Warna Primer Adalah: Pengertian, Contoh dan Penjelasannya

Warna primer adalah salah satu dari tiga pembagian jenis warna. Lantas apa sebenarnya warna primer itu? Berikut pembahasannya.

Kita sebagai manusia diberkahi dengan dua mata yang bisa melihat berbagai hal yang ada di dunia ini oleh Tuhan yang maha esa. Dengan mata ini juga lah kita bisa melihat berbagai jenis warna yang ada di dunia ini. Bicara tentang warna, apakah Anda mengenai warna primer? Warna primer adalah salah satu dari 3 pembagian jenis warna yang mana terdiri dari warna merah, kuning, dan juga biru.

Pada dasarnya warna adalah kesan yang diterima oleh mata kita yang dihasilkan dari pantulan cahaya yang mengenai sebuah benda. Ada juga yang mengatakan kalau bahwa warna merupakan bagian dari cahaya yang diteruskan atau dipantulkan. Warna primer ini adalah sebutan untuk beberapa warna yang dipantulkan ini dan dari warna primer inilah nantinya kombinasi warna bisa terbuat.

Warna Primer adalah: Pengertian, Contoh dan Penjelasannya

Untuk pembahasan mengenai Warna primer adalah, Pengertian dan Contoh beserta Penjelasannya, langsung saja simak penjelasan di bawah ini:

Warna Primer Adalah

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ‘primer’ artinya ‘yang pertama’, ‘yang paling utama’, dan ‘yang pokok’. Warna primer adalah warna awal atau warna utama yang menjadi dasar terciptanya warna - warna lain.

 Sedangkan dari buku Home Ideas Kreasi Warna Interior Rumah Tinggal 1.400 Desain Kombinasi Warna karya Dmaximus, warna primer adalah warna dasar dari lingkaran warna. Dengan kata lain, warna primer merupakan warna asli bagi terciptanya warna-warna lainnya.

Oleh karena itu, semua warna yang ada di sekeliling Anda berasal dari 3 warna dasar primer ini yaitu merah (seperti darah), biru (seperti langit atau laut), serta kuning (seperti kuning telur). Karena warna primer adalah warna dasar, maka warna – warna tersebut tidak bisa dibuat dari mencampur warna - warna lainnya, walaupun begitu warna primer bisa menghasilkan jenis warna yang lain.

Saat dua warna primer tercampur maka akan muncul warna lain yang disebut dengan warna sekunder. Karena itulah bila 2 warna sekunder atau warna primer dan sekunder dikombinasikan, maka akan mendapatkan warna tersier.

Selain itu warna primer merupakan warna yang hanya dapat ditangkap oleh mata manusia. Diketahui kalau mata manusia mempunyai 3 jenis reseptor warna yang dikenal dengan makhluk trichromat. Reseptor ini lebih berpengaruh dibandingkan dengan cahaya untuk mengenali warna primer karena pada dasarnya warna primer bukan dari cahaya, namun adalah sebuah konsep biologis.

Contoh Kombinasi Warna Primer  

Seperti yang sudah dibahas diatas, kombinasi dari warna primer ini dapat menghasilkan warna baru yang dikenal dengan warna sekunder. Macam - macam warna sekunder ini juga beragam, lantas apa saja kah kombinasi warna tersebut? Berikut diantaranya:

  • Kombinasi warna primer merah dengan biru akan menjadi warna ungu (sekunder)
  • Kombinasi warna primer kuning dengan merah akan menjadi warna oranye (sekunder)
  • Kombinasi warna primer biru dengan kuning akan menjadi warna hijau (sekunder)

Tidak cuma kombinasi dua warna primer saja, tapi dengan mengkombinasikan warna primer dan sekunder akan bisa melahirkan warna tersier. Untuk contoh kombinasi warna primer dengan sekunder adalah seperti di bawah ini:

  • Kombinasi warna primer biru dan warna sekunder hijau akan menjadi warna hijau tosca (tersier)
  • Kombinasi warna primer kuning dan warna sekunder hijau akan menjadi warna kuning hijau (tersier)
  • Kombinasi warna primer biru dan warna sekunder ungu maka akan menjadi warna biru ungu (tersier)
Baca juga:

Perbedaan Warna Primer, Sekunder, dan Tersier

Warna sekunder 

merupakan kombinasi dari dua warna primer dengan perbandingan 1:1 yang bisa menjadi warna baru. seperti, merah dan kuning akan menjadi warna oranye, kuning dan biru akan menjadi warna hijau, serta biru dengan merah yang akan menghasilkan warna ungu.

Tiga warna primer dan tiga warna sekunder ini disebut dengan warna standar. Dari buku Cara Mudah Belajar Desain Grafis, dalam ilmu grafis, warna primer cahaya ini memiliki tiga jenis warna, yaitu merah (Red), hijau (Green), dan Biru (Blue).

Warna - warna itu disebut dengan RGB yang mana bila dikombinasikan dengan komposisi tertentu maka akan bisa membuat beragam jenis macam warna. seperti campuran 100% warna merah, 0% hijau, 100 % biru akan menjadi warna magenta.

Warna Tersier

Warna tersier ini adalah hasil dari kombinasi antara warna primer dengan sekunder yang memiliki rasio perbandingan yang sama. Lenggosari dalam buku Panduan Warna Menarik untuk Rumah mengatakan kalau warna tersier adalah jenis warna yang menarik serta unik.

Warna ini berbeda dengan jenis warna yang lain. Karena dalam warna tersier ini terdapat garis semu dari penggabungan warna sekunder yang mana melahirkan ragam warna - warna tersier. Berikut ini adalah contoh dari warna - warna tersier:

  • Indigo yaitu berasal dari kombinasi antara warna biru dengan ungu.
  • Golden yellow berasal dari kombinasi antara kuning dan oranye.
  • Lime green berasal kombinasi antara kuning dan hijau.
  • Crimson ini berasal dari kombinasi  antara merah dan ungu.
  • Burnt Orange berasal dari kombinasi merah dan oranye.

Penjelasan Macam – Macam Warna

1.Merah

Merah merupakan warna pada ujung spektrum cahaya tampak, yang mempunyai panjang gelombang dominan antara 625 sampai 740 nanometer. Merah identic dengan warna cinta, kebencian, kemarahan, nafsu makan, bahaya, panas, dan lainnya.

2. Biru

Warna biru merupakan warna dasar pada ruang warna. Warna laut serta langit adalah biru. Ini identik dengan stabilitas, inspirasi, dan kebijaksanaan.

3. Hijau

Warna hijau adalah warna sejuk yang dipakai untuk melambangkan keindahan alam dunia. Warna hijau juga sering dianggap melambangkan keberuntungan, kesehatan, serta kecemburuan. Warna hijau juga diketahui bisa meningkatkan kemampuan membaca mata manusia.

4. Orange

Orange merupakan warna kombinasi yang berasal dari 2 warna yang berbeda, kuning dan merah. Warna ini dikaitkan dengan warna energik dan dipakai untuk menunjukkan kebahagiaan, kehangatan, serta keserakahan.

5. Putih

Warna putih adalah kesucian hati atau kepolosan. putih juga menjadi lambang dari kedamaian dan kesopanan.

6. Hitam

Hitam merupakan warna kegelapan, yang melambangkan negativitas. Warna hitam juga diidentikan dengan kematian dan kehampaan. Warna hitam juga identic dengan lambing keeleganan.

7. Kuning

Warna kuning adalah yang paling terang dalam spektrum di antara semua warna. Warna ini menarik perhatian dari kejauhan dibandingkan warna lainnya. Ini adalah warna optimisme, pencerahan, kebahagiaan, kesopanan, kreativitas, dan bersinar.

8. Ungu

Warna ungu, ini identic dengan warna yang kaya, melambangkan royalti, kemewahan, ambisi, kekuasaan, dan kebangsawanan. Warna ungu menjadi warna yang langka di alam dan telah menjadi aura supernatural selama ratusan tahun. Warna ungu mempunyai panjang gelombang spektrum yang paling kuat dibandingkan jenis warna yang lain.

9. Perak

Warna perak dikaitkan dengan arti bijih, bahan baku industri, hiasan, glamor, canggih. Ini adalah logam mulia seperti alumunium, baja, dan lainnya.

10. Cokelat

Warna coklat adalah warna alami yang melambangkan rasa kekuatan serta kehandalan. Warna coklat juga bisa menunjukkan ekspresi terisolasi, Depresi, kesepian.

Sebagai kesimpulan, warna primer adalah warna yang menjadi dasar dari warna – warna lainnya yang terdiri dari merah, kuning, biru. Warna primer ini dan menjadi dasar dari jenis-jenis warna lain seperti warna sekunder dan tersier.

Posting Komentar