Idzhar Qomariyah: Pengertian, Hukum Bacaan, dan Contohnya

Memahami dan mempelajari ilmu tajwid alif lam qomariyah / Idzhar Qomariyah ini sangat dianjurkan.

Salah satu ilmu yang dianjurkan untuk membaca Alquran dengan benar dan tartil adalah ilmu tajwid. Tujuanya adalah agar bisa mengetahui makna yang terkandung dalam Alquran. Ilmu tajwid ini memiliki beberapa macam, salah satunya adalah idzhar qomariyah.

Membaca Alqur’an memang harus mengerti ilmu tajwid. Tujuannya adalah agar ketika membaca Alquran dengan benar dan tartil seta mengerti makhorijul khuruf ataupun kapan harus lanjut dan kapan harus berhenti.

Pengertian Idzhar Qomariyah

Memahami dan mempelajari ilmu tajwid alif lam qomariyah ini sangat dianjurkan. Karena dengan mempelajarinya Anda dapat membaca dengan benar dan sesuai dengan hukum tajwid yang ada dalam setiap ayatnya.

Sebagai seorang muslim memiliki pedoman ilmu tajwid sebagai pedoman hidup hukumnya adalah wajib untuk dipelajari, dibaca, dan juga diamalkan sehingga dalam membaca Al Qur'an tidaklah sembarangan.

Hukum mempelajari ilmu tajwid itu sendiri adalah fardhu kifayah atau kewajiban bagi mukallaf. Seperti yang tertuang dalam surat Al-Baqarah ayat 121 yang memiliki arti sebagai berikut.

“orang-orang yang telah kami beri kitab, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itulah yang beriman padanya. Dan barang siapa ingkar padanya, mereka itulah orang-orang yang rugi.”

Secara bahasa izhar artinya adalah jelas. Sedangkan qomariyah berasal dari kata qomar artinya adalah bulan. Sehingga secara istilah izhar qamariyah adalah membaca kalimat dengan jelas dan benar.

Alif lam ini diibaratkan dengan bintang dan huruf qamariyah diumpamakan sebagai bulan. Oleh sebab itu bintang akan tetap terlihat ketika terkena sinar bulan. Dengan demikian huruf qamariyah yang bertemu dengan al akan tetap terlihat dan cara membacanya adalah jelas.

Baca juga: Idgham Mutaqaribain: Pengertian, Cara Membaca, Huruf, Contoh dan Artinya

Ciri-Ciri Idzhar Qomariyah

Idzhar qomariyah ini memiliki beberapa ciri-ciri. Berikut adalah ciri-ciri bacaan alif lam qomariyah.

  1. Cara membacanya adalah jelas atau izhar
  2. Alif lam terdapat harakat sukun
  3. Huruf setelah Al tidak terdapat harakat tasydid
  4. Huruf lam biasanya terdapat sukun dan huruf yang sesudahnya tidak berharakat tasydid

Idzhar qomariyah ini juga biasa dikenal dengan alif lam qomariyah. Hal ini dikarenakan sesuai dengan hukum bacaan idzhar, alif lam qomariyah yang terbaca dengan jelas atau dengan bahasa lain huruf alif lam yang dibaca sesuai dengan lafalnya, yaitu “Al.”

Huruf dan Hukum Bacaan

Hukum bacaan apabila terdapat huruf alif dan lam yang bertemu dengan salah satu huruf izhar qomariyah yang bertemu dengan ke-14 huruf, di antaranya adalah :

ء و ح ف ع ج ب ف ي م ه ك غ خ

Untuk memudahkan dalam menghafal ke -14 huruf di atas, Anda dapat menggunakan singkatan hurufnya sebagai berikut :

عَقِيْمَهُ وَخَفْ حَجَّكَ اِبْغِ

Apabila menemukan huruf idzhar qomariyah di dalam Alquran, maka huruf lam mati harus dibaca jelas dan tidak boleh dimasukkan ke dalam huruf selanjutnya atau diidghamkan. Hukum bacaan alif lam qomariyah berlaku apabila terdapat huruf lam sukun dan huruf sesudahnya tidak bertasydid.

Untuk membaca hukum bacaan ini adalah harus jelas dan tidak boleh disamarkan atau didengungkan. Karena sifat izhar adalah jelas.

Baca juga: Hukum Tajwid Lam Ta’rif: Alif Lam Syamsiah dan Qomariyah

Contoh Idzhar Qomariyah

Untuk memudahkan dalam mempelajari hukum bacaan satu ini, berikut adalah beberapa contoh idzhar qomariyah.

1. Surat Al Masad ayat 4

وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ

Pada bacaan di atas terdapat bacaan alif lam yang bertemu dengan huruf kha pada lafadz الْحَطَبِ. Oleh sebab itu potongan ayat tersebut harus dibaca jelas.

2. Surat Al Kautsar ayat 1

الْكَافِرُونَ قُلْ أَيُّهَا يَا قُلْ

Pada lafadz الْكَافِرُونَ terdapat hukum bacaan alif lam yang bertemu dengan huruf kaf. Sehingga cara membaca potongan lafadz tersebut harus menggunakan hukum bacaan alif lam qomariyah.

3. Surat Al-Quraisy ayat 3

الْبَيْتِ هَٰذَا رَبَّ فَلْيَعْبُدُوا

Pada bacaan di atas terdapat bacaan alif lam yang bertemu dengan huruf Ba’ pada lafadz تالْبَيْ. Sehingga hukum bacaannya adalah izhar qomariyah.

4. surat Al Humazah ayat 5

الْحُطَمَةُ مَا أَدْرَاكَ وَمَا

Dalam bacaan tersebut terdapat lafadz الْحُطَمَةُ. Potongan ayat tersebut terdapat hukum bacaan alif lam yang bertemu dengan huruf kha. Sehingga cara membacanya harus dibaca secara jelas.

5. Surat Al-Fil ayat 1

الْفِيلِ بِأَصْحَابِ رَبُّكَ فَعَلَ كَيْفَ تَرَ أَلَمْ

Pada bacaan di atas terdapat lafadz الْفِيلِ. Potongan bacaan di atas menunjukkan bahwa hukum bacaan alif lam qomariyah. Hal itu dikarenakan terdapat huruf fa yang bertemu dengan alif lam.

6. Surat An-Nashr ayat 1

 وَالْفَتْحُ اللَّهِ نَصْرُ جَاءَ إِذَا

Pada bacaan di atas potongan ayat الْفَتْحُ. Hukum bacaan tersebut dikarenakan bertemunya huruf al yang bertemu dengan huruf fa.

7. Surat Al- Kafirun ayat 1

قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ

Pada bacaan di atas terdapat potongan الْكَافِرُونَ. Hukum bacaan izhar qomariyah berlaku dikarenakan terdapat huruf alif lam yang bertemu dengan kaf.

8. Surat Al-Ma’un ayat 2

 الْيَتِيمَ  يَدُعُّ الَّذِي فَذَٰلِكَ

Pada bacaan di atas terdapat bacaan idzhar qomariyah. Hal ini dikarenakan pada potongan ayat الْيَتِيمَ terdapat bacaan alif lam yang bertemu dengan huruf ya. Sehingga cara membacanya pun dibaca izhar atau dibaca jelas.

9. Surat An-Nas ayat 4

مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ

Pada bacaan di atas terdapat potongan ayat الْوَسْوَاسِ. Berlaku hukum bacaan idzhar qomariyah. Hal ini disebabkan oleh huruf alif lam yang bertemu dengan huruf wawu.

10. Surat Al-Falaq ayat 1

 الْفَلَقِ بِرَبِّ أَعُوذُ قُلْ

Pada ayat di atas terdapat potongan ayat الْفَلَقِ. Hukum bacaan ini berlaku apabila terdapat alif lam yang bertemu dengan huruf fa. Yang artinya harus dibaca dengan hukum bacaan izhar qomariyah.

Perbedaan Izhar Qomariyah, Izhar Halqi dan Idghom Syamsiyah

Selain izhar qomariyah juga terdapat hukum bacaan idgham syamsiyah. Lalu apa perbedaan izhar qamariyah dan idgham syamsiyah?

Al syamsiyah menggunakan tanda tasydid pada huruf syamsiyah yang terletak pada depan alif lam.

Al Qomariyah ini menggunakan tanda sukun yang terdapat pada huruf lam.

Selain idghom syamsiyah dan idhar qomariyah juga terdapat izhar halqi. Namun hukum bacaan ini termasuk hukum nun mati atau tanwin.

Meskipun sama-sama dibaca dengan jelas namun hukum bacaan izhar halqi yaitu apabila nun sukun atau tanwin yang bertemu dengan salah satu dari ke enam huruf izhar halqi. Ke 6 huruf izhar tersebut diantaranya adalah ء, خ, غ, هـ, ع, ح.  

Dari contoh di atas dapat Anda pelajari untuk memperjelas tentang pemahaman dan cara membaca perihal hukum bacaan alif lam qomariyah yang berbeda dengan idgham syamsiyah dan izhar halqi.

Selain beberapa  contoh idzhar qomariyah di juz 30 di atas, Anda juga bisa menemui hukum bacaan idzhar qomariyah yang terdapat pada setiap ayat Al Quran. Dan pastikan Anda membacanya dengan benar setelah mengetahui hukum bacaan alif lam qomariyah.

Posting Komentar