Tulisan Arab Assalamualaikum Yang Benar, Latin dan Artinya (Lengkap)

Sebagaimana kita yang merupakan umat muslim untuk mengetahui tulisan arab Assalamualaikum lengkap dengan latin dan artinya.

Salam merupakan salah satu adab yang disiapkan oleh semua umat. Sam sendiri dapat berupa berbagai jenis pecahkan salah satu diantaranya yakni assalamualaikum. Kata assalamualaikum merupakan salam yang diucapkan oleh umat muslim. Sunnah hukumnya bagi seorang muslim yang bertemu dengan saudaranya untuk mengucapkan kata salam tersebut. Oleh sebab itulah, tak ada salahnya untuk mengetahui tulisan arab Assalamualaikum.

Jika Anda ingin mengetahui tulisan arab ini Anda bisa menemukannya di alam artikel kali ini.

Tulisan Arab Assalamualaikum, Latin dan Artinya

Ucapan salam atau dalam tulisan arabnya سلام dan jika dilatinkan yakni salam atau salaam. Arti kata tersebut diartikan sebagai Damai. Dari maknanya saja ucapan salam ini memiliki keutamaan tersendiri. 

Sebagaimana ajaran Rasulullah ucapan salam bermakna untuk kebaikan.

Terkait tulisan arab Assalamualaikum yang baik dan benar dituliskan dengan:

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ

Tulisan arab ini dilatinkan dengan 'Assalamualaikum' memiliki arti sebagai "Semoga kedamaian besertamu."

Kalimat ini merupakan kata singkat saja sedangkan opsi kalimat salam lainnya yakni:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ

Jika dituliskan dalam kalimat latinnya ialah: Assalamu’alaikum warahmatullahi

Makna arti sebagai: Semoga keselamatan dan rahmat Allah dilimpahkan kepada kalian semua.

Adapun tulisan arab Assalamualaikum yang lebih lengkap dan paling diutamakan untuk diucapkan, yakni: 

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Tulisan arab ini memiliki kalimat latin "Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh" yang mana kalimat ini memiliki makna sebagai "Semoga kedamaian bersamamu serta pengampunan dan berkah dari Allah SWT."

Dilihat dari artinya kedua kalimat (ucapan singkat dengan ucapan yang lengkap) ini memiliki keutamaannya tersendiri.

Jika kita sebagai umat muslim menerima ucapan salam ini maka sudah menjadi kewajiban untuk menjawab salam tersebut.

Lantas, Bagaimana Jawaban Salam Tersebut?

Seperti kata salam yang memiliki dua kata salam maka jawabannya pun terdapat dua kalimat salam, di mana jawabannya sebagai berikut ini:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ

Tulisan latinnya ialah: Waalaikumsalam

Memiliki arti: "Dan semoga keselamatan terlimpah juga kepada kalian"

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ

Tulisan latinnya ialah: Waalaikumsalam warahmatullahi 

Terjemahannya:  Dan semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah juga kepada kalian.

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Tulisan latinnya ialah: Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

Memiliki arti makna: "Dan semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah juga kepada kalian."

Nah itulah kalimat kata latin, arab serta makna ucapan salamnya.

Di sini Anda bebas memilih kata salam dan ucapan jawaban salam. Namun, sangat dianjurkan untuk menjawab kata salam dengan ucapan yang lebih panjang.

Dari ketiga opsi salam dan jawaban salamnya tersebut Anda bisa memilih salah satu antaranya.

Baca juga:

Hukum Mengucapkan Salam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwasannya ucapan salam adalah sunnah hukumnya untuk diucapkan oleh umat muslim. 

Sebagaimana sesuai dengan sabda hadist nabi Rasulullah SAW bersabda:

‏ لِلْمُؤْمِنِ عَلَى الْمُؤْمِنِ سِتُّ خِصَالٍ يَعُودُهُ إِذَا مَرِضَ وَيَشْهَدُهُ إِذَا مَاتَ وَيُجِيبُهُ إِذَا دَعَاهُ وَيُسَلِّمُ عَلَيْهِ إِذَا لَقِيَهُ وَيُشَمِّتُهُ إِذَا عَطَسَ وَيَنْصَحُ لَهُ إِذَا غَابَ أَوْ شَهِدَ ‏

Terjemahannya:  "Ada 6 hak dari muslim kepada muslim yang lain yaitu mengunjungi saat sakit, bertakziah saat dia meninggal, menerima undangannya, memberi salam ketika berjumpa, mendoakan saat bersin, serta berharap yang terbaik saat dia ada dan tidak." (HR Tirmidzi).

Di mana artinya ini salam merupakan ucapan salam yang menjadi hak bagi semua muslim. 

Selain dari hadits tersebut adapun hadist lain yang dapat Anda jadikan cerminan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman, dan tidak dikatakan beriman sebelum kalian saling mencintai. Salah satu bentuk kecintaan adalah menebar salam antar sesama muslim.” (H.R Muslim no. 54)

Kata salam sendiri merupakan ucapan tanda cinta. Sebab, salam tidak hanya dimaknai sebagai sapaan saja tetapi juga diartikan sebagai do'a.

Hasil dari berbagai referensi sumber memberi ucapan salam kepada seseorang memiliki hukum Sunnah atau dianjurkan, sedangkan salam untuk untuk sekelompok orang hukumnya sama dengan menjawab salam yaitu sunnah kifayah.

Dihukumi dengan Sunnah Kifayah , jika seseorang dari kelompok mengucapkan salam maka hal tersebut sudah dikatakan cukup.

Adab Dalam Mengucapkan Salam 

Dalam mengucapkan salam pun terdapat adabnya. Di mana berdasarkan pada 

Riwayat  Abu Hurairah dalam sebuah hadistnya dengan derajat Muttafaq 'alaih, yang mana Rasulullah SAW bersabda:

"Yang muda memberi salam kepada yang tua. Yang berjalan kepada yang duduk, yang sedikit kepada yang lebih banyak." Di dalam hadits riwayat al - Bukhari, Rasulullah SAW bersabda: "Dan anak kecil mengucapkan salam kepada yang lebih besar."

Dari sini dapat disimpulkan lebih diutamakan anak muda terlebih dahulu untuk mengucapkan salam kepada orang tua sebagai tanda sopan santun dan hormatnya.

Keutamaan Mengucapkan Salam

Berbicara mengenai keutamaan ucapan salam "Assalamualaikum" pada dasarnya memiliki sejuta keutamaan dan perolehan manfaat. 

Berdasarkan lansiran website islampos.com ucapan salam setidaknya memiliki tiga keutamaan di antaranya:

1. Memperoleh Keberkahan

Keutamaan pertama dari mengucapkan salam "Assalamualaikum" ialah memperoleh keberkahan untuk dirinya sendiri. Seperti yang sudah disebutkan bahwasannya Salam memiliki arti do'a keberkahan. Ucapan tersebut yang telah ditetapkan di sisi Allah yang memperoleh berkah yang baik.

Semakin banyak doa, semakin banyak kebaikan dan keberkahan dalam hidup Anda.

2. Dalam Mendapat Perlindungan

Keutamaan kedua dari ucapan salam ini yakni untuk mendapatkan atau memperoleh perlindungan. 

Di mana Anda yang ingin bepergian dan keluar rumah, sangat dianjurkan untuk mengucapkan salam. Sebab, jika kita berpergian lantas mengucapkan salam dari rumah, maka kita akan mendapatkan perlindungan serta dijauhkan dari bahaya selama Anda di perjalanannya.

Muslim lain yang mengucapkan Salam “Assalamualaikum” kepada Anda, maka artinya orang tersebut memberitakan bahwa Anda (yang diberi salam) kini sedang dalam kondisi selamat.

3. Dijauhkan dari Gangguan Setan

Mengucapkan salam tidak hanya berlaku untuk diucapkan kepada sesama saudara umat muslim saja, tetapi juga dapat Anda lakukan saat memasuki rumah kosong, rumah yang tidak berpenghuni maupun di saat Anda pulang ke rumah Anda sendiri yang dalam kondisi sepi.

Saat Anda mengucapkan salam saat memasuki rumah, maka atas doa ucapan salam tersebut Anda akan dijauhkan dari (gangguan) setan, serta rumah yang Anda tinggali tidak akan ditempati mahluk-mahluk mengganggu tersebut.

Tidak hanya sekedar 3 keutamaan tersebut, ucapan salam pun memiliki perolehan manfaat dan kebaikannya tersendiri bagi orang tersebut.

Kebaikan dan manfaat lainnya yang dimaksud ialah mendapatkan pahala sunah, mendapatkan keutamaan dari Allah SWT dan rasul-Nya, mendapatkan rahmat dan kemuliaan dari Allah SWT, mengucapkan salam sebagai pokok sopan santun, menghapus dosa, mendapatkan ampunan dari Allah SWT, mendapatkan rahmat dari Allah SWT serta diberi kelimpahan keselamatan.

Dengan ragam keutamaan yang disebutkan diatas sudah sepatutnya seorang umat muslim untuk membiasakan tradisi ucapan salam "Assalamualaikum".

Demikianlah penjelasan artikel tulisan arab "Assalamualaikum" dengan latin dan artinya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar