Pegertian Fax Adalah: Nomor, Ragam Jenis dan Cara Memilihnya

Penasaran dengan pengiriman dokumen versi orang dulu yang ada hingga saat ini? Langsung cek informasi terkait fax adalah!

Ada banyak hal yang harus orang lakukan dalam pekerjaan. Salah satunya adalah mengirim dan menerima dokumen. Orang juga perlu menerima informasi atau saling bertukar informasi untuk pekerjaan. Sekarang ini, banyak yang menggunakan email untuk pengiriman. Namun, fax adalah salah satu hal yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Masih ada banyak penggunanya juga. 

Sebenarnya, alat yang satu ini sudah cukup tua untuk dimanfaatkan di masa modern seperti ini. Walaupun begitu, masih banyak perusahaan yang menganggap fax sebagai jalan tepat dalam mengirimkan dokumen secara fisik dan lainnya dengan jauh lebih cepat. Anda tidak usah mengkhawatirkan kualitas yang diberikan karena selama ini tidak ada masalah penggunaan. 

Pengertian dari Fax Adalah

Sebelum lanjut ke pembahasan yang lebih dalam hingga ke jenisnya. Maka, akan lebih baik jika Anda mengetahui pengertiannya jauh lebih dulu. Tentunya, fax diambil dari kata Faksimile atau Faximile. Karena itu, dikenal sebagai fax.  Untuk pengertiannya sendiri, fax adalah mesin yang digunakan untuk mengirimkan dokumen dengan baik dan menghemat tenaga. 

Jadi, mesin akan membuat salinan secara jelas untuk melakukan pengiriman dokumen. Tentunya, dapat dibuat secara berulang sehingga membantu penghematan waktu juga. Dokumen apapun dapat dikirimkan dengan salinan yang sangat mirip.  Proses yang sangat cepat untuk pengiriman ini memang menarik perhatian banyak kantor juga. 

Walaupun jika dibandingkan dengan zaman dulu, jumlah pemakaian mesin jauh lebih sedikit, tetap saja, fax masih mempunyai banyak pengguna untuk mengirimkan dokumen. Apalagi pemakaiannya cenderung mudah karena Anda hanya perlu memasukkan nomor telepon untuk penerima dokumen saja. Masukkan dokumen yang akan dikirimkan menggunakan kertas khusus dan langsung kirim saja. 

Nomor Fax Adalah

Tahukah anda apa itu No Fax setelah mengetahui pengertian dari Fax itu senditi? Nomor Fax adalah sederet angka yang jejeran yang dimana dipakai sebagai tanda pengenal atau alamat seperti halnya Nomor HP pada ponsel anda. Nomor fax alias (faksimile) berperan sebagai identitas pengirim dan yang menerima pesan. 

Angka pada nomor faximile sendiri sama dengan nomor pada telephone rumah yakni berkisar dari angka 0 - 1 sampai dengan 9. Dan umumnya dimulai dengan kode daerah selanjutnya diikuti beberapa digit nomor di belakangnya. Sebagai Contoh nomor fax misalkan (021) 3854393, (022) 42233450. Yang mana tiga digit nomor diawalnya ialah nomor kode pada daerahnya masing-masing.

Untuk daerahnya sendiri 021 adalah identitas No fax untuk daerah Jakarta, 022 daerah Bandung dst. Dan nomor yang ada di belakangnya adalah nomor faksimile. No fax biasanya digunakan pada saat kita ingin mendaftarkan suatu hal entahlah itu untuk NPWP atau saat ingin mendaftarkan toko online anda di tokopedia. Bila anda menjumpai kolom nomor faximile dalam suatu formulir registrasi, sebenarnya anda dapat kosongkan kolom itu karena umumnya kolom tersebut sifatnya optional (dapat diisi juga dapat dikosongkan).

Baca juga:

Ragam Mesin Fax 

Untuk kemudahan dalam pembelian atau pemakaian mesin fax, Anda harus mengetahui beberapa jenis mesin yang tersedia juga. Fax adalah alat yang tersedia dengan berbagai macam jenis sehingga mempunyai harga dan fungsi yang berbeda. Tentunya, kualitas yang ditawarkan untuk pemakaian juga mempunyai perbedaan. Anda dapat memilih beberapa jenis mesin berikut ini: 

1. Thermal paper fax

Jenis yang banyak digunakan adalah thermal paper fax.  Sesuai dengan namanya, Anda harus menggunakan kertas khusus jika memilih mesin ini dalam kepentingan mengirimkan dokumen. Bukan menggunakan kertas biasa melainkan kertas thermal.  Banyak yang menggunakan kertas ini untuk perhitungan transaksi dan lain sebagainya sekarang. 

Anda harus membeli kertas gulungan ini dalam pemakaian untuk berbagai kepentingan. Jenis fax ini cukup berbeda dengan yang lainnya dan tulisan yang dihasilkan juga bagus. Namun, mesin tidak tepat digunakan jika Anda akan melakukan banyak aktivitas pengiriman atau penerimaan dokumen sendiri. 

2. Plain Fax

Selain menggunakan kertas thermal, orang juga mengenal jenis mesin lainnya yang mempunyai banyak manfaat. Mesin tersebut adalah plain paper fax.  Mesin ini dapat dimanfaatkan dengan menggunakan kertas polos kosong. Ada berbagai pilihan kertas yang masuk ke dalam plain paper.  Anda hanya perlu melakukan pemilihan dengan baik untuk kertas yang diinginkan. 

Jika dibutuhkan ukuran A4, masukkan saja kertas tersebut. Pastikan merupakan plain paper dalam pemakaian mesin. Anda dapat memasukkan kertas letter kemudian A4 atau juga HVS. Masih merupakan mesin yang digunakan untuk aktivitas sedang dalam pengiriman. Untuk bahan yang akan dipakai mesin adalah ink cartridge atau juga ribbon film. 

3. Laser fax

Pilihan lainnya yang dapat dimanfaatkan dengan mudah adalah laser fax.  Anda dapat menggunakan mesin ini untuk kenyamanan dalam beraktivitas. Mesin yang menggunakan bahan toner ini banyak digunakan untuk transaksi. Dibandingkan dengan kedua mesin sebelumnya, fax ini dapat menerima lebih banyak pekerjaan. Selain itu, sudah lengkap dengan printer dan juga scanner sebagai fasilitas. 

Fungsi dari mesin ini adalah mengirimkan data yang sudah Anda bubuhkan. Anda juga dapat memanfaatkan mesin sebagai alat untuk komunikasi.  Kelebihannya adalah dapat dijadikan sebagai sarana untuk menyalin dokumen atau kertas yang ingin diduplikasi. 

Cara Memilih Mesin Fax 

Fax adalah perangkat yang harus dipilih dengan baik untuk kenyamanan dalam pemakaian. Ada beberapa cara mudah yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pemilihan pada mesin fax.  Dengan memilih mesin yang tepat, Anda tidak harus menukar atau menambah mesin lagi. Cukup manfaatkan beberapa langkah berikut dalam pemilihan mesin berkualitas: 

1. Rekomendasi orang 

Langkah mudah dalam pembelian mesin yang sesuai dengan keinginan adalah menggunakan rekomendasi dari orang lain. Pastinya, masih ada banyak orang yang menggunakan fax untuk berbagai kegiatan dalam pekerjaan. Anda dapat meminta rekomendasi dari orang lain sebagai salah satu cara yang cepat untuk dimanfaatkan. Coba tanya kepada teman atau kerabat Anda. 

Akan lebih mudah halnya jika bertanya kepada teman yang bekerja di kantor atau perusahaan besar juga. Biasanya, masih banyak yang menggunakan mesin fax untuk kepentingan pengiriman dokumen secara cepat. Anda dapat memperoleh saran yang sesuai hingga informasi lengkap. Bahkan, teman Anda mungkin tahu tempat yang menjual mesin berkualitas juga. 

2. Rekomendasi internet 

Anda juga dapat menggunakan langkah lainnya dalam pemilihan dengan menggunakan rekomendasi dari internet. Pemilihan dengan internet menjadi hal penting untuk dilakukan. Anda hanya perlu memasukkan kata kunci mesin fax dalam kolom pencarian. Akan muncul berbagai macam pilihan mesin yang dapat digunakan untuk pengiriman. Tidak usah pusing dalam pemilihan dengan ini. 

Jika menggunakan rekomendasi internet dalam pemilihan mesin, Anda akan memperoleh kemudahan. Cukup cari mesin yang paling banyak direkomendasikan oleh berbagai macam situs internet. Jika bisa, Anda juga harus mencari yang mempunyai posisi atau peringkat tinggi jika dilihat dari rekomendasi internet yang orang berikan. 

3. Review fax 

Pencarian juga dapat dilakukan dengan mudah jika Anda menggunakan Youtube atau membaca ulasan berkaitan dengan mesin. Biasanya, dalam aplikasi belanja, banyak orang yang akan memberikan review pemakaian. Untuk masalah percaya atau tidak, hal ini tergantung pada Anda yang akan melakukan pembelian. Baca ulasan berkaitan dengan produk dan manfaatnya juga. 

4. Sesuaikan anggaran 

Mesin fax bukan sesuatu yang murah sehingga Anda dapat membeli dalam jumlah ratusan dan lain sebagainya. Setiap mesin ini mempunyai harga yang berbeda tergantung pada kualitas atau kemampuan yang dimiliki juga. Anda dapat membeli mesin yang mempunyai harga murah untuk kenyamanan sendiri. Hindari mencari yang terlalu mahal jika tidak mempunyai anggaran tersebut. 

5. Pilih jenisnya 

Anda juga harus menyesuaikan jenis fax yang dipilih dengan kebutuhan pemakaian. Ada beberapa jenis tersedia seperti yang sudah Anda tahu sebelumnya. Penting halnya untuk memilih jenis terbaik yang sesuai. 

Demikian informasi berkaitan dengan fax adalah serta hal sederhana yang perlu diketahui. Dengan melakukan pemilihan akan mesin yang ingin digunakan, Anda dapat memperoleh kemudahan dalam pemakaian. 


Posting Komentar