Pengertian Visi dan Misi, Perbedaan dan Contohnya (Lengkap)

Dalam menjalani hidup ini kita memerlukan visi dan misi sebagai acuan, lantas apa pengertian visi dan misi? Berikut pembahasannya.

Anda pasti sudah sering mendengar kata “visi dan misi” entah saat di sekolah, di tempat kerja, atau saat sedang masa kampanye. Lantas apa sebenarnya pengertian visi dan misi itu? Kedua kata ini memang tidak terpisahkan dan selalu muncul Bersama, namun pada kenyataannya baik visi maupun misi sebenarnya adalah dua hal yang berbeda dan tidak sama.

Umumnya visi dan misi ini disampaikan ketika tengah menggambarkan rencana yang akan menjadi tujuan dari instansi ataupun kepentingan seseorang kedepannya. Biasanya mereka mempunyai gagasan target-target baik dalam jangka panjang maupun target jangka pendek. Visi dan misi ini juga menjadi acuan dan landasan dari pergerakan dan aktivitas yang akan dijalankan kedepannya.

Pengertian Visi Dan Misi

Untuk pembahasan mengenai pengertian visi dan misi, Contoh beserta Penjelasannya, langsung saja simak penjelasan di bawah ini:

Pengertian Visi

Dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) visi memiliki arti penglihatan; pengamatan, kemampuan untuk merasakan sesuatu yang tak tampak dari kehalusan jiwa serta ketajaman penglihatan, kemampuan untuk melihat pada inti persoalan, pandangan atau wawasan ke depan. 

Secara umum visi adalah sebuah rangkaian kata yang merujuk pada impian, cita - cita dan nilai inti sebuah keinginan sekelompok orang atau secara pribadi dengan pandangan yang jauh ke masa depan demi mencapai sebuah tujuan yang diinginkan.

Pada dasarnya visi dijadikan sebagai panutan gambaran akan situasi dan karakteristik mengenai arah kemana tujuan perjalanan selanjutnya. Sehingga dengan adanya visi bisa menjadi alarm untuk selalu mampu eksis, antisipatif dan inovatif.

Visi ini bisa mengalami perubahan dan perkembangan sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman yang tidak dapat diprediksi kedepannya. Oleh sebab itulah visi ini biasanya tidak ditulis dengan detail, tetapi digambarkan untuk menjelaskan detail gambaran sistem yang dijadikan tujuan. 

Oleh sebab itulah terdapat beberapa syarat sebuah kata atau kalimat dapat dikatakan memenuhi kriteria visi yaitu tidak dibuat berdasarkan kondisi di masa kini, berorientasi ke depan dan mewakili kreativitas serta berlandaskan dari prinsip nilai - nilai yang mengandung penghargaan pada masyarakat.

Pengertian Misi 

Arti dari misi lebih berfokus pada bagaimana cara - cara untuk melaksanakan visi yang telah ditentukan. What be believe we can do artinya apa yang bisa dipercaya, akan dapat Anda lakukan. Itulah perbedaan Perbedaan visi dengan misi apabila diartikan secara harfiah.

Misi merupakan sebuah pernyataan mengenai apa yang harus dilakukan demi dapat mewujudkan apa yang visi telah dibuat. Misi ini seperti tahapan - tahapan kecil yang dibagi guna mempermudah dan juga sebagai bentuk usaha nyata dalam memberikan arah dan batasan-batasan dalam mencapai tujuan.

Secara singkatnya, misi bisa dikatakan sebagai prioritas, metode, atau nilai-nilai kerja yang dijadikan landasan guna menjadi penunjuk garis besar dalam mewujudkan visi yang ada. Walaupun keduanya ini berbeda, namun tetap saja misi dan visi adalah sebuah kesatuan yang harus ada dan tidak terpisah.

Perbedaan Visi dan Misi 

Mungkin bagi Sebagian orang, agak sulit untuk membedakan antara visi dengan misi. Untuk memudahkan Anda, berikut adalah perbedaan visi dengan misi:

Visi lebih menjurus pada gambaran pada garis besar, tujuan utama, atau cita - cita tertentu dari sebuah perusahaan, organisasi, maupun instansi di masa mendatang atau masa depan. Sedangkan misi ini lebih menjurus pada gambaran dari Langkah - langkah yang akan dilakukan agar dapat mewujudkan cita - cita itu.

Visi lebih seperti cita - cita dengan jangka panjang dan juga mempunyai orientasi yang ke depan. sedangkan misi ini lebih seperti cita - cita jangka pendek yang arahnya lebih berfokus pada masa sekarang ini.

Biasanya, visi ini bersifat tetap atau permanen. Dengan begitu ketika sebuah instansi atau lembaga tertentu mengusung visi, mereka tidak akan cenderung untuk mengubah visi itu. Hal tersebut juga cukup terkait dengan konsistensi dan kredibilitas pada lembaga yang bersangkutan. 

Untuk misi ini biasanya bisa berubah ketika misi yang dibuat dianggap tidak sukses atau gagal dalam mewujudkan visi atau cita-cita instansi atau individu.

Selain itu, visi terdiri dari beberapa kata atau sederet kalimat saja atau poin yang biasanya lebih padat, jelas, dan mewakili para anggotanya. sedangkan untuk misi ini biasanya mempunyai beberapa kalimat sebagai penjabaran dari visi. Karena itulah misi umumnya mempunyai jumlah kata yang lebih panjang daripada kata yang terdapat di visi.

Untuk visi, biasanya berisi pernyataan yang bersifat umum. sedangkan misi umumnya isinya lebih ke pernyataan yang lebih spesifik dan terfokus pada satu hal.

Baca juga:

Contoh Visi dan Misi 

Berikut adalah beberapa contoh visi misi untuk memudahkan Anda dalam memahami seta membuat visi dan misi:

1. Contoh Visi Misi Perusahaan

Contoh Visi

Menjadi perusahaan terkemuka dalam bidang sosial yang mengutamakan penyelenggaraan program bertema sosial dan asuransi wajib sejalan sesuai dengan kepentingan masyarakat.

Contoh Misi

Bakti kepada masyarakat, dengan mengutamakan perlindungan dasar dan pelayanan prima sejalan dengan kebutuhan masyarakat.

Bakti kepada lingkungan, dengan memberdayakan potensi sumber daya bagi keseimbangan dan kelestarian lingkungan.

Bakti kepada negara, dengan mewujudkan kinerja terbaik sebagai penyelenggara program asuransi sosial dan asuransi wajib, serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Bakti kepada korporasi, dengan mewujudkan keseimbangan kepentingan agar produktivitas bisa dicapai dengan optimal demi kemajuan sebuah perusahaan.

2. Contoh Visi Misi Sekolah

Contoh Visi

Mewujudkan sekolah yang menghasilkan generasi – generasi insan yang cerdas secara akademik dan non akademik serta akhlak yang mulia mengembangkan budaya bangsa yang berilmu.

Contoh Misi

Meningkatkan dan mengembangkan kegiatan pembelajaran berkarakter

Meningkatkan dan menumbuhkembangkan pembelajaran yang berbasis Teknologi Informasi Komunikasi agar para siswa tidak melek dengan perkembangan teknologi.

Mengadakan berbagai kegiatan manajemen layanan pendidikan yang modern dan pandai.

Melaksanakan kegiatan belajar - mengajar yang berkualitas dan bermutu tinggi.

Meningkatkan dan mengembangkan kegiatan pendidikan lingkungan hidup dan sehat dari polusi.

3. Contoh Visi Misi Pribadi

Contoh Visi

Menjadi manusia yang berkepribadian tangguh yang bisa membawa diri sendiri dan juga keluarga ke dalam kehidupan yang bahagia di dunia maupun di akhirat, dan juga kehidupan yang tentunya dapat bermanfaat untuk orang lain.

Contoh Misi

Belajar dengan giat, dan menambah ilmu yang mungkin bisa bermanfaat dalam memulai berwirausaha.

Selalu menggali ilmu-ilmu baru (yang berkaitan dengan pengembangan kemampuan) dan menambah jaringan koneksi atau kemitraan.

Membentuk karakter diri yang selalu memperhatikan serta mengarahkan perilaku pribadi ke arah yang lebih baik.

Membuat perencanaan untuk berbagai hal yang akan dilaksanakan.

Menerapkan kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari.

Mencoba merintis usaha dan mencoba untuk selalu mengembangkan diri agar bisa menampung pekerja.

Itulah pembahasan mengenai pengertian visi dan misi serta perbedaan dan contohnya. Walaupun secara definisi berbeda, namun visi dan misi adalah satu kesatuan yang sama yang harus ada.

Posting Komentar