Taqabbalallahu Minna Wa Minkum : Tulisan Arab, Artinya, dan Jawaban yang Benar

Tulisan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ Artinya dan Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum yang Benar
Tulisan arab Taqabbalallahu Minna Wa Minkum adalah تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ . yang artinya "Semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian". Untuk keterangan lebih lengkap silahkan baca artikel ini.

Hari Raya Idul fitri merupakan salah satu moment yang paling dinanti - nati oleh kamu dan masyarakat muslim seluruh duni setelah melewati 30 hari puasa di bulan ramadhan. Dimana, hari tersebut tersebut diperingati sebagai hari perayaan kemenangan iman dan ilmu atas nafsu di medan jihad Ramadhan. dan merayakannya sudah menjadi tradisi dan kebahagiaan yang ingin dirasakan oleh umat islam setiap tahunnya.

Kebahagiaan umat islam adalah semata - mata karena Allah Swt. Karena rahmat, hidayah, dan ampunannyalah yang selalu kita damba - dambakan. Umat islam meyakini janji allah, mereka akan memperoleh pahala dan ampunan atas dosa - dosa yang pernah ia lakukan apabila mereka berhasil menyempurnakan ibadahnya. Allah berfirman dalam Al Qur’an:

قُلْ بِفَضْلِ ٱللَّهِ وَبِرَحْمَتِهِۦ فَبِذَٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوا۟ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُونَ

Katakanlah: "Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan". (Quran Surat Yunus Ayat 58)

Kebahagiaan umat islam di hari raya idul fitri juga di wujudkan dalam kegiatan silaturrahmi bersama keluarga, tetangga, teman, dan banyak lagi. Dan pada budaya silaturaahmi tersebut ada ucapan yang pernah di ajarkan oleh para sahabat nabi yang sekaligus dianggap sebagai doa, yaitu "Taqabbalallahu Minna Wa Minkum".



Saat idul fitri tiba, dan kamu ingin mengucapkannya kepada orang lain, hati - hati dan jangan sampai keliru saat menyampaikan, bisa salah tafsiran dan bahkan kamu akan di kritik oleh rekan - rekanmu. Apalagi saat kamu menulis di status atau broadcast massage, malah akan jadi masalah berkelanjutan nanti. Oleh karena itu, niat yang baik sampaikan dengan cara yang baik dan benar juga, sehingga orang tidak akan beranggapan negatif tentangmu.

Dibawah ini saya akan tunjukan seperti apa tulisan ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum yang benar dalam versi arab, latin, beserta artinya. Selain itu, juga akan dijelaskan bagaimana jawaban yang baik jika ada orang lain yang mengatakan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum kepada kamu. 

Tulisan Arab Taqabbalallahu Minna Wa Minkum 


تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ

[Taqabbalallahu Minna Wa Minkum]

Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum


Semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian.

Sebelum hari raya idul fitri, umat muslim harus melaksanakan puasa satu bulan penuh di bulan ramadhan. tidak hanya itu, mereka juga meningkatkan kuantitas serta kulitas ibadah merek, seperti sholat sunnah tarawih, memperbanyak dzikir, membaca alqur'an, sedekah, qiyamul lail, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah lebih mendekatkan diri kepada allah, diterima semua amal ibadahnya, dan di ampuni segala dosa - dosanya. 

Melalui ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, umat muslim saling mendoakan satu sama lain atas keberkahan ibadah selama satu bulan yang telah berlalu. Mereka salin berdoa agar ibadah puasa mereka di terima, sholat tarawih mereka diterima,  Infaq dan zakat fitrah diterima, Sholat lima waktu diterima , dan seluruh ibadah sunnah serta wajib mereka di terima di sisi Allah SWT.

Ucapan tersebutlah yang sering digunakan orang muslim saat bersilaturrahmi dengan muslim lainnya. Begitu juga seharusnya kamu dengan yang lainnya. Karena ucapan tersebut sesuai dengan apa yang telah di ajarkan oleh para sahabat nabi,

Dalam sebuah kitab Fathul Baari yang ditulis oleh Ibnu Hajar Al Asqalani, di jelaskan bahwa dahulu "Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila bertemu di hari raya, mereka mengucapkan kepada sebagian lainnya: Taqabbalallahu Minna Wa Minkum,"

Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum


Saat ada seorang muslim entah itu dari keluarga, teman, ataupun tetangga yang mengucapkan salam ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum kepadamu, maka wajib bagimu untuk menjawabnya dengan ucapan :

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ

(Taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya kariim)

Artinya "Mudah-mudahan Allah menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terimalah ya (Allah) yang Maha Mulia"

Namun, ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum bisa kamu balas dengan ucapan yang sama yaitu Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. demikian ini yang dilakukan oleh para sahabat salafus shalih.

Seperti yang dijelaskan dalam HR Ad-Daruquthni dalam kitab Ad Du’a.Dari Syu’bah bin Al-Hajjaj, ia berkata, "Saya bertemu dengan Yunus bin Ubaid, dan saya sampaikan, ‘Taqabbalallahu minna wa minka.’ Kemudian ia menjawab dengan ucapan yang sama." Jawaban yang demikian sesuai dengan perintah Allah dalam Alquran, surah An Nisa’ ayat 86:


وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا


"Jika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal (QS An Nisa’ : 86).

Kamu dapat menggunakan bentuk jawaban yang mana saja. Yang terpenting adalah jawab ucapan doa tersebut dengan penuh rasa gembira dan penuh rasa tulus ikhlas bahwa memang kamu berharap ibadahnya diterima di sisi allah. Dengan begitu mereka pun juga akan sebaliknya mendoakanmu.

Kata - Kata Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Berikut adalah kata - kata yang cocok untuk kamu sampaikan kepada keluarga, tetangga, sahabat, dan teman - temanmu semua. Baik melalui status maupun broadcast massage. Kami merangkumnya agar kamu tidak susah - susah untuk memikirkan ucapan seperti apa yang hendak kamu sampaikan.

Luput tuan tidaklah mengunci
Kuda lepas kencang ia berlari
Selesai sudah puasa 30 hari
Esok adalah hari kemenangan nan fitri
Di hamparan luas lunglai menyandarkan
Pohon tumbang menjadi rebahan
Dengar itu takbir diperdengarkan
Mari kita bermaaf-maafan
Taqabbalallahu Minna Wa Minkum
Minal 'Aidin wal-Faizin
Mohon Maaf Lahir batin
(Sumber : Romadecade)

Pergi mudik membawa ratusan peti
Dengan perahu menyusuri jauh menahan rindu
Selamat idul fitri sahabat sejati
Rindu ku memeluk erat tubuh hangatmu
Taqabbalallahu Minna Wa Minkum
Minal 'Aidin wal-Faizin
Mohon Maaf Lahir batin
(Sumber: alihamdan)

Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi.
Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa.
Maafkan aku yang telah melukaimu.
Karena hanya maafmu yang dapat menghapus laraku.
Taqabbalallahu Minna Wa Minkum
Minal 'Aidin wal-Faizin
Mohon Maaf Lahir batin
(Sumber:liputan6)

Ketika tangan tak mampu menjabat,
kaki tak dapat melangkah.
hanya hati yang mampu berbisik,
mohon maaf atas segala kesalahan.
Taqabalallahu minna wa minkum,
selamat Hari Raya Idul Fitri
(Sumber:detik)

Kaligrafi Taqabbalallahu Minna Wa Minkum












Demikian ulasan artikel saya terkait dengan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum yang kami sajikan untuk kamu agar tidak salah dalam menulis dan share kata - kata ucapan selamat hari raya keteman - temanmu. Mohon maaf apabila ada kekurangan dan terima kasih telah berkunjung.

7 komentar

  1. permisis izin copy yaa...
    1. Iya gapapa . Jangan lupa cantumkan sumber ya
  2. Izin pakai gambar nya.
  3. Izin copy yang pas arabnya ya trimakasi
  4. izin copy ya kak...terima kasih
  5. permisi izin copy, ya, maturnuwun,,
    1. Siap sama-sama yah...