Contoh Iklan Komersial: Pengertian dan Ciri-Cirinya

setiap harinya Anda pasti melihat iklan komersial, lantas seperti apa contoh iklan komersial itu? Langsung saja simak artikel berikut.

Setiap harinya kita selalu disuguhkan berbagai contoh iklan komersial dari beragam jenis media mulai dari iklan digital dari televisi dan internet, hingga iklan komersial cetak seperti yang ada di koran, majalah atau billboard. Memang iklan komersial ini sudah seperti makanan sehari - hari di hidup kita karena baik dimanapun dan kapanpun, kita akan selalu melihat dan mendengar iklan komersial.

Adanya iklan komersial tersebut tentu bukannya tanpa alasan karena pada dasarnya sebuah iklan memang dibuat sedemikian rupa untuk khalayak agar mereka dapat mengenal, menyadari keberadaan sebuah produk, layanan, orang, karya, dan lainnya. Dengan begitu nantinya produk yang ditawarkan bisa laku dan terjual. Itulah kenapa adanya iklan komersial ini cukup penting. 

Pengertian dan Contoh Iklan Komersial

Untuk pembahasan mengenai pengertian serta contoh iklan komersial, langsung saja simak penjelasan di bawah ini:

Pengertian Iklan Komersial 

Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk memasarkan jasa atau produk agar dapat dikenal oleh orang banyak. Karena dengan dikenalnya produk dan juga jasa ini membuat para khalayak nantinya menjadi ingin membeli untuk dapat memiliki atau menikmatinya.

Biasanya iklan komersial muncul di media massa, media digital, dan juga muncul di dalam aplikasi. tentunya iklan ini bertujuan untuk memberikan keuntungan dari perusahaan. Iklan komersial, tidak lain menjadi iklan yang berguna dalam memberikan dukungan kampanye jasa maupun produk sebuah perusahaan yang akan dijual atau ditawarkan.

Iklan ini juga bisa dikatakan sebagai penyampaian pesan yang berkaitan dengan item atau administrasi kepada para khalayak. dengan begitu, iklan komersial bisa memberikan dampak serta pengaruh kepada para khalayak agar tertarik untuk membeli barang ataupun menggunakan jasa.

Iklan komersial juga bisa disebut dengan iklan bisnis. Iklan bisnis berguna untuk mendapatkan sebuah pendapat. Apabila iklan dikemas dengan sistematis serta menarik, maka akan bisa memberikan dampak kepada khalayak seperti keingintahuan ataupun ketertarikan pada iklan itu.

Tidak hanya itu, iklan komersial juga bertujuan dalam memperoleh target pasar yang telah ditentukan oleh perusahaan. Dengan begitu, perusahaan bisa meningkatkan penjualan serta memperoleh keuntungan yang besar.

Selain itu, iklan komersial juga ditujukan untuk meyakinkan khalayak kalau produk atau layanan yang Anda tawarkan adalah yang terbaik. Hal tersebut bertujuan untuk merubah persepsi serta membentuk pandangan positif pada produk atau brand yang ditawarkan.

Targetnya tidak lain adalah agar konsumen mengambil tindakan, seperti berpindah merek dari kompetitor ke merek Anda. Selain itu, ketertarikan itu juga dapat ditujukan agar konsumen tetap setia dengan produk Anda jika mereka adalah pelanggan lama.

Baca juga:

Ciri – Ciri Iklan Komersial

Iklan komersial adalah salah satu dari banyak jenis iklan yang ada. Tiap - tiap jenis nya tentunya mempunyai ciri khasnya tersendiri. Berikut adalah beberapa Ciri – ciri dari iklan komersial diantaranya:

1. Berbayar

Ciri pertama dari iklan komersial adalah berbayar. Menyiarkan iklan komersial pada media cetak atau media digital tentu memerlukan sejumlah uang yang harus dikeluarkan terlebih dahulu. Tanpa adanya uang, tentu informasi yang terkait dengan produk atau jasa tidak bisa dipublikasikan dari media sehingga tidak bisa dikatakan sebagai iklan.

2. Non personal

Ciri berikutnya dari iklan komersial adalah nonpersonal, yang artinya pemberian informasi tidak dilakukan secara pribadi. Iklan komersial menggunakan media macam televisi dan media cetak yang sifatnya satu arah, dengan begitu iklan akan muncul dengan monolog, dan tidak dialog, serta Tidak ada kontak pada pemberi informasi dengan si penerima informasi.

3. Cepat dan Massal

Iklan komersial adalah media yang cepat dan massal karena sebuah iklan bisa disebarluaskan dari media cetak dan digital di berbagai tempat dan waktu. Iklan komersial bisa menjangkau banyak orang secara sekaligus karena itulah iklan komersial ini bersifat cepat serta massal.

4. Sponsor yang Teridentifikasi

Dari yourarticlelibrary.com, disebutkan kalau iklan komersial pada umumnya mempunyai sponsor yang teridentifikasi. biasanya, sponsor dari iklan komersial ini adalah penjual atau produsen yang gampang diketahui dan dikenali. apabila sulit mengidentifikasi sponsornya, informasi itu tidak dapat disebut sebagai iklan, dan lebih cocok disebut propaganda atau sekedar pengumuman saja.

5. Memiliki Target Audiens

Ciri iklan komersial yang berikutnya adalah target audiens. sebelumnya iklan disiarkan dengan memanfaatkan siaran televisi dan radio yang memiliki jangkauan audiensnya yang luas. Di masa sekarang ini, iklan juga muncul dan disiarkan dari media digital yang meskipun jangkauannya, platform ini tersegmentasi.

Tiap - tiap brand mempunyai buyer persona yang menjadi target mereka. Semakin terpusat sebuah focus iklan untuk segmen tertentu, maka akan semakin efektif juga iklan itu. Oleh sebab itulah, iklan - iklan komersial sekarang ini sudah dirancang khusus untuk menarik target audiens tertentu.

Contoh Iklan Komersial

1. Magnum

Siapa yang tidak kenal dengan ice krim satu ini, Magnum merupakah salah satu produk walls yang selalu disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan.

Promosi iklan yang terkenal dan kerap kali membagikan iklan yang menarik dan juga berkelas. Selalu menitik beratkan pada kualitas coklat pada es krimnya, berikut adalah contoh iklan komersial untuk produk es krim Walls Magnum:

“Nikmati setiap momen klasik bersama es krim Magnum. Es krim dengan coklat lembut yang dibalut dengan double coklat Belgia tebal. Apalagi untuk nongkrong seru bareng teman. Makin asyik, makin seru dengan es krim Magnum. Walls Magnum for pleasure seekers!”

2. Dancow

Iklan yang satu ini sampai sekarang tetap melekat pada banyak orang dan sudah berhasil mewujudkan sebuah tujuan. Dimana Dancow sudah menjadi sahabat oleh semua keluarga di Indonesia. Iklan komersial ini mempunyai slogan yang cukup terkenal dan hingga sekarang tetap diingat oleh banyak orang. Yaitu “Aku dan kau, suka dancow”

iklan dancow selalu memperlihatkan keluarga yang harmonis serta dengan anak-anak yang pintar serta sedang beraktivitas dengan keluarga di rumah.

3. Iklan Teh botol Sosro

Iklah yang satu ini menjadi ikan yang paling fenomenal di Indonesia karena tagline yang jenius hingga sekarang ini. Walaupun sekarang ini sudah banyak bermunculan produk – produk yang menjadi saingan dari Sosro namun iklan teh botol sosro tetap melekat di banyak orang.

tagline iklan ini menggambarkan beberapa orang dengan makanan yang berbeda namun memilih minum yang sama, yaitu teh botol sosro.

Itulah pembahasan mengenai contoh iklan komersial dan pengertiannya. Iklan komersial selalu memegang peranan penting dalam keberhasilan sebuah produk, oleh karena itulah iklan dibuat sedemikian rupa dan disebarkan lewat berbagai media agar khalayak dapat mengetahui dan mengenali produk yang ditawarkan.

Posting Komentar