10+ Tempat Beli Template Blogger Premium Terbaik 2022

Apa itu template? Dan dimana Anda bisa membelinya? Berikut 10 tempat beli template blogger yang wajib Anda coba, agar tampilan web lebih menarik!

Sekarang ini kita sering mendengar istilah ‘template’ dimanapun itu. Tapi apakah Anda mengenali kata tersebut dengan baik? Tulisan ini akan memberikan insight terkait kata template beserta rekomendasi tempat beli template blogger premium terbaik. Sederhananya, istilah ini mengarah pada pola (tahapan) berbentuk tertentu yang mudah digunakan oleh penggunanya.

Selain itu, ada juga yang menyebut template sebagai titik sebuah dokumen baru. Memang istilah ini sudah digunakan sejak lama, khususnya pada bidang software. Misalnya, template untuk membuat presentasi dengan menggunakan Microsoft Powerpoint. Dalam pemanfaatannya, biasa digunakan oleh mahasiswa, karyawan, pegawai, dan lainnya.

Dengan menggunakan template pekerjaan akan mudah dilakukan, sekaligus penyelesaiannya relatif cepat. Microsoft Powerpoint merupakan salah satu contoh yang paling umum. Lain dari bidang itu, banyak pengguna memanfaatkan template untuk kebutuhan mereka, seperti presentasi, design, membuat web/blog, dan lain sebagainya.

Yang menarik dari perkembangan template terletak pada peningkatan teknologi. Semakin canggih teknologi yang digunakan, maka pemaknaan template juga ikut meluas. Contoh lain, yang mungkin dekat dengan Anda adalah Microsoft Word. Dimana, saat Anda menulis di halaman, alih-alih memilih blank document yang belum memiliki pola, lebih baik pilih format yang sudah disediakan.

Begitupun dengan Microsoft Excel, karena Anda memiliki banyak pilihan, selain blank workbook. Anda bisa menggantinya dengan memilih lembar kerja, monthly company budget, seasonal photo calender, dan masih banyak lagi. Dari rumpun Microsoft, istilah template sudah berubah secara signifikan. Maka dari itu, untuk tahu lebih banyak tentang template, baca ulasan ini hingga selesai!

Template Untuk Tampilan Blog

Pada dasarnya, sebuah template akan memberikan konsistensi terkait desain yang diperlukan baik untuk perusahaan, organisasi, dan individu manapun. Cara ini menjadi alternatif untuk memberikan kesan profesional atas kinerja kita. Beberapa software komputer yang menyediakan template antara lain Excel, PowerPoint, Global, dan lain sebagainya.

Umumnya, template digunakan untuk mendapatkan layout, gaya, serta desain tertentu secara mudah dan instan. Misalnya, saat membuat kartu nama, maka Anda tinggal memasukkan informasi detail seperti nama lengkap, nomor telepon, alamat, email, dan lainnya. Sebelum lebih jauh, untuk menjelaskan tempat beli template blog premium paling mudah, Anda perlu memahami apa itu template sebenarnya.

Jadi, penjelasan dasar tentang template merupakan file yang dirancang dengan tata letak secara menyeluruh. Atau bisa diartikan sebagai cetak biru atas format yang dipilih sekaligus digunakan atas sekumpulan dokumen serta dokumen numerik lainnya. Contohnya pada tampilan blog yang terlihat dari browser Anda. Dimana terdapat tata letak untuk sebuah informasi yang tersusun rapih. Dan inilah yang dimaksud dengan template.

Penggunaan template lebih umum dilakukan oleh blogger. Dimana tampilan web sangat penting, agar pengunjung dapat berlama-lama di sana. Selain itu ada jutaan blog yang terkenal di internet. Dan yang paling banyak digunakan adalah platform untuk menulis yaitu Blogspot. Platform ini merupakan salah satu produk dari mesin pencari Google.

Jumlah template tidak hanya sebatas yang kita perlukan saja. Anda akan menemukan ribuan template yang siap untuk digunakan. Untuk mendapatkannya pun cenderung mudah, Anda tinggal mencarinya di browser. Setelah itu, tinggal putuskan ingin menggunakan yang berbayar (premium) atau yang gratis. Memang ada perbedaan dari template berbayar dan tidak. singkatnya seperti ini.

Untuk template gratis umumnya, (1) mudah didapatkan dan banyak tersebar di internet, (2) fitur yang ada di dalamnya sangat standar, sesuai kebutuhan pengguna, (3) tampilan general atau banyak blog yang menggunakan tampilan tersebut, (4) memiliki link credit pembuat template, dan (5) rentan disisipi virus/ kode jahat yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Sedangkan untuk template premium memiliki poin penting diantaranya: 

  1. Mendapatkan fitur lebih baik dari sisi fast loading, SEO, mobile friendly, kustomisasi mudah dilakukan, hingga optimasi CTR iklan.
  2. Memiliki tampilan yang berbeda.
  3. Full support dari pembuat template.
  4. Mendapatkan kode utuh, dan
  5. Aman dari serangan virus.

Dimanakah Tempat Beli Template Blogger Premium Terbaik?

Setelah Anda mengetahui penjelasan dasar terkait template, mungkin ada niatan untuk membelinya. Memang banyak manfaat yang Anda peroleh saat menggunakan template. Misalnya menghemat waktu, fokus atas materi yang akan disampaikan, pendalaman topik, dan lain sebagainya. Pun Anda sudah bisa membedakan antara template premium serta berbayar.

Bagi Anda yang masih awam tentang template hingga dimana harus membelinya, rekomendasi ini akan membantu Anda. Tempat-tempat di bawah ini sudah dikenal baik dalam menyajikan template original dan teruji rekam jejaknya. List berikut merupakan pembuat template asal Indonesia, agar Anda lebih leluasa saat menggunakannya.

1. Sugeng ID

Nama Mas Sugeng memang sangat familiar di telinga blogger Indonesia. pasalnya template-template yang diciptakan sangat bagus, baik kualitasnya, loading time cepat, dan aspek SEO yang terpenuhi. Sangat tepat jika kita memprioritaskan template Sugeng.ID menjadi pilihan utama. Adapun template yang dijual antara lain, Template LinkMagz, Template Viomagz, Template Evo Magz, Template Vio Toko, dan Template KuToko. 

2. XML Themes

Untuk template yang satu ini cukup unik. Dimana desain XML Themes hampir mirip dengan situs-situs besar yang ada di Indonesia. Anda bisa membeli template XML Themes, untuk tampilan blog yang cukup dinamis. Adapun beberapa produknya seperti, Template Channels ID, Template Kompasweb, Template Detik Web, dan Template Dokter SEO.

3. Blanter Theme

Blanter Theme awalnya diberi nama IDBlanter. Dimana pembuatnya adalah Mas Rio Ilham Hadi. Beberapa template yang dijual seperti, Template Blenter Orbit, Template Masign Asuka, Blanter Tokoside, Blanter Tokoshop, dan Blanter Landing. Masih ada beberapa template menarik yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk informasi lebih bisa berkunjung di situsnya BlanterTheme.com.

 4. IDN Theme

IDNTheme merupakan template yang dibuat oleh Arlina Design. Untuk menggunakan desain template Arlina Design, sudah tersedia versi berbayar (versi pro) dan gratisnya (versi free). Untuk template yang bisa dibeli antara lain, Template Mini Site, Template Vikka Pro, Template In SEO Pro, dan Template New Simplify 2. Untuk template lainnya, Anda bisa berkunjung di Idntheme.com.

5. Theme Indie

Theme Indie merupakan tempat beli template blogger premium yang dibuat oleh BungFrangki. Beberapa karya yang bisa Anda beli seperti, Template Viralisme, dan Template Noname.  Anda bisa mendapatkan template ini dengan harga yang terjangkau, yakni berkisar Rp 110.000. Untuk pilihan lainnya tentang template BungFrangki, Anda bisa berkunjung di situsnya ThemeIndie.com.

6. Goomsite

Goomsite memiliki beberapa template yang menarik, khususnya dalam mempublikasikan berita ataupun artikel. Beberapa template yang dijual adalah Template Gnews, Template Aulin v2.0, Template Seosite, dan Template The Rental. Untuk beberapa template lainnya, bisa berkunjung di website GoomSite.net.

7. Maha Template

Maha Template memiliki variasi template yang menarik, diantaranya Template New Line Today dan Template Goizen. Selain template tersebut masih ada beberapa pilihan lainnya. Anda bisa membelinya dengan cara bundling. Jika Anda tertarik bisa berkunjung di MahaTemplate.Net.

8. Kompi Ajaib

Kompi Ajaib merupakan kumpulan template yang dibuat oleh Mas Adhy Suryadi. Beberapa template yang menarik seperti, Template Kompi Fleksible, Template Kompi Minimalis, Kompi Text Aja, dan Kiosiana. Beberapa diantaranya, bisa Anda beli jika berkunjung ke situs template.kompiajaib.com.

9. Igniel

Igniel merupakan nama seorang blogger Indonesia yang suka berpetualang dan menciptakan template berkualitas tinggi. Contohnya, ada dua template berkualitas baik yang bisa digunakan secara free (gratis), misalnya Textrim dan Fiksioner. Saat ini Igniel hanya merilis satu template premium yaitu Template Igniplex. Untuk melihat demonya, Anda bisa melihatnya di sini. 

10. EL Creative Themes

El Creative Themes merupakan kumpulan tema blogspot yang dibuat oleh Mas Yahya El Hakim. Dimana beberapa template yang dijual seperti Template Materia X2 Premium dan Template Google Play v2. Selain dua tema tadi, Anda bisa menemukan karya lainnya di theme.elcreativeacademy.com.

Baca juga: 25+ Contoh Blog Pribadi Inspiratif Untuk Blogger Pemula

Mengenal Fungsi, Tujuan dan Jenis Template Blog Secara Umum

Setelah Anda memahami pengertian dasar template, hingga mengenali beberapa tempat beli template blogger di Indonesia. Ada baiknya, untuk mengenal tujuan serta fungsi template. Pada dasarnya template mengontrol tampilan dan tata letak file secara outside. Contohnya menyediakan framework, untuk mengatur dan menyatukan elemen umum, modul, komponen, dan lembar gaya berjenjang.

Untuk tampilan web biasanya mengatur pada front-end dan back-end development. Sedangkan pada komputer, beberapa template akan secara otomatis mengatur tampilan ketika sebuah aplikasi pertama kali diinstall. Masih ada beberapa contoh template yang bisa Anda temukan di internet. Ditambah lagi beberapa development (para pengembang) selalu membuat template secara khusus.

Kemudian untuk fungsi utama dari template adalah untuk pradesin yang dapat digunakan dalam output sebuah file. Hal ini dimaksudkan sebagai keluaran akhir sebuah file secara mudah, instan, dan cepat. Dengan menggunakan template ada beberapa aturan yang lebih besar lagi seperti margin, gaya serta ukuran font, hingga jarak yang telah ditentukan sebelumnya. 

Beberapa jenis template dapat  dimanfaatkan untuk blog Anda. Adapun untuk tahu lebih dalam tentang template beserta penyesuaian dimana tempat beli template blogger yang tepat, Anda bisa mengenali jenis template lebih dulu, sebagai berikut:

  • Programming Template, merupakan template yang dikhususkan untuk programming atau pemrograman. Ini menjadi kelas generik (umum) atau unit kode sumber lainnya, sehingga dapat digunakan sebagai dasar unit kode unik. Contohnya pemrograman C++ yang menjadi standar bagi masing-masing kelas. Begitupun dengan Microsoft Foundation Class library (MFCL).
  • Web Design Template, merupakan alat bantu untuk menyusun desain secara keseluruhan dalam halaman web. Biasanya pengembang memberikan bagian untuk meletakkan gambar sekaligus teks, layaknya bilah navigasi dan widget di dalam situs web. Contohnya, seperti Wix yang menyediakan ratusan template untuk semua orang yang sedang mengembangkan situs webnya.
  • Spreadsheet dan Database Template, digambarkan pada aplikasi, yang mana didalamnya terdapat template untuk membubuhkan formulir kosong, sehingga menunjukkan bidang apa saja yang ada, lokasi, hingga panjangnya. 

Masih ada jenis template lainnya seperti Word Processor template, DOS Template, Keyboard Template, Form Template, dan Email Template. Beberapa template tersebut bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan Anda. Dengan mengenali beberapa jenis template, Anda akan mudah menentukan tempat beli template blog yang sesuai.

Posting Komentar