11+ Template Blogger AMP Gratis Terbaik Untuk Anda Coba!

11 rekomendasi template blogger AMP gratis ini, bisa Anda terapkan pada halaman blog Anda! Berikut penjelasannya!
Daftar Isi [Tutup]
    AMP HTML atau Accelerated Mobile Pages merupakan bagian proyek Google. Dengan adanya struktur di dalam AMP, maka kegiatan penggunaan JavaScript, CSS, dan HTML, dapat diminimalisir. Sehingga ada aturan saat membuat tulisan tag (baris kode) di website AMP HTML. Pada tulisan ini Anda akan mengenali macam-macam template blogger AMP, beserta dengan kelebihannya.

    Tujuan pembuatan AMP HTML adalah untuk meningkatkan kecepatan sebuah web, khususnya saat akses web melalui perangkat smartphone. Alternatif ini dapat dimanfaatkan oleh Anda yang pengunjung situsnya melebihi jumlah maksimum di smartphone. Dengan menggunakan AMP HTML, user experience pada situs web akan meningkat.

    Google sendiri sering menggunakan web melalui AMP pada pencarian mobile. Ini diartikan, pihaknya dapat meningkatkan SEO pada perangkat mobile.  Lalu apakah Blogspot dapat menggunakan AMP HTML? Mungkin Anda sering bertanya topik ini. Tentu saja jawabannya bisa. Salah satu blogger dunia sudah membuktikan, bahwa Blogspot dapat menggunakan AMP.

    Hal ini dilakukan dengan cara mengubah struktur template blogger, sekaligus mengedit tag postingan sesuai aturan di AMP HTML. Alhasil, Anda bisa menjadikan Blogspot valid AMP. Sekarang ini, terdapat template AMP untuk Blogspot yang digunakan secara gratis ataupun berbayar. Untuk tahu lebih banyak tentang AMP HTML sekaligus template gratis yang disediakan, baca ulasan ini hingga selesai!

    Tentang Google AMP


    Fakta menyebutkan bahwa pengunjung akan meninggalkan halaman web, ketika loading time lebih dari tiga detik. Temuan ini dibuktikan langsung oleh Google. Memang waktu tiga detik terdengar singkat, jika disangkut-pautkan dengan keseharian Anda setiap hari. Namun, bagi mereka yang ingin segera mendapat jawaban ataupun solusi, akan merasa kesal hingga ingin membanting HP.

    Dengan adanya fakta ini, Google telah memberikan solusi melalui peluncuran Accelerated Mobile Pages (AMP). Teknologi dari Google ini, mampu membuka halaman web kurang dari satu detik. Dimana temuan itu menjadi alternatif, agar halaman web terbuka lebih cepat, khususnya di perangkat mobile. Hanya saja batasan halaman yang bisa menggunakan AMP ini tetap berlaku.

    Sebelum lebih jauh tentang template blogger AMP, ada baiknya jika Anda mengenali apa itu AMP secara lengkap. Penggunaan AMP lebih cocok digunakan pada konten berbentuk statis, seperti halaman berita ataupun artikel. Secara tidak langsung, AMP akan bekerja secara maksimal, jika web yang digunakan adalah untuk menyampaikan berita ataupun artikel.

    Jika Anda meneliti lebih jauh lagi, AMP HTML lebih mirip dengan Facebook Instant Articles. Hanya saja keduanya berbeda dari sisi platform saja. Jika AMP HTML menggunakan mesin pencarian Google, sedangkan Facebook Instant Articles menggunakan platform Facebook. Untuk mengenali halaman web yang menggunakan AMP HTML, Anda bisa melihat tanda petir yang terletak di hasil pencarian Google bagian atas perangkat.

    Cara kerja AMP memanfaatkan tiga komponen di dalamnya, seperti AMP HTML, AMP Javascript, dan AMP Cache. Ketiganya saling bekerja sama, guna optimalisasi halaman web dapat berjalan lancar, serta dapat terbuka dalam waktu relatif singkat di perangkat mobile. Komponen tersebut juga bisa mematikan beberapa elemen web, yang berpotensi memperlambat halaman web. 

    Mulai dari push notification, animasi, hingga plugin sekalipun bisa dimatikan oleh AMP. Tidak sampai di situ, karena AMP mampu mempercepat web secara otomatis dengan cara mengompres inline CSS, sandboxing iFrame, dan yang lainnya. Melalui langkah ini, tampilan halaman Google lebih teratur, sederhana, dan minimalis.

    Mengapa harus AMP? Mungkin Anda penasaran dengan kelebihan yang dimiliki teknologi Google ini. Adapun untuk mempersingkat keunikan dan kelebihan yang dimiliki AMP ini, berikut poin-poin pentingnya.
    • Gratis, dengan adanya Google AMP, setiap pengguna dapat menggunakannya secara gratis tanpa biaya sepeserpun.
    • Membantu SEO, karena loading yang relatif cepat di device mobile, maka akan membantu Anda dalam proses SEO.
    • Mobile Friendly, karena dengan menggunakan AMP, website Anda akan terbuka tanpa memakan banyak waktu di perangkat mobile, meskipun dengan internet lambat sekalipun.
    • Otomatis Mengoptimasi Gambar, melalui AMP, elemen yang ada di dalam web akan terbuka secara otomatis, termasuk dalam hal ini adalah gambar.
    • Meningkatkan User Experience, setiap pengunjung yang membuka halaman web Anda akan segera mendapatkan jawaban, tanpa berlama-lama. 
    • Meringankan Beban Server, semua data-data AMP akan tersimpan di Google AMP Cache, sehingga server tidak terbebani.

    11 Rekomendasi Template Blogger AMP Terbaik

    Setelah Anda mengetahui penjelasan dasar Google AMP beserta kelebihan yang dimiliki. Maka Anda dapat memastikan, untuk menggunakan AMP di web nantinya. Seperti yang Anda ketahui, bahwa template yang ada di dalam Google AMP tersedia secara gratis dan berbayar. Kali ini Anda akan mengetahui daftar template AMP gratis yang bisa diterapkan di blog Anda.

    1. Kompi Design


    Demo Download

    Template AMP ini merupakan buatan Mas Adhy Suryadi yang dibantu oleh Kang Ismet. Ini merupakan buatan pertama dari kompi ajaib, sehingga tampilan yang diperlihatkan relatif sederhana. Meskipun begitu, template ini bisa Anda coba secara gratis.

    2. Infinite AMP Blogger Template


    Demo Download

    Untuk yang satu ini, merupakan template AMP pertama buatan Arlina Design. Mungkin nama template ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Memang template buatan Arlina Design ini terkenal dengan tampilan yang minimalis sekaligus keren. Untuk Anda yang ingin mencobanya, bisa mendownload secara gratis melalui link tersedia diatas.

    3. AMP NEWS


    Demo Download

    AMP NEWS merupakan template AMP buatan Mas Basri, pemilik blog ‘goomsite’. Blog yang satu ini memang khusus menjual template-template menarik untuk blogger. Seperti yang Anda ketahui, bahwa tampilan template ini memiliki fitur menarik sekaligus keren. Dengan tampilan template tiga kolom ini, blog yang dikhususkan untuk mempublikasikan berita ini, akan sangat cocok. 

    Jika Anda berminat menggunakan template buatan ‘goomsite’, maka bisa mendownload di sini.

    4. GOOPLUS


    Demo Download

    Untuk template yang satu ini masih dari buatan ‘goomsite’. Dengan tampilan yang cenderung bersih dan rapi, template ini sangat cocok digunakan untuk publikasi berita ataupun artikel. Untuk tampilan dan fitur yang diberikan, masih cenderung mirip dengan AMP NEWS. Bagi Anda yang tertarik, bisa mendownloadnya di sini.

    5. BLOG AMP


    Demo Download

    Masih dari ‘goomsite’, dimana ciri khas yang terlihat adalah tiga tampilan kolom, layaknya tampilan sebelumnya (GOOPLUS dan AMP NEWS). Seperti yang sebelumnya, tampilan ini cocok untuk mempublikasikan berita ataupun artikel. Jika Anda ingin mendownload template dari ‘goomsite’ diatas adalah link-nya.

    6. Vletters AMP


    Demo Download

    Tampilan template Vletters AMP ini merupakan buatan Kang Ismet dan Kompi Ajaib. Dimana warna yang mencolok dari tampelate ini didominasi oleh warna gelap. Bagi Anda yang menyukai warna monokrom akan suka style tersebut. untuk saat ini, template telah dikustomisasi dan dipublikasikan oleh Themeindie (Bung Fangki). Jika Anda tertarik diatas sudah disediakan link-nya.

    7. AMP HTML Blogger Template


    Demo Download

    Selanjutnya ada template blogger AMP yang dibuat oleh Kang Ismet, yaitu AMP HTML Blogger Template. Tentang Kang Ismet, merupakan orang Indonesia pertama yang menggunakan sekaligus membuat template blogger valid AMP. Adapun tampilan template ini dibagikan secara gratis di blog-nya. Pun tampilan ini banyak dijadikan referensi, bagi mereka yang membuat template blogger valid AMP. Jika Anda ingin mencobanya, bisa mendownloadnya melalui link yang ada diatas.

    8. PIROAMP


    Demo Download

    Untuk yang satu ini masih bagian dari karya ‘goomsite’. PIROAMP merupakan fitur yang lengkap untuk template gratisan. Selain itu, tampilan ini juga memiliki fitur lengkap di dalamnya. Bagi Anda yang tertarik dengan salah satu template ‘goomsite’, silahkan download di sini.

    9. SEOAMP


    Demo Download

    Jika Anda menginginkan tampilan template yang modern sekaligus bersih, maka SEOAMP adalah jawabannya. Template ini juga termasuk buatan ‘goomsite’ yang bisa Anda manfaatkan secara gratis. Bagi yang tertarik, bisa mendownload di sini.

    10. BlanterdeAMP


    Demo Download

    BlanterdeAMP merupakan tampilan template yang dibuat oleh ‘duniablanter’. Dengan menggunakan template ini, web Anda akan memiliki loading yang relatif singkat. Selain itu fitur yang ditampilkan sangat bagus, seperti blog personal. Dan yang paling penting dari template ini adalah user friendly. Bagi yang tertarik bisa mendownload di sini.

    11. GOOAMP


    Demo Download

    Yang terakhir masih ada template buatan ‘goomsite’. Dimana melalui GOOAMP, template yang ditampilkan cenderung bernuansa pinki materialis. Fitur yang dimiliki sama halnya dengan buatan ‘goomsite’ lainnya. hanya saja, tampilan yang terlihat cukup sederhana, serta user friendly, sehingga cocok untuk blog personal. Bagi Anda yang tertarik bisa mendownloadnya di sini.

    Bagaimanakah Cara Kerja Google AMP?

    Untuk menjelaskan cara kerja Google AMP, Anda telah mengetahui bahwa program ini terdiri dari tiga bagian, yakni AMP HTML, AMP JavaScript, dan AMP CDN. Ketiga komponen ini akan berperan dalam meningkatkan kecepatan loading web. Untuk AMP HTML, memiliki tag dan properti khusus, yang mampu mengurangi beberapa aspek tag HTML yang asli.

    Kemudian melalui bantuan AMP JavaScript, program ini tidak merender JavaScript yang ada di dalam device mobile. Sehingga web yang menggunakan program ini akan menampilkan aspek penting lainnya. Tentunya, tampilan yang diberikan akan cukup sederhana. Namun kecepatan loading time pada web relatif cepat.

    Selanjutnya, dengan adanya AMP CDN, optimasi kinerja akan terdukung melalui sistem cache. Anda bisa menemukan perbedaan ini dari header yang hilang, serta tombol share media sosial yang hilang pula. Saat plugin AMP terintegrasi di halaman seluler, maka fokus utamanya adalah meningkatkan kecepatan loading, sekaligus memudahkan keterbacaan SERP.

    Ketika proses ini berlanjut, fitur shared yang dikembangkan melalui JavaScript, harus dikesampingkan dahulu. Sederhananya, dengan pendeskripsian alur tadi, Anda bisa mengetahui detail-detailnya, sebagai berikut.
    • Mengoptimalkan halaman web Anda, dibutuhkan CSS yang lebih efisien.
    • Untuk melakukan program ini, Anda membutuhkan pustaka JavaScript khusus, yang hanya bisa dilakukan di program tersebut.
    • Agar program dapat difungsikan secara maksimal, maka Anda harus memvalidasi situs.
    • Konsekuensi dari penerapan program ini akan menghilangkan tampilan formulir.
    • Untuk menggunakan font khusus dibutuhkan pemuatan khusus pula.
    • Tinggi dan lebar gambar perlu diberitahukan dalam script.
    • Apabila ingin menampilkan video, maka perlu ekstensi khusus yang terkonfirmasi program ini.
    Berikut menjadi penjelasan panjang terkait 11 rekomendasi template blogger AMP yang bisa Anda download secara gratis. Dengan membaca ulasan ini sampai selesai, Anda bisa memberi penjelasan tentang Google AMP, beserta kelebihan dan kegunaannya. Penerapan AMP menjadi trik untuk menjadikan web Anda lebih cepat, sekaligus menarik. Semoga bermanfaat!

    Anda mungkin menyukai postingan ini

    1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
    2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>