8 Cara Custom Domain Blogspot (Blogger.com) dengan Mudah

Ingin domain yang bagus untuk dimanfaatkan dalam blogging? Langsung gunakan cara custom domain blogspot yang tepat berikut ini!

Ada berbagai kegiatan yang orang lakukan secara online sekarang ini. Salah satu dari banyaknya kegiatan yang tepat untuk Anda tekuni adalah membuat blog. Cara ini dapat memberikan Anda banyak keuntungan dengan mudah juga. Hanya perlu mencari banyak pengunjung untuk masuk ke blog Anda. Salah satu caranya adalah memanfaatkan cara custom domain blogspot yang tepat. 

Banyak orang menyukai langkah online untuk mendapatkan keuntungan. Apalagi untuk menulis dan berbagi kesenangan sendiri. Anda hanya perlu menggunakan platform dan tidak perlu mengeluarkan uang lagi. Dengan begitu, akan ada lebih banyak keuntungan yang diperoleh. Penting halnya untuk menggunakan langkah yang sesuai dalam kepentingan custom domain. Yuk, simak lebih lanjut!  

Pengertian dari Blogspot

Blogspot adalah salah satu dari banyaknya media yang menyediakan akun gratis dimana Anda dapat berbagi tulisan. Walaupun akun awalnya gratis, Anda dapat melakukan berbagai macam perombakan untuk mendapatkan keuntungan. Dengan bantuan dari platform ini, tulisan Anda akan ada di dunia internet sehingga dapat dibaca oleh banyak orang juga. 

Anda dapat posting kemudian sharing dan melakukan berbagai macam hal lain dengan menggunakan situs ini.  Blogspot juga masih berhubungan dengan akun Google Anda dalam pemakaian. Hal ini dikarenakan Anda harus login lebih dahulu menggunakan akun Google sendiri. Kelebihan dari akun ini juga banyak, salah satunya ada pada tema. 

Layanan Blogspot ini juga terintegrasi dengan layanan dari Google Adsense atau program pay per click.  Dengan adanya program tersebut, akan lebih mudah untuk mendapatkan keuntungan. Jadi, banyak orang akan menekan iklan yang ada di blog Anda. Dengan begitu, keuntungan yang dibagikan bersama Google Adsense ini akan masuk ke dalam akun Anda juga.

Baca juga: 10+ Tempat Beli Template Blogger Premium Terbaik

Cara Custom Domain Blogspot dengan Mudah

Anda jelas harus tahu langkah yang tepat untuk digunakan dalam cara custom domain blogspot. Ada langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengubah domain sesuai dengan keinginan sendiri. Dengan begitu, blogspot akan menjadi jauh lebih rapi sehingga mudah untuk menarik para pengunjung. Anda dapat menggunakan langkah mudah dengan cara berikut ini: 

1. Login ke Dashboard Blogger

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah memasukkan domain yang Anda miliki pada pengaturan Blogger lebih dulu. Cara ini dilakukan untuk mengetahui CNAME Blogspot.

  • Masuk saja ke dalam akun Blogger Anda. 
  • Kemudian, Anda dapat melakukan sign in pada akun yang ada di bagian kanan atas Anda. Langsung login menggunakan akun Google Anda. 
  • Anda akan langsung masuk ke dashboard Blogger, masuk lagi ke menu Settings pada bagian kiri blog.
  • Anda perlu scroll ke bawah hingga mendapatkan bagian mempublikasikan dan langsung klik pada custom domain. 
  • Anda akan menemukan pop up untuk custom domain dan langsung masukkan nama domain Anda.
  • Jangan lupa, masukkan juga www dan langsung tekan save untuk penyimpanan pengaturan. 

Jika sudah, Anda juga akan mendapatkan pesan berwarna merah yang berisi CNAME.  Dalam pesan merah ini, Anda juga dapat melihat informasi terkait dengan nama host dan tujuan. Anda juga perlu CNAME kedua dalam kepentingan custom domain. Ikuti rincian yang ada, dan langsung catat CNAME yang Anda miliki sendiri untuk melakukan custom.

2. Mengatur A (Adress) dan CNAME Blogspot 

Anda dapat melakukan langkah selanjutnya dalam cara custom domain blogspot. Gunakan langkah mudah untuk menambahkan CNAME ke DNS Management. Gunakan situs layanan yang Anda manfaatkan dalam pembelian domain. Anda dapat kelola domain untuk pengelolaan domain aktif. Lakukan pengaturan pada domain di bagian DNS Management. 

Jika sudah ada pop-up untuk Custom Blogspot, Anda dapat memasukkan CNAME dari dashboard pada kolom tersedia. Tekan save record untuk memastikan nama Anda sudah masuk. Biasanya, proses nama masuk ke dalam daftar DNS Management hanya sebentar. Paling lama 5 menit. Anda juga perlu simpan name server untuk pengaturan pada akun domain.

Sebagai contoh disini saya akan menambahkan CNAME Blogspot melalui layanan yang ditawarkan oleh Idwebhost.com:

  • Kunjungi situs https://idwebhost.com.
  • Kemudian login sebagai member area.
  • Pilih menu domain.
  • Maka daftar domain akan ditampilkan, Klik nama domain yang akan di custom.
  • Selanjutnya masuk ke bagian menu kelola DNS untuk mengatur CNAME.

3. Settingan A (Adress) Yang Benar

Untuk menambahkan A (Adress) Berikut langkah - langkahnya:
  • Perhatikan gambar dibawah! Pada kolom nama host isi dengan tulisan “@” (tanpa tanda petik).
  • Lalu pada kolom jenis record  pilih A(Address).
  • Adapun untuk kolom Alamat anda bisa mengisinya dengan ip server blogger.
  • Terakhir untuk kolom Prioritas bisa di kosongkan.

4. Masukkan IP Server Blogger

Dibawah ini merupakan Alamat IP Server Blogger yang wajib dimasukkan, diantaranya:
  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21
Jangan lupa klik simpan setelah anda menambahkan CNAME diatas.

5.  Memasukkan CNAME Blogspot

Bagian terakhir dari langkah - langkah menambahkan CNAME blogspot yakni ialah dengan memasukkan A (Address). Bedanya terletak pada kolom A (Address) yang diubah menjadi CNAME (Alias). Berikut langkah - langkahnya:
  • Pada kolom nama host isi dengan tulisan / kode yang anda dapatkan dari pengaturan custom domain blogspot. Perhatikan gambar dibawah ini!
  • Lalu pada kolom jenis record pilih CNAME (Alias).
  • Untuk bagian alamat anda bisa memasukkan IP Tujuan yang ada di menu setting custom domain blogger.
  • Terakhir pada kolom Prioritas bisa dikosongin.
  • Simpan jangan lupa.

6. Menambahkan CNAME WWW Blogspot

Agar domain bisa di akses dengan menggunakan www anda perlu menambahkan CNAME kembali. Berikut langkah - langkahnya:
  • Pada kolom nama host isi dengan tulisan www.
  • Lalu pada kolom jenis record pilih CNAME (Alias).
  • Untuk bagian alamat anda bisa memasukkan IP Tujuan www yang ada di menu setting custom domain blogger.
  • Untuk kolom Prioritas bisa dikosongin.
  • Jangan lupa klik Simpan. Dibawah ialah contoh settingan CNAME yang benar!

Setelah menambahkan CNAME Yang benar, Anda perlu mengubah NS Domain Caranya Klik menu Ubah NS Sekarang agar name server secara otomatis menjadi ns1.idwebhost.id ns2.idwebhost.id.

7. Simpan Pengaturan di Dashboard Blogger

Anda dapat kembali ke bagian dashboard Blogger dan memasukkan nama domain Anda. Langsung tekan save untuk menyimpan domain. Untuk perintah yang tidak dapat dilakukan, Anda tidak harus panik. Hal ini menandakan kalau domain sedang dikenali oleh sistem Blogger melalui masa propagasi. Waktunya cukup lama, bisa berjam-jam untuk melakukan pengaturan.

8. Centang Alihkan WWW

Setelah perintah simpan berhasil, Website Anda sekarang sudah bisa di akses menggunakan alamat www dengan domain kustom tersebut yang ada di bagian custom domain. Adapun Agar Custom Blogspot Bisa Diakses Dengan Atau Tanpa www Aktifkan saja toggle yang ada di bagian Redirect Domain. 

Jika sudah, Anda dapat langsung akses blog menggunakan nama domain tanpa adanya www.  Coba lihat apakah website dapat terbuka. Jika memang bisa, Anda sudah berhasil menyelesaikan proses penyimpanan domain dengan atau tanpa www.

Baca juga: 25+ Contoh Blog Pribadi Inspiratif Untuk Blogger Pemula

Kelebihan Custom Domain TLD Blogspot 

Dari banyaknya cara custom domain blogspot yang ada, TLD menjadi pilihan banyak orang. Top Level Domain dipercaya dapat memberikan banyak keuntungan kepada para blogger. Custom domain ini adalah proses penggantian alamat blog menjadi lebih khusus. Anda tidak akan mengeluarkan uang tanpa tahu keuntungannya. Berikut ini daftar keuntungan yang diberikan: 

1. Sesuai Keinginan

Keuntungan pertama yang akan Anda dapatkan adalah alamat domain yang sesuai dengan kehendak sendiri. Anda dapat mencari nama yang diinginkan sesuai kehendak sebagai pengganti alamat blog sebelumnya. Penggantian nama ini dapat dilakukan dengan mudah sesuai yang Anda mau. Namun, syaratnya adalah belum ada orang yang menggunakan nama domain sama. 

2. Lebih Profesional 

Anda juga dapat memperoleh keuntungan lainnya dalam pemakaian custom domain seperti ini. Hal ini akan membuat blogspot Anda jadi jauh lebih profesional. Apalagi untuk sebuah toko online, Anda akan tampak lebih profesional. Bahkan, penggunaan domain ini juga membuat pengunjung yakin dengan blogspot Anda dibandingkan memanfaatkan subdomain. 

3. Lebih Menarik 

Anda harus tahu kalau domain yang diberikan secara gratis jauh lebih panjang dan sulit dituliskan. Namun, dengan melakukan custom, Anda dapat memperoleh efisiensi sendiri. Hal ini dikarenakan alamat blog akan menjadi lebih pendek dan juga simple. Pendeknya alamat blog ini juga membuat situs Anda menarik di mata pengunjung dan mudah disebut juga. 

4. Terlihat Serius 

Dengan menggunakan custom domain TLD, Anda juga terlihat jauh lebih serius dibandingkan menggunakan subdomain. Hal ini dikarenakan orang tahu bahwa Anda mengeluarkan uang untuk mengubah alamat blog yang digunakan. Dengan begitu, Anda pasti tidak ingin membuang uang sia-sia sehingga pasti mengelola website atau blog dan tidak akan dibiarkan begitu saja. 

5. Tidak Harus Bayar Hosting 

Setelah melakukan cara custom domain Blogspot yang berbayar, Anda sudah tidak perlu mengeluarkan biaya apapun lagi. Anda tidak usah membayar hosting yang diperlukan karena Hosting sudah disediakan secara gratis. Jadi, Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan dan menggunakan biaya hosting untuk hal lainnya lagi. 

6. Bandwidth Unlimited 

Kelebihan lainnya dalam pemakaian adalah bandwidth unlimited. Tidak hanya hosting saja yang diberikan secara gratis. Anda akan mendapatkan bandwidth yang tidak ada batasnya. Anda tidak perlu pusing lagi untuk memikirkan biaya yang diperlukan untuk upgrade ke VPS.  Jadi, tidak ada biaya lainnya lagi dalam kepentingan bandwidth

7. Otomatis Penanganan 

Anda juga dapat memperoleh kemudahan lainnya dengan memanfaatkan domain TLD. Hal ini memberikan Anda kemudahan karena sudah menggunakan hosting blogger. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh blog yang otomatis karena sudah diatur sepenuhnya oleh pihak blogger. Jadi, Anda tidak harus setting PHP kemudian MySql yang biasanya diperlukan. 

8. Langsung Dialihkan Otomatis 

Tenang saja, walaupun Anda sudah mengganti alamat blog menjadi yang baru dengan memanfaatkan domain. Maka, Anda tidak usah khawatir akan kehilangan semua pengunjung Anda. Pengunjung yang sudah mengetik alamat blog lama juga dapat menemukan blog Anda. Hal ini dikarenakan pengunjung akan langsung diarahkan ke alamat baru. Jadi, ada banyak pengunjung. 

9. Backlink Ikut Pindah

Selain itu, keuntungan lainnya yang akan Anda dapatkan adalah backlink akan menuju blog alamat yang baru. Backlink yang tertanam pada alamat blog lama sebelumnya akan ikut pindah ke blog baru. Jadi, Anda tidak harus khawatir akan terjadi kerugian atau backlink yang susah ada menjadi sia-sia.  Walaupun begitu, Anda harus menunggu backlink selama beberapa saat untuk dipindahkan.

Baca juga: Blogger Vs Vlogger, Mana Yang Lebih Menjanjikan di Masa Depan?

Kekurangan Custom Domain 

Anda dapat menggunakan cara custom domain Blogspot jika sudah tahu kekurangannya juga. Jangan langsung mengganti domain jika belum tahu kerugian yang dapat diperoleh. Anda harus tahu kalau domain bukan hal yang sempurna. Walaupun ada banyak keuntungan yang diberikan kepada Anda, tetap ada berbagai macam kerugian juga. Berikut ini kekurangan custom domain: 

1. Harus Bayar Domain 

Ada harga yang harus Anda bayarkan untuk berbagai macam keuntungan yang didapatkan. Anda harus membayar domain setiap tahunnya sehingga dapat melakukan akses. Domain tidak dapat digunakan jika Anda tidak membayar sewa tahunan. Perpanjangan ini harus dilakukan untuk kepentingan masa aktif. Jadi, pikirkan masalah biaya jika ingin menggunakan custom domain. 

2. Alamat Baru Bisa Hilang 

Anda juga harus tahu kekurangan lain dalam penggunaan yaitu alamat baru bisa hilang. Hal ini dapat terjadi jika Anda tidak memperpanjang domain. Penting halnya untuk memperpanjang domain setiap tahunnya. Jika domain lupa diperpanjang, Anda sudah tidak dapat melakukan akses lagi. Bahkan, alamat blog Anda yang baru akan hilang. Dengan begitu, harus kembali ke alamat blog lama. 

3. Kehilangan Backlink

Kekurangan ini juga dapat terjadi jika masa sewa domain habis dan Anda tidak melakukan perpanjangan. Backlink yang ditanamkan dalam domain akan tetap ada. Namun, karena blog Anda kembali ke alamat yang lama, Anda akan kehilangan backlink tersebut juga. Jadi, agak merugikan karena backlink yang hilang dan seolah kembali ke 0 lagi.

Penutup

Itulah berbagai macam hal yang harus Anda ketahui berkaitan dengan cara custom domain blogspot.  Jangan sampai mengalami kerugian dengan mengeluarkan uang. Anda harus mengerti dengan baik informasi yang diperlukan untuk melakukan custom domain. Jangan hanya tertarik dengan keuntungan yang ada saja. 

Posting Komentar