25+ Contoh TEKS PROSEDUR Sederhana, Kompleks, Protokol, Singkat Beserta Strukturnya - Kudupinter

Senin, 28 Oktober 2019

25+ Contoh TEKS PROSEDUR Sederhana, Kompleks, Protokol, Singkat Beserta Strukturnya

Daftar Isi Artikel [Tampilkan]
Teks prosedur - Memberikan arahan kepada orang lain dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah menggunakan sebuah tulisan berupa teks prosedur. Dalam dunia industri, teks jenis ini merupakan suatu hal yang sudah lazim untuk digunakan dalam setiap aktifitas produksi dan pemasaran. Namun, tidak sedikit dari kita yang tidak mengetahui apa itu teks prosedur ? apa fungsi teks prodsedur? dan bagaimana contohnya ?
Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak para pembaca sekalian untuk memahami secara kompleks semua hal yang berkaitan dengan teks prosedur agar anda dapat membuatnya. selain itu, penulis juga akan memberikan beberapa contoh teks prosedur. berikut adalah ulasannya:

Pengertian Teks Prosedur Adalah

Teks Prosedur Adalah
Ilustrasi teks prosedur

Teks prosedur adalah sebuah karya tulis yang digunakan untuk menjelaskan tahapan - tahapan yang saling berhubungan dalam menyelesaikan suatu kegiatan. Tapahapan - tahapan yang disajikan kedalam teks prosedur harus dapat menjelaskan tahapan - tahapan secara jelas, runtut, dan tahapan satu dengan yang lainnya saling berkaitan satu sama lain (tidak menyimpang). Hal lain yang tidak kalah penting adalah informasi yang disajikan kedalam teks prosedur adalah informasi yang urutan tahapannya bersifat logis.

Ciri - Ciri Teks Prosedur

Terdapat beberapa cirikhas khusus yang ada pada teks prosedur sehingga dapat membedakan jenis teks ini dengan beberapa jenis teks yang lain seperti teks eksplanasi, teks eksposisi, teks anekdot, dan jenis teks yang lainnya. Berikut adalah uraiannya:
  • Pola kalimat yang digunakan adalah imperatif atau perintah 
  • Kata kerja yang digunakan adalah jenis aktif 
  • Menerapkan konjungsi atau yang juga dikenal sebagai kata penghubung 
  • Memakai kata keterangan untuk menunjukan tempat, waktu dan cara supaya lebih akurat.

Fungsi dan Tujuan Teks Prosedur

Tujuan dari pembuatan karya tulis ini adalah digunakan untuk menunjukkan suatu proses terjadinya kegiatan kepada para pembaca, dengan harapan agar para pembaca dapat melakukan apa yang dilakuakan oleh penulis seperti yang ditulis dalam teks prosedur kompleks tersebut. Teks prosedur kompleks haruslah mudah untuk dipahami, sesuai dengan apa yang diharapkan oleh penulis dan pembaca, dan logis. Oleh karena itu, hendaknya penulis harus memperhatikan pilihan kata yang digunakan, memilih kalimat yang efektif, dan penggunaan paragraf yang tepat.

Teks prosedur kompleks ini banyak digunakan oleh para penulis untuk memberikan petunjuk dalam melaksanakan atau membuat suatu kegiatan. petunjuk untuk melaksanakan atau membuat suatu kegiatan akan dapat dengan mudah dipahami oleh para pembaca apabila disajikan dengan teks proseder yang kompleks (tahapannya saling berhubungan).

Struktur Teks Prosedur

Dalam pembuatan teks proseder yang kompleks terdapat beberapa bagian yang harus ada yaitu bagian tujuan, bagian material, dan bagian langkah-langkah yang kami jelaskan secara singkat seperti dibawah ini :

Bagian Awal : Tujuan

Pada awal pembuatan teks prosedur, penulis biasanya memberikan penjelasan terkait dengan tujuan dari pelaksanaan atau pembuatan suatu kegiatan yang di jelaskan. Penjelasan tentang tujuan pelaksanaan atau pembuatan suatu kegiatan meliputi penjelasan kegiatan itu sendiri dan penjelasan capaian akhir yang diharapkan atau manfaat yang dapat di capai.

Bagian Kedua : Bagian Material

Setelah penulis menjelaskan kegiatan dan capaian akhir yang di harapkan, kemudian penulis memberikan penjelasan terkait dengan hal - hal apa saja yang perlu di persiapkan dan hal - hal apa saja yang dibutuhkan dalam pelaksanaan atau pembuatan kegiatan tersebut. Contoh hal - hal yang perlu dipersiapkan adalah seperti bahan dan alat.

Bagian Ketiga : Tahapan - Tahapan

Bagian yang terkhri ini, penulis memberikan penjelasan terkait dengan langkah - langkah atau tahapan - tahapan yang perlu di lakukan dalam membuat suatu kegiatan. tahapan - tahapan tersebut harus tersusun secara sistematis, logis, dan mudah untuk dipahami oleh pembaca.

Contoh Teks Prosedur Sederhana (Singkat)

Teks prosedur sederhana adalah teks prosedur yang menunjukkan tahapan singkat dalam melaksanakan proses pekerjaan. Teks ini juga sering disebut dengan teks prosedur singkat. Dengan teks ini, seorang pembaca akan lebih mudah memahami tahapan apa saja yang harus dilakukan ketika hendak melakukan suatu pekerjaan.

Sering juga dijelaskan bahwa dalam teks prosedur ini hanya menunjukkan 2 sampai 3 langkah saja untuk memperoleh suatu hasil. Dan itu cenderung singkat. Namun ada juga yang berpendapat bahwa teks prosedur sederhana ini hanya menggunakan kurang dari 10 tahapan saja. Karna lebih dari itu, dapat dikatakan sebagai teks prosedur komplek. Berikut kami berikan beberapa contoh teks prosedur sederhana yang kami susun khusus agar kamu bisa lebih faha.

1. Contoh Teks Prosedur Memasak Mie Goreng Instan

Mie instan makanan populer yang murah dan mudah disiapkan. Masyarakat indonesia sudah lama mengenal mie instan dan bahkan digunakan sebagai makanan konsumsi mingguan atau bahkan harian. Cara membuatnya pun cukup mudah. Kemudahan dalam pembuatannya menjadi alasan utama mengapa banyak kalangan gemar untuk mengkonsumsi mie instan. Prosedur pembuatan mie instan adalah sebagai berikut:
  • Rebus tiga gelas air putih bersih dengan menggunakan sebuah panci kecil dan masukkan mie setalah airnya mendidih
  • Buka semua kemasan bumbu mie instan ke dalam piring atau mangkuk favorit kamu. 
  • Setelah mie instan yang direbus menjadi lunak, tiriskan dan tuangkan kedalam piring atau mangkum yang berisi bumbu dak kemudian aduk agar tercampur antara mie bersama bumbu.
  • Mie goreng instan goreng siap untuk disantap disaat kamu lapar.

2. Contoh Teks Prosedur Mencuci Motor

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Tidak hanya tubuh, pakaian, rumah, dan lingkungan saja yang penting untuk dibersihkan. Tapi motor kesayang juga perlu untuk dibersihkan dengan cara dicuci. Motor yang bersih selain enak untuk dipandang tapi juga enak untuk dinaiki lo. Berikut adalah prosedur mencuci motor yang bersih.
  • Gunakan air bersih dari keran dengan selang untuk menyemprot seluruh bagian motor, Kemudian usap seluruh bagian moto dengan air sabun dengan menggunakan spon busa.
  • Bilas seluruh bagian motor yang terkena air sabun dengan menggunakan air bersih. 
  • Keringkan motor dengan menggunakan kain lap atau kain kanebo.

3. Contoh Teks Prosedur Mengoperasikan Vacuum Cleaner

Untuk membersihkan debu dan kotoran dikarpet, baik itu karpet rumah, kantor, mobil, kamu bisa menggunakan alat vacuum cleaner. Dengan vacuum cleaner kamu akan lebih mudah membersihkan debu dan kotoran. berikut adalah prosedur mengoperasikan vacuum cleaner.
  • Masukkan socket mesin vacuum cleaner ke dalam stopkontak dirumahmu, kemudian nyalakan mesin dengan menekan tombol ON pada mesin vacuum cleaner. 
  • Arahkan mesin vacuum cleaner ke tempat - tempat yang kotor atau berdebu dirumah, dikantor, atau di mobilmu. 
  • Usai menggunakan vacuum cleaner, jangan lupa untuk dimatikan dengan tekan tombol OFF.

4. Contoh Teks Prosedur Menghidupkan Senter

Jika kamu dalam kondisi gelap, kamu dapat menggunakan senter. Karna senter merupakan lampu penerapan eksternal yang akan membantumu dalam kondisi gelap dan darurat. Kamu membutuhkan senter saat listri mati, saat berada ditempat yang tidak ada jangkauan listrik, saat camping, dan lain sebagainya. Berikut ini merupakan prosedur menghidupkan senter:
  • Masukkan baterai ke bagian bawah senter. 
  • Nyalakan senter dengan tekan tombol on dan arahkan pada daerah yang gelap.
  • Tekan tombol off apabila kamu berada pada daerah terang atau tidak digunakan.

5. Contoh Teks Prosedur Menyalakan Motor Matic

Motor matic merupakan kendaraan roda dua yang mudah untuk dikendarai karna tidak ada pedal transmisi manual yang perlu dioperasikan ketika hendak berjalan atau ingin menambah kecepatan. Namun, untuk menyalakan motor metic tersebut berbeda dengan motor bebek manual umumnya. Berikut ini adalah cara menyalakan motor matic.
  • Masukkan kunci motor pada tempatnya (key shutter) dan putar kunci hingga pada kondisi ON (menyala).
  • Tekan tombol start yang ada pada bagian setir kanan disetai menarik tuas rem belakang yang ada pada stang setir kiri.
  • Pastikan keluar suatu mesin moto metic yang menyala dan siap untuk jalan.

6. Contoh Teks Prsedur Menyalakan Komputer

Komputer merupakan alat elektronik yang multifungsi dan bermanfaat bagi banyak kalangan. Komputer dapat digunakan untuk menghitung, menulis, menganalisis, memutar vidio, browsing di internet, dan lain sebagainya. Namun ada syarat utama sebelum kamu dapat memanfaatkan alat multifungsi tersebut yaitu menyalakan komputer. Berikut adalah tahapan dalam menyalakan komputer.
  • Buka penutup monitor, CPU, keyboard, dan printer.P
  • Pastikanskalar terhubung dengan kabel power ke stabilizer atau CPU komputer.T
  • Tekantombol power pada CPU dan pada monitor.K
  • Komputerakan melakukan booting, tunggu proses ini sampai selesai.
  • Komputer sudah siap digunakan.

7. Contoh Teks Prosedur Menggunakan Setrika

Strika adalah alat pemanas pakaian yang digunakan agar sebuah pakaian menjadi rapi dan nyaman untuk digunakan. Sudah seharusnya sebuah rumah tangga memiliki setrika. Dan sudah seharusnya seorang ibu rumah tangga dapat mengoperasikan alat setrika untuk merapikan baju. Bagi kamu yang bukan ibu rumah tangga, berikut adalah tahapan menggunakan setrika. 
  • Pertama, sambungkan colokan setrika pada aliran listrik.
  • Lampu pada setrika akan menyala, menandakan aliran listrik sudah ditrima.A
  • Andabisa mengatur suhu panas sesuai dengan jenis kain yang akan dirapikan, misalnya kain jeans, wool, dan lainnya. Pilihan pengaturan tersebut sudah tertera pada setrika, Anda tinggal memutarnya sesuai pilihan.Tb
  • Tunggueberapa menit agar setrika panasLp
  • Letakkanermukaan setrika pada pakaian Anda dan gosok hilin licin.

8. Contoh Teks Prosedur Sederhana Membuat Makanan

Makanan populer yang paling mudah untuk dibuat adalah makanan bakso. Bakso sendiri murupakan olahan daging dengan bahan tambahan lainnya yang memiliki bentuk bulat. Selain bentuknya yang bulat dan unik, bakso miliki cita rasa yang khas dan enak. Kamu dapat membuat bakso sendiri dirumah dengan prosedur sebagai berikut :
  • Persiapkan bahan - bahannya yang meliputi 1 kg daging sapi giling, 1 ons tepung kanji, 6 siung bawang putih, 1 sendok makan garam, 1/2 sendok teh merica bubuk, Penyedap rasa secukupnya.
  • Haluskan bawang putih dengan cara menumbuk atau memblendernya. Kemudian campurkan ke dalam adonan daging sapi giling, merica, garam, penyedap rasa, sekaligus tepung kanji. 
  • Aduk dan uleni adonan hingga merata lebih kurang 10 menit. Kemudian bentuk adonan tersebut menjadi bulatan-bulatan pakai tangan sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan. 
  • Rebus adonan bakso bulat ke dalam air yang mendidih hingga matang yang diatndai dengan mengapungnya bakso di permukaan air yang mendidih. Proses ini biasanya memakan waktu 10-15 menit. 
  • Angkat bakso yang telah matang dan tiriskan. Kemudian sajikan bersama makanan tambah lainnya untuk disantap bersama keluarga.

9. Contoh Teks Prosedur Membuat Agar - Agar

Agar - agar atau yang umum disebut dengan jelly merupakan makanan ringan yang bertekstur kenyal dan lembut untuk dimakan. Makanan ini cukup populer dan disukai oleh banyak kalangan khususnya anak - anak. Jika kamu memiliki seorang anak, penting rasanya untukmu membuatkannya agar - agar dan pasti dia akan senang. Prosedur sederhana dalam membuat agar - agar adalah sebagai berikut:
  • Persiapkan baha - baha seperti 1 bungkus agar-agar, 600 ml air, 160 gram gula pasir, Anggur hijau belah menjadi 2 bagian, Anggur merah belah menjadi 2 bagian, Melon, bentuk buatan dengan, menggunakan, Mellon Baller, Mangga harum manis, potong dadu, Nata de coco, Selasih.
  • Rebus air, jelly dan gula hingga mendidih.
  • Masukkan buah-buahan, nata de coco dan selasih ke dalam cetakan atau gelas mini. Campuran buah sesuaikan dengan selera Anda.
  • Tuang jelly konyaku ke cetakan dan diamkan hingga dingin.
  • Simpan dalam lemari es/kulkas hingga jelly konyaku keras.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompeks adalah teks prosedur yang menunjukkan tahapan kompleks dalam melaksanakan proses pekerjaan. Teks prosedur komplek juga sering disebut dengan teks prosedur panjang. Dengan teks ini, seorang pembaca akan lebih mudah memahami tahapan apa saja yang harus dilakukan ketika hendak melakukan suatu pekerjaan. Hal tersebut dikarenakan tahapan- tahapan disampaikan secara kompleks dan detail.

Sering dijelaskan bahwa teks prosedur kompleks merupakan teks prosedur panjang karna terdapat minimal 10 (umumnya lebih) tahapan yang digunakan dalam menyampaikan proses suatu pekerjaan. Inilah yang membedakan dengan teks prosedur sederhana yang menggunakan kurang dari sepuluh (<10) tahapan. Untuk lebih mudah dalam memahami teks prosedur kompleks, berikut adalah beberapa contoh yang kami rangkum dari berbagai macam literatur.

1. Contoh Teks Prosedur Membuat Layang - Layang

Contoh Teks Prosedur Membuat Layang - Layang
Ilustrasi prosedur membuat layangan

Layang - layang adalah mainan yang berbentuk lembaran bahan tipis berkerangka yang diterbangkan ke udara dan terhubungkan dengan tali atau benang ke daratan atau pengendali dan dikendalikan oleh pemainnya. Layang - layang disukai oleh banyaka kalangan. Tidak hanya kangan anak -  anak saja yang bermain layangan, namun juga banyak kalangan tua yang gemar bermain layangan.

Layang - layang tidak hanya ada di indonesia saja. Layang - layang dikenal oleh seluruh dunia yang dikarenakan layang - layang tidak hanya difungsikan untuk permainan. Fungsi lain dari layang - layang adalah sebagai alat bantu untuk menjerat atau memancing, alat bantu penelitian ilmiah, Sebagai media energi alternatif, dan sebagai fungsi ritual. untuk membuat layang-layang yang sederhana, terdapat bahan yang harus anda persiapkan dan tahapan atau langkah yang harus anda ikuti. Berikut adalah penjelasannya:

Bahan dan Alat yang Perlu dipersiapkan

  • Penggaris
  • Pisau dan Gunting
  • Pita kaset (jika perlu)
  • 1 (satu) ruas bambu dengandiameter +/- 1 cm dan panjang +/- 50 cm
  • 1 (satu) ruas bambu dengan diameter +/- 1 cm dan panjang +/- 90 cm
  • Kertas layangan (Kertas tipis atau kertas minyak)
  • Spidol/pewarna
  • Lem Kertas
  • Tali atau benang.

Langkah Pembuatan Kerangka

  1. Persiapkan 2 ruas bambu yang di sayat tipis seperti lidi dengan ukuran kurang lebih 100cm dan 60cm
  2. Ambil 2 ruas bambu yang telah dibuat dan letakkan secara menyilang seperti salib. bagian horizontal kira-kia 80 % dari atas.
  3. Ambil benang dan talikan benang tersebut di tengah poros kedua ruas bambu tersebut dengan tujuan agar sayapnya seimbang (harus seimbang antara kanan dan kiri).
  4. Ikat dengan benang pada pada perempatan batang babu tersebut, pada step ini usahakan jangan gunakan simpul tali mati dahulu.
  5. Gunakan benang jahit untuk mengikat masing-masing ujung dari kerangka layangan untuk memudahkan pada saat mengaitkan benang / tali.

Langkah Pembungkusan layangan Kertas

  1. Persiapkan kertas layangan. kertas layangan dapat berupa kertas tipis atau dapat juga berup kertas minyak, namun ada juga yang menggunakan plastik.
  2. Gambarlah pola kerangka layangan pada kertas tersebut menggunakan spidol dengan cara meletakkan kerangka diatas kertas (Lebihkan 1-2 cm space diluar pola kerangka untuk pelipatan kertas).
  3. Potong kertas yang telah di beri pola dengan rapi menggunakan gunting. Harus sesuai dengan pola yang telah digambar.
  4. Lipat kertas layangan kebagian belakang kerangka layangan yang telah di persiapkan space pelipatan tadi dan rakatkan dengan menggunakan lem
  5. Berikan hiasan pada layangan yang telah anda buat dengan design yang menarik dan indah.

2. Contoh Teks Prosedur Membuat Minunam Jus


Ilustrasi prosedur membuat jus

Minuman Jus adalah minuman yang berasal dari cairan yang diperoleh secara alami dari dalam buah - buahan.  Minuman jus ini banyak di minati oleh banyak kalangan, mulai dari yang muda dari yang tua. Banyak varian rasa yang tergantung dari buah yang digunakan untuk membuat minuman jus.

Banyak manfaat yang terkandung dalam minuman jus ini seperti mempekebal daya tahan tubuh yang dikarenakan terdapat banyak vitamin c pada buah jeruk yang digunakan dalam membuat minuman jus. Nah untuk membuat jus, terdapat beberapa bahan dan alat yang perlu dipersiapkan dan tahapan yang perlu anda ikuti. penjelasannya adalah sebagi berikut:

Bahan dan Alat yang Perlu dipersiapkan

  • Buah yang akan digunakan untuk membuat jus (Jeruk, Apel, Alpukat, dsb)
  • Gula Secukupnya
  • Air Mineral Secukupnya
  • Belender
  • Sendok Makan
  • Saringan

Langkah - Langkah yang dapat Anda ikuti

  1. Bersihkan buah - buahan yang akan anda gunakan sebagai jus
  2. Iris - iris buah -  buahan dengan ukuran sedang agar supaya muat masuk kedalam belender
  3. Masukan buah yang telah diiris, gula secukupnya, dan air meniral secukupnya kedalam blender.
  4. Nyalakan blender dan tunggu hingga jusnya lembut, kurang lebih 30 detik.
  5. Tuangkan kedalam gelas cantik.
  6. Hias dan tambahkan hidangan pendukungnya seperti biskuit, jelly, dan lain sebagainya.

3. Contoh Teks Prosedur Membuat Makanan Nasi Goreng

Contoh Teks Prosedur Membuat Makanan Nasi Goreng
Ilustrasi membuat nasi goreng

Nasi goreng adalah makanan khas indonesia yang berupa nasi yang di aduk dan digoreng dengan bumbu (bawang merah, bawang putihm garam, cabai) menggunakan margarin atau minyak goreng.  Biasanya terdapat bahan tambahan yang dimasukan kedalamnya, seperti kecap manis, telur, ayam, kerupuk, dan lain sebagainya.

Nasi goreng banyak diminati orang masyarakat baik masyarakat dalam negeri maupun luar negeri. Nasi goreng enak di santap di saat menjelang malam dipinggir jalan. Tak heran kenapa banyak sekali masyarakat yang menjual nasi goreng di pinggir jalan. Nah, sebernya mudah sekali untuk membuat nasi goreng. Anda tinggal mempersiapkan bahan dan alat serta mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

Bahan dan Alat yang Perlu di Persiapkan

  • Wajan Gorengan
  • Spatula
  • Ulek - Ulek
  • 3 Siung Bawang merah
  • 2 Siung Bawang putih
  • 1 Batang Daun Bawang
  • Cabai Rawit Sesuai Selera
  • Garam Secukupnya
  • Merica Sesuai Selera
  • Minyak Goreng Secukupnya
  • 3 Butir Telur
  • 2 Piring Nasi Putih
  • Saus Tomat Secukupnya
  • Pelengkap (bakso, udang, daging ayam, sosis, atau dapat disesuaikan dengan selera)

Tahapan dalm membuat Nasi Goreng

  1. Silahkan anda menyiapkan wajan dan lalu tuangkan minyak goreng secukupnya kedalam wajan. Panaskan wajan yang telah di masuki minyak goreng dengan api yang sedang.
  2. Tumbuk bawang merah, bawang putih, garam, dan cabai dengan menggunakan ulek - ulek hingga halus.
  3. Setelah minyak panas, ambil masukan bawang merah bawang putih dan cabai yang telah diulek menjadi satu hingga matang dan menimbulkan bau harum.
  4. Tambahkan bahan pelengkap sesuai selera anda, aduk hingga merata dan matang.
  5. Masukan  dua piring nasi putih kedalam wajan dan kemudian aduk hingga tercampur dengan semua bahan dan merata.
  6. Tambah saus tomat, merica, dan bumbu lainnya yang akan menambah kenikmatan cita rasa dari nasi goreng buatan anda hingga semua tercampur rata.
  7. Terus aduk semua bahan yang telah anda masukkan kedalam wajan hingga merata. Jika telah tercium bau harum dan sudah matang, angkat nasi dan sajikan di atas piring.
  8. Agar nasi goreng telur spesial terlihat menarik sebaiknya hias dengan irisan tomat atau yang lainnya sesuai dengan selera Anda.
  9. Nah, Sekarang Nasi gorengpun buatan anda yang nika sudah siap untuk santap atau dihidangkan kepada keluarga.

4. Contoh Teks Prosedur Membuat Akun Gmail 

Contoh Teks Prosedur Membuat Akun Gmail
Ilustrasi membuat akun gmail

Gmail merupakan layanan surat menyurat secara online atau lebih dikenal sebagai surel yang dibuat oleh perusahaan search engine besar bernama google di tahun 2004 lalu. Dengan menggunakan layanan gmail seseorang dapat menikmati seluruh feature dan layanan surel yang lengkap. Tidak hanya itu, memiliki gmail merupakan sebuah kewajiban bagi mereka yang memiliki gadget dengan platform android. Baik untuk mengakses playstore, youtube, drive, dan lain sebagainya. Google menunjukkan prosedur standar dalam membuat gmail sebagai berikut:

Syarat Membuat Akun Gmail

  • Memiliki identitas pribadi seperti nama, umur, alamat, dan lain sebagainya.
  • Memiliki nomor hp atau sim card untuk verifikasi akun google. 

Langkah Membuat Akun Gmail

  1. Buka aplikasi browser seperti mozila, google chrome, uc browser, dan lain sebagainya. Kemudian arahkan kursor pada addres bar dan ketik www.gmail.com.
  2. Kamu akan dibawa pada halaman about. Pada halaman tersebut cari dan klik tombol Buat Akun yang ada pada pojok kanan atas hingga muncul halaman form biodata
  3. Isikan data pribadi kamu sesuai identitas pribadi seperti nama, tanggal lahir, jenis kelamin, dan lain sebagainya pada form biodata gmail. 
  4. Setelah selesai, cari dan klik tombol Kirim hingga muncul halaman verifikasi nomor handphone. Masukan nomor handphone pribadimu yang aktif dan mudah untuk dihubungi baik melalui sms maupun telfon. Kemudian cari dan klik tombol lanjutkan.
  5. Buka layanan sms pada handphone pribadimu karna kamu akan menerima kode verifikasi dari google. Masukkan angka dalam sms verifikasi tersebut dalam halaman verifikasi google. Kemudian cari dan klik tombol Verifikasi.
  6. Setelah kamu melakukan verifikasi, langsung kamu akan dibawa pada halaman dashbor tempat dimana kamu sudah bisa menikmati layanan surel pribadimu. dan pada tahap ini akun gmail sudah selesai dibuat.

5. Contoh Teks Prosedur Membuat Akun Twitter 

Contoh Teks Prosedur Membuat Akun Twitter
Ilustrasi prosedur membuat akun twitter

Twitter merupakan salah satu media sosial tersebesar setelah facebbok yang dapat dinikmati featurenya oleh banyak orang. Wajib rasanya seorang melenial memilik akun twitter dan stalking didalamnya. Karna dengan twitter kamu akan memperoleh informasi dan hiburan dari banyak sumber. Tidak hanya itu, kamu juga dapat berinteraksi dengan seluruh pengguna twitter yang berasal dari berbagai macam penjuru duni. Perusahaan twitter menunjukkan tahapan standar dalam membuat akun twitter. Berikut adalah tahapannya.

Syarat Sebelum Membuat Akun Twitter

  • Kamu harus memiliki surel atau yang biasa disebut dengan email. Kamu bebas menggunakan layanan surel mana yang ingin kamu gunakan. Bisa gmail, yahoo, hotmail, dan lain ssebagainya.
  • Memiliki identitas pribadi yang akan didaftarkan kedalam akun twitter muali dari nama, tanggal lahir, nomor handphone dan lain sebagainya. 

Tahapan Membuat Akun Twitter 

  1. Buka aplikasi browser seperti mozila, google chrome, uc browser, dan lain sebagainya. Kemudian arahkan kursor pada addres bar dan ketik https://twitter.com/ untuk membuka website utama twitter
  2. Setelah kamu membukanya, cari dan klik tombol sign up (bahasa inggris) atau daftar (bahasa indonesia) hingga muncul halaman form pendaftaran akun twitter. 
  3. Isikan data pribadi kamu sesuai identitas pribadi seperti nama, tanggal lahir, jenis kelamin, dan lain sebagainya pada form biodata pendaftar twitter. Kemudian cari dan klik tombol daftar.
  4. Kemudian para pengguna baru twitter ini akan diperkenalkan mengenai Twitter. Untuk menuju tahap berikutnya, klik Ayo!.
  5. Kemudian kamu akan dibawa pada halaman dimana kamu sebagai pengguna baru akan diperkenankan untuk memilih minat sesuai pilihan yang direkomendasikan oleh twitter. Lalu cari dan klik tombol lanjutkan
  6. Kemudian kamu juga akan diperkenankan untuk memilih 40 daftar akun untuk dijadikan sebagai teman di twittermu. 
  7. Setelah itu, kamu diharapkan untuk meng-upload foto pribadi guna melengkapi avatar profilmu.
  8. Yang terakhir adalah memasukkan email kemudian verifikasi akun tersebut. Akun twitter sudah berhasil digunakan.

6. Contoh Teks Prosedur Sholat

Contoh Teks Prosedur Sholat
Ilustrasi prosedur sholat

Sholat adalah kegiatan ibadah bagi kaum muslim yang dilakukan lima kali dalam satu hari. Sholat dilakukan lima kali sehari tepatnya pada waktu subuh (dini hari), dhuhur (siang hari), ashar (sore hari), magharib (menjelang matahari tengelam), dan isya' (malah hari). Tujuan dari sholat adalah untuk mendekatkan diri kepada allah swt.  Nah, untuk dapat sholat dengan benar harus mengkuti rukun - rukun (tahapan) sholat, Berikut adalah rukun - rukun sholat yang perlu dilakukan:

Syarat Sebelum Melaksanakan Sholat

  • Harus suci dari hadas besar. Untuk cara bersucinya dengan mandi wajib
  • Harus suci dari hadas kecil. Untuk cara bersucinya dengan wudlu atau tayamum

Langkah - Langkah dalam Melaksanakan Sholat

  1. Berdiri bagi yang mampu (Jika tidak diperkenankan duduk atau berbaring
  2. Takbiiratul-Ihraam,
  3. Membaca Al-Fatihah di setiap rakaatnya,
  4. Ruku’,
  5. I’tidal setelah ruku’,
  6. Sujud dengan anggota tubuh yang tujuh sebanyak dua kali dengan tuma’ninah,
  7. Duduk di antara dua sujud,
  8. Thuma’ninah (Tenang) dalam semua amalan,
  9. Tertib di setiap melaksanakan rukun-rukun sholat,
  10. Tasyahhud Akhir,
  11. Duduk untuk Tahiyyat Akhir,
  12. Shalawat untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
  13. Salam dua kali.


7. Contoh Teks Prosedur Mengirim File Antar HP Android

Contoh Teks Prosedur Mengirim File Antar HP Android
Ilustrasi prosedur transfer file

Transfer file merupakan aktifitas mengirim file ke orang lain yang seringkali dilakukan oleh banyak orang. Baik itu file documen, video, musik, gambar, dan lain sebagainya. Seiring perkembangan zaman, kegiatan pengiriman file dapat dilakukan dengan cepat. Salah satu cara cepat mengirim file menggunakan share it. Hal tersebut dikarenakan share it merupakan aplikasi android yang berbasis local tethering. Berikut adalah cara mengirim file antar hp android dengan menggunakan share it.
  • Pertama kamu harus mendownload aplikasi share it diplaystore dan kemudian buka aplikasi tersebut, bergitu juga dengan orang yang akan menerima file darimu
  • Jika kamu ingin mengirim file kepada orang lain, maka cari dan klik tombil Send. Kemudian akan tampil beberapa pilihan menu dan beberapa pilihan dokumen yang akan kamu kirim. Jangan ragu untuk menggeser dan membuka setiap menu yang disediakan.
  • Tentukan dan pilih file atau dokumen yang akan kamu kirim. Bisa berupa foto, vidio, mp3, dokumen dan lain sebagainya. 
  • Setelah kamu pilih file tersebut, cari dan klik tombol Send dan tunggu beberapa saat untuk dapat menyambungkan dengan orang lain. Dalam tahap ini kamu biasanya di tunjukkan sebuah radar dan akan muncul avatar serta nama calon penerima file yang kamu kirim
  • Berikutnya klik ikon hp penerima file lalu tunggu sampai selesai. Jika sudah, maka file berhasil dikirim.

8. Contoh Teks Prosedur Membuat Telur Mata Sapi

Contoh Teks Prosedur Membuat Telur Mata Sapi
Ilustrasi prosedur membuat telur mata sapi

Telur mata sapi merupakan salah satu jenis olahan masakan butiran telur dengan teknik khusus. Telur mata sapi memang sudah dikenal lama oleh masyarakat karna selain rasanya yang enak, kesan cantiknya cukup menawan saat dihidangkan. Tidak mudah untuk membuat telur goreng menjadi telur mata sapi.

Bahan & Alat yang Perlu di Persiapkan

  • Wajan Penggorangan Lengkap dengan Spatulanya
  • Telur ayam (1 butir)
  • Garam dapur (Secukupnya)
  • Mentega atau minyak goreng (Secukupnya)

Langkah dalam Pembuatan Telur Mata Sapi

  1. Nyalakan api dengan ukuran sedang.
  2. Letakkan wajan atau teflon diatas kompor.
  3. Kemudian masukkan mentega atau minyak goreng lalu tungga hingga meleleh dan panas.
  4. Pecahkan telur dan tuangkan isi telur kedalam wajan.
  5. Tambahkan garam secukupnya.
  6. Balik telur menggunakan spatula agar telur matang sempurna.
  7. Jika telur sudah matang, angkat lalu tiriskan sebentar.
  8. Letakkan telur diatas dipiring, dan telur mata sapi siap dihidangkan.


9. Contoh Teks Prsedur Membuat Kerajinan Hiasan Lampu dari Botol

Contoh Teks Prsedur Membuat Kerajinan Hiasan Lampu dari Botol
Ilustrasi prosedur membuat hiasan lampu

Kamu dapat membuat sebuah karya kerajinan tangan dengan berbagai macam bahan daur ulang, salah satunya yang mudah untuk didapatkan yaitu botol bekas. Selain mudah untuk diperoleh, botol bekas memiliki tekstur yang mudah untuk di daur ulang menjadi kerajinan yang lebih memiliki nilai tambah. Salah satu kerajian yang bisa kamu buat dari botol bekas yaitu hiasan lampu. Berikut adalah tahapan dalam membuat hiasan botol bekas yang dapat kamu ikuti

Bahan yang Perlu Kamu Persiapkan

  • 1 Sendok plastik
  • 1 Botol bekas
  • Lem tembak secukupnya

Cara Membuat Kerajinan Hiasan Lampu

  1. Ambil botol bekas yang sudah kamu persiapkan dan kamu bersihkan.
  2. Potong bagian bawah botol bekas dengan menggunakan gunnting dan hati-hati dalam mengerjakannya.
  3. Ambil sendok plastik yang sudah kamu persiapkan dan kamu bersihkan.
  4. Potong gagang sendok plastik dan simpan bagian yang pipih dari sendok plastik tersebut.
  5. Tempelkan sendok yang telah dipotong mengelilingi bagian luar botol bekas dengan lem tembak secukupnya dan rapikan. 
  6. Pastikan botol tertutup dengan sendok secara sempurna.
  7. Biarkan lem mengering dengan sempurna.
  8. Hiasan lampun dari botol bekas siap untuk digunakan pada lampu rumah yang ingin kamu hias.

Contoh Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol adalah  teks prosedur yang menunjukkan tahapan dalam melaksanakan proses pekerjaan yang berkaitan dengan aturan dalam sebuah organisasi atau lembaga terkait seperti perbankan, pemerintahan dan lain sebagainya. Teks protokol ini lebih ditujukan untuk pelaksanaan tugas kepada wilayah - wilayah formal dan admnistratif. Namun sifat utamanya adalah umum baik itu eksternal maupun internal.

Teks prosedur protokol ini umumnya dikeluarkan oleh suatu lembaga untuk menunjukkan tahapan - tahapan pengurusan sesuatu yang berkaitan dengan lembaga tersebut. Seperti cara mengurus ktp, cara membuat buku rekening, dan lain sebagainya dengan menggunakan bahasa yang formal.


1. Contoh Teks Prosedur Membuat KTP Elektronik

Contoh Teks Prosedur Membuat KTP Elektronik
Ilustrasi membuat KTP elektronik

KTP elektronik merupakan kartu identitas pribadi warga negara indonesia yang didukung oleh teknologi scan sidik jari dan retina yang memungkinkan adanya identitas tunggal. Setiap warga negara indonesia wajib memiliki KTP elektronik. Jika anda tidak memiliki KTP elektronik, anda dapat membuatnya dengan cara mengikuti Standart Pembuatan KTP elektronik yang dibuat oleh penemerintah. Berikut adalah prosedur pembuatan KTP elektronik:

Syarat Pembuatan KTP Elektronik

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi akta kelahiran
  • Surat pengantar RT/RWSurat keterangan pindah yang diterbitkan oleh pemerintah kabupaten/kota dari daerah asal.
  • Surat keterangan datang dari luar negeri yang diterbitkan oleh instansi pelaksana bagi WNI yang datang dari luar negeri karena pindah.

Tahapan Pembuatan KTP Elektronik

  1. Pastikan kelurahan atau desa Anda telah mendukung layanan e-KTP
  2. Datang dengan anak Anda ke kelurahan atau desa dengan membawa dokumen pendukung:
  3. Berikan berkas dokumen pendukung yang Anda bawa dan ambil nomor antrean di loket, lalu tunggu hingga dipanggil oleh petugas yang bersangkutan (untuk menghindari antrean, Anda dapat datang lebih pagi ke kelurahan).
  4. Anda akan dimintai keterangan biodata dan akan diambil fotonya di tempat (untuk e-KTP) atau membawa pas foto berukuran 3×4 untuk membuat KTP konvensional. Petugas akan memasukkan data dan foto Anda secara digital. (Karena anak Anda belum pernah mempunyai KTP, Anda harus mengisi formulir F1.01)
  5. Bubuhkan tanda tangan Anda di alat perekam tanda tangan. Pastikan tanda tangan Anda tidak berubah-ubah lagi berikutnya karena akan menyulitkan jika tidak sama dengan dokumen lain seperti paspor, SIM dan lain-lain
  6. Lakukan pemindaian retina pada alat yang telah disediakan.
  7. Pastikan surat panggilan Anda akan ditandatangani dan distempel oleh petugas berwenang.
  8. Tunggu proses kelengkapan data selama 15 menit dan proses pencetakan sekitar 2 minggu. 
  9. Bila e-KTP selesai dicetak Anda akan diberitahu dan dapat diambil di kelurahan/desa setempat.

2. Contoh Teks Prosesdur Membuat Kartu Pelajar

Contoh Teks Prosesdur Membuat Kartu Pelajar
Ilustrasi membuat kartu pelajar

Kartu pelajar adalah kartu identitas siswa yang diberikan oleh pihak sekolah kepada seluruh siswa yang telah terdaftar menjadi siswa di setiap sekolah masing -  masing. Kartu pelajar dapat digunakan oleh para siswa dalam beberapa hal yaitu, sebagai pengganti kartu tanda penduduk yang dikarenakan siswa tersebut belum memiliki kartu tanda penduduk, mendapatkan pelayanan yang disediakan sekolah seperti kesehatan, perpustakaan, dan lain sebagainya. Jika anda ingin memiliki kartu tanda siswa, anda harus memintanya kepada pihak sekolah. tahapan atau langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Datanglah ke kantor sekolah Anda di bagian tata usaha
  2. Mintalah blanko untuk pendaftaran kartu pelajar kepada petugas tata usaha.
  3. Anda mengisi data yang tertera pada blanko tersebut  dengan benar dan jujur.
  4. Setelah blanko selesai Anda isi, serahkan kepada petugas bagian tata usaha
  5. Setelah itu, Anda akan memasuki ruang yang disediakan untuk mengambibl foto anda   
  6. Anda akan menerima selembaran kertas sebagai bukti pengambilan kartu pelajar

3. Contoh Teks Prosedur Membuat Rekening Bank 

Contoh Teks Prosedur Membuat Rekening Bank
Ilustrasi prosedur membuat rekening

Rekening bank adalah buku pencatatan transaksi para nasabah yang diterbitkan oleh bank yang bersnagkutan. Suatu bank akan memberikan berbagai macam layanan kepada para nasabahnya apabila dia miliki rekening di bank yang bersangkutan. Layanan yang diberikan kepada para nasabah yang sudah memiliki rekening berupa layanan simpan pinja, transaksi elektronik, pembelian, investastasi, dan lain sebagainya. Membuat rekening bank cukup mudah, ikutilah beberapa prosedur dalam membuat rekening yang sebagai berikut:
  1. Pertama anda harus menyiapkan kartu identitas berupa KTP pribadi sesuai daerah anda
  2. Persiapkan uang saldo pertama yang wajib untuk dimasukkan ke rekening. Biasanya di setiap bank memiliki nilai saldo yang berbeda-beda.
  3. Datanglah ke bank terdekat yang anda tuju dan mengambil nomor antrean. 
  4. Anda diperkenankan untuk bertanya informasi pembuatan rekening di satpam.
  5. Menuju ke customer service untuk mendapat informasi lebih lanjut dan mengisi biodata pembukaan rekening pertama anda. 
  6. Membayar saldo pertama di teller
  7. Mengambil buku rekening di customer service.
  8. Rekening anda sudah jadi. 

4. Contoh Teks Prosedur Mengirim Paket Ke JNE

 Contoh Teks Prosedur Mengirim Paket Ke JNE
Ilustrasi mengirim paket JNE

JNE merupakan perusahaan pengiriman barang dan logistik yang kartor cabangnya tersebar disegala penjuru kota. Memiliki layanan jasa yang prima, cepat, dengan biaya yang tergolong murah, dapat anda manfaatkan saat anda perlu mengifim barang berharga anda. Cara mengirim barang pun cukup mudah. Berikut adalah prosedur pengiriman paket barang melalui JNE :
  1. Anda dapat melihat Terlebih Dahulu Ongkos Kirim JNE melalui internet atau melalui aplikasi JNE Online.
  2. Kemas atau Packing Paket Barang yang yang akan dikirim dengan rapi.
  3. Tulis Alamat Penerima Dan Pengirim Pada Paket.
  4. Datang Ke Kantor JNE Terdekat.
  5. Serahkan paket kepada para karywanan di Kantor Jne tersebut dan katakan anda akan mengirim barang. 
  6. Bayar ongkis kirim sesuai dengan ongkos yang dikenakan oleh JNE
  7. Terima bukti pembayaran dan Tunggu Kirimannya Sampai.

5. Contoh Teks Prosedur Membuat SKCK

Contoh Teks Prosedur Membuat SKCK
Ilustrasi prosedur membuat skck

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (disingkat SKCK) adalah surat keterangan yang diterbitkan oleh Polri yang berisikan catatan kejahatan seseorang. Dengan adanya SKCK riwayat kejahatan seseorang dapat terekam jelas. Umumnya SKCK digunakan sebagai suatu syarat dalam melamar sebuah pekerjaan. Oleh karena itu, penting bagi kamu seorang angkatan kerja untuk membuat skck. Prosedur membuat skck adalah sebagai berikut:

Syarat Membuat SKCK

  • Kartu Keluarga.
  • KTP.
  • Akta Kelahiran.
  • Foto 4×6 dengan background merah sebanyak 10 lembar.
  • Surat Pengantar Dari Desa / Kelurahan.
  • Biaya Administrasi sebesar Rp. 30.000.

Prosedur Membuat SKCK

  1. Datanglah ke Polres terdekat dan menuju ke loket pembuatan SKCK. Kemudian, serahkan persyaratan yang sudah dibawa untuk membuat SKCK.
  2. Isilah formulir yang disediakan oleh petugas formulir dan serahkan kembali formulir yang telah diisi kepada petugas.
  3. Anda akan ditunjukkan tempat untuk pengecekan sidik jari dan anda akan memperoleh kartu sidikjari
  4. Kembalilah ke loket SKCK untuk mengambil SKCK yang sudah jadi. 
  5. Bayarkan biaya administrasi di loket tersebut.
  6. Silahkan anda gandakan SKCK sebanyak 10 kali untuk keperluan legalisir.

6. Contoh Teks Prosedur Membuat SIM C

Contoh Teks Prosedur Membuat SIM C
Ilustrasi prosedur membuat sim C

SIM adalah surat izin mengemudikan suatu kendaraan yang dapat dijadikan sebagai kartu identitas pribadi layaknya KTP. Terdapat beberapa jenis SIM yang sesuai dengan jenis kendaraan. Kendaraan roda dua bermotor tergolong dalam SIM C. Jika anda dapat mengendarai roda dua namun tidak memiliki SIM C, jangan berikan diri untuk berkendara di jalan raya, karna anda bisa ketilang. Oleh karena itu buatlah SIM C untuk keamanan dalam berkendara. berikut adalah prosedru pembuatan SIM C.
  1. Persiapkan dokumen seperti foto copy KTP sebanyak 5 lembar dan hasil tes kesehatan. Tes kesehatan ada di dekat Satlantas tempat anda membuat sim
  2. Serahkan dokumen - dokumen tersebut ke loket pendaftaran. 
  3. Lengkapi formulir pembuatan sim yang diberikan oleh petugas dan serahkan kembali formulir yang sudah diisi lengkap.
  4. Ambil bukti pendaftaran dan datanglah ketempat uji teori dan uji praktek berkendara.
  5. Serahkan bukti pendaftaran dan lakukan uji teori dengan baik sesuai dengan panduan pengerjaan yang disampaikan oleh petugas. (Jika gagal dalam ujian teori anda dapat mengulangnya minggu depan)
  6. Jika anda lulus, anda bisa melanjutkan uji praktek dengan memperhatikan instruksi ujian dari petugas. (Jika gagal dalam ujian teori anda dapat mengulangnya minggu depan)
  7. Jika anda lulus, ambil berkas hasil ujian dan serahkan ke loket pembayaran beserta membayar biaya administrasi sesuai sim yang dibuat. Untuk SIM C biasanya dikenakan biaya Rp. 100.000. 
  8. Bawalah berkas dan bukti pembayaran ke dalam, tepatnya ke ruang entry data dan foto SIM.
  9. Duduk dan tunggu SIM anda tercetak. Nantinya nama pemohon akan dipanggil untuk mengambil SIM yang sudah jadi beserta menandatangani bukti pengambilan SIM.
Comments


EmoticonEmoticon