15+ Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Lengkap dengan Cara Pembuatannya

Contoh iklan lowongan pekerjaan asli dan cara membuatnya agar pembaca bisa yakin

Siapa disini yang sedang mencoba untuk membuat iklan lowongan pekerjaan namun setelah dibuat ternyata orang tidak percaya jika loker tersebut asli? Untuk cara mudah membuatnya pertama kali adalah banyak melihat contoh iklan lowongan pekerjaan terlebih dahulu.

Membuat iklan lowongan pekerjaan untuk Koran dan media lainnya bukanlah pekerjaan yang mudah. Pasalnya tidak semua orang paham dengan ilmu pemasaran atau mempunyai wawasan luas mengenai dunia periklanan.

Untuk membuat sebuah iklan loker menarik harus sesuai dengan standar peminat banyak orang tertarik mendaftarkan diri.

Sangat penting untuk tahu apa saja yang harus ada dan tidak ada di iklan. Pengetahuan dasar ini akan membantu pembuatan iklan bisa lebih mudah dipercaya dan mendapatkan kandidat terbaik dari para pelamar pekerjaan yang diiklankan.

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan

Lowongan pekerjaan saat ini ada yang palsu, tidak semua lowongan pekerjaan itu sifatnya asli. Itulah kenapa sangat penting untuk tahu bagaimana cara membuat iklan lowongan pekerjaan asli. Berikut contoh paling umum agar mudah dimengerti sebelum membahas lebih lanjut:

Iklan Lowongan Pekerjaan Umum Sesuai Format

PT Maju Tani Raya membuka lowongan pekerjaan menjadi cleaning service

Persyaratan :

Surat Lamaran Kerja

Foto Copy Ijazah Terakhir (minimal SD)

Photo Warna 3x4 3 lembar

Daftar Riwayat Hidup

Foto Copy KTP dan KK

SKCK yang masih berlaku

Benefit :

Gaji pokok

Bonus dan tunjangan

Makan siang

Surat lamaran bisa diantar langsung atau melalui email

Alamat : Jl. Pulau Sebesi No.20 Sukarame, Bandar Lampung

Batas akhir : 02 November 2022

Email : Hrdmajutaniraya@gmail.com 

Iklan Lowongan Pekerjaan di Koran

Sebelum iklan lowongan pekerjaan tersebar di internet, Koran menjadi salah satu media pertama yang memuatnya. Untuk penulisan iklan lowongan pekerjaan di Koran biasanya ditulis dengan format kolom dan baris. Untuk gambaran contohnya yaitu:

Dapur Nays membuka lowongan

Juru masak : pria atau wanita berpengalaman di bidang yang sama, rapi, bersih dan cekatan.

Admin :  wanita, belum menikah, paham tentang pembukuan

Kirim lamaran lengkap ke : Jl. Pulau Sebesi No.20 Sukarame, Bandar Lampung

Iklan Lowongan Kerja Baris

Untuk lowongan kerja yang iklannya berupa iklan baris ini jauh lebih singkat lagi. Bahkan ada kata atau kalimat yang disingkat demi bisa penuh di baris yang disediakan karena terbatas tempat dan biaya pemberian iklannya :

LOWONGAN MARKETING 

baris 1 :  Perumahan Griya Sejahtera : Memasarkan rumah tanpa DP cicilan rendah bebas biaya akad ada gaji pokok hub: -0245272910

baris 2 : Minuman 2 Rasa :  Berpenampilan menarik belum menikah ada gaji pokok dan tunjangan minat hub : 089272718

Iklan Lowongan Pekerjaan di Media Sosial

Pembuatan iklan di media sosial saat ini lebih totalitas karena memiliki unsur enak dilihat.  Untuk membuatnya harus bisa mengedit foto dan juga desain paling tidak hanya ilmu paling standar dari iklan itu sendiri.

Pasalnya iklan di media sosial akan lebih menarik dan atraktif. Gambarnya juga menyesuaikan dengan perusahaan atau instansi lainnya yang sedang membuka lowongan kerja tersebut.

Iklan Lowongan Kerja di Brosur atau Pamflet

Isi dari lowongan pekerjaan yang dicetak dalam bentuk brosur atau pamphlet biasanya lebih ringkas secara isi. Ilustrasi yang digunakan juga menarik sehingga siapapun yang membaca ikut tertarik untuk mendaftar pada lowongan tersebut.

Bahasa yang digunakan juga cukup ringkas artinya tidak terlalu panjang dan bertele-tele. Tujuan dari iklan brosur atau pamflet ini memaksimalkan dalam mencari kandidat apalagi jika kandidat yang dicari bukan yang aktif di media sosial.

Baca juga: 

Gambar Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan

1. Iklan Lowongan Pekerjaan Admin Pemasaran

2. Lowongan Pekerjaan Asisten Manager

3. Iklan Lowongan Pekerjaan Staf

4. Iklan Lowongan Pekerjaan Konsultan

5. Iklan Lowongan Pekerjaan Staf Gudang

6. Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Bahasa Inggris

7. Iklan Lowongan Kerja Asisten Admin

8. Iklan Lowongan Pekerjaan Jurnalis

9. Iklan Lowongan Pekerjaan Asisten Psikolog

10. Iklan Lowongan Pekerjaan Graphic Designer

11. Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Developer

12. Iklan Lowongan Pekerjaan Admin Media Sosial

13. Iklan Lowongan Pekerjaan Pelayan Full Time

14. Iklan Lowongan Staf Kantor

15. Iklan Lowongan Pekerjaan Jasa Layanan

Cara Pembuatan Iklan Lowongan Pekerjaan

Setelah mempelajari contoh iklan lowongan pekerjaan di atas selanjutnya adalah ke tahapan cara pembuatan iklannya. Cara ini tak boleh terlewatkan karena belajar hanya lewat contoh saja akan kurang maksimal tanpa tahu cara di bawah ini:

1. Menentukan Target Iklan

Tiap perusahaan pasti ingin mendapatkan pelamar yang berkualitas. Inilah kenapa pembuatan iklan harus langsung sesuai dengan target. Tujuannya adalah memudahkan proses penyeleksian ke tahap selanjutnya agar bisa lebih maksimal lagi.

Meski lowongan pekerjaan identik dengan kalimat yang singkat  namun tulis secara spesifik itu penting. Sehingga nantinya orang bisa menilai apakah cocok atau tidak menduduki posisi di pekerjaan yang akan dilamar.

Tidak ada salahnya menuliskan job desk perusahaan sehingga bisa lebih maksimal dalam mendapatkan pelamar yang sesuai.

2. Memasukkan Alamat Pengiriman

Jangan membingungkan pelamar dengan menjelaskan pekerjaan dan ketentuan tanpa menuliskan alamat kemana harus dikirim. Alamat ini bisa dituliskan mulai dari alamat fisik kantor atau bisa juga alamat email jika menerima pendaftaran secara online.

Akan lebih baik jika mencantumkan alamat email dengan jelas dan baik. Tulis juga tanggal berapa batas pengiriman lamaran sehingga para pelamar tidak terus menyodorkan lamaran meski sudah tutup tenggat waktunya.

3. Menuliskan Benefit

Sesuai dengan sifatnya iklan harus dibuat semenarik mungkin sehingga minat pelamar mengirimkan juga tinggi. Setiap orang yang mencari pekerjaan pasti punya harapan bekerja di perusahaan yang tinggi dan mengayomi.

Untuk itulah wajib untuk mencantumkan keuntungan apa saja yang didapatkan jika pekerja ini mendaftarkan diri di perusahaan. Namun, jangan tulis benefit hanya untuk menarik para kandidat melainkan apa yang ditulis memang harus diberikan kepada karyawannya.

4. Cantumkan Nomor Telepon

Meski ini tidak wajib tapi dengan mencantumkan nomor telepon maka lowongan pekerjaan akan lebih dipercaya. Apalagi jika nomor tersebut benar nomor resmi perusahaan sesuai yang tertera di internet. 

Mencantumkan nomor telepon ini tidak wajib. Namun bisa memberikan dampak besar dalam membangun kepercayaan kandidat pelamar pekerjaan yang ingin mengirimkan berkas lamaran baik online ataupun offline.

5. Buat Menarik

Sifat dasar iklan seluruhnya adalah menarik meskipun iklannya sendiri berbentuk iklan lowongan pekerjaan. Semakin menarik iklan maka semakin banyak kandidat yang terpengaruh untuk mendaftarkan diri ke suatu perusahaan apalagi  jika profil perusahaannya profesional.

Iklan menarik ini memang lebih identik dengan iklan lowongan pekerjaan yang ada di media sosial. Tidak ada salahnya untuk memulai iklan lowongan pekerjaan dengan mengeditnya menggunakan aplikasi tertentu meski dalam tahapan belajar.

Itu dia cara lengkap untuk membuat sebuah iklan lowongan pekerjaan supaya dipercaya dan terlihat profesional sesuai dengan media yang dipilih. Membuat iklan merupakan pekerjaan yang tidak bisa diremehkan karena semua hal butuh iklan.

Adanya 5 contoh iklan lowongan pekerjaan di atas bisa membantu pemahaman para pengiklan dalam menuliskan iklan lowongan pekerjaan yang baik. Yang terpenting adalah iklan tidak memiliki unsur penipuan sedikit pun.

Posting Komentar