Contoh Iklan Media Cetak: Pengertian, Ciri dan Tipe Iklan Media Cetak

Media cetak menjadi salah satu medium yang digunakan untuk beriklan, lantas seperti apa contoh iklan media cetak? Langsung saja simak artikel berikut.

Sejak dulu media cetak sudah menjadi sarana beriklan yang sering digunakan dan diandalkan. Walaupun kini sudah banyak iklan – iklan digital di website dan sosial media, namun nyatanya media cetak masih tetap menjadi sarana iklan yang efektif digunakan. Karena itulah hingga sekarang ini berbagai contoh iklan media cetak masih bisa kita temukan baik itu di koran, majalah, dan lainnya.

Adanya contoh iklan media cetak tentu bukannya tanpa alasan karena pada dasarnya iklan memang dibuat sedemikian rupa untuk khalayak agar mereka yang sedang membaca media cetak seperti koran atau majalah jadi bisa mengenal, menyadari keberadaan produk, layanan, orang, karya, dan lainnya. Selain itu iklan media cetak juga memiliki ciri khasnya dan juga kelebihannya tersendiri.

Pengertian dan Contoh Iklan Media Cetak

Untuk pembahasan mengenai pengertian serta contoh iklan media cetak, langsung saja simak penjelasan di bawah ini:

Pengertian Iklan Media Cetak 

Sebelum masuk ke contoh iklan media cetak ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu iklan media cetak. Pada dasarnya iklan media cetak merupakan salah satu bentuk iklan yang dilakukan dengan cara menggunakan media cetak sebagai sarana nya.

Iklan media cetak ini juga biasa dikenal dengan istilah print advertising, iklan media cetak adalah upaya promosi yang memanfaatkan media cetak macam pamphlet, koran, tabloid, billboard, dan lainnya untuk mengiklankan layanan dengan menarik ke calon pelanggan untuk kepentingan bisnis.

Jenis iklan media cetak adalah bentuk umum dari iklan yang bisa dibilang adalah paling tua. Iklan media cetak ini memiliki tujuan untuk mempengaruhi orang yang membacanya agar mau menggunakan atau membeli produk atau jasa yang diiklankan.

Atau sedikitnya dengan membaca iklan di media cetak ini para pembaca jadi terbangun brand awareness nya pada sebuah merek atau produk, walaupun tidak secara langsung melakukan pembelian. Hingga saat ini, iklan media cetak masih tetap menjadi andalan dan dimanfaatkan untuk menjangkau serta melibatkan khalayak dengan pengaruh dan daya beli yang signifikan.

Walaupun Sekarang ini sudah banyak yang menggunakan dan memanfaatkan iklan elektronik, tetapi iklan media cetak tetap menjadi andalan dan bersaing sebagai salah satu sarana pemasaran.

Ciri – Ciri Iklan Media Cetak

Ada banyak jenis - jenis iklan yang biasa muncul di media, yang mana tiap - tiap jenisnya mempunyai ciri khas yang berbeda - beda. Penjelasan mengenai apa saja karakteristik serta ciri-ciri iklan media cetak adalah sebagai berikut:

  1. Ditulis dengan bahasa yang santai tetapi juga formal
  2. Pemasangannya dilakukan berdasarkan kolom serta baris yang tersedia
  3. Penjelasan produk bisa dibuat dengan lebih rinci
  4. bisa berbentuk hanya tulisan, atau gabungan antara tulisan dan gambar
  5. Penyebarannya dilakukan dengan media cetak
  6. Iklan hanya dapat dilihat dan dibaca saja.
Baca juga:

Tipe Iklan Media Cetak

Koran

Koran ataupun pesan berita berisi kabar terbaru yang. Media cetak ini juga memberi peluang untuk siapapun untuk memasang iklan. Tipe iklan yang terdapat pada koran adalah iklan baris dan iklan kolom yang isinya lowongan kerja, penjualan, penawaran, dan pencarian.

Majalah

Majalah adalah tipe media cetak berikutnya yang isinya cerita pendek, foto, review, dan juga data terkini tentang sebuah topik. Tujuan dari majalah adalah untuk memberikan hiburan pada pembacanya. Tipe iklan ini pada umumnya adalah iklan advertorial yang isinya seperti iklan produk dengan tematik.

Brosur

Brosur adalah lembar data yang isinya adalah banyak kecil taman, dengan begitu brosur tidak memerlukan catatan isi. Data dicetak di sebuah kertas serta dilipat jadi 2- 3 taman. Brosur menjadi media promosi untuk produk dan jasa, event, dan juga komunitas. Brosur biasanya hanya terdiri dari satu iklan di tiap terbitannya.

Banner

Banner memiliki dimensi yang besar dan juga bervariasi tergantung kebutuhan dengan bentuk yang horizontal. Banner adalah media promosi yang digunakan dengan metode mengikatkan tiang banner pada lubang yang sudah disediakan pada sisi pojok banner, dengan begitu banner dapat berdiri kuat.

Banner ditaruh pada tempat orang ramai berlalu- lalang. Isi banner biasanya adalah himbauan, slogan, dan lainnya.

Billboard

Billboard biasanya terdapat di pinggir jalan raya. Ukurannya yang cukup besar ini menjadikan isinya dapat terbaca oleh orang yang lewat. Billboard adalah papan iklan yang tempatnya sudah permanen. biasanya ada dua sampai tiga iklan yang terpasang dalam masanya. Billboard sering digunakan oleh industri besar karena biaya pembuatan dan pemasangan nya yang cukup tinggi.

Contoh Iklan Media Cetak

Contoh iklan baris

Contoh iklan media cetak berbentuk baris dapat ditemukan pada koran dan biasanya terdiri dari 2 hingga 4 baris saja. Dengan keterbatasan ruang yang ada, umumnya kalimat di jenis iklan baris akan ditulis dengan singkat, padat, dan jelas.

Iklan baris sering digunakan untuk menjual barang, menawarkan jasa, atau mempromosikan lowongan pekerjaan. Harga pemasangan iklan baris ini dihitung berdasarkan jumlah karakter atau baris yang dipakai. Berikut ini adalah contoh iklan baris:

Iklan baris memiliki tampilan yang sederhana, hanya terdiri dari bahasa singkat tanpa adanya gambar. peletakannya juga dikelompokan pada bagian sub kategori di satu halaman.

Contoh iklan kolom

Perbedaan dari jenis iklan media cetak berbentuk baris dan kolom adalah untuk iklan kolom terdiri dari tulisan yang disertai dengan gambar, dengan begitu akan jadi menarik.

Peletakan iklan kolom juga bisa dilakukan berdasarkan kebutuhan, contohnya Anda ingin ukuran kolom yang besar, atau diletakkan di sisi atas halaman koran. Iklan kolom juga dapat digunakan dalam mempromosikan produk elektronik, kendaraan, ataupun iklan layanan masyarakat.

Gambar diatas adalah contoh iklan cetak kolom yang dipakai dalam mempromosikan produk mobil. Tentu saja iklan ini terlihat semakin menarik karena disertai dengan gambar

Contoh Iklan Flyer

Flyer merupakan lembaran yang berisi tentang suatu promosi tentang barang atau jasa yang mana sifatnya sementara. Biasanya flyer dibagikan kepada orang yang lewat atau lalu – Lalang di jalan raya atau ketika masuk ke sebuah tempat.

Iklan flyer ini cukup mudah digunakan dan juga memiliki biaya pembuatan yang murah, karena itulah media flyer ini sering digunakan oleh perusahaan atau perorangan.

Itulah pembahasan mengenai contoh iklan media cetak dan pengertiannya. Iklan media cetak masih memegang peranan penting dalam pemasaran  sebuah produk, oleh karena itulah iklan media cetak dibuat sedemikian rupa dan disebarkan agar khalayak dapat mengetahui dan mengenali produk yang ditawarkan.

Posting Komentar