11 Contoh Poster Hemat Air Yang Bagus dan Mudah Digambar (2023)

Bingung mencari contoh poster hemat air yang menarik dan mudah dipahami? Yuk simak selengkapnya di artikel ini agar dapat mengetahuinya.

Air merupakan sumber kehidupan yang sangat berharga bagi seluruh manusia. Walaupun keberadaanya cukup melimpah, namun tidak dapat disepelekan. Mengapa demikian? Sadarkah Anda bahwa setiap harinya kebutuhan kita sehari-hari hampir seluruhnya menggunakan air. Mulai dari minum, mandi, mencuci, membuat makanan dan lain-lain, semua menggunakan air. 

Untuk itu kita perlu menghemat penggunaannya dengan baik serta menjaganya secara bijak agar kita dapat terus menggunakannya. Adanya artikel ini, mencoba menampilkan berbagai macam gambar-gambar contoh poster hemat air yang cukup mudah untuk digambar dan menarik.

Macam-Macam Contoh Poster Hemat Air 

Berikut ini ada beberapa macam contoh-contoh poster hemat air yang cukup mudah untuk Anda gambar dan dipahami. 

1. Gambar poster ajakan menghemat air

Wikielektronika.com

Berdasarkan gambar diatas, dapat kita ketahui bahwa setiap tetesan air yang Anda gunakan sangatlah berharga dan begitu berarti. Meskipun keberadaanya cukup melimpah, bukan berarti Anda sembarangan dalam penggunaannya. Anda harus dapat menghematnya dengan secukupnya dalam pemakaiannya.

2. Gambar poster ajakan jangan boros menggunakan air

Wikielektronika.com

Melalui gambar poster diatas, dapat Anda ketahui bahwa, kita diminta untuk jangan boros-boros dalam penggunaan air yang ada di bumi, serta harus dapat bijak dalam pemakaiannya., supaya kita dapat terus memakainya untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. bukan hanya itu saja, dengan Anda bijak dalam pemakaiannya, maka dapat membantu bumi kita dari kekeringan akibat tidak bijak dalam penggunaan air. 

3. Gambar poster ajakan hemat air sebelum terlambat

Wikielektronika.com

Contoh poster hemat air selanjutnya yakni kita masih diberi kesempatan dalam menyelamatkan bumi kita dari krisis air yaitu dengan cara gunakanlah air secukupnya demi menyelamatkan generasi yang akan datang agar terhindar dari krisis air. 

4. Gambar poster air sebagai jantung kehidupan

Tata ruang nasional.com

Gambar poster diatas, menunjukkan bahwa air seperti memiliki nyawa, dimana kehadirannya cukup membuat bahagia dan bermanfaat bagi semua orang. Poster tersebut dapat dijadikan sebagai peringatan yang efektif.

5. Gambar Poster Save Water Day

6. Poster Hari Air Sedunia

7. Poster Recycle Water

8. Poster Save Water Day

9. World Water Day

10. Gambar Poster Hemat Air Bahasa Inggris

11. Poster Hemat Air Yang Mudah Digambar

Alasan Perlu Menghemat Air 

Adapun beberapa alasan utama mengapa Anda perlu menghemat air. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Pemakaian yang tak terbatas

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa hampir seluruh aktivitas kita sehari-hari menggunakan air. Mulai dari minum, mandi, mencuci, membuat makanan dan lain-lain menggunakan air. Hal tersebut akan terjadi secara berulang-ulang. Oleh sebab itu, bijaklah dalam menggunakan air, karena bukan hanya Anda sajalah yang memakainya, hampir seluruh manusia di belahan bumi memakainya.

2. Air menjadi sumber pertumbuhan bahan makanan

Air merupakan sumber utama bagi pertumbuhan bahan-bahan makanan, seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan hewan ternak semuanya membutuhkan air agar terus dapat tumbuh dengan sehat serta subur. Oleh sebab itu, peran air sangat penting sekali bagi tumbuhan dan hewan. Tanpa adanya Air tentunya, lahan perkebunan atau pertanian akan mengalami kekeringan.

Lalu bagaimana tumbuhan akan dapat bertahan hidup? Hal ini jika sampai terjadi, bukan hanya menyebabkan terhambatnya siklus kehidupan, masyarakat pun akan mengalami kelaparan karena tidak memiliki pasokan makanan. Nah, maka dari ayolah menghemat air dimulai sekarang.

3. Air menjadi pelindung ekosistem serta satwa liar

Begitu pentingnya air dalam kehidupan, bukan hanya sebagai sumber pertumbuhan bahan makanan saja, melainkan juga sebagai sumber pelindung bagi ekosistem dan satwa liar. Mereka membutuhkan air agar dapat bertahan hidup, tanpa adanya air tak bisa dibayangkan, mungkin kehidupan didunia ini tak kan pernah dapat berjalan.

Oleh sebab itulah, mengapa kita sangat perlu menghemat air supaya seluruh makhluk hidup yang ada didunia ini dapat bertahan hidup.

4. Menghemat air sama seperti menghemat pengeluaran

Jika Anda dapat melakukan penghematan air secara bijak, maka Anda pun akan menghemat pengeluaran, mengapa bisa seperti itu? Mungkin Anda masih bingung, dan penasaran mengapa bisa terjadi.

Coba Anda bayangkan jika Anda dapat menghemat air, dan memakai secukupnya saja, secara tidak langsung tagihan listrik dirumah Anda pun akan dapat berkurang, sebab tidak terlalu seringnya mesin pompa air berjalan. Coba Anda praktekkan dan bedakan dengan bulan-bulan sebelumnya. 

Jika Anda menggunakan tips tersebut, Anda pun telah menghemat ratusan dan ribuan liter air untuk setiap tahunnya.

5. Terbatasnya pasokan air 

Kabarnya saat ini, ketersedian air tawar yang ada di bumi semakin terbatas dan mengkhawatirkan. Coba Anda bayangkan saja jika dari 70% air yang ada di bumi , hanya 0,03% saja yang terdiri dari air tawar. Sementara itu, popularitas setiap hari semakin bertambah sehingga membuat jumlah air yang ada di bumi semakin sedikit. 

Untuk menyelamatkan bumi kita, jika semua harus dapat melestarikan sumber daya yang jumlahnya semakin terbatas tersebut.

Baca juga:

Tips Menghemat Air 

Adapun beberapa tips dalam menghemat air yang perlu Anda lakukan demi menjaga bumi, agar tidak kekeringan.

1. Matikan keran jika tidak digunakan

Langkah sederhana dalam menghemat air yang perlu Anda lakukan adalah dengan mematikan kran yang sudah tidak digunakan. Kerap terjadi setelah selesai mandi orang-orang sering lupa untuk mematikan kran air, sehingga membuat air terbuang secara sia-sia.

2. Kurangi penggunaan air di musim panas.

Umumnya di musim panas penggunaan air cukup meningkat terutama dalam menyiram tanaman dan halaman rumah. Biasanya orang-orang akan lebih sering menyiram halaman rumah demi mengurangi debu yang bertebangan, namun apakah Anda tahu? Jika hal itu dilakukan terlalu sering dapat memperboros penggunaan air, untuk itu gunakanlah sekali sehari saja dalam menyiram halaman agar dapat menghemat air.

3. Merawat peralatan pipa air, kran air dan penampungan air 

Perlu diperhatikan bahwa dalam merawat pipa air, kran air, dan penampungan air pun perlu Anda lakukan juga. Jangan sampai salah satu dari peralatan tersebut ada yang rusak seperti bocor ataupun pecah, hal ini akan menyebabkan pemborosan air. 

4. Menampung air hujan

Menampung air hujan juga merupakan hal yang bermanfaat untuk dilakukan loh? Air yang sudah ditampung tersebut dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga sehari-hari seperti menyiram bunga, menyiram halam dan lain-lain. Selain itu juga, Anda pun dapat menghemat air dirumah Anda dan dapat digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih penting.  

Manfaat Menghemat air

Selain tips menghemat air, adapun manfaat dalam menghemat air yang perlu Anda ketahui, diantaranya yaitu.

  1. Menghemat biaya pengeluaran
  2. Mengurangi kekeringan serta kekurangan air.
  3. Melestarikan serta merawat lingkungan
  4. Menjaga persediaan makanan
  5. Meningkatkan kualitas air minum 

Demikianlah ulasan singkat mengenai contoh poster hemat air yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang bingung mencari contoh poster hemat air beserta penjelasannya.

Posting Komentar