensi secara jelas. Jangan sampai Anda gagal dalam belajar karena referensi yang ditemukan tidak sesuai. Cari yang memberikan berbagai macam idiom yang banyak digunakan. Tentunya, yang mempunyai pengertian jelas atau sesuai juga. 

Demikian informasi yang perlu Anda ketahui berkaitan dengan idiom adalah.  Mencari informasi secara lengkap memang dapat membantu dalam proses pembelajaran yang jauh lebih cepat atau mudah. Anda jadi tidak usah khawatir memikirkan pembelajaran idiom juga. Bahkan,  dapat langsung praktek untuk kenyamanan belajar. 

Posting Komentar