√ 5 Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan dan Mudah

Daftar Isi [Tutup]

    Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan - Hidup di desa tidak menjadi penghalang untuk menjalankan bisnis yang menghasilkan untung besar. Mungkin sebagian orang berpikir untuk menghasilkan uang yang banyak harus bekerja di kota, tapi pendapat itu tidak sepenuhnya benar.

    Semua itu kembali kepada diri kita masing-masing, dari bagaimana cara kita mengambil kesempatan untuk menjalankan bisnis. Tidak sedikit orang yang hidup di desa bisa menjadi kaya raya, mungkin di desa Anda juga ada orang yang seperti itu. Pernahkah Anda berpikir untuk menjadi sukses sepertinya?

    Bila pernah, maka itu adalah hal yang bagus. Tandanya Anda memiliki keinginan untuk menjadi sukses. Tapi jangan dijadikan sebatas keinginan saja, mulailah langkah untuk menjadi orang sukses dari saat ini juga!

    Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan

    Sebenarnya bila kita ingin berpikir lebih terbuka, banyak sekali peluang usaha yang dapat dijalankan di desa. Dan berikut adalah beberapa peluang usaha di desa yang menguntungkan dan semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda untuk memulai usaha:

    1. Usaha Jualan Sembako

    Kebutuhan manusia terhadap makanan tidak ada habisnya sampai kapanpun, maka dari itu menjalani usaha sembako di desa bisa menjadi peluang yang menguntungkan.

    Pada awalnya mungkin usaha ini membutuhkan modal yang lumayan banyak, tapi apabila Anda menjalankannya dengan benar maka modal tersebut dapat kembali dengan cepat.

    Beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar usaha sembako tetap berjalan meskipun banyak saingan yaitu:

    • Memberikan harga yang lebih murah
    • Menyediakan bahan yang lebih lengkap

    Harga yang lebih murah walaupun hanya 500 rupiah pun dapat menarik perhatian ibu-ibu, karena bagi mereka 500 rupiah apabila dikumpulkan akan menjadi banyak.

    Dan dengan menyediakan bahan yang lengkap, maka masyarakat akan datang ke toko Anda apabila ingin mencari sesuatu.

    2. Depot Air Minum

    Meskipun terlihat remeh, siapa sangka bahwa usaha depot air minum dapat menjadi peluang yang sangat menjanjikan. Keuntungan ratusan ribu setiap hari bisa didapatkan dengan mudah dari usaha ini.

    Contohnya: Pak Heri memiliki usaha depot air minum, kemudian setiap harinya ia menitipkan 50 galon ke warung-warung yang ada di desa dengan harga Rp 3000/galon. Maka keuntungan yang didapat Pak Heri setiap hari adalah Rp 150.000, itu belum ditambah dari orang-orang yang membeli langsung ke depot Pak Heri.

    3. Warkop dengan Free WiFi

    Apabila Anda pergi ke kota, maka akan dengan mudah untuk menemukan warung kopi. Tapi untuk di desa pastinya masih jarang, maka dari itu usaha warung kopi di desa dapat menjadi peluang yang menguntungkan karena sedikitnya persaingan.

    Tapi sebelum memulai usaha ini, lebih baiknya Anda melakukan survey terlebih dahulu. Apakah di desa Anda banyak anak-anak muda?

    Biasanya anak-anak muda hobi nongkrong, apalagi jika ada free WiFi. Biasanya mereka berkumpul dengan teman-temannya untuk ngobrol-ngobrol ataupun bermain game bareng (mabar). Maka dari itu, apabila di desa Anda banyak anak-anak muda maka usaha ini patut untuk dicoba.

    4. Usaha Ayam Petelur

    Keuntungan yang didapat dari usaha ayam petelur pun juga besar lho, semakin banyak jumlah ayam maka akan semakin banyak keuntungan yang didapat.

    Apabila Anda memiliki lahan yang jauh dari pemukiman, mana usaha ini patut diperhitungkan. Misalkan untuk membangun kandang menghabisi 1 juta, kemudian membeli bibit ayam petelur 100 ekor seharga 750 ribu, dan 250 ribu untuk makanan. Maka dengan modal 2 juta Anda sudah bisa menjalankan usaha ini.

    Apabila dengan 100 ekor ayam bisa menghasilkan 6 kg telur setiap harinya dan harga telur yaitu 22 ribu, maka pendapatan sehari adalah 132 ribu.

    Dari keuntungan yang didapat, Anda dapat menyisihkan sebagian untuk menambah jumlah ayam petelur. Dengan begitu, penghasilan Anda pun insyaAllah dapat bertambah.

    5. Bisnis Jualan Pakaian

    Seperti halnya makanan, kebutuhan manusia terhadap pakaian pun tidak ada habisnya. Maka dari itu, peluang ini masuk ke dalam daftar bisnis yang menguntungkan di desa.

    Pertama Anda harus menentukan jenis pakaian apa yang ingin dijual, kemudian mencari supplier yang menyediakan harga murah. Untuk toko, Anda dapat menyewa di pasar desa karena di pasar pasti ramai orang.

    Dalam berjualan pakaian, utamakan lah kepuasan pelanggan. Karena apabila pelanggan merasa puas, besar kemungkinan mereka akan berbelanja di tempat Anda lagi.

    Tips Sukses dalam Memulai Usaha

    Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar dapat menjalankan usaha dengan lebih lancar:

    • Bulatkan tekad dan niat
    • Berdoalah dengan giat
    • Fokuslah pada satu peluang usaha
    • Yakinlah untuk bisa meraih kesuksesan
    • Lakukanlah survey
    • Menyusun rencana jangka panjang
    • Siap menerima hambatan
    • Selalu sabar dan bersyukur
    • Koreksi kesalahan dan perbaiki
    • Action!


    Penutup

    Selain dari yang disebutkan diatas, pastinya masih banyak peluang usaha lainnya yang menguntungkan untuk dijalankan di desa. Semua orang bisa menjadi sukses apabila mau menempuh jalannya, apabila Anda mau menjadi orang sukses maka berusahalah dari sekarang. 

    Setiap orang sukses pasti pernah mengalami kegagalan, maka apabila Anda diuji dengan kegagalan tetaplah maju dan berusaha. Dan yang terpenting adalah selalu berdoa.

    “Lebih baik gagal dalam mencoba daripada hanya berdiam saja.” (Sem)

    Artikel ini tulis oleh owner pemburudiskon.my.id dan dipublikasikan oleh editor kudupinter. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas dukungannya.