Pengertian CorelDRAW Adalah: Sejarah, Fungsi dan Kelebihannya

Banyak yang membicarakan mengenai corel dalam obrolan sehari-hari? Cek informasi mengenai corel adalah di sini!

Tentunya, ada berbagai pilihan aplikasi yang orang gunakan untuk mendukung berbagai kegiatan harian. Dari banyaknya kegiatan yang dilakukan, ada yang digunakan untuk mengisi waktu dan ada juga yang dilakukan demi kepentingan mendapatkan uang. Salah satunya dengan menggunakan corelDRAW sebagai sumbernya. Karena itu, Anda harus mengerti dari pengertian corelDRAW adalah lebih dulu. 

Banyak cara yang orang gunakan dalam mendapatkan uang. Menggunakan corelDRAW dapat memberikan keuntungan yang cukup besar selama Anda mempunyai banyak klien. Semakin banyak orang yang menyukai karya Anda dari corelDRAW, semakin besar juga kemungkinan mendapatkan keuntungan. Karena itu mempelajari corelDRAW menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Yuk, baca informasinya lebih lanjut!  

Pengertian CorelDRAW Adalah

Seperti yang diketahui, pekerjaan desain grafis adalah salah satu dari banyaknya pekerjaan menarik dan dilakukan oleh banyak orang sekarang ini. Hal ini dikarenakan ada banyak perusahaan yang membutuhkan desainer grafis juga. Sudah banyak informasi yang dikemas menggunakan tampilan visual semenarik mungkin untuk berbagai macam kepentingan. 

Tentunya, hal ini dapat terjadi karena ada bantuan dari berbagai aplikasi yang tersedia juga.  Anda tidak hanya dapat menggunakan aplikasi berbayar atau sulit dipahami. Ada pilihan sederhana untuk digunakan seperti CorelDraw.  Baik corel atau juga coreldraw adalah hal yang sama. Hanya saja, ada banyak orang yang menyebutnya dengan nama corel juga. 

CorelDRAW adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat desain grafis secara cepat dan sederhana. Software yang satu ini mempunyai berbagai macam tools di dalamnya dan banyak dikenal karena kualitasnya dalam mengelola gambar. Perangkat lunak CorelDRAW ini dikembangkan oleh Corel Corporation yang merupakan perusahaan berbasis di Ottawa.  

CorelDRAW dipercayai banyak orang karena kemampuan yang dimiliki. Bahkan, sudah membantu lebih dari 90 juta pekerja dalam menyelesaikan tugas dengan aplikasi. Jika dilihat dari pengalaman yang dimiliki, CorelDRAW sudah masuk ke tingkatan sangat mahir. Karena didirikan pada tahun 1985, perusahaan CorelDRAW juga mempunyai pengalaman yang melebihi 30 tahun juga. 

Sejarah dari CorelDRAW 

Pengertian jelas terasa kurang lengkap jika Anda tidak mengetahui sejarahnya juga. Tentunya, CorelDRAW bukanlah sebuah aplikasi yang langsung ada begitu saja. Ternyata, perusahaannya juga mempunyai sejarahnya sendiri. Perusahaan Corel yang didirikan oleh Michael Cowpland berasal dari berbagai macam kegagalan yang terus diusahakan. Akhirnya, menjadi besar dan disukai masyarakat. 

Awal mulanya adalah Michael Cowpand mendirikan perusahaan telekomunikasi bersama dengan Terry Matthews jauh lebih dulu. Perusahaan yang berjalan cukup lama ini mendapatkan kesuksesan karena penawaran yang diberikan. Sayangnya, tidak dapat bertahan lama karena pengembangan dalam perusahaan yang kurang matang. Jadi, perusahaan kemudian dibeli oleh orang lain. 

Setelah menjual perusahaan tersebut, Michael mendapatkan dana segar yang sangat banyak. Dengan begitu, ia kembali mencoba peruntungan dengan mendirikan COwpland REseacrh Laboratory.  Hal inilah yang membuatnya dikenal dengan nama CorelDRAW ketika sukses.  Awalnya, perusahaan ini sama sekali tidak menciptakan aplikasi melainkan fokus ke printer laser. 

Namun, hal ini juga tidak berhasil karena CorelDRAW justru kesulitan bersaing dengan pasar di luar sana. Apalagi ada banyak produsen printer dengan kemampuan yang berbeda satu dengan lainnya juga. Untuk mencegah terjadinya kerugian dan gagal lagi, Michael kemudian memilih untuk merubah arah. Ia kemudian merekrut programmer dan mulai membuat aplikasi CorelDraw.

Baca juga:

Fungsi dari CorelDraw 

ask4prakash.com

Tentunya, Anda juga harus tahu fungsi yang jelas dari Corel. Walaupun sudah tahu kalau corel adalah aplikasi yang digunakan dalam kepentingan desain grafis, kurang lengkap halnya jika tidak tahu informasi berkaitan dengan fungsinya juga. Ada berbagai macam kegunaan dari corel sendiri. Berikut ini fungsi yang membuat banyak orang menggunakan corel: 

1. Membuat logo 

CorelDraw dapat digunakan dengan mudah untuk membuat logo. Tentunya, logo menjadi hal penting untuk berbagai macam bisnis. Perusahaan atau juga brand dan produk apapun akan menggunakan logo sebagai bentuk identitas. Bahkan, satu logo dapat dihargai miliaran rupiah jika kualitas karya Anda memang memuaskan. Aplikasi ini sangat membantu pembuatan corel. 

2. Membuat desain 

Fungsi lainnya dari coreldraw adalah membuat desain sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat membuat desain brosur kemudian poster dan juga undangan. Pembuatan untuk berbagai macam karya ini juga mudah dan cepat. Anda hanya perlu memanfaatkan kombinasi font dan juga gambar. Pastikan juga kalau warna yang digunakan cocok atau sesuai pesanan orang lain. 

Selain membuat beberapa desain tersebut, banyak yang menggunakan software untuk kepentingan membuat desain sampul buku juga. Tidak menjadi hal yang sulit untuk desain sampul buku jika sudah tahu konsepnya. Anda dapat menggunakan style sendiri dalam proses desain. Bahkan, membuat yang rumit atau sederhana juga sesuai keinginan sendiri. 

3. Membuat ilustrasi 

CorelDRAW adalah salah satu software yang dapat Anda manfaatkan dengan baik dalam pembuatan ilustrasi juga. Anda dapat menggabungkan vektor kemudian gambar secara langsung. Tentunya, dengan berbagai pilihan warna yang ada juga. Selain membuat ilustrasi yang dapat dijual dengan harga tinggi, Anda juga dapat membuat kartun menggunakan berbagai macam tools yang ada. 

Kelebihan Menggunakan Corel 

Tentunya, kelebihan pemakaian juga menjadi hal yang penting untuk diketahui. Anda tidak mungkin mengeluarkan uang untuk berlangganan jika belum mengetahui kualitas atau penawarannya. Ada berbagai macam fitur yang tersedia dan dapat memberikan kemudahan untuk Anda. Kelebihan pertama yang ditawarkan CorelDRAW berupa pemakaian aplikasi yang mudah.

Dibandingkan dengan aplikasi lainnya, software yang satu ini  memberikan kemudahan karena mempunyai fitur help untuk instruksi pemakaian. Anda juga akan mendapatkan tampilan yang jernih sehingga tidak pusing ketika membuat desain. Kemudian, format file yang tersedia untuk membuka atau mengimport data juga cukup banyak. 

Tidak hanya memberikan data yang dapat dibuka sesuai dengan keinginan saja. Tentunya, aplikasi ini juga menawarkan hal lainnya dengan memberikan berbagai macam pilihan tools yang dapat digunakan juga.  Semua alat yang disediakan sangat beragam dan mempunyai fungsinya sendiri-sendiri. Anda harus rajin menggunakan aplikasi untuk menghafal pemakaian setiap tools yang ada. 

Penggunaan corelDRAW juga memberikan kemudahan lainnya karena menggunakan konsep pengembangan. Jadi, Anda dapat membuat apapun menggunakan beberapa tools yang sudah disediakan. Contohnya adalah bentuk dasar yang mudah dibuat. Anda dapat langsung menambahkan beberapa bentuk seperti lingkaran dan lainnya. 

Aplikasi CorelDRAW juga mempunyai warna yang cukup lengkap dalam proses edit. Anda tidak harus bolak balik palet untuk memberikan warna. Jadi, dapat langsung memilih dari warna yang memang sudah disediakan juga.

Demikian informasi sederhana berkaitan dengan corelDRAW adalah hal yang harus Anda ketahui. Anda pastinya akan lebih mudah dalam menggunakan corelDRAW jika sudah mengerti konsep dari programnya.

Posting Komentar