Cara Daftar Google Adsense dan Tips Supaya Cepat Diterima

Layanan besutan Google ini memiliki banyak sekali manfaat. Terpenting, cara daftar Google Adsense juga terbilang mudah.

Berkat kemajuan teknologi, masyarakat bisa mendapatkan penghasilan yang lebih banyak dan menjanjikan lewat internet. Salah satu cara populer untuk menghasilkan uang adalah melalui Google Adsense. Layanan besutan Google ini memiliki banyak sekali manfaat. Terpenting, cara daftar Google Adsense juga terbilang mudah.

Mengenal Google Adsense

Bagi Anda yang berprofesi sebagai seorang blogger, istilah Adsense mungkin sudah tidak asing lagi. Namun, bagi orang awam, istilah itu tentu kurang familiar. Maka dari itu, sebelum membahas lebih jauh, mari kenali apa itu Google Adsense terlebih dahulu.

Google Adsense merupakan layanan periklanan dari Google yang berbasis Cost Per Click. Pemilik website akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang terpasang jika ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut.

Awalnya, Google Adsense hadir sejak Google mengakuisisi Pyra Labs pada bulan Februari 2003. Untuk menyempurnakan layanan periklanan ini, Google rela mengeluarkan banyak uang untuk mengakuisisi teknologi bernama Applied Semantics.

Kinerja Google Adsense yang sangat baik membuatnya menarik perhatian lebih dari 2 juta publisher di seluruh dunia.

Bentuk layanan dari Google Adsense sendiri bervariasi, bisa berupa teks, foto, maupun video. Nantinya, Google Adsense akan menunjukan iklan pada pengunjung situs sesuai minat. Google bisa mengetahui minat pengunjung situs dengan cara melihat histori aktivitas internet.

Cara Kerja Google Adsense

Google Adsense adalah salah satu layanan Google yang paling sederhana. Siapa saja bisa mencoba layanan ini, bahkan orang awam sekalipun. Sesuai namanya, Google Adsense akan membayar pemilik situs jika ada pengunjung yang membuka link iklan.

Jadi, semakin banyak pengunjung yang mengklik link iklan terpasang, maka akan semakin tinggi pula pendapatan Anda dari Google Adsense. Untuk cara kerjanya, perhatikan beberapa poin di bawah ini.

1. Ada Ruang Iklan

Sebelum Anda mengetahui cara kerja Google Adsense, tentu Anda harus mengetahui cara daftar Google Adsense. Setelah melakukan pendaftaran dan pihak Google menyetujuinya, Anda perlu menyediakan ruang khusus untuk meletakkan iklan. Biasanya, peletakkan iklan berada di tengah artikel, header, footer, maupun sidebar.

Untuk memasangnya, Anda hanya perlu menempel kode iklan dalam bentuk script. Nanti, iklan akan muncul otomatis dengan menyesuaikan histori penelusuran internet pengunjung.

2. Iklan Mahal Menjadi Prioritas

Google Adsense memang menjadi layanan periklanan digital yang sangat populer. Makannya, tak heran jika jumlah pemasang iklannya sangat banyak. Jumlah pengunjung dari suatu situs dan jenis kontennya juga beragam, sehingga membuat algoritmanya terkadang berantakan.

Namun, Anda tak perlu khawatir jika ada pemasang iklan yang membayar mahal. Google Adsense sudah lengkap dengan sistem canggih yang memungkinkan iklan dengan bayaran termahal muncul duluan.

Setelah itu, iklan dengan harga lebih rendah akan muncul otomatis secara bergantian. Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan. Memunculkan iklan mahal di awal bertujuan untuk meningkatkan potensi pengunjung melihat atau mengklik iklan pada situs.

3. Pendapatan Tergantung Banyaknya Iklan Dibuka

Anda bisa mendapatkan penghasilan dari Google Adsense bila ada pengunjung yang mengklik iklan. Jadi, jika pengunjung hanya melihat iklan saja, pemilik situs tidak akan mendapat penghasilan apapun. Penghasilan dari iklannya pun beragam, tergantung persaingan bid oleh para pengiklan dan jenis produknya.

Meskipun begitu, ada juga pengiklan yang memberikan bayaran walau pengunjung hanya melihat iklannya saja. Namun, tentu saja pendapatannya akan jauh lebih rendah.

Baca juga:

Cara Daftar Google Adsense Untuk Blog

Bila Anda ingin mendaftar sebagai publisher Google Adsense, Anda tentu harus memiliki akun website yang aktif. Selain itu, pastikan Anda memiliki email yang mudah dihubungi. Cara daftarnya sebenarnya tidak sulit, hanya saja kriteria untuk lolosnya cukup berat.

Dari sekian banyaknya pendaftar Google Adsense, mungkin hanya beberapa saja yang berhasil diterima. Untuk memperbesar kemungkinan Anda, silahkan mengisi website dengan konten menarik. Pastikan juga Anda konsisten dalam mengunggah konten. Berikut sejumlah langkah mendaftar Google Adsense.

  1. Buka browser Anda, kemudian ketikkan google.com/adsense/start/ pada mesin pencarian.
  2. Pilih Mulai dan masukkan link website Anda. Pastikan Anda menulis link tanpa path.
  3. Masukan alamat email dan ceklis kolom Ya. Anda akan mendapat informasi Adsense lewat email.
  4. Lalu, tekan Simpan dan Lanjutkan
  5. Login ke akun Google yang Anda miliki, kemudian pilih negara
  6. Baca dan setujui aneka syarat dan ketentuan mengenai Adsense
  7. Klik Buat Akun

Cara Aktivasi Google Adsense

Setelah mengetahui cara daftar Google Adsense, Anda perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu agar bisa memasang iklan. Berikut sejumlah cara aktivasi Google Adsense.

1. Menghubungkan Laman ke Google Adsense

Untuk mengaktifkan Google Adsense, Anda bisa menghubungkan lama website Anda ke Google Adsense dengan cara:

  • Pertama, masuk ke akun Adsense yang sudah Anda buat
  • Copy kode yang ada, lalu paste ke HTML laman
  • Anda bisa mengedit URL jika ada kesalahan. Cara mengeditnya juga sangat mudah, hanya perlu mengklik opsi Edit
  • Jika seluruh data sudah benar, Anda bisa langsung klik Selesai

2. Masukan Alamat Pembayaran

Kemudian, Anda bisa memasukan alamat pembayaran dengan mengikuti cara ini.

  • Login pada halaman Google Adsense
  • Pada halaman Jenis Akun, pilih salah satu opsi entah itu Perorangan atau Bisnis. Jangan khawatir, pilihan apapun tidak akan mempengaruhi layanan maupun pembayaran
  • Pada kolom nama, isi nama lengkap Anda sesuai informasi yang terdaftar di akun bank Anda. Namun, bila Anda memilih akun bisnis, maka isi dengan nama bisnis dan kontak perusahaan
  • Masukan alamat lengkap dan kode pos pada kolom Alamat
  • Lalu, masukan nomor telepon pada kolom yang tersedia dan klik Kirim

3. Verifikasi Nomor Telepon

Langkah terakhir adalah melakukan verifikasi nomor telepon dengan melewati beberapa langkah ini.

  • Anda bisa masuk ke akun Adsense terlebih dahulu
  • Masukan nomor telepon dengan format internasional (+62) pada laman Verifikasi Nomor Telepon Anda
  • Pilih cara verifikasi, bisa melalui pesan suara atau teks
  • Klik opsi Dapatkan Kode Verifikasi
  • Kemudian, masukan enam digit kode verifikasi dan klik Kirim

Tips Lolos Google Adsense

Cara daftar Google Adsense dan aktivasinya memang mudah, sehingga siapa saja bisa melakukan pendaftaran. Sayangnya, pihak Google akan melakukan penyeleksian secara ketat terkait siapa yang layak untuk menjadi publisher. Untuk memperbesar peluang Anda lolos seleksi Google Adsense, coba ikuti tips berikut.

  1. Pastikan website Anda memiliki navigasi yang jelas agar pengunjung lebih mudah berinteraksi di dalam website Anda
  2. Buat konten yang menarik dan unik untuk meningkatkan trafik. Untuk menghasilkan konten berkualitas, Anda perlu menghindari plagiasi. Selain itu, pastikan konten Anda sesuai dengan tema website
  3. Gunakan layanan iklan Google Adsense saja. Tentu pihak peninjau akan melihat apakah akun website Anda sudah bekerja sama dengan layanan iklan lainnya atau belum
  4. Pastikan website sudah memiliki setidaknya 15 artikel aktif
  5. Pastikan ada minimal 100 pengunjung aktif setiap hari

Google Adsense memang menjadi layanan favorit masyarakat yang membantu personal branding dan promosi bisnis. Di sisi lain, Google Adsense juga menjadi wadah bagi pemilik website untuk mendapat penghasilan tambahan. Terlebih, cara daftar Google Adsense juga sangat mudah dan tidak memakan waktu lama.

2 komentar

  1. Saya punya pandangan berbeda terkait persyaratan Google Adsense. Meskipun memastikan navigasi yang jelas, konten unik, dan jumlah pengunjung aktif adalah baik, beberapa persyaratan mungkin terasa berlebihan untuk sebagian pemilik website. Terutama bagi pemula, ini bisa menjadi hambatan yang sulit untuk diatasi. Google bisa mempertimbangkan cara yang lebih mudah bagi pemilik website yang sedang membangun dan mengembangkan platform mereka.
  2. Terima kasih banyak informasinya sangat bermanfaat, saya juga baru membuat web sendiri, Nemu postingan ini sangat membantu 🙏